12 Feb 2012

Stres;Penyebab Sariawan

·   15

Sariawan adalah penyakit langganan yang sering saya alami. Yang jelas sangat menggangu, walaupun kecil dan dianggap spele. Apalagi saya paling suka sama sambel, kalo yang satu ini ada..wah jadi banyak makannya. Tapi begitu sariawan, ngomongminum saja perih rasanya, apalagi makan sambel, wssss…. perih rasanya. Makanya ada iklan “Neng kok diem aja, sariawan ya….?? Hehehe……
Ternyata dari berbagai sumber yang saya baca sariawan banyak sebabnya. Diantara penyebabnya adalah faktor psikologis (seperti emosi dan stres). Wah… mungkin ini kenapa saya sering sariawan. Ketika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, saya sering mengalami stress dan akhirnya timbul sariawan.
Kondisi lainnya yang diduga memicu sariawan yaitu kekurangan vitamin B, vitamin C, serta zat besi; luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur; luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang; alergi terhadap suatu makanan.
Jadi agar kita tidak sariawan hindarilah kondisi stres; sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi; menjaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut; serta menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut.

Subscribe to this Blog via Email :