Waktu kang Muroi iseng-iseng buka dasbord Google Adsense, agak sedikit kaget karena muncul sebuah pemberitahuan atau notifikasi "The California Consumer Privacy Act (CCPA) goes into effect January 1, 2020. Learn how to manage your options for users in California." tuh kan apaan tuh, karena berbahasa Inggris ,maka kang Muroi sedikit bingung hehehe.
Tapi kalo di terjemhkan kedalam bahasa Indonesia maka kurang lebih arti dari notifikasi tersebut adalah "Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2020. Pelajari cara mengelola opsi Anda untuk pengguna di California."
Nah tentunya ini menjadi tand atanya alias pertanyaan, kira-kira apa efek dari CCPA ini terhadap penghasilan Adsense kita. Setelah kang Muroi sercing-sercing di mbah Google ternyata ada beberapa blogger yang sudah membahas tentang Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) ini sehingga terjawab sudah teka-teki yang sempat membuat bingung ini. Yuk kita simak apa itu Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) seperti yang akan dibahas dibawah ini.
Pengertian Undang-Undang Privasi Konsumen California atau The California Consumer Privacy Act (CCPA)
Sebelum lebih jauh mari kita kenal dulu apa itu Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA). Secara teknis menurut penjelasan adsense Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) adalah sebuah undang-undang privasi data yang mewajibkan Kamu sebagai publisher untuk memberi pilihan kepada warga California (atau target visitor dari California) untuk memilih tidak ikut menjual informasi pribadinya. Hal ini kang Muroi tidak ngarang-ngarang, coba lihat penjelasan adsense seperti pada gambar dibawah ini.
Undang-undang ini tentunya tidak hanya berlaku pada Google Adsense saja, tapi melainkan semua perusahaan yang berada di daerah California, Amerika sana.
Dalam pengertian diatas ada kata kata
Menjual data pribadi ? Lalu apa maksud dari kalimat tersebut. Ternyata maksud dari kata penjualan yaitu seperti transfer data pribadi kepada penyedia layanan (
semua jenis penyedia layanan ) berdasarkan undang-undang bukan penjualan.
2 Opsi dari pihak Google Adsense
Pihak Goggle Adsense sendiri sudah memberikan 2 pilihan atau opsi tindakan yaitu jangan batasi pemrosesan data dan batasi pemrosesan data.
Jika kita memilih untuk batasi pemrosesan data maka sesuai dari informasi Google Adsense, iklan yang akan tampil pada audience dari California hanya akan menayangkan iklan yang tidak dipersonalisasi.
Gimana maksudnya, masih ga mudeng? Kalo masih bingung secara sederhananya maksudnya adalah bahwa iklan yang muncul di daerah California yaitu iklan global, iklan biasa yang dapat muncul di semua daerah Amerika serta bukan iklan yang sesuai dengan penargetan.
Kapan Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) diberlakukan ?
Sesuai dengan informasi Google Adsense, undang-undang CCPA akan berlaku efektif pada 1 Januari 2020. Tetapi pada adsense sendiri perubahan akan diberlakukan pada 12 Desember 2019.
Intinya awal tahun 2020 peraturan baru ini akan diberlakukan pada akun adsense kamu jika memilih tindakan batasi pemrosesan data.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
Lalu tindakan apa yang harus dilakukan pemilik akun adsense menyikapi notifikasi tersebut, menurut Kang Muroi maka sebaiknya tindakan yang harus dilakukan yaitu memilih
"Batasi Pemrosesan Data" seperti yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini. Setelah anda pilih "Batasi Pemrosesan Data" selanjutnya silakan klik
SIMPAN PERUBAHAN
Lalu kenapa kita disarankan memilih
"Batasi Pemrosesan Data"? Karena dengan memilih opsi tersebut maka secara otomatis Google adsense akan menseting penayangan iklan sesuai dengan peraturan yang ada.
Tapi jika anda memilih
"Jangan batasi pemrosesan data" maka iklan yang tayang untuk audience California tetap sesuai dengan personalisasi akun anda. Misalnya anda mempersonalisasi iklan jenis bisnis maka iklan tersebut akan tetap tampil.
Yang lebih berbahaya adalah hal tersebut secara tidak langsung berarti penayangan iklan di situs anda rawan melanggar aturan yang ada. Kalo di adsense rawan suspend atau banned. tuh ngeri khan.....
Kesimpulannya
Last....lakukan saja tindakan pilih "Batasi pemrosesan data" agar seting penayangan iklan dari visitor California sesuai dengan keinginan Google Adsense dan adsense anda menjadi aman sentosa.
Tapi jika sekiranya visitor blog anda murni dari Indonesia maka tidak perlu khawatir dengan aturan baru ini, yang jelas aturan ini berlaku untuk Blog dengan target visitor California.
Demikian yang dapat kang Muroi sampaikan mengenai Apa itu Notifikasi The California Consumer Privacy Act (CCPA) 2020 dan Bagaimana Cara Mengatasinya. terimakasih kepada kang Hartrop yang telah memberikan solusi dan menjawab kebingungan ini.....
0 Comments