Cara Mendaftar Google Analytic dan Memasang Tracker ID di Blog

Mendaftar Google Analytic
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics punya kemampuan menelusuri data pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, yang datang dari berbagai sumber, termasuk dari mesin pencari milik Google sendiri hingga mesin pencari lain. Google Analytics juga mengorek informasi dari sumber iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mencari keyword untuk iklan Anda.

Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Kita juga bisa membandingkan trafik dari waktu ke waktu.

Agar blog kita bisa cepat terlacak oleh google, maka kita harus mendaaptkan kodenya dan memasang pada blog kita. Kita langgung saja ke tutorial cara mendaftar google analytics dan memasang kode diblog anda.

Cara Mendaftar Google Analytics Universal

Kunjungi Halaman Googel Analiytics
Setelah berada pada halaman google analytics, scroll kebawah dan pilih SIGN UP FOR FREE.
Mendaftar Google Analytic

Klik PENDAFTARAN/SIGN UP untuk membuat akun analytics baru.
Mendaftar Google Analytic

Setelah anda masuk lengkapi formulir pendaftaran
Pastikan opsi yang anda pilih adalah WEBSITE bukan APLIKASI
Geser kebagian bawah anda akan memilih opsi dari google analytics dan pastikan pilih yang UNIVERSAL ANALYTICS karena fiturnya lengkap dan sama gratisan. Setelah pofmulir terisi silakan klik GET TRACKING ID
Mendaftar Google Analytic

Selanjutnya klik setuju pada PRIVACY POLICE 
Mendaftar Google Analytic
Setelah anda klik SETUJU, anda akan dibawa kehalaman akun anda, dan akan ada kode analytics yang anda harus pasang pada blog anda.
Silahkan copy kode tersebut

Memasang ID Tracking Google analytics pada blog anda

  • Masuk pada akun blogger anda
  • Pilih menu TEMPLATE
  • Pilih EDIT TEMPLATE
  • Cari kode </head> pada blog anda dan paste kode analytics tepat diatas </head>
  • Simpan Perubahan
Demikian cara mendaftarkan blog di Google Analytic dan mendapatkan Tracking ID dan memasangnya di blog. Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments