Cara Menampilkan Pavicon di Browser Google Chrome


Cara Menampilkan Favicon di Browser Google Chrome - Sobat semua sudah pasti tahu apa itu favicon?? Favicon adalah icon utama yang muncul padd address bar suatu website dan merupakan logo dari website tersebut , Juga dikenal sebagai shortcut icon, Web site icon, URL icon, or bookmark icon.
Screenshot dibawah ini bisa memperjelas dan memberi gambaran buat sobat mengenai apa itu pavicon :
Screenshot di atas adalah contoh tampilan favicon dengan menggunakan browser mozilla firefox.

Untuk mengganti favicon Blogger (default) sobat blogger bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Langkah pertama
1. Buat gambar yang berukuran kecil, di sarankan berukuran 16x16 px
2. Upload gambar tersebut dan ambil URL gambar tersebut dan simpan di notepad

Langkah kedua
1. Login Ke blogger.com
2. Pilih menu "Design"
3. Klik "Edit HTML"
4. Cari kode </head> dan letakkan kode di bawah ini tepat di atasnya

<link rel="shortcut icon" href="URL gambar favicon"/>

5. Klik "Save Template"

Sampai disini  favicon sudah bisa terlihat pada browser seperti mozilla, opera, dan yang lainnya. Tetapi tidak dengan browser google chrome ataupun chrome plus.
Maka untuk memunculkan pavicon pada browser chrome, cobalah tambahkan kode type="image/vnd.microsoft.icon"pada kode di nomor 4 langkah kedua. hasilnya nanti akan seperti dibawah ini :

<link rel="shortcut icon" href="URL gambar favicon" type="image/vnd.microsoft.icon"/>

Dengan demikian maka favicon yang muncul nanti akan bisa tampil di semua browser, termasuk google chrome dan chrome plus. Selamat mencoba dan semoga berhasil....



Post a Comment

21 Comments

  1. jadi harus pasang dua-duanya ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih salah satu aja sob, kalo pengin tampil disemua browser, pake script yang kedua

      Delete
    2. Akhirnya ketemu juga disini cara menampilkan favicon di crome, udah lama aku cari2 caranya kak, tapi g ketemu, baru kali ini aku bisa menampilkannya.


      makasih banyak, ini sangat membantu !

      Delete
  2. ternyata beda beda yah, klo cara pasang alexa tollbar di chrome gimana gan ??

    ReplyDelete
  3. di Browser manapun favicon saya muncul sob,, tunggu saya cek ulang lagi di chrome sobat...

    ReplyDelete
  4. Wah , mantef sob. . Makasih tutor nya. . Tapi gak terlalu peduli dg vavicon. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. ou gitu ya bang, jadi ga otomatis ya bang. ehm, makasih nie tekniknya :D

    ReplyDelete
  6. wah , berhasil nih , izin copas boleh gak ? #mintaizindulu

    ReplyDelete
  7. wah benar^ pengetahuan baru buat saya sobat, saya sangat menyukainya.
    sayangnya saya gak bisa buatnya, apalagi untuk ukurannya.
    oke sobat, mungkin akan kita coba
    terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Mampir sob. Sambil liat chelsea.

    ReplyDelete
  9. Saya emang gak terlalu tau mengenai kayak ginian mas, makasih mas infonya :D

    ReplyDelete
  10. wah, makasih bgt tipsnya, langsung mau dipraktekin ah..

    ReplyDelete
  11. Kunjungan malam mas...

    aku dulu donlod gambarnya
    hehehe
    makasih infonya mas

    ReplyDelete
  12. Blogku belum ada favicon-nya sob. Bingung cari favicon yg cocok n bagus.

    ReplyDelete
  13. makasih yach sob... (p) tipsnya sukses besar di blog ane...!!!! :>)

    ReplyDelete
  14. Favicon Ane Gak berubah di Chrome sob, gimana ya?

    ReplyDelete