Google Sandbox; Watch Out!!

Jika sobat pernah berkunjung di blog ini beberapa hari yang lalu, mungkin akan menemukan artikel Kucoba.com Tempat Add Bookmark. Yah..artikel itu memang saya publish untuk mengikuti kontes SEO di blognya kang Salman. Kontes ini adalah yang pertama kali buat Muro’i El-Barezy. Setelah publish postingan ini, ane sering cek di google. Beberapa hari postingan tersebut berada di page one, bahkan pernah diposisi pertama.
Namun beberapa hari belakangan setelah dicek, ane tidak menemukannnya lagi di google SERP. Jangankan di page one, page dua tiga dan seterusnya ternyata tidak ada juga. Ane baru tahu ternyata artikel tersebut terkena Google Sandbox. Mengenai apa itu google sandbox dan bagaimana cara mengatasi silakan sobat googling saja.
Semakin penasaran, ane coba cek di Google Sandbox Cecker Tool dan hasilnya seperti yang sobat lihat :
Biasanya artikel yang terkena google sandbox masih tetap di indeks oleh google, hanya saja tidak dimunculkan dalam hasil SERP sebagai bentuk hukuman. Menurut para master seo, banyak penyebab mengapa artikel kita terkena google sandbox, diantaranya :
  1. Begitu banyak dan cepatnya kita mendapatkan backlink inbound
  2. Melakukan optimasi seo yang berlebihan sehingga google menganggapnya tidak wajar dan dianggap nyepam oleh google.
  3. Bisa juga karena artikel plagiat alias copas tanpa menyertakan referensi yang jelas atau isi konten tidak sesuai dengan judul deskripsi yang dibuat.
  4. Karena terlalu banyak menuliskan kata kunci yang berulang-ulang atau lebih dikenal sebagai keyword stuffing
Reediting atau daur ulang artikel ini rasanya ga kepikiran untuk melakukannya, itung itung pengalaman ikut kontes saja lah. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga buat kita semua dan terus berjuang untuk sobat Muro’i El-Barezy yang demen sama kontes SEO.Keep spirit….

Post a Comment

24 Comments

  1. wah parah juga nih kalau samapi artikel masuk Google sandbox sobat...

    artikl yg snagat menarik sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims sob sudah mampir disini
      semoga tidak terjadi pada artikel sobat:}

      Delete
  2. Nih dia penyakit yang paling ditakuti blogger dan webmaster. yaitu sandbox... :D iya emang bener gan jangan terlalu ngeblast backlink dalam waktu singkat. biarkan naik perlahan lahan secara natural...:D biar ga dikira spam gitu

    ReplyDelete
  3. wahhh, bahaya juga nih sob :)

    ane kurang begitu paham sama yang namanya sandbox,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nambah ilmu silakan googling aja sob, biar kenalan sama si sandbox, hehehe

      Delete
    2. heehhe, oke sob,, biar bisa pacaran sama sandbox..hehehe

      thanks sudah share sob :)

      Delete
  4. wah wah.. ternyata ada juga yang kayak gini, thanks infonya sob..
    :)

    ReplyDelete
  5. Sumpah! Ane minim tentang ini. Ngasih semangat aja deh! Hehehe, go go go

    ReplyDelete
  6. wah gaswat juga klo kena kotak pasir

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener sob, kita perlu berusaha keras untuk membebaskan postingan kita dari penjara pasir google, ada ada aja ya sob:}

      Delete
  7. moga postingan saya dan abang gak ada lagi yg masuk pasirnya google...
    sip dan semangat terus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...makasih kang Farhan atas supportnya
      keep spirit selalu}

      Delete
  8. bisa gaswat kalo masuk sandbox ternyata ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memenag betul sob, kita butuh usaha untuk bisa membebaskan artikel kita dari penjara

      trims silaturrahimnya

      Delete
  9. mantep sob, boleh nih dicoba. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba sob,siapa tahu artikel sobat juga ada yang dipenjara hehehe....

      Delete
  10. Beberapa waktu lalu, saya mengalami blog saya tidak bisa diakses. Tapi di google masih mengindex Ruang Inspirasi, tapi begitu dibuka muncul tulisan "Blog ini sudah dihapus". Saya gak tau ini sandbox atau apa, orang saya gak ikutan SEO kontes, cuman lagi membalas komen ke blog para sahabat yg bbrp hari belum terkunjungi.

    Lumayan banyak blog yg saya komentari utk membalas kunjungan, kemudian setelah saya klik link blog saya di form komentar.... ternyata blog saya menghilang. Masuk dashbord gak bisa, liat blog menghilang hahaha... Saya check di banned checker, ternyata gak kebanned. Tapi saat saya check di sandbox checker, mundul tulisan seperti gambar diatas.

    Anehnya... 1 jam kemudian ketika saya coba login dashbord lagi, memang belum bisa masuk. Tapi muncul tulisan utk verivikasi kode dg melampirkan no.hp. Setelah saya beri no. hp, kode verikasi dikirim, saya isikan, dan akhirnya blog saya bisa diakses kembali. Mungkin komentar bertubi² bisa dianggap spam ya hahahahaha... ga tau deh :)

    ReplyDelete
  11. wahh.. ngeri juga tuh ya sandbox.. tapi lebih ngeri lagi kalo kena google panda yaa..

    hmm semoga aja kita semua gak ada kena lagi yang bgituan..heheh :D

    ReplyDelete
  12. Semoga saja gak dapat Sandbox... hihihihi..

    ReplyDelete
  13. makasih infox sob.., sy sama sekali buta tentang soal diatas, yg penting i2 berguna lalu sy share.., :)

    ReplyDelete
  14. Kalo dari mastah yang saya tau sih, intinya ya Jangan Terlalu berlebihan aja Ngoptimasiin SEOnya. semua perlu tahap dan jangan terburu-buru

    *eh sok pinter sayanya

    ReplyDelete