Catatan Penghujung Tahun

dream book
image dari google
Catatan Penghujung Tahun | Postingan dipenghujung tahun ini tidak ada yang special untuk di tuliskan. Hanya sebuah renungan untuk diri admin sendiri dan mudah-mudahan sedikit bermafaat untuk mengingatkan sobat dan sobit semua. Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru, tentunya saat ini masing-masing dari kita sudah mempunyai resolusi untuk tahun yang akan datang. Dengan harapan segala apa yang dicitakan akan dapat terwujud sesuai dengan keinginan. Tahun depan adalah tahun harapan buat semua orang, tentunya tahun yang harus lebih baik daripada tahun yang kemarin. Karena barang siapa hari ini lebih baik maka ialah orang yang beruntung, tapi barang siapa yang hari ini sama saja atau bahkan lebih buruk maka dialah orang yang merugi.

Pastinya kita semua tidak mau untuk disebut sebagai orang yang merugi bukan?. Semua dari kita menginginkan kesuksesan, baik secara matetil ataupun moril. Untuk menyongsong datangnya tahun yang baru tentunya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang menjadi tujuan kita namun belum terlaksana ditahun ini tentunya menjadi catatan agar tidak terulang kembali. Sedikit catatan, untuk memulai langkah positif di tahun depan tentunya minimal kita harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut :

Persiapkan Dream Book

Mungkin istilah ini tidak asing lagi kita dengar. Dream book bisa diartikan adalah buku impian. Buku ini tentunya bukan berisi dongeng-dongeng yang membuai sebelum tidur, tapi dream book ini adalah berisi resolusi dan cita kita ditahun yang akan datang atau selama kita hidup. Segala apa yang menjadi keinginan kita, tuangkanlah dalam dream book ini sebagai navigasi kita untuk melangkah dan meraih cita yang kita inginkan.

Skala Prioritas

Dalam hidup tentunya kita mempunyai banyak keinginan. Tapi sebagai manusia yang banyak mempunyai keterbatasan tidak mungkin untuk meraih segala keinginan kita dengan waktu yang sangat terbatas. Oleh karenanya haruslah ada skala prioritas terhadap keinginan atau cita kita tersebut. Pilih mana yang menjadi tujuan pertama di tahun depan untuk diwujudkan. Dengan mengurutkan mana-mana yang lebih penting untuk didahulukan tentunya menjadi lebih mudah dan terarah untuk mencapainya.

Usaha dan Doa

Setelah kita menuliskan segala apa mimpi-mimpi kita, tentunya yang tidak boleh terlupakan adalah berusaha dan berdoa. Usaha disini artinya usaha yang maksimal dan optimal. Segala sesuatunya memerlukan waktu, tenaga dan fikiran untuk mewujudkannya. Tidak mungkin kita punya keinginan namun diam saja tanpa ada usaha untuk meraihnya. Usaha yang sungguh-sungguh disertai dengan doa Insaa Allah bisa membuahkan hasil yang kita inginkan. Berusaha tanpa doa adalah orang yang sombong, tapi berdoa tanpa usaha adalah orang nekat.

Semoga kita bisa meraih segala resolusi kita ditahun yang akan datang. Yang lebih penting lagi, pergantian tahun adalah untuk sarana muhasabah dan berkontempelasi sejenak terhadap apa yang sudah kita lakukan setahun belakangan, bukan saatnya kita hura-hura dan menebar maksiat. Mohon maaf jika ada kata-kata kurang berkenan dalam tulisan ini.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….





Reaksi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk operasioanl Blog Kang Muroi - Terima kasih.

you might ALSO LIKE :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

40 Responses to "Catatan Penghujung Tahun"

  1. akankah mungkin kesalahan saya yang ngga pernah menyiapkan dream book pada setiap penghujung tahun seperti sekarang ini...saya mah jalan saja seperti yang ngga pengaruh soal pergantian tahun teh da....jalani, hadapi dan terus berusaha dan berdo'a pada apapun yang dihadapi...gituh azh masa....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uraian kata dan Motivasi Kang Lembu sangat Indah dan sejuk di hati
      Semoga saja di tahun baru 2014 ini kita semua semkin erat dalam
      Menjalin tali silaturahmi di blogging dalam hal Kebaikan yang hakiki.

      Delete
  2. memang keren sekali yang diatas mas broo
    memang hidup memili jalannya sendiri-sendiri...
    tapi menurut saya hanya saru tujuan yaitu mencoba menjadi yang lebih baik bahkan terbaik dari kesalahan yang dilakukan dimasa lalu....
    mksh mas bro

    ReplyDelete
  3. simpel, praktis tapi realistis. Selama ini tidak terpikirkan untuk melakukan langkah-langkah tersebut. Kalau selama ini saya tidak pernah memaknai tahun baru secara spesial, mungkin langkah-langkah kang Muroi bisa jadi alternatif untuk memaknai tahun baru dan merefleksikan apa yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya untuk menjadi pijakan ke arah yang lebih baik, makasih share-nya kang Muroi

    ReplyDelete
  4. Selamat pagi Mas Muroi nyimak artikel Catatan Penghujung Tahun
    Semoga saja catatan Tahun 2013 yang sudah kita lewati menjadi
    Catatan dan pengalaman yang membuat kita lebih maju dan sukses
    Dan jika ada cita dan Harapan yang belum terpenuhi semoga saja di
    Tahun baru 2014 ini. akan memndapatkanya. selamat Tahun baru 2014
    Buat Mas Muroi dan Sahabat Blogging dan teman online lainya :)

    ReplyDelete
  5. baca, nyimak, terapkan,...*dream book mana dream book :)

    ReplyDelete
  6. Ah, harus ditulis di dream book ya? Selama ini belom pernah menerapkan. [-(

    ReplyDelete
  7. kalau saya nulis dream book ya di hati dan pikiran aja kang hehehehe, slamat siang dan mat makci aja kang =p~

    ReplyDelete
  8. sepertinya tak ada yang perlu dicatat untuk tahun ini mas , bagi saya hehe

    ReplyDelete
  9. kalau saya mungkin harus ada yang digaris bawah n ditebelin setebel2nya kang yaitu skala prioritas...gak jarang rencana berantakan gara2 saya tidak bisa memilah milh mana yang lebih penting untuk dilakukan

    ReplyDelete
  10. Dreambook-ku selalu terisi dengan harapan dan doa untuk mejadi manusia yang lebih baik dalam pandangan dunia, terutama dalam pandangan ALLAH SWT……
    Keep happy blogging always…salam :-)

    ReplyDelete
  11. kalau yang poin dream book saya baru dengar pak,
    Coba prakte ah

    ReplyDelete
  12. saya gg punya dream book .

    semua mimpi saya langsung saya sampaikan dalam doa setelah sholat :) hhehe .

    ReplyDelete
  13. tiga hal penting yg harus dilakukan ya sob..

    smoga tercapai

    ReplyDelete
  14. Kalau saya mengalir seperti air saja Mas, kalau di rencanakan jadi buyar biasanya. he,, he,, he,,,,


    Salam,

    ReplyDelete
  15. Betul, mas. Doa tanpa usaha adl bohong, Usaha tanpa doa adl sombong. Mudah2n usaha kebaikan kita selalu diberkahi Allah.

    ReplyDelete
  16. Awal yang baik untuk bisa lebih maju :D

    ReplyDelete
  17. Saya masih ada 1 rencana yang belum tercapai. planningnya gagal untuk tahun ini. mungkin tahun depan bisa lebih baik lagi.. selamat tahun baru mas.

    ReplyDelete
  18. jadi lebih mantapnya berusaha disertai doa.

    ReplyDelete
  19. serius banget ya mas menghadapi tahun baru, hehe..

    ReplyDelete
  20. pengennya tahun 2014 udah punya rumah sendiri di homebase.,karena selama ini masih jadi kontraktor nomaden,hehehe

    ReplyDelete
  21. Setuju mas,, pergantian tahun emang mesti menjadi sebuah catatan tersendiri dalam apa yg pernah kita lakukan pada tahun sebelumnya. Jika planing sebelumnya belum terwujud max, tahun 2014 bsk msti sudah terwujud. Biar kata org bsa maju / sukses (o)

    ReplyDelete
  22. poin terahir itu yang paling wajib dan menurut saya sangat penting mas.. karena tanpa poin terahir dua poin sebelumnya tidak akan terwujud hehehehe..

    semoga di tahun 2014 kita semua semakin sukses ya mas.. dan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.. amin

    ReplyDelete
  23. maksih kang berguna bgt buat bekal menghadapi tahun depan dan tahun2 mendatang,jadi tambah semangat buat mencapai target ditahun depan :)

    ReplyDelete
  24. Hadir kembali saya Mas Muroi kembali nyimak Catatan Penghujung Tahun
    Semoga saja pada tahun 2014 nanti kita semua bisa semakin sukses dalam
    Mengejar karir dan cita-cita yang gak kesampaian di tahun 2013 salam silaturahmi

    ReplyDelete
  25. selamat tahun baru bos, semoga lebih sukses dengan blog dan tetap fokus dengan rencana yang tercatat di dream book

    ReplyDelete
  26. catatan saya yang baik terus dipertahankan yang buruk diganti dengan yang lebih bagus begitu ya mas mudah-mudahan

    ReplyDelete
  27. Menyimak aja mas praktiknya belakangan hehee... semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  28. berdo'a tanpa usaha adalah orang malas kang!

    ReplyDelete
  29. ternyata harus punya dream book ya mas... pengennya si di tahun 2014 saya sudah punya rumah di Jakarta dan kendaraan roda 4 ... tapi bukan rodanya aja ya :d :d :d

    ReplyDelete
  30. Dream book saya masih banyak sisa yang belum di eksekusi, terima kasih atas tips skala prioritasnya yang bisa membantu menjadi lebih baik di tahun baru 2014 ini. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  31. paling penting sih dreambox itu om
    biar kita enak tidur, heheh...

    ReplyDelete
  32. belum pernah buat dream book nih. sepertinya boleh juga untuk di contoh dream book nya :)

    ReplyDelete
  33. Blog nya mantep Mas :D
    Followback blog Saya jika berkenan ya Gan http://eskrimsandwich.blogspot.com
    Terima Kasih..

    ReplyDelete
  34. awal yang baik du tahun yang baru

    ReplyDelete
  35. sebenarnya kita tetap harus berusaha, namun ternyata saya mendapat tambahan pemahaman dan ilmu baru, yaitu memperispakan segala sesuatu usaha untuk meraih cita-cita. makasih atas pencerahannya dan makasih juga atas kunjungannya ke blogonol. salam persahabatan blogger. keep spirits and do the best.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel