Wedhus Gembel

wedhus gembel
Ini wedhus gembel dari kawah gunung [dari google]
Ungkapan Wedhus gembel terdiri dari dua kata, Wedus dan Gembel. Wedus dalam bahasa jawa artinya domba alias kambing. Dinamakan gembel kemungkinan karena bulu-bulunya menyerupai rambut gimbal sehingga disebutlah sebagai wedus gembel. Dan nama wedhus gembel akrab terdengar bagi warga di sekitar Gunung Merapi di Jogjakarta. Wedhus gembel yang dimaksud ini bukanlah kambing berbulu lebat, melainkan julukan untuk awan panas bergulung-gulung yang acap menyertai letusan Merapi. Karena mungkin bentuknya mirip seperti domba gimbal atau wedus gembel, maka dinamakanlah awan panas itu demikian.

Gembel sebenarnya punya bisa juga diartikan orang yang hidupnya terlunta-lunta, tidak punya tempat tinggal dan hidupnya ketergantungan kepada orang lain dengan jalan meminta-minta. Para gembel biasanya tinggal di emper-emper toko atau di bawah jembatan. Keberadaannya kadang sangat meresahkan masyarakat karena disamping tidak enak di pandang mata juga bisa mengganggu karena sering meminta-minta.

Kembali ke topik wedhus gembel ini, nah kalo yang ini mungkin bisa dikatakan wedus gembel betulan. Yang jelas bukan awan panas seperti di daerah Merapi atau wedhus yang punya bulu gimbal. Wedus ini benar-benar menggembel di pinggir jalan perkotaan. Bagaikan kambing yang tak bertuan, dibiarkan berkeliaran untuk mencari makan sendiri dengan mengais sisa makanan di tong sampah pinggir jalan. Yang unik dari wedhus ini tidaklah makan rumput seperti kambing atau wedhus pada umumnya. Karena mungkn sudah terbiasa, kambing-kambing ini makan apa saja yang mereka temukan.
wedhus gembel
Ini kambing lagi meng-gembel, makan apa saja yang ditemuinya
wedhus gembel
Kadang-kadang membahayakan pengguna jalan karena sering nyebrang jalan
Jadi jangan heran kalau kambing ini ternyata doyan sama gorengan, roti dan juga nasi sisa yang dibuang di tong sampah. Tentunya kambing-kambing ini cukup menggangu lingkungan, karena bersinggungan langsung dengan masyarakat. Apalagi berkeliaran di jalan besar yang banyak lalu lalang kendaraan. Yang kadang tanpa tengak-tengok lagi kambing-kambing ini menyebrang jalan seenaknya.

Mungkin ditempat sobat juga ada tingkah hewan yang aneh-aneh seperti ini. Intinya adalah bahwa segala sesuatu itu akan terbiasa walaupun kadang diluar nalar akal normal. Seperti kambing-kambing itu yang seharusnya makan rerumputan, eh malah makan nasi sama roti. Kitapun bisa berbuat demikian, jika kita terbiasa berbuat yang negatif maka kita akan menaggap lumrah perbuatan itu. Atau kadang ada orang yang berbuat kebiasaan diluar nalar manusia seperti makan batu dan besi, karena sudah terbiasa maka itu dianggap hal yang lumrah juga buat mereka.

Mungkin postingan ini ga ada manfaatnya, keep posting dan happy blogging.....


Reaksi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk operasioanl Blog Kang Muroi - Terima kasih.

you might ALSO LIKE :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

59 Responses to "Wedhus Gembel"

  1. Klo di kampung saya namanya "mbe badot"kang.hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain domba garut kang? :d (c)

      Delete
    2. hohoho wedus gembel sama dengan istilah bangjo untuk lampu lalu lintas

      Delete
    3. @ Agus Kompac n Mang Yono : kalo dsini namanya embe kacang

      @pasnem : wah baru denger tuh istilahnya

      Delete
    4. kalau domba kang lembu pasti besar dan hitam

      Delete
  2. Tadi pagi saya melihatnya.

    ReplyDelete
  3. sama seperti di arab, wedus makan kertas..hehehe
    lha kalau doyan roti nanti juragan wedus nya makan apa dong mas? makan rumput ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang dan kalm kang....ubi cilembu masih banyak digudang, tinggal telpon saya kalau perlu mah.

      Delete
    2. bagus mas kalau wedus begitu bisa buat daur ulang, kalau makan kertas besok keluarnya buku dan koran plus majalah, kalau makan pelastik besok keluarnya ember, bak ber :d (c)

      Delete
    3. tuh bnyak ayam pada makan silet, keluar telurnya cuma separo, seperti disertakan pada acara selamatan, lauk telurnya banyak yang sepaaro kan ?

      Delete
    4. mungkin ituh sudah dari sononya mas selamatan pakai telur separo, berarti sama ya tiap daerah :d

      Delete
    5. kebanyakan makan silet sih mang

      Delete
  4. Sekarang ini banyak org mencari kambing, kang.. tapi yg warnanya hitam, :d

    tp soal wedhus gembel, memang bisa membuat seseorang jd gembel betulan... sedikit saja dr kekuasaan Tuhan yang tak tertandingi...

    ReplyDelete
  5. #nebak ah...
    sepertinya kang El..hampir nabrak kambing, terus dengan cueknya si kambing nyari makan ditempat sampah, dasar blogger sejati, tentu dipoto-poto deh tuh kelakuan kambing yang sempet bikin kaget...mikir sejenak dan jadilah postingan ini....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kambing yang mau ketabrak, tapi kendaraan kang El yang mau ditabrak kambing :d (c)

      Delete
    2. untuk tidak foto bersama kambing, nanti bisa menimbulkan fitnah kan?

      Delete
    3. nanti dikira meremas - remas ya mas :d

      Delete
    4. nanti dikira mana kambingnya mana orangnya

      Delete
  6. sebenernya wedus itu berasal dari kata we dan dus, we tuh awewe dan dus itu kardus, jadi artinya awewe nu make kardus wkwkwk
    error nih x-)

    ReplyDelete
  7. ternyata gtu ya penjelasannya, haha :-d

    ReplyDelete
  8. hhaha kambingnya keren Bangett Nih mas Muroy Makanannya bener Bener
    Berbeda Dari makanan Kambing yang Lainnya haha Masa Kambing suka nasi Goreng + Gorengan sih :D

    ReplyDelete
  9. Tidak apa apa Kang Muroi kalau Jarang Blogwalking, btw Kang Muroi sudah baca email saya ?

    ReplyDelete
  10. Wedhus ! Kasihan yah ... kalau deket sih, tak kasih tahu magelang mas ... :)

    ReplyDelete
  11. sip setuju deh saya sama mas muro'i... apapun pekerjaan yang kita lakukan terutama pekerjaan negatif. jika kita melakukan dengan terus menerus maka kita akan terbiasa dan menganggap pekerjaan yang kita lakukan itu lumrah atau wajar....

    jadi gimanapun kelakuan kita di usahakan jangan sampai membiasakan berbuat buruk ya mas..?? agar kita tidak terbiasa...

    ReplyDelete
  12. Jangan-jangan Kambingnya doyan Duit nih ... hahaha :D

    ReplyDelete
  13. yag penting gak minta supermi aja mas kambingnya :>)

    ReplyDelete
  14. wedus gembel ini gak enak di sate ya mas, malah menakutkan... wah kambingnya gak pakai celana, porno tuh :d (c)

    ReplyDelete
  15. Jadi kalau WS doyannya sambel terasi gak mirip kambing kan??

    ReplyDelete
  16. mampir lagi mau numpang ngopi sambil merhatiin kambingnya kang El (c)

    ReplyDelete
  17. wahhh...perasaan yang judulnya gembel-gembel gitu ujung-ujung nya memprihatinkan kang...heeee

    ReplyDelete
  18. wah kalo saya nyebutnya embe kacang tuh hehe.. :-s

    ReplyDelete
  19. ala bisa karena biasa.., seharux dibawa kpd makna berbuat baik, tp klo ala bisa karena biasa, biasa melakukan maksiat maka tah ubah dirix seprti kambing diatas :>)

    ReplyDelete
  20. Nyimak lagi deh.

    ReplyDelete
  21. hahahaha . . . Di bangkalan juga banyak wedhus gembel gan

    ReplyDelete
  22. Hehehe bener2 nggembel wedusnya..

    ReplyDelete
  23. Kalo wedusnya gak punya rambut..kmungkinan di kasih nama wedus gundul ya mas..hehe

    ReplyDelete
  24. kalau di tempat saya nggak ada wedus liar tapi bertuan, mungkin siempunya males ngarit.

    ReplyDelete
  25. Kambing makan gorengan, roti, dll, wah berarti buku-buku SD harus diralat, kambing tidak hanya makan rumput .. he he

    ReplyDelete
  26. di makassar kambingnya malah makan koran dan plastik.... :-)

    ReplyDelete
  27. Diluar negeri malah ada kambing yang bisa naik pohon,,
    Di indonesia juga gak mau kalah, ada film KAMBING JANTAN
    Hebat ya kambing sekarang :)

    ReplyDelete
  28. wedusnya punya spa mas?
    daerah saya g ada tu,,,,, hehehehe,,,,,
    bosan makan rumput,,, jadi pengen thu makanan yg lainnya

    ReplyDelete
  29. Wah sama, di daerah saya kambing juga suka lho mas makan gorengan..
    yang lebih parah lagi, kulitnya ga dimakan, jadi cuma sayurannya yg ada di gorenganny aja yg dimakan..

    ReplyDelete
  30. nice post sobat
    jangan lupa kunjungan baliknya . . .
    http://nawayhac.blogspot.com/2013/10/membuat-slide-box-rekomendasi-di-blogger.html

    ReplyDelete
  31. Whuahahahaha... lucu juga ya kalo kambing doyan sama gorengan, wkwkwk

    ReplyDelete
  32. wedhus gembel tu kan wajar
    kalau menjadi gembel itu ga wajar

    hehehe

    untung saya bertuan rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi :-) ada-ada aja mbak'e iki...wkwkwk :-d

      Delete
  33. Kalau ini wedhus gembel beneran ya Kang. He,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  34. wedhusnya sepertinya mengikuti perkembangan jaman, ndak makan rumput, cari makanan fast food itu di gambar yang kedua

    ReplyDelete
  35. benar itu
    namanya wedus gembel, disini jg sama sebutanny

    ReplyDelete
  36. wedus gembel memang mengerikan, karena awan panas tersebut bisa merenggut nyawa seseorang. Tapi kalau wedus gembel hewan, bau nya nggak ketulungan hehehe :D

    ReplyDelete
  37. http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
    http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
    http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
    http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
    http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
    http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
    http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
    http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
    http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
    http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
    http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
    http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
    http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
    http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
    http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
    http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
    http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
    http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
    http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
    http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
    http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
    http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
    http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
    http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
    http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
    http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
    http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
    http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
    http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
    http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
    http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
    http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
    http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
    http://www.famousbagsmall.com/
    http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
    http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
    http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
    http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
    http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
    http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
    http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
    http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
    http://www.vipbagsmall.com/
    http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
    http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel