Betonisasi Jalan Raya

jalan beton
Betonisasi Jalan Raya | Akhir-akhir ini masyarakat Pandeglang sepertinya malas untuk bepergian. Pasalnya perbaikan jalan yang tak kunjung selesai membuat macet dan antrian kendaraan bisa berjam-jam lamanya. Route yang biasanya hanya menempuh waktu setengah jam saja, tapi sekarang bisa memakan waktu dua sampai tiga jam perjalanan.

System buka tutup jalan adalah solusi untuk para pengguna jalan yang melintas. Namun kemacetan tak bisa lagi dihindarkan. Belum lagi banyak supir angkutan yang tidak sabar menerobos  antrian, yang terjadi adalah bertemunya kendaraan dari dua arah dan ini akan memperparah kemacetan. Apalagi waktu libur, kemacetan akan semakin panjang bisa mencapai kiloan meter.

Yang tidak habis pikir pengerjaan jalan ini terkesan lamban dan bahkan sepertinya jalan yang baru separuh itu kelihatan mangkrak tidak tahu kapan ada kelanjutannya. Saya sendiri kurang tahu apa alasannya, apa mungkin masalah anggaran atau yang lainnya.

Tapi dengan adanya betonisasi yang terkesan lambat ini ada beberapa pihak yang merasa diuntungkan juga loh, beberapa diantaranya adalah menjamurnya pedagang asongan disekitar pengerjaan jalan dan ada juga para penjaga jalan untuk buka tutup. Mereka biasaya meminta sumbangan juga kepada para pengguna jalan. Lumayanlah bisa menciptakan lowongan pekerjaan ditengah penderitaan para pengguna jalan yang kesel dengan kemacetan hehe….

Proyek betonisasi ini meliputi jalur Pandeglang-Labuan. Jadi jika sobat saat ini ingin berlibur ke Carita mungkin bisa melalui jalur alternative Mengger-Mandala Wangi, disamping jalan yang mulus juga sedikit kendaraan yang melintas.

Kebijakan betonisasi jalan memang ada untung dan ruginya. Saya sendiri kurang tahu mengapa pemerintah membuat jalan beton sebagai pilihannya daripada jalan aspal. Menurut saya jalan aspal lebih nyaman jika dilewati kendaraan karena permukaannnya yang halus.
Namun menurut beberapa pengamatan ada kelebihan dan kekeurangan dari jalan beton tersebut. Berikut beberapa kelebihan dari jalan beton :
  • Karena tebalnya beton ini sehingga bisa menahan beban kendaraan yang berat.
  • Nah mungkin ini alasan kenapa jalan-jalan di Pandeglang di beton, karena seringnya berlubang karena terkena air hujan, tapi dengan adanya betonisai bisa tahan terhadap genangan air dan banjir.
  • Karena awet maka biaya perawatannya pun lebih murah dibanding jalan aspal yang hampir tiap bulan ada saja yang sudah berlubang setelah diperbaiki.
  • Kelebihan jalan beton berikutnya adalah bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Tidak seperti aspal, untuk pengadaan material jalan beton ini lebih mudah didapat.
Namun dari beberapa kelebihan jalan beton diatas, ternyata ada banyak juga kekurangannya. Diantara kekurangan jalan beton adalah sebagai berikut :
  • Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaanya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan. Inilah yang membuat lama pengerjaannya, padahal sudah jadi tapi harus menunggu beberapa minggu baru bisa digunakan.
  • Biasanya ini sangat tergantung dengan beban yang melintas di ajalan beton tersebut. Penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal.
  • Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat. Tapi tidak dengan jalan beton di Pandeglang ini, menurut saya sih sangat kasar sehingga ketika saya berkendara sangat tidak nyaman karena permukaan jalan yang tidak halus.
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya apalagi jika hujan akan terasa licin.
Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jalan beton yang saat ini sedang berlangusng pengerjaannya di daerah Pandeglang dan entah kapan selesainya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



Reaksi:
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk operasioanl Blog Kang Muroi - Terima kasih.

you might ALSO LIKE :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

80 Responses to "Betonisasi Jalan Raya"

  1. Wiih ane dapet pertamax nih, heheu i


    Soal betonisasi ane baru denger bang *ngerasa katrok banget gue*, setelah dibaca ternyata betonisasi itu jalan dari beton, kenapa ane gak kepikiran ya? Ckck. Bener omongan bang muro diatas, pengerjaan jalan emang lambat banget, di tempat ane pelebaran jalan udah 1 bulan lebih gak kelar2

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat buat pertamax-nya sob, kebetulan sudah naik harganya jadi lumayan mahal hehe...

      wah berarti ga dimana-ga dimana ya sob, pembangunan terkesan lambat

      Delete
    2. dananya kurang mas, apa uang pelicinnya kurang, paman mamang pemborong jalan juga, daerah Banten, jangan - jangan dia ada di betonisasi ini heheheeh

      Delete
    3. wah mungkin juga mang, di Pandeglang ya mang?

      Delete
  2. oh inimah kaya di tempat saya,..memang bikin ngeri, takutnya ada motor ngebut terpeleset, oh ya kenapa blog up-date saya nggak ada muncul judul ini yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh pantesan rumah-nya baru lagi yah, rss-nya nggak ada.

      Delete
    2. Iya nih kang, tapi coba link saya dimasukkan ulang lagi kang, semoga bisa ter-update kang

      Delete
  3. Ternyata ada kelebihannya juga yah mas ... :) Aspal juga keras mas .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihannya bikin macet kalau belum selesai pengerjaannya

      Delete
    2. Wah itu sih kelebihan yang negatif namanya mas hehe...

      Delete
    3. yang positif buka penginapan saja mas

      Delete
    4. wah penginapan apa nih mang...

      Delete
    5. bagi yang terjebak macet di jalan

      Delete
    6. Wah macetnya juga ga sampe nginep mang..

      Delete
  4. semoga pengerjaan jalannya cepat selesai om, biar masyarakat pandeglang bisa jalan tanpa adanya mace

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, iya nih sob jadi ga nyaman kemana-mana juga, macet

      Delete
    2. kalau mau berlibur ke Banten bisa bisa nginep dulu nih di rumahnya mas Muroi... hehehe

      Delete
    3. silakan mang, tapi saya ga punya rumah, masih numpang sama yayasan mang hehe...kalo penginapan ada man jangan kuatir

      Delete
    4. ndak apa mas, numpang di emperan juga ehhehe...

      Delete
    5. Ya engga lah mang hehe..di hotel

      Delete
  5. oh ya om tukaran link yuk, saya udah pasang linknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sob, tapi link sobat nanti saya pasangnya, belum bisa buka kompi nih...

      Delete
    2. link mamang belum

      Delete
    3. Boleh mang, nanti kalo mau tukar link, silakan pasang link saya mang

      Delete
    4. nanti ya mas kalau link internal blog mamang dah melebihin link external mungkin bulan depan hehe

      Delete
    5. Oke mang, kalo link saya banyakan external kayanya mang, makanya ga maju-maju hehe...

      Delete
  6. bener banget tuh mass... sipppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sob, trims atas kunjungannya...

      Delete
    2. siip juga dari mamang

      Delete
    3. Oke mang sama-sama siip lah, makasih dan semoga sukses mang

      Delete
  7. Semoga cepat selesai pengerjaannya dan tidak macet lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, ya makasih mas atas kunjugan dan doanya...

      Delete
    2. yang jualan emping tangkil banyak ya mas

      Delete
    3. Iya mang banyak, emping keceprek, jagung bakar juga ada mang hehe..

      Delete
    4. mantap deh jagung bakar...

      Delete
  8. masing2 ada kelebihan dan kelemahannya ya mas..
    Semoga pengerjaannya cepet selesai dan membawa perubahan lebih baik ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan selesai sebelum mudik lebaran ya mas

      Delete
    2. Iya mang, ini juga lagi ngejar target kayanya

      Delete
  9. kalau dari pandeglang ke saketi kena ndak mas, soalnya mamang mau ke tempat saudara di daerah Malingping daerah pantai Bagedur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari kota pandeglang ke arah malingping kira-kira ada lima titik kemacetan mang, jadi lumayan lah

      Delete
    2. Kalo mau ke Malingping jangan lupa mampir ke temmpat saya mang hehe...

      Delete
    3. oke dah... terimakasih infonya mas... nanti mau cari kutang... kulit tangkil buat oleh2 hehe

      Delete
  10. masing2 ada kelebihan dan kelemahannya ya mas..
    Semoga pengerjaannya cepet selesai dan membawa perubahan lebih baik ya mas :)

    ReplyDelete
  11. menurut saya sih biar lambat yang penting awet mas jalannya :D hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob bener, tapi yang bener lagi biar cepet asal selamat yah hehe...

      Delete
  12. Wahh semoga jalannya cepat selesai ..biar warga bisa lancarr akses jlnnya.

    ReplyDelete
  13. sudah mace byk debu lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. macet dan debu yaitu dampak dari proyek ini mba...

      Delete
    2. Kalo masker sepertinya harus siap sedia mang, apalagi yang pake motor

      Delete
  14. kalo betonisasi, saya tahunya yang untuk jalan2 gang gang itu mas, soalnya didaerah rumah saya masih pedesaan, biar gak becek gitu kalo ujan.
    tapi untuk didaerah jalan raya yang sering banjir biasanya pake jalan beton seperti ini. dari paparan diatas saya jadi tau manfaat jalan beton ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disini buat jalan raya sob, padahal bukan jalan tol, cuma jalan protokol biasa....

      Delete
  15. masih mending mas ada perbaikan, dari pada di tempat saya, jalan uda kaya sungai kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, wah belum tersentuh pembangunan dong hehe...semoga ada perhatian pemerintah sob

      Delete
    2. cocok tuh ditanemin pisang hehe

      Delete
    3. Sekalian bikin balong mang hehe...

      Delete
  16. mudah2an kerjaannya kelar dan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan itu

    ReplyDelete
  17. Semoga saja realisasi jalan yang belum dibeton segera dibeton semua.Kalau sudah dibeton bakalan kuat itu aspalnya Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, semoga saja demikian...makasih kunjungannya

      Delete
  18. wah kayaknya peru di usulkan ke bapak ni bos sama bos tmpt aq aj jlnnya rusak pol

    ReplyDelete
  19. betonisasi jalan sepertinya sudah dilaksanakan diseluruh indonesia, yang pasti ini bisa menekan anggaran perbaikan jalan bila dibandingkan jalan yang menggunakan aspal :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggaran bisa ditekan mas, tapi ngga enak buat pengguna jalan, kurang mulus, bikin cepat aus ban kendaraan..

      Delete
  20. wah kalau antri cuma untuk sementara tidak masalah sob. abis itukan jalannya mulus... dari pada nggak di benrin jalannya bisa berbahasa untu para pengguna jalan. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, tapi enakan jalan aspal sih, lebih mulus

      Delete
  21. Wah jalan dari beton....kayk gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kaya gitu bang, kalo di tol sih bagus, tapi ini jalan protokol, kayanya asal bikinnya..

      Delete
  22. Sebenarnya kalau komposisi aspalt itu sesuai dengan ukurannya, jalan aspalt tidak mudah rusak. Untuk betonisasi jalan ini semoga saja komposisinya juga sesuai sehingga jalanan tidak mudah rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo koposisi sepertinya sesuai prosedur mas, cuma finishingnya tidak seperti beton dijalan tol, masih kasar jadi kurang enak buat pengendara...

      Delete
  23. wah sama banget dengan di Sumedang sekarang kang...
    perjalanan yg dulunya cuma 20 menit, sekarang bisa sampai 2 jam, disini perbaikan jalaan cuma 1 meter saja macetnya bisa sampai berkilo-kilo karena volume kendaraan terus meningkat. Semoga cepat beres kang perbaikan jalannya

    ReplyDelete
  24. gimana cepet kelar
    lebih banyak yang atur jalan sambil nyododorin kaleng ketimbang yang kerja. biar cepet diganti beton nangka saja gimana..?

    ReplyDelete
  25. TOKO BELANJA ONLINE BEBAS RESIKO DAN TERPERCAYA DI LUNA SHOP.BURUAN BELANJA DAN DAPATKAN PROMO BANTING HARGA UNTUK SEMUA PRODUK KAMI Dijual.BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5740-7634 atau klik website resmi kami di www.lunashop77.blogspot.com

    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando Black Rp.900.000,-

    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-

    Ready Stoc...k! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-

    Ready Stock! Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-

    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000

    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 Titanium Si.

    Rp.1.500.000,-...
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 Pink Rp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Samsung Galaxy Y S5360 GSM Pure White Rp.500.000,-

    Nokia Lumia 800 MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 800 Matt Black Rp.1.700.000,-

    Ready Stock! Nokia Lumia-710-white Rp. 900.000,-

    Ready Stock! Nokia C2-06 Touch & Type Dual GSMRp.450.000,-

    Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 710 Black Rp. 900.000,- Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) Black Rp.1.200.000,-

    Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.1.200.000,-

    Ready Stock!

    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB Rp.700.000.

    Ready Stock!

    APPLE iPod Nano 8GB Pink Rp.500.000,-

    Ready Stock! Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue Rp 1.700.000.

    Acer Aspire One AOD270 10.1 Netbook.

    Ready Stock! Acer Aspire One AOD270 10.1 Rp. 1.000.000,-

    Acer TravelMate TM8481-2462G32 14 Notebook.

    Ready Stock! Acer TravelMate TM8481-2462G32 Rp. 1.400.000

    Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook (with Keyboard Docking).

    Ready Stock! Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook Rp. 1.100.000,-

    Ready Stock!

    Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr Rp 1.300.000.

    Ready Stock!

    Nikon Coolpix L 120 Red Rp. 900.000

    Ready Stock!

    Nikon Coo lpix P 500 Black Rp.1.000.000

    ReplyDelete
  26. http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
    http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
    http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
    http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
    http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
    http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
    http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
    http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
    http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
    http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
    http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
    http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
    http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
    http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
    http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
    http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
    http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
    http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
    http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
    http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
    http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
    http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
    http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
    http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
    http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
    http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
    http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
    http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
    http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
    http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
    http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
    http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
    http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
    http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
    http://www.famousbagsmall.com/
    http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
    http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
    http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
    http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
    http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
    http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
    http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
    http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
    http://www.vipbagsmall.com/
    http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
    http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel