Cara Mudah Membuat Sitemap Blogspot di Google Web Master Tools

Membuat Sitemap Blogspot di Google Web Master
Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan website pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah.

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat URL sitemap karena untuk blogspot harus menggunakan URL khusus, berbeda dengan wordpress yang bisa langsung meng-submit URL feed tanpa harus melakukan perubahan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik bagaimana cara membuar sitemap di Google Web Master.

Cara submit sitemap di google webmaster tools :

  • Buka www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in
  • Lalu klik link URL blog yang ingin Anda proses
  • Setelah itu akan muncul jendela baru yang merupakan dashboard GWT blog Anda
  • Pada bagian sebelah kiri ada beberapa pilihan menu, klik CRAWL, lalu klik SITEMAP
Membuat Sitemap Blogspot di Google Web Master
  • Pada layar tampilan sitemap bagian kanan ada pilihan, ADD/TEST SITEMAP
  • Jika blog Anda berplatform blogspot, maka masukkan feeds/posts/default ke dalam kolom yang tersedia dan klik SUBMIT
  • Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu sitemap silahkan masukkan juga sitemap di bawah ini satu per satu sebagaimana langkah-langkah di atas :
sitemap.xml
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Sedikit penjelasan untuk jenis sitemap yang terakhir di atas adalah untuk blog yang jumlah postingannya masih di bawah 500, jika blog Anda telah memiliki lebih dari 500 postingan, maka tambahkan lagi sitemap di bawah ini :
atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
Saya rasa dengan menggunakan tiga jenis sitemap itu sudah lebih dari cukup untuk mempercepat pengindeksan blog Anda di google meskipun masih ada jenis sitemap lainnya. Demikian cara membuat sitemap di Google Web Master atau Google Console, semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments