Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Beberapa Kesalahan Umum Saat Upload EMIS Desktop dan Solusinya

By On 2.11.16

EMIS 2016-2017
Kangmuroi.net | Saat ini pendataan EMIS semester ganjil Tahun Pelajaran 2016-2017 sudah dimulai, dan setelah aplikasi dekstop emis resmi dirilis, ternyata banyak kendala yang ditemukan oleh operator di dalam menjalankan aplikasi tersebut. Kendalanya pun beragam, mulai dari settingan region komputer atau laptop sampai dengan OS (operasi system) yang tidak support dengan aplikasi dekstop.
Ditempat saya sendiri H-2 sebelum upload online dimulai, perbaikan aplikasi deskop terus dilakukan, sehingga banyak operator yang kebingungan. Patch baru harus di copy pastekan di aplikasi yang lama agar apliasi berjalan dengan normal.

Untuk Mengetahui semua masalah seputar gagalnnya menjalankan aplikasi dekstop ini berikut tips untuk mengatasi error saat uplod data emis diaplikasi dekstop dan cara mengatasinya :

1. NSM yang dimasukkan belum terdaftar (silahkan hubungi kankemenag setempat). 
nsm belum terdaftar
Ada beberapa sebab:

  • Aplikasi pernah digunakan untuk login sebuah lembaga denga nilai NSM tertentu. Solusinya adalah menggunakan aplikasi baru (fresh) yang belum digunakan untuk login.
  • NSM lembaga tersebut memang belum terdata di master database EMIS. Solusinya adalah menambahkan id lembaga ke dalam Aplikasi Pendiirian Madrasah, sehingga nanti saat update Semester Genap sudah bisa melakukan Update Data.

2. Kesalahan : Old format or invalid type library. (Exception from HRESULT:0x80028018 (TYPE_E_INVDATAREAD))
Old format or invalid type library.
Hal ini diakibatkan karena format region komputer anda belum di setting menjadi English (United States) dengan cara start > control panel > Clock, Language, and Region > Region and Language. Pada tab format silahkan pilih bahasa Inglish united states > OK. Perhatikan skrinsut dibawah ini :
format region komputer

3. Kesalahan : Exception from HRESULT:0x800A01A8
Exception from HRESULT
Hal ini diakibat File excell yang akan diupload masih terbuka. Maka segeralah ditutup form data exl nya.

4. Kesalahan : Conversion from string “” to type ‘Double’ is not valid.
to type ‘Double
Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah pada penulisan format dengan nilai E+17 itu salah..Seharusnya tertulis seperti deret text biasa yakni 123456789012345678.

5. Kesalahan : The field is too small to accept the amount of data you attempted to add. Try inserting or pasting less data.
The field is too small to accept
Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat (perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah misalnya kolom Periode Menerima BSM Seharusnya tertulis jumlah frekuensi bukan Tahun, contoh lain bisa juga nama siswa yang terlalu panjang atau alamat yang terlalu panjang yang melebihi kolom excel.

Solusinya cek aplikasi excel dan perpendek alamat atau nama atau cek NIK baik siswa atau orang tua barangkali ada yang kelebihan digit.

6. The ‘Microsoft.ACE0LEDB.12.0’ (aplikasi tidak sesuai dengan OS)
Microsoft.ACE0LEDB.12.0
Hal ini diakibatkan, ketidak sesuaian antara type OS dengan engine acces. Kasus diatas menyatakan engine OS type 64 bit tidak tertanam di dalam komputer.
Solusi: Lakukan ceking seperti proses ceking (Type Engine Access). Sesuaikan Aplikasi dengan OS (Operating System), dengan melakukan pengecekan. Start > Computer > klik kanan (computer) > Properties.

7. Terlalu banyak aplikasi yang terbuka.
banyak aplikasi yang terbuka
Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras” akibat beberapa hal : berjalannya beberapa aplikasi secara bersamaan, atau juga bisa diakibatkan oleh antivirus / firewall yang bekerja, atau bisa juga di sebabkan oleh virus yang “memakan” memory. Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalo masih terjadi hal sama setelah semua dimatikan berarti HD komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS baru.

8. Kesalahan : Operation must use an updateable query
Operation must use an updateable query
Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi. Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru.

9. Kesalahan copy paste tidak menggunakan paste special
copy paste tidak menggunakan paste special
Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi dalam mentransfer “pengindex”-kan. Biasanya akibat kesalahan isi data, contohnya tanggal lahir. Solusinya: Jangan Pernah Copy Paste dalam pengisian data. Atau gunakan paste special seperti pada artikel.
Solusinya jika sudah terlanjur isi data di excel, coba copy paste data tadi di excel biasa, hapus data yang dipalikasi dan copy paste kembali data yang di excel ke aplikasi dengan copy - special - value.

10. Office tidak sempurna
 Office tidak sempurna
Hal ini diakibatkan, “ketidaksempurnaan” software office terutama excell. Solusinya: Install ulang office.

11. . Validasi has stopped working
Validasi has stopped working
Hal ini diakibatkan terdapat “kesalahan” sehingga secara terpaksa OS menutup operasional aplikasi atau aplikasi “TIDAK MAU BERJALAN”.
Solusinya: proses cek  .netframework di lakukan ulang, jika memenuhi syarat, lakukan proses cek type engine access, jika sudah memenuhi syarat, salah satu trik berikut bisa dilakukan.

Diantaranya dengan cara men”Kompatibel”kan aplikasi tersebut dengan OS yang dimiliki. Caranya adalah jalankan file ekstensi aplication (contohnya Validasi MA) dengan klik kanan dan pilih Propertis dan pilih tab Compatibility, sehingga akan terbuka tampilan sbb
Pilih jenis OS yang tersedia di sana kemudian klik OK. Lihat skrinsut dibawah ini :
Demikian beberapa error yang sering dijumpai operator EMIS, mungkin para operator menemukan beberapa error lainnya, silakan bisa mencari sebab dan solusinya masing-masing. Selamat bekerja dan berpusing ria.

11 komentar

Thanks untuk tutorialnya mas

sama-sama, semoga bermanfaat...

sering kali ketika Kesalahan Upload EMIS Desktop signifikan terjadi, maka sangat beruntung ada solusinya disinih

sepertinya aplikasinya tidak diuji dengan benar di berbagai os, pelajaran buat developer nya

betul kang, dan ini belum terselesaikan sejak aplikasi EMIS dimunculkan

semua pasti ada solusinya mang :)

Masak iya format region nya harus inggris ?
aneh juga. Terlalu banyak membuka aplikasi memang berpengaruh.

menurut sayamah tinggal ganti tender pembuatan aplikasinya gan,,, XD

bener kang, jangan yg ecek ecek :D

sekarang hanya mts dan ma saja, sedangkan ra dan mi belum rilis

Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D.dan alhamdulillah saya dapat Rp.500.juta.dan semua ini berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL.karena cuma beliaulah yang memberikan angka ghoibnya,yang di jamin 100% tembus,awal saya bergabung hanya memasang Rp.50.ribu,karna saya gak terlalu percaya,ternyatah benar-benar
tembus,dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya,buat anda yang butuh angka yang dijamin tembus
hubungi: MBAH SANGKIL di nomor hp (_0852_1049_3757_) insya allah beliau akan membantu kesusahan anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih....