16 Mar 2016

Blogger Yang Bukan Blogger, Jawaban Buat Yang Mau Serius Ngeblog

blogger
Blogger yang bukan blogger | Sepertinya judul yang sedikit aneh yah. Terus maksude apa sih blogger yang bukan blogger itu? Yah tentu dari masing-masing sodara yang selama ini sudah mengelola blog, baik yang baru sebulan, setahun, dua tahun dan seterusnya tentunya akan merasakan suka duka ngeblog bukan? Dan ternyata selama kita menggeluti dunia blogging ini tidak sedikit yang akhirnya mundur secara teratur meninggalkan dunia maya dengan berbagai macam alasan.

Dan tentunya bagi yang masih eksis sampai detik ini banyak juga yang bertanya apakah saya atawa kita memang betul betul seorang blogger yang betul-betul blogger dalam artian betul-betul tahu seluk beluk dunia maya ini. Banyak dari kita yang ketika awal mencoba membuat blog hanya iseng belaka dan mengisi kekosongan waktu. Padahal ada beberapa point yang sebaiknya kita perhatikan sebelum menjadi seorang blogger yang produktif dari beberapa segi.

Harus Cinta dengan Dunia Blogging

Point yang pertama ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis pekerjaan, apapun pekerjaan kita, entah seorang guru, petani, karyawan swasta atau yang lainnya. Cinta dengan dunia kerja atau sesuatu yang sedang digelutinya adalah modal utama kita meraih sukses dan agar nantinya tidak timbul kejenuhan yang mendera selama kita ngeblog. Mencintai berarti siap berkorban, baik itu tenaga, waktu dan yang lainnya.

Punya Waktu Untuk Ngeblog

Waktu adalah hal penting dalam ngeblog, tanpa waktu yang luang tidak mungkin kita bisa ngeblog dengan leluasa. Walaupun tidak sedikit dari para blogger yang ngeblog paruh waktu, tapi pada akhirnya hasilnya kurang maksimal. Apalagi dikala pekerjaan offline yang sedang menumpuk, otomatis kegiatan dunia maya khususnya ngeblog pasti akan terabaikan. Sehingga waktu dalam ngeblog ini adalah hal yang krusial terutama buat para blogger yang sudah menghasilkan recehan dari kegiatan ini.

Banyak Ide dan Kreatif

Yah seorang blogger harus banyak ide atau luas pengetahuannya terutama buat blogger yang punya niche tertentu tentunya ia harus betul betul menguasai apa yang akan dituangkan dalam tulisan di blognya. Ide ini bisa datang dari mana saja, bisa dari pengetahuan kita selama belajar, dari media yang dibaca atau ide-ide yang lainnya untuk memperkaya khazanah keilmuannya. Blogger yang minim pengetahuan biasanya ia akan mengalami stagnansi ditengah perjalanan ngeblognya karena kekurangan ide.

Dan ternyata banyak ide saja tidak cukup tapi juga harus kreatif mengelola blognya. Kreatif dalam tulisannya atau kreatif yang lainnya, semisal bagaimana bisa menghasilkan sesuatu dari blognya aga rapa yang selama diusahakan dengan mengorbankan waktunya tidak akan sia-sia belaka atau hanya membuang-buang waktu saja.

Mau Terus Belajar dan Belajar

Dunia blogging tidak ada dalam bangku sekolahan, ia bisa autodikak dipelajari dan siapapun bisa mempelajarinya. Menjadi seorang blogger yang sukses seharusnya jangan merasa puas dengan apa yang sudah dicapainya selama ini namun sebaiknya ia harus lebih banyak belajar lagi. Belajar agar blogger yang sebenarnya bukan blogger bloggeran.


Mungkin hanya empat hal diatas yang bisa dikatakan kita menjadi seorang blogger yang sebenarnya walaupun sebenarnya banyak hal yang mendukung seseorang benar-benar menjadi blogger beneran, bisa ditambahkan oleh para pembaca budiman, kira-kira apa saja hal yang lainnya. Jika selama ini kita belum mencintai dunia blogging alias hanya iseng-iseng belaka bisa dipastikan kita bukan seorang blogger yang bukan blogger. Namun pada akhirnya itu semua diserahkan kepada masing-masing pembaca yang budiman. Tergantung niat untuk apa ngeblognya, toh selama ini jika niatnya ingin banyak kenalan dan akhirnya tercapai itu bukan merupakan kerugian karena banyak kenalan dan teman.

Dunia blogging sekali lagi adalah bisa juga dijadikan sandaran hidup alias bisa membuat dapur ngebul jika dijalankan dengan serius dan betul-betul berniat mengelolanya, menyediakan waktu yang full dan tidak setengah-setengah dalam mengelolanya bisa menjadikan kegiatan ini menyenagkan dan mengasilkan, tentunya kita harus banyak belajar bagaimana cara mengelola blog agar lebih profesional dan menghasilkan. Wallahu 'alam dan semoga bermanfaat...