Hukum Seputar Pemakaian Batu Cincin

batu cincin
Hukum Seputar Pemakaian Batu Cincin | Fenomena batu cincin masih mem-booming saat ini. Ini bukanlah bukan fenomena yang baru atu trend baru, namun ini trend yang berulang bahkan ketika jaman Rosulullah-pun sudah ada cincin batu mulia ini. Sangat beragam motivasi dari pemakaian batu cincin ini, ada yang hanya sekedar hoby, hanya ikut-ikutan saja atau bahkan ada yang mempercayai ada kekuatan mistik dalam batu ini. Point terakhir inilah yang perlu kita waspadai agar kita tidak terjerumus dalam perbuatan musyrik.

Melihat fenomena ini, penulis jadi penasaran, apakah memakai ini sesuatu yang sunnah dalam islam atau mubah atau bahkan justru di haramkan?

Hukum Asal Memakai Cincin Bagi Laki-Laki

Dalam Islam, laki-laki boleh memakai perhiasan berupa cincin. Adapun perhiasan lain, seperti kalung, anting, dan sebagainya tidak diperbolehkan karena bersifat meniru perempuan. Pemakaian cincin hanya sebatas untuk perhiasan semata. Haram hukumnya meyakini cincin mempunyai kekuatan-kekuatan supranatural.

Rasulullah SAW pernah melihat seorang laki-laki memakai gelang dari tembaga. Rasulullah menanyakan apa yang dipakainya. "Ini adalah al-Wahinah (penyembuh atau penangkal penyakit)," jawabnya. Rasulullah SAW pun bersabda, "Tanggalkanlah segera, sesungguhnya dia tidak menambahkan kepadamu, melainkan kelemahan." (HR Ahmad).

Apakah Memakai Cincin Termasuk Sunah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam?

Dalam sebuah riwayat hadits dijelaskan,

أن النبي صلى الله عليه وسلم أراد أن كتب إلى كسرى وقيصر والنجاشي فقيل له : إنهم لا يقبلون كتابا إلا بخاتم فصاغ رسول الله صلى الله عليه وسلم خاتما حلقته فضة ونقش فيه محمد رسول الله فكأني أنظر إلى بياضه في كفه
 
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak menulis surat ke Kisra (persi), Kaisar (romawi), dan Najasyi (Ethiopia). Kemudian ada yang mengatakan, ’Mereka tidak mau menerima surat, kecuali jika ada stempelnya.’ Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membuat cincin dari perak, dan diukir tulisan Muhammad Rasulullah. Saya melihat putihnya cincin itu di tangan beliau. (HR. Ahmad 12738, Bukhari 5872, Muslim 2092, dan yang lainnya).

Pertanyaan ini pernah disampaikan kepada Imam Ibnu Utsaimin. Jawaban beliau,

Memakai cincin bukanlah sunah yang ditekankan. Dalam arti, dianjurkan bagi setiap orang untuk memakai cincin. Akan tetapi sunah jika dia membutuhkan. Karena Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendengar informasi bahwa para raja yang hendak dikirimi surat, tidak mau menerima surat kecuali yang ada stempelnya, maka beliau membuat cincin agar bisa digunakan untuk menstempel surat-surat yang beliau kirim kepada mereka.

Beberapa Hadits Palsu Tentang Pemakaian Cincin

Ada beberapa riwayat dhaif (lemah) bahkan maudhu' (palsu) yang meriwayatkan seputar batu cincin. Di antaranya perkataan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib, "Wahai Ali, pakailah cincin ditangan kananmu sehingga kamu masuk sebagai Almuqarrabin (orang-orang yang dekat kepada Tuhan)."

Ada pula riwayat hadis maudhu' (palsu) lainnya yang mengisahkan tentang Malaikat Jibril yang mengatakan bahwa Allah memerintahkan Rasul-Nya memakai cincin akik. Hadis yang diriwayatkan Ibnu Syarh Asub ini juga memerintah Ali bin Abi Thalib memakai cincin yang berbatukan Akik Yaman.

Pengharaman Pemakaian Batu Mulia Sebagai Cincin

Ada beberapa riwayat yang menjadikan dalil ini sebagai alasan bahwa memakai batu cincin itu haram. Dikarenakan Rasulullah sendiri pernah membuang cincin yang melingkar di jari kanan-nya. Disaaat Muhammad  SAW mengenakannya maka manusia (pada saat itu) membuat (cincin). Kemudian beliau saw duduk diatas mimbar dan melepasnya seraya bersabda,”Sesungguhnya aku mengenakan cincin ini dan menjadikan batu cincinnya dibagian dalam.”maka beliau saw melemparnya dan mengatakan,”Demi Allah aku tidak akan mengenakannya selama-lamanya.” Maka manusia yang menyaksikannya saat itu pun membuang cincin mereka.” (HR. Muslim)

Memakai batu cincin tidak disarankan, karena akan menimbulkan sifat keangguhan, terlebih di zaman sekarang, memakai batu cincin adalah gengsi bagi kalangan tertentu, dikarenakan semakin bagus batu yang ia kenakan, maka akan semakin mahal harga yang menjadi acauan gengsi, pamor atau populeritas tentang sosok yang memakai batu tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan khurafat.

Sebagian masyarakat kita masih memelihara kepercayaan terhadap benda-benda mati. Mereka menganggap bahwa benda mati tertentu memiliki kekuatan, kesaktian, atau keistimewaan yang sangat dahsyat, sehingga bisa dijadikan sebagai jimat, senjata, atau yang lainnya. Padahal, kepercayaan seperti ini hanyalah bersumber dari khurafat, khayalan, & halusinasi semata.

Berdasarkan Riwayat dari Ahmad, Al-Hakim, & Ibnu Hibban yang dinilai shahih oleh Al-Haitsami dlm Al-Majma’ Rasulullah bersabda ;

“Barangsiapa yang menggantungkan jimat, semoga Allah tak mengabulkan tujuan yang dia inginkan. Dan barangsiapa yang menggantungkan wada’ah (salah satu jenis jimat), semoga Allah tak menjadikan dirinya tenang.”

Kesimpulan

Bisa-bisa saja dan sah-sah saja atau boleh-boleh saja jika memakai batu cincin atau akik tersebut, namun yang menjadi pertanyaan, ‘ sanggupkah mengahapus rasa riya ( pamer ) ketika kita memakai batu tersebut? Dan sudah kuat-kah aqidah kita untuk menghapus perihal dugaan yang berbau khurafat dalam batu akik yang mampu menggeser ketauhidan kita? Ingat-lah! Syaitan tidak akan pernah menyerah untuk menggoda dan menggeser aqidah manusia dengan menyisipkan nilai-nilai syirik sehalus apa pun. Jika syarat-syarat tersebut sudah dipenuhi maka diperbolehkan memakai batu cincin dengan maksud hanya sebagai perhiasan belaka. Wallahu a'alam.

Semoga bermanfaat dan happy blogging....

sumber :
http://www.konsultasisyariah.com/memakai-cincin-bukan-sunah-nabi/
http://www.ceritamu.com/info/hadistsunah/batu-cincin

36 Responses to "Hukum Seputar Pemakaian Batu Cincin"

  1. Replies
    1. pertamax mau naik lagi mas :)

      Delete
    2. > Permisi Teman-Teman Bagi PeCinta BATU BACAN ASLI TERNATE Kami Siapkan BONGKAHAN BATU BACAN DOKO DAN PALAMEA ASLI TERNATE

      Kondisi bahan ;
      - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
      - Bahan tua (galian lama)
      - Kualitas super kristal,sudah tembus
      - Bahan keras dan padat
      - Siap gosok poles
      - Daging utuh, tanpa kapur
      - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
      - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
      - Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung - ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
      - Untuk tanya - tanya silakan hub no yang tertera

      Harga ;
      - 1 ons Rp. 500,000
      - 5 ons Rp. 1.250,000
      - 1 kg Rp. 2.500,000
      - 5 kg Rp. 6,000,000
      - 10 kg Rp. 8.000,000
      - 15 kg Rp. 10.000,000
      (Harga bisa nego)

      Minat hub ;
      - 082194295879
      -pin;5aa211ac
      #.stock terbatas
      Siapa cepat dia dapat
      Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
      Adapun cara yg kami sediakan:
      Dan bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,
      jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

      HATI-HATI Salah Org Nnti keTIPU....!!!!!!!!!

      Delete
  2. wah perlu pemikiran lagi untuk memakai bacu cincin ya kang.bila salah niat malah jadi merugikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, kuatkan akidah dulu jangan sampai malah percaya sama batu hehe

      Delete
  3. Saya paling suka kalo lagi pakek batu Akik, soalnya cuman ikut-ikutan.
    Kalo dilihat-lihat juga unik sih hehe walaupun terlihat besarr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sekedar untuk perhiasan boleh saja mas, Allah menyukai yang indah kan

      Delete
  4. maaf sob baru bis a datang lagi kesini, beberapa waktu lalu saya kehilangan jejak blog sobat. salam semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke kang, makasih sudah berkunjung lagi kesini..maklum kang sudah ganti domain hehe...

      Delete
  5. ada hadist palsunya juga ya mas, iya mas yang pakai batu akik banyak nya yang hanya pamer aja.tapi ada juga yang malah jadi musyrik..
    katanya dibatunya ada isinya.apa coba isi nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, makanya mungkin kuatkan akidah dulu jangan sampai malah kita jadi musyrik...isinya jelas batu mas hehe....

      Delete
    2. hehe, iya mas.tren batu akik malah banyak yang musyrik..

      Delete
  6. lagi rame kembali ke jaman batu, kebetulan nggak begitu demen, mending buat beli beras :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, emang anak istri mau makan batu yah hehe....

      Delete
  7. sangat mencerahkan sob info nya, ane pengen juga pakai cincin batu akik,cuma ane belum punya uang nya ahaha

    ReplyDelete
  8. Kalo saya pribadi malah gak tertarik sama sekali sama yang namanya batu cincin kang, makanya disaat orang-orang mah pada ngomongin bantu cincin, saya malah gak engeh tuh kang, dulu pernah coba pake tapi pas saya liat gak ada pantes-pantesnya sama sekali heheee...

    ReplyDelete
  9. jadi kalo cowo pake cincin sebetulnya ga ada yang menyebutkan haram kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, kalo ngak salah.
      Diharamkan bagi pria muslim mengenakan cincin yang terbuat dari Emas.

      Delete
    2. oh iya,saya juga pernah dengar kalau cincin emas katanya haram bagi laki-laki :)

      Delete
  10. Saya sih hoby juga tapi ga pamer juga si.....mengetahui lebih batu akik juga akan menambah pertemanan kita kok, kuncinya bukan untuk pamer kan

    ReplyDelete
  11. Saya sih hoby juga tapi ga pamer juga si.....mengetahui lebih batu akik juga akan menambah pertemanan kita kok, kuncinya bukan untuk pamer kan

    ReplyDelete
  12. sangat mencerahkan post nya mas, saya suka batu akik tapi tidak suka memakainya

    ReplyDelete
  13. Tapi ada lo ustad atau kyai memakai atau memilki cincin yang harganya kokon sampai milyaran. Ini jaman batu atau jaman modrn ?

    ReplyDelete
  14. saya juga bingung mas kebanyak orang memakai akik dikaitkan dengan kekuatan tertentu, padahal tidak mendatangkan apa-apa, kecuali hanya sekedar hiasan biasa. yang ditakutkan bangga dengan memakai akik juga bisa membuat orang lupa...

    ReplyDelete
  15. .Teman-teman ane juga gitu gan, pada heboh-hebohnya menggunakan batu cincin ini.
    .Padahal ane pun punya juga banyak batu seperti itu, tapi satupun dari keluarga ane tidak terlalu tergiur untuk ikutan begituan.
    .Ntahlah, namanya juga Jaman. Ntar lagi ganti lagi musimnya. -__-

    ReplyDelete
  16. Makasih infonya gan :)
    Oh ya blog sudah terfollow follow back ya :)

    ReplyDelete
  17. Lebih baik saya tidak memakai cincin daripada nantinya terjadi sesuatu yang tidak saya inginkan. seperti yang sudah anda ternankan di atas bahwa syetan tidak pernah menyerah untuk merusak akidah manusia. Makasih banyak infonya gan :)

    ReplyDelete
  18. Saya juga pernah terbawa tren... Menyisihkan Gaji hanya untuk beli Batu Akik cat eye... giliran udah punya males pakainya, Jadi sia sia..

    ReplyDelete
  19. LANGSUNG AJA GAN..!

    SILAKAN DIBACA DULU GAN,SEBELUM MESAN ,,,,

    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL ASLI TERNATE

    Kondisi bahan ;
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    - Bahan tua (galian lama)
    - Kualitas super kristal, sudah tembus
    - Sudah tembus
    - Beberapa titik sudah ada yang kristal
    - Bahan keras dan padat
    - Siap gosok poles
    - Daging utuh, tanpa kapur
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    - Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung - ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
    - Untuk tanya - tanya silakan hub no yang tertera

    Harga ;
    - 1 ons Rp. 400,000
    - 2 ons Rp. 700,000
    - 3 ons Rp. 1,100,000
    - 5 ons Rp. 1,500,000
    - 7 ons Rp. 4.000,000
    - 1 kg Rp. 4.400,000
    (Harga bisa nego halus)

    Minat hub ;
    - 085262677111 (Sms,Telp)
    pin; 26021A42
    COD langsung di lokasi
    Jl. Cempaka No 25
    Ternate utara

    ReplyDelete
  20. Iya benar mas, selagi tidak menganggap batu cincin itu mempunyai kekuatan maka tidak dilarang untuk memakainya dalam ajaran Islam :)

    ReplyDelete
  21. Saya ingin menyampaikan kepada seluruh TKI yang bekerja di negeri orang saya ibu hermawati seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan nomor MBAH RONO katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi MBAH RONO dan minta angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan 4D TOTO ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi MBAH RONO di nomor (_085_340_489-469_) ini asli bukan rekayasa atau silahkan buktikan sendiri..

    ReplyDelete
  22. LANGSUNG AJA GAN..!

    SILAKAN DIBACA DULU GAN,SEBELUM MESAN ,,,,

    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL ASLI TERNATE

    Kondisi bahan ;
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    - Bahan tua (galian lama)
    - Kualitas super kristal, sudah tembus
    - Sudah tembus
    - Beberapa titik sudah ada yang kristal
    - Bahan keras dan padat
    - Siap gosok poles
    - Daging utuh, tanpa kapur
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita
    - Sesuaikan dengan dana yang anda punya.. jangan terlalu dipaksakan yang ujung - ujungnya merugikan diri sendiri dan orang lain
    - Untuk tanya - tanya silakan hub no yang tertera

    Harga ;
    - 1 ons Rp. 400,000
    - 2 ons Rp. 700,000
    - 3 ons Rp. 1,100,000
    - 5 ons Rp. 1,500,000
    - 7 ons Rp. 4.000,000
    - 1 kg Rp. 4.400,000
    (Harga bisa nego halus)

    Minat hub ;
    - 082340082333 (Sms,Telp)
    pin; 280B3C2A
    COD langsung di lokasi
    Jl.sudirman No 29
    Ternate utara

    ReplyDelete
  23. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    ReplyDelete
  24. kalau saya sih asal pas cincin akik nya ya saya pakai hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel