Beberapa Aspek yang Luar Biasa dari Gerakan Sholat

sholatBeberapa Aspek yang Luar Biasa dari Gerakan Sholat - Sahabat Kang Muro’i yang baik hati dan semoga selalu dimulyakan Allah Swt pada postingan kali ini saya tidak akan membahas masalah naiknya BBM dan efek domino yang menyengsarakan rakyat banyak. Namun kali ini saya sedikit berbagi tetang suatu hal yang sudah menjadi suatu kewajiban kita sebagai seorang muslim yang tentunya tidak lupa untuk menunaikannya yaitu  sholat yang lima waktu.

Mengapa saya ingin membahas tentang satu hal ini? Yak arena sholat adalah satu hal yang perama kali ditanya oleh Allah SWT diakhirat kelak sebelum amalan-amalan yang lainnya didunia. Karena pada hakikatnya jika sholat kita baik dan benar maka biasanya perbuatan-perbuatan kita selainnya juga akan mengikutinya yaitu menjadi baik dan benar pula.

Kembali kepada pembahasan kita kali ini yaitu tentang sholat. Sholat bukanlah sekedar ritual gerakan anggota tubuh kita yang tanpa makna, namun sesungguhnya ada banyak hikmah dan manfaat yang luar biasa dari perintah Allah SWT ini. Menurut sebuah penelitian ilmiah, ternyata shalat memiliki segudang manfaat, tidak hanya menyehatkan ruhani, namun juga menyehatkan fisik, mental, termasuk di dalamnya mengurangi stress dan depresi.

Berikut beberapa manfaat yang luar biasa dari gerakan sholat ini yang dikutip dari Sentot Haryanto, dalam bukunya Psikologi Shalat (Pustaka Pelajar, 2001), mengungkapkan bahwa shalat mengandung aspek-aspek yang dapat mengembangkan mentalitas sehat. Nah apa sajakah aspek-aspek psikologis itu? Beikut beberapa diantaranya:

1. Aspek Olahraga.

Gerakan-gerakan shalat dari mulai takbiratul ihram sampai salam mampu memberikan efek positif terhadap kesehatan jasmani dan ruhani. Karena hamper semua anggota tubuh kita bergerak, mulai dari kepala, tangan sampai kaki. Ketika kita sujudpun darah kita akan menyuplai otak sehingga memperlanacar peredarannya sampai ke otak kita.

2. Aspek Relaksasi Otot.

Relaksasi dipercaya dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi kecemasan, ketegangan, sulit tidur (insomnia), mengurangi hiperaktivitas pada anak, mengurangi toleransi sakit, dan membantu mengurangi keinginan merokok bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Sehingga gerakan dan sikap sholat sebaiknya bukan sesuatu yang justru membuat kita capai. Buatlah sholat kita rileks dengan tidak meninggalkan kaidah sholat yang benar seperti yang dituntunkan Rasulullah SAW kepada kita.

3. Aspek Relaksasi Kesadaran Indra.

Ketika kita menunaikan shalat dengan khusyu, ruh kita seakan membumbung tinggi menembus batas-batas dimensi, meninggalkan dunia menuju kehadirat Dzat Yang Mahatinggi. Dalam kondisi tersebut, pancaindra kita akan terlepas dari ketegangan dari dalam dan tekanan dari luar.

4. Aspek Meditasi.

Tidak berlebihan jika menyebut shalat sebagai meditasi tertinggi. Betapa tidak, efek yang ditimbulkannya melebihi praktik meditasi atau yoga, yaitu hadirnya ketenangan dan kedamaian dalam diri. Kondisi ini, tentunya dapat kita capai jika kita melakukannya dengan khusyu dan penuh kesadaran. Sholat adalah hadirnya raga dan ruh kita yang sedang menghadap sang penciptanya, maka yakinlah jikalaupun kita tidak bias melihat Allah, yainlah Allah maha melihat apa yang sedang kita kerjakan.

5. Aspek Auto-sugesti.

Shalat adalah sarana efektif untuk membimbing diri melalui proses pengulangan bacaan. Setiap pengulangan bacaan dan gerakan memberi efek psikologis yang dalam, sebentuk afirmasi dan proses internalisasi nilai-nilai kebaikan sehingga bisa tertanam di alam bawah sadar kita. Tentunya hal ini ditunjang oleh pemahaman kita terhadap bacaan-bacaan sholat yang secara berulang-ulang kita lakukan. Dengan memahami apa yang kita baca tentunya akan semakin memberikan kita banyak sugesti yang positif dalam diri kita.

6. Aspek Pengakuan dan Penyaluran Emosi (katarsis).

Sejatinya ritual shalat adalah sebentuk komunikasi yang intens antara hamba dengan Tuhannya. Ketika itu, seorang hamba bisa curhat mengeluarkan semua isi hatinya, mengadu, mengiba. Dan mendekati-Nya.Ketika bahu tidak bisa lagi menjadi tempat bersandar, maka hanya kepada Allah-lah tempat kita mengadu mengeluarkan keluh kesah dan dengan cara ini membuat hati kita menjadi lebih tenang dikala kita sedang menghadapai masalah yang super rumit sekalipun.

7. Aspek Pembentukan Kepribadian.

Melalui shalat, manusia dilatih berlaku disiplin, taat asas, jujur, mencintai kebersihan, kedamaian, ketundukan, dan sikap-sikap mulia lainnya. Dengan menjalankan shalat secara istiqamah, pribadi seorang Muslim bisa menjadi lebih baik.

8. Aspek Terapi Air (hydro therapy).

Siapa pun orangnya, sebelum shalat, ia harus berwudhu karena ternyata wudhu memiliki beragam manfaaat. Mulai efek penyegaran, membersihkan badan dan jiwa dari kotoran, hingga fungsi pemulihan tenaga. Bisa dibayangkan jika dalam sehari kita minimal sholat 5 waktu, maka lima kali pula air wudhu membasuhi muka.

Yang pada intinya adalah, ketika seorang hamba menunaikan shalat dengan benar dan khusyu, maka ia sungguh telah mendapatkan pengalaman ruhani yang luar biasa. Kita masih ingat dengan salah satu sahabat yang terkena panah ketika berperang maka sahabat tersebut meminta Rasulullah untuk mencabutnya ketika ia sedang sholat. Dan memang benar sahabat tersebut tidaklah merasa sakit sedikitpun karena nikmatnya sholat. Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku; maka sembahlah Aku dan dirikan shalat untuk mengingat-Ku.” (QS Thaha [20]: 14).

Dalam ajaran islam kita mengenal iman dan ikhsan, sholat yang benar dan khusyu akan menggiring seseorang untuk menumbuhkan kesadaran bahwa segala gerak gerik dalam kehidupannya akan selalu diawasi dan dimata-matai oleh Allah SWT. Inilah hierarki kesadaran tertnggi yang dimiliki seorang manusia. Inilah kesadara yang mampu dicapai para nabi beserta orang-orang saleh. Ketika seseorang sudah sampai pada tahap kesadaran ini, niscaya hidupnya akan terarah, istiqomah, dan penuh kedamaian jauh dari segala macam gundah gulana karena yakin bahwa ada dzat yang Maha Tinggi dan berkendak, Allah SWT.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..


Post a Comment

56 Comments

  1. Banyak sekali aspek yang dapat dihasilkan dari sholat ya Mas. Terimakasih sharinya ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu aktif station di blog Kang Muroi ini Mas Indra ya. jadi deh Pertamaxnya saya gagal. oh ya maaf nih Kang Muroi saya agak sedikit mleset topik. mau tanya Mas Indra. setiap saya berkunjung di blog ejawantah kok gak pernah di approve..dan di blog yang satunya juga gak ada respon. Blog Mas Indra yang mana lagi coba?

      Delete
    2. asik nih ngobrolin tentang setipis silet di aspek sholat....dasar pada ngga ada sopan santun klian semuanya, kecuali saya

      Delete
  2. Ke 8 Aspek yang Kang Muroi bagikan ini sangat menginfirasi sekali buat saya. makasih Kang

    ReplyDelete
  3. banyak banget aspek yg ditimbulkan dari ibadah sholat yakang.
    sampai sekarang saya masih belajar melakukan shalat dengan benar dan khusyu

    ReplyDelete
  4. Selain buat mendekatkan seorang hamba pada Tuhan NYA, shalat berdampak baik buat jiwa dan raga ya mas El
    rugi banget deh kalo ndak shalat :)

    ReplyDelete
  5. semua aspek positif ini ada dalam shalat, aspek tersebut kadang kita tidak menyadari dan ternyata banyak sekali manfaatnya...jadi mesti shalat dg dawam ya mas..mencerahkan dipagi yg mendung ini..
    jazakallah khairan

    ReplyDelete
  6. subhanallah ternyata banyak selaku yah gan hikmah dari gerakan shalat ini :)

    ReplyDelete
  7. Semua gerakan gerakan pada Sholat ternyata memang bukan hanya sekedar bersujud menghadap yang KUASA aja ya Mas, melainkan memiliki nilai-nilai Plus dalam kesehatan dan keseharian Kita.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah... aspek dari sholat sangat lah luar biasa ne kang. untung saja saya tidak pernah meninggalkan sholat kang.. karena itu sudah jadi kewajiban juga kang...

    ReplyDelete
  9. Subhanallah..memang banyak hal positif ya mas slain untuk beribadah, ternyata banyak aspek trnsendiri bagi kita untuk kesehatan dll, lama g maen ksinih nih, hehe apa kbar mas?

    mampir ya mas dipostq :)

    ReplyDelete
  10. Sholat memang banyak manfaatnya ya bapak, terkadang kitanya saja tidak tau

    ReplyDelete
  11. wah baru tau saya yang beginian bapak, tak kiraen hanya tuntunan semata

    ReplyDelete
  12. Subhanallah semua yang ada dalam gerakan Shalat tidak ada yang sia-sia ya kang, justru sangat bermnafaat untuk kesehatan tidak hanya kesehatan lahir tentunya tetapi juga kesehatan bathin...maka marilah pergiat shalat wajib dan perbanyak dengan shalat sunahnya agar kita mendapatkan kesehatan lahir dan bathin juga kesehatandunia dan akherat...aaamiiiiin

    ReplyDelete
  13. Faedah dan manfaat gerakan shalat memang terbukti dan di akui okeh byk pakar, bagus untuk kes3hatan ya mas :)

    ReplyDelete
  14. tentunya bukan yang asal sholat itu ya kang untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut

    ReplyDelete
  15. islam memang indah mas, segalanya sudah di atur , i love islam :)

    ReplyDelete
  16. emang banyak aspek yang bermanfaat sekaligus menyehatkan dari gerakan ibadah shalat :)
    seharusnya kita tidak perlu susah payah mencari cara untuk menyehatkan badan karena olahraga yang paling bagus bagi kesehatan itu adalah SHALAT

    ReplyDelete
  17. ijin nyimak aja deh mas

    kunjungan yang sudah lama tidak pernah ke blog ini

    ReplyDelete
  18. Sepertinya tidak ada gerakan yang sia2 dalam solat. Bahkan daru semua aspek yang disebut diatas menurut saya masih ada satu aspek lain, yaitu pesan bahwa semua manusia itu sama dihadapan tuhan. Ketika solat semua manusia tak peduli kyia, santri, presiden orang penting, pembantu, kuli bangunan, semua menghadap kiblat dan bersujud merendahkan kepalnya kepada Tuhan.

    ReplyDelete
  19. Salat sendiri saja sudah bermanfaat, apalagi salat berjamaah. :D

    ReplyDelete
  20. WAh baru tahu nie bos.....

    infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  21. aspek terapy air...baru ngeh nich dengan salah satu aspek ini...meskipun sudah sering mendengarnya....
    keep happy blogging always,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  22. terimakasih atas pencerahannya gan,,

    ReplyDelete
  23. Aspek meditasi langsung kepada Alloh swt iya kang :)

    ReplyDelete
  24. thanks infonya sob,, sangat bermanfaat sekali bagi saya.. :)

    kalau ada waktu,,kunjung balik blog baru saya ya sob >> tutorialblogwiky.blogspot.com (^_^)

    terima kasihh..

    ReplyDelete
  25. Islam telahmengajarkan segalanya..
    thanks,, nice post !!

    ReplyDelete
  26. betuul banget kang muro'i. kalau untuk penyembuhan penyakit fisik di gerakan yang mana ya kang ???

    ReplyDelete
  27. Komplit mas.. infonya.. Intinya.. selain untuk rohani sholat juga baik untuk jasmani kita.. :)

    ReplyDelete
  28. Ternyata banyak banget ya mas aspeknya..
    kunjungan malam pertama lagi..

    ReplyDelete
  29. selamat Pagi Mas... Khusyu dalam Shalat merupakan Hal tersulit yang bisa kita lakukan, namujn dengan Shalat kita sudah mendapat berbagai macam Manfaat dari berbagai macam Aspek yang telah di bahas di atas, makasih Mas atas pencerahannya...

    ReplyDelete
  30. ternyata banyak banget ya manfaat yang bisa kita dapat dari melakukan sholat

    ReplyDelete
  31. bisa jadi metode untuk kesehatan yg alami,,

    ReplyDelete
  32. ternyata shalat sangat bermanfaat bagi kesehatan rohani dan jasmani

    ReplyDelete
  33. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!





    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!

    ReplyDelete