BBM Naik, Inilah Dampak dan Tips Mengatasinya

dampak naiknya BBM
BBM Naik, Inilah Dampak dan Tips Mengatasinya | Ada kabar tidak mengenakkan buat masyarakat Indonesia saat ini yaitu rencana pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Rp 3.000 per liter, mulai November. Hal ini nampaknya bakal terwujud (itupun masih kemungkinan). Sebab, menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, pembahasan akan hal itu sudah lama dilakukan, katanya lagi bahwa saat ini pokok pembahasan hanya tinggal menghitung menentukan hari.

Bahkan Menteri Keuangan alias Bapak Bambang Brodjonegoro sedikit memberi bocoran waktu pelaksanaan kenaikan ini ialah sebelum 1 Januari 2015. Pemerintah merasa perlu menaikkan harga BBM subsidi karena semakin sempitnya ruang fiskal untuk pembangunan. Tapi kabarnya presiden sama wakil presiden tidak kompak dalam menentukan kapan naiknya BBM ini, masih galau

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meyakini penaikan harga tak berdampak signifikan terhadap lonjakan konsumsi BBM subsidi. Menurutnya, jika terjadi pembelian BBM subsidi besar-besaran pasca penaikan harga, itu hanya berlangsung sesaat.

Yah kita tunggu saja yah, apakah prediksi para bapak-bapak pejabat itu benar bahwa tidak akan terjadi ewuh pakewuh pasca kenaikan harga BBM ini, karena biasanya seiring naiknya harga BMM maka harga kebutuhan pokok pasti akan ikut naik juga. Masalahnya jika barang sudah naik maka susah turunnya, keenakan kali yah kalo sudah diatas hehe…

Yup daripada pusing mikirin naiknya BBM yang belum jelas kapan naiknya dan naik pohon atawa tower, mendingan kita simak beberapa liputan yang ngga jelas reporter dan sumbernya seputar kenaikan BBM ini.

Kenaikan BBM Menurut Seorang Mahasiswa

Beberapa waktu lalu seorang reporter sempat mewawancarai Demonstran yaitu Seorang mahasiswa perguruan tinggi yg kelihatannya sangat ‘cerdas’ ditanya sikapnya mengenai kenaikan harga BBM, dengan sedikit bergaya seperti para menteri dia menjawab

“Menurut saya sih ya harga BBM mau dinaikkan atau ngga bukan masalah,tapi yang penting pelayanannya harus ditingkatkan gitu, jangan seperti sekarang BBM sering pending gak ke deliver gara-gara sinyalnya lemot ..

Akibat Naiknya BBM versi Si Opung

Walau kenaikan BBM belum jelas, tak urung si Opung tetap khawatir karena bisa saja BBM dinaikkan lebih cepat dari perkiraan. Jika itu terjadi inilah pendapat si Opung:

“Baah BBM naik lagi, semoga harga BBM bisa ‘Manurung’ lagi..
Membuat aku serba ‘Silalahi’ ini.
Hidup tambah ‘Simanungkalit’. PSodarapatan manurung.
Sehari dapat ‘Pasaribu' aja udah bagus.
Jadi ‘Sihotang’ di mana-mana.
Tak ada lagi ‘Harahap’ dalam hidup ini.
Rakyat miskin …sudah ‘Pangaribu’-ribu.
Sudah rumah dekat ‘Tambunan’ sampah lagi.
Anak menangis ‘Marpaung-Marpaung’ pada minta jajan.
Pagi biasa sarapan roti, nasi ini jadi kue ‘Lubis’
Otak sudah ‘Sitompul’. Kalau gini terus keadaan makin ‘Ginting’.
Usaha ‘Panjaitan’ tidak Laku. Jadinya kepala pusing ‘Sibutar-Butar’.
Rambut rontok nyaris ‘Poltak’.
Tapi kita harus ‘Sitorus’, tetap sehat dan lebih irit dengan kereta ‘Perangin-Angin’.
Jangan sampai putus ‘Harahap’. Mintalah parlindungan kepada Nya. Supaya ‘Bonar-Bonar’ salamat.

Buteeeeet dah.

Dampak Kenaikan BBM Menurut Para Pengamat

Pemerintah berpendapat bahwa kenaikan harga BBM sebesar 10 persen dapat menurunkan jumlah rakyat miskin sampai 14 persen. Sementara kalangan analis mandiri memperkirakan bahwa kenaikan harga BBM hingga 100 persen akan mengurangi jumlah penduduk miskin juga 100 persen. Begini perhitungan di lapangan:

Rakyat miskin makan sehari satu kali. Setelah harga BBM dinaikkan porsi makanan satu kali itu untuk tiga hari. Lama-lama juga mati.

Rakyat miskin yang tadinya naik bis sekarang jalan kaki dan ditabrak Metro Mini yang ngebut karena nguber setoran. Lalu mati.

Ada juga rakyat miskin yang strees memikirkan kenaikan harga BBM yang naik. Lalu sakit, tidak bisa makan dan minum, akhirnya mati.

Ada rakyat miskin yang kreatif dan berinisiatif nyolong bebek tetangga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lalu tertangkap dan digebuki massa, dan mati. Katakanlah dia tidak disiksa massa tapi diserahkan ke kantor polisi. Nah di dalam sel tahanan dia gantung diri. Dan mati. Atau katakanlah dia dapat meloloskan diri. Bebek yang dicuri tadi dimakannya. Eh, ternyata sang bebek penyakitan. Si orang miskin yang terpaksa mencuri tadi pun keracunan. Dan mati.

Tips Irit Pasca Kenaikan BBM

Dalam situasi ekonomi dan politik di negeri kita yang carut marut ini, kita mesti berhemat, terutama dalam menghadapi melambungnya harga BBM dan langkanya minyak solar di SPBU-SPBU. Berikut racikan beberapa tips menghemat BBM. Semoga berkenan.
  1. Perkecil ukuran Tanki Kendaraan Sodara hingga seperempatnya. Sodara pasti akan berpikir dua kali kalau mau pergi jauh.
  2. Hindarilah macet dengan berangkat lebih pagi, misalnya jam tiga pagi, dan pulang lebih malam, kalau perlu sesekali ajak anak isteri menginap di kantor.
  3. Jangan cari rumah yang dekat kantor. Mahal! Mendingan cari kantor yang dekat rumah, misalnya Kantor Kelurahan atau Kantor Polisi
  4. Contohlah Angkot atau Bis Kota yang mampu mengoptimalkan jumlah penumpang sebanyak mungkin. Kalau ngantor bawa mobil ajaklah anak isteri, adik, kakak, om, tante, teteh, aa, kakek, nenek dan juga tetangga seRT.
  5. Tabrakin saja mobil Sodara ke pohon, terus minta diderek ke kantor. Mobil Sodara memang penyok, tapi yang penting khan bensin di mobil masih utuh.
  6. Carilah Pom Bensin yang lagi gelar Discount atau Sale. Dijamin nggak bakalan nemuin, lagian bensin Sodara keburu habis.
  7. Belilah BBM dengan Mata Uang Dollar. Bayangkan Sodara sedang berada di Amrik, pasti rasanya murah.
  8. Gantilah bensin dengan Minyak Tanah atau Minyak Tawon. BBM Sodara akan tetap awet, karena Sodara nggak kemana-mana.
  9. Taruh mobil Sodara di jalanan tanpa dikunci. Sodara nggak perlu repot-repot mikirin BBM lagi.  
Credits :
http://planethumor-humor.blogspot.com/2012/06/kenaikan-bbm.html
http://humorsingkat.wordpress.com/2012/04/06/4443/
http://alfiannurfaiz.blogspot.com/2008/06/cerita-lucu-mengatasi-kenaikan-bbm.html

image :
http://news.liputan6.com/read/2128391/detik-detik-jelang-kenaikan-harga-bbm

Post a Comment

130 Comments

  1. Replies
    1. Wah gagal pertamax nih Mas Wong ngeduluin aje deh..? hh Apa nya coba Mas Wong yang kacaunya..? BBM naik nya belum terjadi tapi rumornya sudah ramai ya Kang..?

      Delete
    2. kacau postingannya kang, ini kan cuma guyonan :)

      Delete
    3. kang Saud siap ngiringi musiknya

      Delete
    4. saya yang jadi penontonnya aja ya :)

      Delete
    5. Terus saya ngapain lagi dong! :D

      Delete
    6. sejak di pimpin Jokowi, hati ini selalu meyakini apa yang di lakukan Jokowi, walaupun pasti sangat berat tentu ujuannya untuk kesejahteraan rakyat lebih luas lagi, lagian kalau di bandingkan dengan negara tetangga BBM kita yang termurah di dunia, walaupun di naikkan tetap jadi yang termurah...kenapa juga ribut sih...dari dulu tiap kali BBM naik...kita tetap hidup dan ngga kemudian pada mati...kan?
      PENDUKUNG JOKOWI SAMPE MATI...nih saya teh mang...

      jika sampe saya mengambil walaupun sepeserpun duit Hambalang..gantung saya di Monas..okeh

      Delete
  2. Kalau menurut aku, BBM naik ilahkan saja asal, kebutuhan lainnya jangan ikut-ikutan naik yaa... !

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ga yah seperti itu, biasanya sih ada efek dominonya, BBM naik ya kebutuhan naik..kecuali jokowi jadi tukang sulap....

      Delete
  3. Tipsnya mantep semua hahahaha bikin Gila tuh :v

    ReplyDelete
  4. Berita Bakal naiknya BBM itu sangat marak di televisi dan media lainya ya Kang Muroi, malahan tadi sore Demo besar besaran di Makasar. ckcck koq suasan Pemimpin Presiden baru koq Kacau begini ya Kang..? bagaimana Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan ini coba Kang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, terlepas dari segala pengamatan bahwa BBM harus dinaikkan, tapi bagi kita wong cilik ya penginnya murah ya kang, terserah mau pemerintah mau cari subsidi dari mana, yang jelas banyak sekali sebenarnya SDA di Indonesia yang bisa mengatasi masalah ini..lah wong emas di Papua saja hilang dirampok asing tapi kita seakan tutup mata..#rakyatpusing

      Delete
  5. perlu dicoba tu tips irit bbm, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan pa, tapi resiko ditanggung sendiri hehe....

      Delete
  6. mau BBM naik atau enggak yang penting masih bisa silaturrahmi ke sini kang..heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, jangan karena BBM naik silaturahim terputus, kesini kan ga pake ongkos hehe...

      Delete
  7. Hahaha kocak bener dah. Tips yang paling ampuh yang pernah saya temuin wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dicoba juga boleh tidak mas, asal nanggung resiko sendiri hehe...

      Delete
  8. BBM versi Si Opung itu masukan juga ternyata marga dari sumatera utara kang.... seru-seru...
    kalau versi mahasiswa sudah pasti akan selalu demo saja kerjaannya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, marganya orang sumatera utara itu hehe...maaf mas cuma bercanda

      Delete
    2. hehe kagak apa kang.. saya tidak bermarga kog kang... saya ini yang keturunan dari keluarga perantau kang..

      ehhh tapi saya lihat lagi marga mamak saya tidak ada kang.. marga boru sinaga... :)

      Delete
    3. kalo itu ga bisa diplesetin mas hehe...apa coba kalimatnya

      Delete
    4. iayay... mau di masukan ke kalimat mana yaa kang.. sudah lah tak apa kang..

      tapi kalau tidak salah saya, bonar-bonar itu apa marga kang??
      apakah bonar-bonar sama dengan artinya benar-benar... ahh tapi saya kurang faham lah kang..

      Delete
  9. ini nih yg bikin aku galau sob, soalnya bakalan nambah lg nih pengeluaran dompetku kalo ongkos angkot ikut naik gara2 hal ini. abis tiap hari aku brangkat kerja numpang angkot sih sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti harus mulai beralih pake motor mas, biar irit hehe..

      Delete
  10. kalo bbm naik tenang aja kang kand masi ada line, we chat dan yang lannya wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..bener tuh masih ada alternatif yang lainnya, bahkan BBM hilang juga ga papa yah...

      Delete
  11. Kacau nu si Opung, bisa kena Tulang dia nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...iya mas, pusing gara2 BBM mau naik tuh

      Delete
    2. yang penting heppi aja ya Mas Muroi

      Delete
    3. iya mas, daripada ikut pusing hehe...

      Delete
    4. :D asal produsen otomotif di batasi produksinya pasti pemerintah gak akan mumet ya mas mikir subsidi BBM

      Delete
  12. Kayaknya..seru juga kalau di print trus tempel di tiap SPBU.. Mas hehe

    ReplyDelete
  13. waduh mau siap-siap copas cara mengantisipasi harga bbm yg akan naik,ternyata eh ternyata cuman boongan.tp keren juga kang
    sukses membuat saya ketawa..

    oya salam kenal yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga buat mas Yanto, trims sudah mampir dimari

      Delete
    2. wah ternyata adminya bersahabat yah
      jadi tambah satu temen lagi nih
      yuk salama kang

      Delete
    3. wah baru tahu yah mas Yanto hehehe..
      ayu mas, salaman jarak jauh

      Delete
  14. sekalian izin follow yakang,agar silaturahmi bisa berlanjut.
    jika berkenan minta follbacknya
    terimakasih atas kerjasamanya

    ReplyDelete
  15. Hahaha irit bbm benar terjadi
    karena rugi materi
    harus mambah rejeki
    untuk perbaiki

    ReplyDelete
  16. hahaaa, Mas El kalo lagi ngedan ternyata keren ya..

    ReplyDelete
  17. Haha.. Gokil..
    Gak sekalian aja nambang minyak sendiri, dipake sendiri..

    ReplyDelete
  18. Cari ontel saja mas lebih sehat dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. ontel ditempat saya buat ngusir nyamuk tempoe doeloe

      Delete
  19. hahahaha tipsny bagus kang, iya kalo gitu dijamin ga mikirin bbm naik lagi, tp puyeng sm yang lain . ckck

    ReplyDelete
  20. Saya bingung hendak berkomentar, satu sisi bingung topik dan sisi lainnya gak dapat tempat di mana mau komen... Dapet urutan 60an... Kasian yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat banyak dong mas..ga papa yang penting kan silaturahimnya mas

      Delete
  21. versi opungnya lengkap banget mas semua disebut
    ini postingannya kocak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, semoga menghibur buat ngilangin stress karena dampak naiknya BBM

      Delete
  22. Tips hemat BBM-nya keren-keren Kang Muro'i. Hehehe....

    ReplyDelete
  23. yang kena imbasnya masyarakat bawah ya mas, karena harga bahan pokok serba naik huft, padahal gaji karyawan masih tetap ;)

    ReplyDelete
  24. Ini nglawak tp ada benernya juga sih,, matoh deh artikelnya,,, :) superr!!!

    ReplyDelete
  25. jiah. hahaha parah. smoga kenaikan bbm itu hanya mitos... harga minyak dunia kan lagi turun. pemerintahnya saja yang tidak transparan dengan pengelolaan harga bbm..

    ReplyDelete
  26. Bbm naik pasti ada dampak positif dan negatifnya dan kita harus bisa mengarah ke dampak positifnya saja karena kita tidak tahu tentang tujuan pemerintah

    ReplyDelete
  27. no comment... buahahahahahahaha...!

    ReplyDelete
  28. Apa boleh buat BBM mau naik mas, ..

    ReplyDelete
  29. sangat sipp tips nya..trimakasih kang :)

    ReplyDelete
  30. saya tambahin sob tipnya : yaitu klo mau kekantor atau kemana saja. motornya jgan dihidupin . dituntun saja sepedanya. haha

    ReplyDelete
  31. nongkrong juga di BBM naik dan cara mengatasinya di paling bawah ah...jagain jika ada yang kabur...:D

    ReplyDelete
  32. Turut prihatin atas naiknya harga bbm yang termurah di dunia ini
    Saya jadi nggak bisa main kemana-mana

    wkwkwk

    ReplyDelete
  33. datang lagi kang... dan melihat berita, akhirnya dan akhirnya BBM naik juga... hadeehhh

    ReplyDelete
  34. Aneh iya kang masyarakat ini contohnya aja nih cowok beli rokok aja yang harganya 12 ribu per bungkus tidak protes tapi BBM naik seharga 8500 per liter pada demo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan perokok mbak... jadi saya tetap protes sama kenaikan BBM.. hehe

      Delete
    2. Kata orang memang lebih baik BBM dinaikkan daripada tidak di Balas
      Sakitnya tuh di sini

      hihihihihi

      Delete
  35. ha ha ha asli dech ngakak membaca artikel ini....kecilin tangki...kenapa nggak sekalian kecilin motor atau mobilnya..kemudian ditinggal di rumah..dan berangkat jalan kaki saja......keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  36. Itu tipsnya sesuatu sekali kang... Dah paling bener diganti minyaknya sama minyak tawon atau minyak angin biar kendaraannya gak keanginan, kesian cuaca lagi penghujan gini ^^

    ReplyDelete
  37. Tapi tak liat2 demo BBM kemaren nggak seheboh demo BBM pas jaman SBY um... udah banyak yg sadar kali klo selama ini demonya nggak ngaruh sama keputusan pemerintah, wong mau panas2an teriak2 diguyur air sm polisi jg tetep nggak berubah kok keputusan pemerintah hahaha...

    ReplyDelete
  38. Hahahh dampak kenaikan BBM versi si OPUNG kocak bangeds Heiheihiee. Jenaka dan dan mengundang senyum senyum bagi yang membacanya. Dampak kenaikan BBM ini memang sudah mulai dirasakan oleh saya di Pontianak. Misalnya saja BBM di jalanan biasanya 8000 kini sudah naik menjadi 10 000 rupiah per liter,. Bahkan Aqua Galon aja sudah naik 1000 rupiah. Nah apalagi harga CABE sudah naik duluan. Waaaaaaaaaa saya kalau makan nda pake cabe atau sambal rasanya seperti nda makan aja. Kalau makan harus pedas sambal Hiehiheiheihee

    ReplyDelete
  39. saya kemarin sudah komen di sini swerr lo mas, kenapa jadi hilang apa pengaruh kenaikan bbm juga ya

    ReplyDelete
  40. bbm naik bikin masyarakat resah ya mas, semoga saja gaji pegawai dan karyawan bisa naik juga sehingga masyarakat tidak terlalu pusing dengan harga bahan makanan yang pada naik :)

    ReplyDelete
  41. waksakkaa itu persi pengamat kocak abis, lucu tapi bisa jadi menyelintir kalangan elit

    ReplyDelete
  42. hahaha... Meskipun harga harga pada naik, tp setelah baca postingan kenaikan harga BBM di sini jadi ngakak juga... kanaikan harga BBM memang berdampak luas, berfikir positif saja lah semoga rezeki selalu ada, yang penting mau usaha.. hehe. sukses untuk admin dan semua yang komen di sini.

    ReplyDelete
  43. Saya setuju kang Perkecil ukuran Tanki Kendaraan Sodara hingga seperempatnya, caranya tankinya di getok kanan kiri aja kang biar peot. hahahhaa

    ReplyDelete
  44. Hehehe.. tips irit BBMnya benar2 bisa bikin irit ya kang :D

    ReplyDelete
  45. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  46. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    ReplyDelete
  47. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  48. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    ReplyDelete
  49. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
  50. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
    temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

    ReplyDelete
  51. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi

    ReplyDelete
  52. kapan lagi mobil Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  53. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
    temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

    ReplyDelete
  54. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  55. Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  56. gambar barbie Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  57. Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  58. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    ReplyDelete
  59. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete