Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

BBM Naik, Inilah Dampak dan Tips Mengatasinya

By On 6.11.14

dampak naiknya BBM
BBM Naik, Inilah Dampak dan Tips Mengatasinya | Ada kabar tidak mengenakkan buat masyarakat Indonesia saat ini yaitu rencana pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Rp 3.000 per liter, mulai November. Hal ini nampaknya bakal terwujud (itupun masih kemungkinan). Sebab, menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, pembahasan akan hal itu sudah lama dilakukan, katanya lagi bahwa saat ini pokok pembahasan hanya tinggal menghitung menentukan hari.

Bahkan Menteri Keuangan alias Bapak Bambang Brodjonegoro sedikit memberi bocoran waktu pelaksanaan kenaikan ini ialah sebelum 1 Januari 2015. Pemerintah merasa perlu menaikkan harga BBM subsidi karena semakin sempitnya ruang fiskal untuk pembangunan. Tapi kabarnya presiden sama wakil presiden tidak kompak dalam menentukan kapan naiknya BBM ini, masih galau

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meyakini penaikan harga tak berdampak signifikan terhadap lonjakan konsumsi BBM subsidi. Menurutnya, jika terjadi pembelian BBM subsidi besar-besaran pasca penaikan harga, itu hanya berlangsung sesaat.

Yah kita tunggu saja yah, apakah prediksi para bapak-bapak pejabat itu benar bahwa tidak akan terjadi ewuh pakewuh pasca kenaikan harga BBM ini, karena biasanya seiring naiknya harga BMM maka harga kebutuhan pokok pasti akan ikut naik juga. Masalahnya jika barang sudah naik maka susah turunnya, keenakan kali yah kalo sudah diatas hehe…

Yup daripada pusing mikirin naiknya BBM yang belum jelas kapan naiknya dan naik pohon atawa tower, mendingan kita simak beberapa liputan yang ngga jelas reporter dan sumbernya seputar kenaikan BBM ini.

Kenaikan BBM Menurut Seorang Mahasiswa

Beberapa waktu lalu seorang reporter sempat mewawancarai Demonstran yaitu Seorang mahasiswa perguruan tinggi yg kelihatannya sangat ‘cerdas’ ditanya sikapnya mengenai kenaikan harga BBM, dengan sedikit bergaya seperti para menteri dia menjawab

“Menurut saya sih ya harga BBM mau dinaikkan atau ngga bukan masalah,tapi yang penting pelayanannya harus ditingkatkan gitu, jangan seperti sekarang BBM sering pending gak ke deliver gara-gara sinyalnya lemot ..

Akibat Naiknya BBM versi Si Opung

Walau kenaikan BBM belum jelas, tak urung si Opung tetap khawatir karena bisa saja BBM dinaikkan lebih cepat dari perkiraan. Jika itu terjadi inilah pendapat si Opung:

“Baah BBM naik lagi, semoga harga BBM bisa ‘Manurung’ lagi..
Membuat aku serba ‘Silalahi’ ini.
Hidup tambah ‘Simanungkalit’. PSodarapatan manurung.
Sehari dapat ‘Pasaribu' aja udah bagus.
Jadi ‘Sihotang’ di mana-mana.
Tak ada lagi ‘Harahap’ dalam hidup ini.
Rakyat miskin …sudah ‘Pangaribu’-ribu.
Sudah rumah dekat ‘Tambunan’ sampah lagi.
Anak menangis ‘Marpaung-Marpaung’ pada minta jajan.
Pagi biasa sarapan roti, nasi ini jadi kue ‘Lubis’
Otak sudah ‘Sitompul’. Kalau gini terus keadaan makin ‘Ginting’.
Usaha ‘Panjaitan’ tidak Laku. Jadinya kepala pusing ‘Sibutar-Butar’.
Rambut rontok nyaris ‘Poltak’.
Tapi kita harus ‘Sitorus’, tetap sehat dan lebih irit dengan kereta ‘Perangin-Angin’.
Jangan sampai putus ‘Harahap’. Mintalah parlindungan kepada Nya. Supaya ‘Bonar-Bonar’ salamat.

Buteeeeet dah.

Dampak Kenaikan BBM Menurut Para Pengamat

Pemerintah berpendapat bahwa kenaikan harga BBM sebesar 10 persen dapat menurunkan jumlah rakyat miskin sampai 14 persen. Sementara kalangan analis mandiri memperkirakan bahwa kenaikan harga BBM hingga 100 persen akan mengurangi jumlah penduduk miskin juga 100 persen. Begini perhitungan di lapangan:

Rakyat miskin makan sehari satu kali. Setelah harga BBM dinaikkan porsi makanan satu kali itu untuk tiga hari. Lama-lama juga mati.

Rakyat miskin yang tadinya naik bis sekarang jalan kaki dan ditabrak Metro Mini yang ngebut karena nguber setoran. Lalu mati.

Ada juga rakyat miskin yang strees memikirkan kenaikan harga BBM yang naik. Lalu sakit, tidak bisa makan dan minum, akhirnya mati.

Ada rakyat miskin yang kreatif dan berinisiatif nyolong bebek tetangga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Lalu tertangkap dan digebuki massa, dan mati. Katakanlah dia tidak disiksa massa tapi diserahkan ke kantor polisi. Nah di dalam sel tahanan dia gantung diri. Dan mati. Atau katakanlah dia dapat meloloskan diri. Bebek yang dicuri tadi dimakannya. Eh, ternyata sang bebek penyakitan. Si orang miskin yang terpaksa mencuri tadi pun keracunan. Dan mati.

Tips Irit Pasca Kenaikan BBM

Dalam situasi ekonomi dan politik di negeri kita yang carut marut ini, kita mesti berhemat, terutama dalam menghadapi melambungnya harga BBM dan langkanya minyak solar di SPBU-SPBU. Berikut racikan beberapa tips menghemat BBM. Semoga berkenan.
  1. Perkecil ukuran Tanki Kendaraan Sodara hingga seperempatnya. Sodara pasti akan berpikir dua kali kalau mau pergi jauh.
  2. Hindarilah macet dengan berangkat lebih pagi, misalnya jam tiga pagi, dan pulang lebih malam, kalau perlu sesekali ajak anak isteri menginap di kantor.
  3. Jangan cari rumah yang dekat kantor. Mahal! Mendingan cari kantor yang dekat rumah, misalnya Kantor Kelurahan atau Kantor Polisi
  4. Contohlah Angkot atau Bis Kota yang mampu mengoptimalkan jumlah penumpang sebanyak mungkin. Kalau ngantor bawa mobil ajaklah anak isteri, adik, kakak, om, tante, teteh, aa, kakek, nenek dan juga tetangga seRT.
  5. Tabrakin saja mobil Sodara ke pohon, terus minta diderek ke kantor. Mobil Sodara memang penyok, tapi yang penting khan bensin di mobil masih utuh.
  6. Carilah Pom Bensin yang lagi gelar Discount atau Sale. Dijamin nggak bakalan nemuin, lagian bensin Sodara keburu habis.
  7. Belilah BBM dengan Mata Uang Dollar. Bayangkan Sodara sedang berada di Amrik, pasti rasanya murah.
  8. Gantilah bensin dengan Minyak Tanah atau Minyak Tawon. BBM Sodara akan tetap awet, karena Sodara nggak kemana-mana.
  9. Taruh mobil Sodara di jalanan tanpa dikunci. Sodara nggak perlu repot-repot mikirin BBM lagi.  
Credits :
http://planethumor-humor.blogspot.com/2012/06/kenaikan-bbm.html
http://humorsingkat.wordpress.com/2012/04/06/4443/
http://alfiannurfaiz.blogspot.com/2008/06/cerita-lucu-mengatasi-kenaikan-bbm.html

image :
http://news.liputan6.com/read/2128391/detik-detik-jelang-kenaikan-harga-bbm

131 komentar

Kalau menurut aku, BBM naik ilahkan saja asal, kebutuhan lainnya jangan ikut-ikutan naik yaa... !

Tipsnya mantep semua hahahaha bikin Gila tuh :v

Berita Bakal naiknya BBM itu sangat marak di televisi dan media lainya ya Kang Muroi, malahan tadi sore Demo besar besaran di Makasar. ckcck koq suasan Pemimpin Presiden baru koq Kacau begini ya Kang..? bagaimana Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan ini coba Kang..?

Wah gagal pertamax nih Mas Wong ngeduluin aje deh..? hh Apa nya coba Mas Wong yang kacaunya..? BBM naik nya belum terjadi tapi rumornya sudah ramai ya Kang..?

perlu dicoba tu tips irit bbm, hehee

mau BBM naik atau enggak yang penting masih bisa silaturrahmi ke sini kang..heee

Hahaha kocak bener dah. Tips yang paling ampuh yang pernah saya temuin wkwkwk

BBM versi Si Opung itu masukan juga ternyata marga dari sumatera utara kang.... seru-seru...
kalau versi mahasiswa sudah pasti akan selalu demo saja kerjaannya kang...

ini nih yg bikin aku galau sob, soalnya bakalan nambah lg nih pengeluaran dompetku kalo ongkos angkot ikut naik gara2 hal ini. abis tiap hari aku brangkat kerja numpang angkot sih sob...

kalo bbm naik tenang aja kang kand masi ada line, we chat dan yang lannya wkwkwkw

Kacau nu si Opung, bisa kena Tulang dia nanti

kacau postingannya kang, ini kan cuma guyonan :)

bisa ga yah seperti itu, biasanya sih ada efek dominonya, BBM naik ya kebutuhan naik..kecuali jokowi jadi tukang sulap....

asal jangan gila beneran aja mas :D

iya kang, terlepas dari segala pengamatan bahwa BBM harus dinaikkan, tapi bagi kita wong cilik ya penginnya murah ya kang, terserah mau pemerintah mau cari subsidi dari mana, yang jelas banyak sekali sebenarnya SDA di Indonesia yang bisa mengatasi masalah ini..lah wong emas di Papua saja hilang dirampok asing tapi kita seakan tutup mata..#rakyatpusing

silakan pa, tapi resiko ditanggung sendiri hehe....

iya mas, jangan karena BBM naik silaturahim terputus, kesini kan ga pake ongkos hehe...

boleh dicoba juga boleh tidak mas, asal nanggung resiko sendiri hehe...

iya mas, marganya orang sumatera utara itu hehe...maaf mas cuma bercanda

berarti harus mulai beralih pake motor mas, biar irit hehe..

wkwkwk..bener tuh masih ada alternatif yang lainnya, bahkan BBM hilang juga ga papa yah...

hahaha...iya mas, pusing gara2 BBM mau naik tuh

Kayaknya..seru juga kalau di print trus tempel di tiap SPBU.. Mas hehe

waduh mau siap-siap copas cara mengantisipasi harga bbm yg akan naik,ternyata eh ternyata cuman boongan.tp keren juga kang
sukses membuat saya ketawa..

oya salam kenal yah

sekalian izin follow yakang,agar silaturahmi bisa berlanjut.
jika berkenan minta follbacknya
terimakasih atas kerjasamanya

Hahaha irit bbm benar terjadi
karena rugi materi
harus mambah rejeki
untuk perbaiki

hahaaa, Mas El kalo lagi ngedan ternyata keren ya..

yang penting heppi aja ya Mas Muroi

Haha.. Gokil..
Gak sekalian aja nambang minyak sendiri, dipake sendiri..

iya mas, daripada ikut pusing hehe...

salam kenal juga buat mas Yanto, trims sudah mampir dimari

kang Saud siap ngiringi musiknya

jangan mas, nanti malah kena semprot....

wah saya masih waras kok mas :D

Cari ontel saja mas lebih sehat dan praktis

saya yang jadi penontonnya aja ya :)

hahahaha tipsny bagus kang, iya kalo gitu dijamin ga mikirin bbm naik lagi, tp puyeng sm yang lain . ckck

wah ternyata adminya bersahabat yah
jadi tambah satu temen lagi nih
yuk salama kang

wah baru tahu yah mas Yanto hehehe..
ayu mas, salaman jarak jauh

saya yang makenya mas hehe...

hehe kagak apa kang.. saya tidak bermarga kog kang... saya ini yang keturunan dari keluarga perantau kang..

ehhh tapi saya lihat lagi marga mamak saya tidak ada kang.. marga boru sinaga... :)

kalo itu ga bisa diplesetin mas hehe...apa coba kalimatnya

kalo saya lapar nih mas....

ontel ditempat saya buat ngusir nyamuk tempoe doeloe

:D asal produsen otomotif di batasi produksinya pasti pemerintah gak akan mumet ya mas mikir subsidi BBM

iayay... mau di masukan ke kalimat mana yaa kang.. sudah lah tak apa kang..

tapi kalau tidak salah saya, bonar-bonar itu apa marga kang??
apakah bonar-bonar sama dengan artinya benar-benar... ahh tapi saya kurang faham lah kang..

Saya bingung hendak berkomentar, satu sisi bingung topik dan sisi lainnya gak dapat tempat di mana mau komen... Dapet urutan 60an... Kasian yah...

versi opungnya lengkap banget mas semua disebut
ini postingannya kocak banget

Tips hemat BBM-nya keren-keren Kang Muro'i. Hehehe....

yang kena imbasnya masyarakat bawah ya mas, karena harga bahan pokok serba naik huft, padahal gaji karyawan masih tetap ;)

Ini nglawak tp ada benernya juga sih,, matoh deh artikelnya,,, :) superr!!!

jiah. hahaha parah. smoga kenaikan bbm itu hanya mitos... harga minyak dunia kan lagi turun. pemerintahnya saja yang tidak transparan dengan pengelolaan harga bbm..

Bbm naik pasti ada dampak positif dan negatifnya dan kita harus bisa mengarah ke dampak positifnya saja karena kita tidak tahu tentang tujuan pemerintah

Terus saya ngapain lagi dong! :D

no comment... buahahahahahahaha...!

Apa boleh buat BBM mau naik mas, ..

sangat sipp tips nya..trimakasih kang :)

saya tambahin sob tipnya : yaitu klo mau kekantor atau kemana saja. motornya jgan dihidupin . dituntun saja sepedanya. haha

nongkrong juga di BBM naik dan cara mengatasinya di paling bawah ah...jagain jika ada yang kabur...:D

Turut prihatin atas naiknya harga bbm yang termurah di dunia ini
Saya jadi nggak bisa main kemana-mana

wkwkwk

sejak di pimpin Jokowi, hati ini selalu meyakini apa yang di lakukan Jokowi, walaupun pasti sangat berat tentu ujuannya untuk kesejahteraan rakyat lebih luas lagi, lagian kalau di bandingkan dengan negara tetangga BBM kita yang termurah di dunia, walaupun di naikkan tetap jadi yang termurah...kenapa juga ribut sih...dari dulu tiap kali BBM naik...kita tetap hidup dan ngga kemudian pada mati...kan?
PENDUKUNG JOKOWI SAMPE MATI...nih saya teh mang...

jika sampe saya mengambil walaupun sepeserpun duit Hambalang..gantung saya di Monas..okeh

datang lagi kang... dan melihat berita, akhirnya dan akhirnya BBM naik juga... hadeehhh

Aneh iya kang masyarakat ini contohnya aja nih cowok beli rokok aja yang harganya 12 ribu per bungkus tidak protes tapi BBM naik seharga 8500 per liter pada demo :D

ha ha ha asli dech ngakak membaca artikel ini....kecilin tangki...kenapa nggak sekalian kecilin motor atau mobilnya..kemudian ditinggal di rumah..dan berangkat jalan kaki saja......keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

Itu tipsnya sesuatu sekali kang... Dah paling bener diganti minyaknya sama minyak tawon atau minyak angin biar kendaraannya gak keanginan, kesian cuaca lagi penghujan gini ^^

saya bukan perokok mbak... jadi saya tetap protes sama kenaikan BBM.. hehe

Tapi tak liat2 demo BBM kemaren nggak seheboh demo BBM pas jaman SBY um... udah banyak yg sadar kali klo selama ini demonya nggak ngaruh sama keputusan pemerintah, wong mau panas2an teriak2 diguyur air sm polisi jg tetep nggak berubah kok keputusan pemerintah hahaha...

Kata orang memang lebih baik BBM dinaikkan daripada tidak di Balas
Sakitnya tuh di sini

hihihihihi

Hahahh dampak kenaikan BBM versi si OPUNG kocak bangeds Heiheihiee. Jenaka dan dan mengundang senyum senyum bagi yang membacanya. Dampak kenaikan BBM ini memang sudah mulai dirasakan oleh saya di Pontianak. Misalnya saja BBM di jalanan biasanya 8000 kini sudah naik menjadi 10 000 rupiah per liter,. Bahkan Aqua Galon aja sudah naik 1000 rupiah. Nah apalagi harga CABE sudah naik duluan. Waaaaaaaaaa saya kalau makan nda pake cabe atau sambal rasanya seperti nda makan aja. Kalau makan harus pedas sambal Hiehiheiheihee

dapat banyak dong mas..ga papa yang penting kan silaturahimnya mas

alhamdulillah, semoga menghibur buat ngilangin stress karena dampak naiknya BBM

makasih mas, semoga sedikit memberi hiburan...

tapi kayanya kalo sudah naik susah turunnya ya mas

sama-sam amas, semoga ga diterapin hehe...

hahaha..seklian aja dipanggul mas motornya

tidak perlu mak comblang ya mas

saya kemarin sudah komen di sini swerr lo mas, kenapa jadi hilang apa pengaruh kenaikan bbm juga ya

bbm naik bikin masyarakat resah ya mas, semoga saja gaji pegawai dan karyawan bisa naik juga sehingga masyarakat tidak terlalu pusing dengan harga bahan makanan yang pada naik :)

waksakkaa itu persi pengamat kocak abis, lucu tapi bisa jadi menyelintir kalangan elit

hahaha... Meskipun harga harga pada naik, tp setelah baca postingan kenaikan harga BBM di sini jadi ngakak juga... kanaikan harga BBM memang berdampak luas, berfikir positif saja lah semoga rezeki selalu ada, yang penting mau usaha.. hehe. sukses untuk admin dan semua yang komen di sini.

Saya setuju kang Perkecil ukuran Tanki Kendaraan Sodara hingga seperempatnya, caranya tankinya di getok kanan kiri aja kang biar peot. hahahhaa

Hehehe.. tips irit BBMnya benar2 bisa bikin irit ya kang :D

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi

kapan lagi mobil Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

gambar barbie Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.