Menikmati Eksotisme Wisata Pantai Sawarna, Lebak, Banten

pantai pasir putih sawarna
Menikmati Eksotisme Wisata Pantai Sawarna, Lebak, Banten | Mendengar nama Sawarna tentunya ada sobat yang sudah pernah mendengarnya ataupun mungkin belum. Namun dari pengamatan penulis, pantai Sawarna ini sepertinya sudah cukup familiar di telinga kita, sama halnya dengan pantai Anyer dan Carita yang sama-sama masih di wilayah Banten. Pantai Sawarna merupakan lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten. Sawarna nama pantainya, berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Wilayah pesisir indah ini menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.

peserta touring sawarna
Peserta touring berpose dahulu sebelum lanjutkan
perjalanan pulang ke Pandeglang
Penulis dan beberapa rekan yang penasaran dengan keindahan pantai Sawarna ini, beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 31 Mei sampai dengan 1 Juni 2014 mengadakan perjalanan touring yang cukup melelahkan. Menempuh jarak kurang lebih 147 km dari Kota Pandeglang cukup membuat letih dan menguras tenaga. Karena kami dari Pandeglang maka jalur yang ditempuh adalah melewati Saketi, Bojong, Picung, Munjul, Cikeusik, Wanasalam dan akhirnya tembus ke arah Bayah. Jalur ini cukup nyaman walaupn di beberapa titik masih ditemui jalan yang rusak dan berdebu daripada harus melewati Bojong –Malingping yang sudah sangat parah kerusakannya.

Perjalanan kami awali atau start dari pukul 7.00 pagi yang rencana semula pukul 6.00. Udara pagi yang cukup sejuk menemani perjalanan menyusuri jalana yang sudah berdebu dipagi hari. Truk-truk besar pengangkut material pasir, batu bara dan hasil bumi sepertinya sedikit mengganggu perjalanan karena harus memilah jalan yang cukup mulus untuk dilalui kendaraan. Tepat pukul 10.00, kami tiba di pusat kecamatan Cikeusik dan memutuskan untuk berhenti sejenak untuk meluruskan kaki dan meregangkan otot yang kaku. Sambil istirahat, kami masih bisa melakukan sholat duha karena kebetulan kami istirahat di masjid yang berdiri megah di pusat kecamatan.

Ini baru setengah perjalana lagi, masih panjang jalan yang harus kami lewati dengan menyusuri jalan Wanasalam menuju kearah Bayah. Setelah dirasa cukup akhirnya perjalana kami lanjutkan kembali menyusuri jalan yang kadang rusak dan kandang mulus. Setelah menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di Desa Sawarna kira-kira pukul 13.30.

goa lalay sawarna
Pintu masuk Goa Lalay alias Kelelawar
Desa Wisata Sawarna merupakan titik awal kami menjelajah alam yang elok hingga pengalaman berinteraksi dengan masyarakat tradisionalnya yang bersahaja. Pantai Sawarna terletak di wilayah Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai indah ini jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota Rangkasbitung. Berwisata di pantai ini sangat menyenangkan dan berkesan karena  alamnya masih asli juga memiliki air laut yang jernih tidak tercemar. Di sini pantainya akan menawan mata dan hati siapa saja yang mengunjunginya. Sebut saja ada pantai Pasir putih, tanjung layar, pantai legon dan pantai karang taraje dengan keunikan dan keindahan masing-masing. Bagi yang hobi berselancar atau surfing mengapa tidak merasakan ombaknya yang spektakuler bahkan telah dicicipi peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, dan Korea.

Disamping menyuguhi dengan tempat wisata pantai, Sawarna  juga memiiki wisata goa karena letak geografisnya yang unik, jalur pantai yang disampingnya membentang perbukitan yang cukup lebat dan tinggi sehingga memungkinkan banyak terdapat goa disini. Wisata goa yang bisa kita temui di Sawarna diantaranya adalah Goa Lalay atau Goa Kelelawar, Goa Harta Karun, Goa Kadir dan yang lainnya. Masing-masing goa ini punya ciiri dan keunikan tersendiri. Menurut penulis, Goa Lalay yang sangat eksotis, karena menurut pemandu yang mengantar kami pernah ada ekspedisi menyusuri Goa Lalay ini namun tidak menemukan ujungnya.

bakso ikan malingping
Menikmati hangatnya bakso ikan "Karya" ceu Bai
di Malingping
Selesai menelusuri eksotisme Goa Lalay saatnya untuk menelusuri pantai putih yang biasanya di akhir pekan ramai dikunjungi para wisatawan, kebanyakan wisatawan domestic yang berasal dari Jakarta dan Bogor yang kelihatan dari plat-plat kendaraan yang diparkir para pengunjung. Pagi itu kami habiskan untuk menikmati indahnya Pantai Sawarna sebelum akhirnya pada pukul 11.00 kami harus kembali ke Pandeglang.

Perjalanan pulang kami tempuh melewati rute yang sama karena dianggap paling nyaman dan jalannyapun lumayan masih bagus disbanding harus melewati malingping. Dalam perjalanan pulang tidak lupa kami mampir di kedai bakso khas Malingping yang cukup terkenal yaitu Bakso Ikan “KARYA” buatan Ceui Bai yang lezat. Tapi sayang oleh-oleh bakso yang dibawa pulang tidak bisa terpenuhi karena antrian ramai dan sedang melayani pesanan yang cukup banyak. Sore hari sekitar pukul 17.00 kami sampai di Pandeglang dengan selamat, Alhamdulillah…..

Semoga bermanfaat dan happy blogging……



101 Responses to "Menikmati Eksotisme Wisata Pantai Sawarna, Lebak, Banten"

  1. Kayanya seru tuh main kepantai dan basonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seru sih, apalagi rame-rame :)

      Delete
    2. ikut mnyerukan kang fimran ah.

      hiyah kang emang beneran pasti seru banget baik saat dipanteynya maupun saat perjalanannya, seolah terbebaskan untuk hari itu segala persoalan dan hutang piutang yang sebentar lagi jatuh tempo...bener begitu kan?..namanya juga nyantey dipantey...saya mah Faham banget dah.
      betewe..konvoi moge-nya sok sok an ngga dijalanannya hayoo...?

      Delete
    3. assalamualaikum wr.wb,saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada aki joyo wijoyo atas bantuan aki.
      kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan aki joyo wijoyo pula yang telah memberikan
      angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya aki karna
      waktu itu saya cuma bermodalkan uang 200 ribu dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual aki joyo wijoyo
      saya sudah bisa buka usaha yaitu benkel mobil/motor dan toko sembako kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
      sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hub/sms aki joyo wijoyo di nomor hpnya: 082 322 214 909 dan
      ramalan AKI memang memiliki ramalan gaib” yang dijamin tembus.

      Delete
    4. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
  2. goa harta karun kira-kira isinya apa mas :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ada apa-apanya mas, cuma batu saja yang ada....

      Delete
    2. tapi katannya digoa ini ada batu berwarnanya ya kang... apa mungkin goa yang bukan di Sawarna :d

      Delete
    3. mungkin juga mang, tapi waktu saya kesana ga ketemu batu yang warna mang...

      Delete
    4. Gua harta karun isinya cuma batu saja ya mas... :d
      nanti batu yang berharga mas....

      Delete
  3. pantai sawarna pastinya menjadi tujuan wisata saat weekend bagi penduduk lebak dan sekitarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak Elsa, saya juga ingin sekali berwisata ke pantai Sawarna tapi belum ada kesempatan :d

      Delete
  4. Wah enak benar tuh di Sawarna, apalagi kalau bisa menikmati sunset di tepi tebing pantai sawarnanya Mas, hm,,, indah banget tuh pantai :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, setitik surga di atas muka bumi ini...

      Delete
  5. Adem ya pantainya
    ingin ke banten bersama
    menyusun bahagia

    ReplyDelete
  6. waah keren sekali pantai sawarna ini, kalau WS pernah juga ke pantai binuangeun sama karang taraje kang kalau di banten, kapan2 kesini juga ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantai Karang Taraje termasukk gugusan pantai di Sawarna juga kang... saling berdekatan dengan tanjung layar dan pasir putih....

      Delete
  7. klau saya pernah mendengar Pantai Sawarna ini kang, tapi belum sempat main ke pantainya, berhubung sayannya sekarang jarang main Ke daerah MALINGPING ke tempat saudara saya, ya itu tadi jalanan dari Saketi ke Malingping yang membuat perjalanan tidak nyaman, selain berliku - liku jalanannya rusak parah eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mang kapan-kapan bisa mampir ke Sawarna...saat ini Saketi-Malingping memang rusak mang, tapi ada jalur alternatif, bisa lewat Picung-Bojong, belok kanan ke Munjul, jalannya relatif bagus...

      Delete
    2. oooh ada jalan alternatif ya kang, oke deh nanti saya coba kalau kesana hehehe ... saya khan kalau kesana naik angkutan umum kang dari Pamanukan langsung turun depan Rumah saudara saya, kalau bawa mobil sendiri takut nyasar malah ke Labuan eheheh

      Delete
  8. Sudah lama saya ingin kesana tapi belum kesampaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa kesampaian kang, sekalian mampir :d

      Delete
  9. baksonya itu lho yg bikin pengen =p~

    ReplyDelete
  10. ongkos masuk berapa ? gratis kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih murah kok mas, paling mahal juga ceban :)

      Delete
  11. Banten memang banyak tempat wisatanya ya.. .. Tinggal di Pandegelang ya kang.. Pandegelangnya dimana kang.. Kalo saudara saya ada di Maja..

    ReplyDelete
  12. Seandainya ada rezeki cukup mau juga sih Ngalor Ngidul kesana Bang Muro'i...hahahahhayy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bang, mudah-mudahan ada rizki biar bisa melancong kesini hahayy...

      Delete
  13. 147 km kalo saya sudah letoy tuh, yang nggak kuat punggung. Tapi kalo melihat pesona pantai dan guanya, pasti terobati deh rasa lelahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lumayan juga mas, sering ngaso juga sih biar ga cape....memang bisa terobati dengan suguhan panorama yang indah di Sawarna mas...

      Delete
  14. Asyik bisa jalan-jalan bareng temen...seru banget pastinya

    ReplyDelete
  15. kepantai melepas lelah sehabis kerja keras memang asyik ya mas, apalagi dengan turing ramai-ramai capek perjalanan tak terasa lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semua bisa terobati jika sudah tercapai maksud...trims mas sudah berkunjung

      Delete
  16. sampai sekarang saya masih terus berdoa semoga diberi Rezeki dan umur panjang agar saya dapat berkunjung ke spulau Jawa mas ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga kesampaian ya mas maksudnya....

      Delete
    2. Reques kang, tolong semutnya di kurung aja kang :d

      Delete
  17. waktu ke banten saya gk sempat ke euy,, keren sigana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang kang, kapan2 bisa mampir lagi lah ke sawarna....

      Delete
    2. saya ke bantennya ke Cilegon mas :)

      Delete
    3. wah itu sih kejauhan kang kalo ke Cilegon mah :d

      Delete
  18. wih asik tuh mas jalan jalan ke pantai.. sampai saat ini liburan ke pantai masih jadi angan-angan saya mas... oya mas muroi yang mana di dalam foto foto di atas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti mas Nady ini tinggalnya di gunung ya mas, jadi jauh dari laut :d

      karna saya tukang moto jadi ga ada gambarnya mas :)

      Delete
  19. Sepertinya seru tuh mas ... :)

    ReplyDelete
  20. wah mantep juga tempatnya, kayak di dalam goa ya kang, kang muroi yang mana yah.

    ReplyDelete
  21. smoga saya berkesempatan main kesana & nyoba baso ikannya :D

    ReplyDelete
  22. wah, kok sering ganti template mas. jadi gk inget nih. btw wnak nih wisata ke pantai. esukaan ane ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, kemarin2 memang pernah gonta-ganti..tapi kayanya setelah ini ga ganti lagi deh..udah sreg dan cocok..tapi sebenarnya ini tempalte yang pernah saya pakai juga di awal2 ganti domain mas...

      Delete
  23. pantainya indah mirip pantai di daerah saya pantai tita samudra dan pantai kartini jepara mohon mas muroi,salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud saya mohon mas muroi ulas juga keduanya

      Delete
    2. wah saya belum pernah kesana tuh :D salam kenal juga mas

      Delete
  24. Jujur baru tau nama pantai ini mas
    Kapan kapan bisa jd tempat tujuan wisata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas, deket kok dari Jakarta...

      Delete
    2. Jujur aku juga belum ke banten
      andai sudah pasti kangen

      Delete
    3. sip mas El ..

      kapan2 berangkat bareng mbak..hehe

      Delete
  25. Replies
    1. silakan mas, jarang ke pantai ya mas :d

      Delete
    2. Pernah cuma sekali gan wkwkk

      Delete
    3. yang penting kan pernah ke pantai mas :d

      Delete
    4. haha iya sih gan, tp pantai diatas kayaknya keren

      Delete
  26. wah indah banget sob....dan baru denger sob.....jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya duluan, ente entar belakangan ya mas, hehe

      Delete
    2. monggo mas, jangan saling mendahului lah :d

      Delete
  27. asyik ya Mas, pantainya pasir putih. kompleks banget ya tempatnya, bisa buat apa aja, termasuk panjat tebing, caving, juga macem2. pengin kesanaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, silakan..banyak kok wisatwan yang dari Bogor dan Jakarta...ini menjadi salah satu destinasi favorit....

      Delete
    2. saya udah bacain posting ini ke istri saya Mas, ya buat brainstorming tentang wisata, siapa tau kesampean kesana

      Delete
    3. ya mudah-mudahan mas, penginapannya juga murah loh, mulai dari harga 300 ribu yang bisa diisi 4 sampai 5 orang permalam dan yang harganya mahalan dikit juga ada mas, semakin deket ke pantai makin mahal....

      Delete
  28. Baru denger Pantai sawarna ^^ Padahal ke banten cukup sering, meski cuman sekedar lewat

    *mendadaklaper

    ReplyDelete
  29. Hadir lagi
    serasa sampai
    di banten yg aduhai

    ReplyDelete
  30. gapernah ke pantai sawarna fufufuu

    ReplyDelete
  31. Indah nian yah kang pantai sawarna ,kalau urang sundamah mengartikanya pantai sarupa alias warnanya cuma satu,hehe...( dikira-kira ) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin itu maksudnya kang, satu warna :d

      Delete
  32. wah saya jadi malu banget nie mas, saya yang asli orang lebak aja jujur saya malah gak tahu yang namanya pantai sawarna itu, saya cuma tahunya pantai Carita, Karang Bolong, Anyer, Matahari, ya maklumlah walaupun orang Lebak saya paling jarang jalan-jalan mas hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang kang, pdahal deket, sekali-kali boleh tuh bisa mampir ke sawarna :d

      Delete
  33. Asik turing dengan tujuan utamanya adalah pantai, hamparan pasir dan air laut yang biru jadi obat lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, cape di perjalanan terasa bisa terobati dengan suguhan keindahan sang Pencipta alam semesta ini mas....

      Delete
  34. Poto pantainya sayang cuma satu kang..

    ReplyDelete
  35. Wah wah kalau sudah menyebut BANTEN ingatan saya langsung pada kegiatan International Youth Conference (IYC) bulan Nopember 2010 yang lalu di Hotel Marbella Anyer Banten. Pantainya yang indah, dan menyegarkan. Tidak kalah dengan pantai Jimbaran Bali

    ReplyDelete
  36. pasti ini pantai yang sangat indah. yang tak akan bisa ku kunjungi.. heheh :d

    ReplyDelete
  37. lumayan juga jarak yang ditempuh ya kang..147kilometer, tapi semua itu terbayar saat menikmati keindahan pantai dan menyantap bakso ikan.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  38. pantai banten keren2 juga ya jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  39. kapan kesana lagi, saya dan kawan2 ada acara kesana nih sebelum puasa :D

    ReplyDelete
  40. kang sudah atu ke pantainya entar asupa angin...heeee

    ReplyDelete
  41. jika saya lihat di indonesia ini potensi wisata alamnyja emang melimpah ruah... cuman kenapa ya bali aja yang di expose. banyak kok wisata wisata di daerah yang tidak kalah dengan bali. di tempat saya misalnya ada yang namanya air terjun widuri, atau di sekitar tawang mangu ada air terjun grojogan sewu. itu saya lihat keren sekali. kalo di singapura mungkin udah di jadikan wisata alam andalan itu. tapi kalo di indonesia sepertinya terlalu kebanyakan tempat wisata jadi tidak digarap dendgan sungguh sungguh.

    ReplyDelete
  42. wahh lama saya gak mampir ke blognya kang muro, kangen rasanya hahaha :>)

    ReplyDelete
  43. main juga ke jawa timur bang, banyak pantai kerennya...

    ReplyDelete
  44. luar biasa ya suasana nya sangat meriah, bisa jalan jalan ke pantai dan makan bareng bareng temen ;)

    ReplyDelete
  45. cocok nih buat tempat liburan bersama keluarga

    ReplyDelete
  46. seru banget manen kepantai rame rame sama kawan kawan ya kang,,, disini juga gak kalah loh pantai nya bagus kaya disana,, hehe promo

    ReplyDelete
  47. BAGI SAUDARA (i) YANG SERING KALAH
    DALAM BERMAIN TOGEL ANDA BISA DAPATKAN
    SOLUSINYA DENGAN BERGABUNG DI AKII DEWA
    MASTER TOGEL INDONESIA.

    DARI PADA SAUDARA (i) PASANG ANGKA YANG
    TIDAK JELAS, NIAT HATI INGIN MENANG
    NAMUN MALAH TAMBAH HANCUR-HANCURAN
    & TAMBAH MELARAT AKHIRNYA DILILIT
    UTANG PIUTANG HARTA,KAS UANG RAIB
    ENTAH KEMANA.

    COBA PIKIRKAN KERUGIAN ANDA TIAP HARI?

    JIKA BERMINAT GABUNG DENGAN MASTER TOGEL
    SILAHKAN HUBUNGI=AKII DEWA

    NOMOR TELPON: 085 293 577 799

    BERSATU DENGAN SATU TUJUAN HANCURKAN BANDAR
    SINGAPORE & HONGKONG.TOTO MALEISYA.KUDA LARY

    ReplyDelete
  48. Wooww pantai yang indah.. sayang kalau ke sana jatanya jalannya kurang bagus ya..

    ReplyDelete
  49. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    ReplyDelete
  50. Puji sukur saya panjatkan kepada allah swt dan banyak terima kasih saya ucapkan kepada NYI RAWIH karna untuk pertama kalinya kami menang togel 3D.modal usaha kami sebelumnya habis semua gara-gara togel,tapi atas bantuan angka jitu nyai saya akan buka usaha saya kembali.tapi sebenarnya kami juga hampir putus asa karna persyaratan dari yang membayar maharnya terlebih dahulu sebesar Rp 1 juta tapi kami berusaha pinjam kiri kanan untuk menyelesaikan persyaratan yang diminta sama beliau dan akhirnya Puji tuhan terimah kasih NYI RAWIH atas nomor yang NYI RAWIH kasih kesaya ini yang pertama saya dapat angka jitu dari NYI RAWIH dan tembus langsung 3D dan allhamdulillah saya dapat Rp 110 juta,bagi teman-teman yang punya masalah keuangan ingin menang melalui angka jitu NYI RAWIH silahkan hubungi NYI RAWIH di nomor,( 0853-7778-3434).sebenarnya kami sering main PARA NORMAL di internet,baru kali ini ada yang kasi nomor jitu yang tembus, yaitu NYI RAWIH,saya jamin 100% tembus karena kami sudah buktikan sendiri,silahkan teman-teman buktikan juga sendiri
    Dan bukan cumah togel yg nyai bisa terawan tapi nyai juga menyelesaikan banyak masala seperti berikut
    MASALAH ASMARA ATAU SELALU GAGAL DALAM PERCINTAAN
    INGIN MEMPERLANCAR PEKERJAAN
    CARI JODOH
    KETAKNYA PERSAINGAN BISNIS
    INGIN DIHARGAI ORANG ATAU MENJADI ORANG PENTING
    INGIN SEWAH TUYUL
    MENGADAKAN UANG ATAU UANG BALIK
    INGING MENPERINDAH DIRI DNG SUSUK JRM EMAS BERLIAN
    SILAKAN BERGABUNG DENGAN NYI RAWIH DI NMR 0853 7778 3434 TERIMA KASIH.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel