Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Amalan-Amalan Mulia Yang Sebaiknya Dilakukan Selama Ramadhan

By On 30.6.14

http://www.muroielbarezy.com/
Amalan-Amalan Mulia Yang Sebaiknya Dilakukan Selama Ramadhan | Tak terasa bulan ramadhan yang suci ini kita bisa dipertemukan kembali dan sudah kita jalani dan semoga bisa selesai nantinya. Memperbanyak amalan, ibadah di bulan Ramadhan adalah hal yang dianjurkan, selain menambah pahala juga untuk mempertinggi kualitas ibadah kita selama puasa Ramadhan. Dalam berpuasa, orang beriman harus mengikuti tuntunan Rasul saw . atau sesuai dengan adab-adab Islam sehingga puasanya benar, artinya tidak hanya berpuasa, tapi juga melakukan berbagai perbuatan baik lainnya, diantara amaliyah-amaliyah Ramadhan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW baik itu amaliyah ibadah maupun amaliyah ijtijma’iyah adalah sebagai berikut (dikutip dari berbagai sumber) :

Berinteraksi dengan Al-Quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran (QS.2:185).
(Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Pada bulan ini Al-Qur’an benar-benar turun ke bumi (dunia) untuk menjadi pedoman manusia dari segala macam aktifitasnya di dunia. Dan malaikat Jibril turun untuk memuroja’ah (mendengar dan mengecek) bacaan Al-Quran dari Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam Maka tidak aneh jika Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam lebih sering membacanya pada bulan Ramadhan. Iman Az-Zuhri pernah berkata : Apabila datang Ramadhan maka kegiatan utama kita (selain shiyam) ialah membaca Al-Quran. Hal ini tentu saja dilakukan dengan tetap memperhatikan tajwid dan esensi dasar diturunkannya Al-Quran untuk ditadabburi, dipahami, dan diamalkan (QS.Shod: 29).
(Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran ).

Pada bulan ini umat Islam harus benar-benar berinteraksi dengan Al-Qur’an untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Al-Qur’an. Berinteraksi dalam arti hidup dalam naungan Al-Qur’an baik secara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifzh (menghafalkan), tanfiidzh (mengamalkan), ta’liim (mengajarkan) dan tahkiim (menjadikannya sebagai pedoman). Rasulullah saw . bersabda:
Sebaik-baiknya kamu orang yang mempelajari Al-Qur’an dan yang mengajarkannya.

Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih)

Ibadah yang sangat ditekan Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam di malam Ramadhan adalah Qiyamu Ramadhan. Qiyam Ramadhan diisi dengan sholat malam atau yang biasa dikenal dengan sholat tarawih. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda:
Barang siapa yang melakukan qiyam Romadon dengan penuh iman dan perhitungan, maka diampuni dosanya yang telah lalu (Muttafaqun’aliahi)

Memperbanyak Dzikir, Do’a dan Istighfar

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana kebaikan pahalanya dilipatgandakan, oleh karena itu jangan membiarkan waktu sia-sia tanpa aktifitas yang berarti. Diantara aktifitas yang sangat penting dan berbobot tinggi, namun ringan dilakukan oleh umat Islam adalah memperbanyak dzikir, do’a dan istighfar. Bahkan do’a orang-orang yang berpuasa sangat mustajab, maka perbanyaklah berdo’a untuk kebaikan dirinya dan umat Islam yang lain, khususnya yang sedang ditimpa kesulitan dan musibah.

Do’a dan istighfaar pada saat mustajab 
Berdoa dan memperbanyak istighdar sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan ini, dan diantara waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa adalah sebagai berikut :

  • Saat berbuka puasa
  • Sepertiga malam terakhir, yaitu ketika Allah SWT. turun ke langit dunia dan berkata:Siapa yang bertaubat ? Siapa yang meminta ? Siapa yang memanggil, sampai waktu shubuh (HR Muslim)
  • Memperbanyak istighfar pada waktu sahur. Allah Ta’ala berfirman, Dan waktu sahur mereka memohon ampun.
  • Mencari waktu mustajab pada hari Jum’at, yaitu disaat-saat terakhir pada sore hari Jum’at.
  • Duduk untuk dzikir, do’a dan istighfaar di masjid, yaitu setelah menunaikan sholat Shubuh sampai terbit matahari. Sebagaimana disebutkan dalam hadits: Barangsiapa shalat Fajar berjama’ah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir hingga terbit matahari, lalu sholat dua rakaat, maka seakan-akan ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna dan sempurna (HR At-Tirmidzi)

Shodaqoh, Infak dan Zakat

Rasulullah saw. adalah orang yang paling pemurah dan dibulan Ramadhan beliau lebih pemurah lagi. Kebaikan Rasulullah saw. di bulan Ramadhan melebihi angin yang berhembus karena begitu cepat dan banyaknya. Dalam sebuah hadits disebutkan :
Sebaik-baiknya sedekah yaitu sedekah di bulan Ramadhan (HR Al-Baihaqi, Alkhotib dan At-Turmudzi)

Dan salah satu bentuk shodaqoh yang dianjurkan adalah memberikan ifthor (santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa. Seperti sabda beliau:
Barangsiapa yang memberi ifthor kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

I’tikaf

I’tikaf adalah puncak ibadah di bulan Ramadhan. Dan I’tikaf adalah tetap tinggal di masjid taqqorrub kepada Allah dan menjauhkan diri dari segala aktifitas keduniaan. Dan inilah sunnah yang selalu dilakukan Rasulullah pada bulan Ramadhan, disebutkan dalam hadits :
Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam ketika memasuki sepuluh hari terakhir menghidupkan malam harinya, membangunkan keluarganya dan mengencangkan ikat pinggangnya (HR Bukhari dan Muslim).

Mencari Lailatul Qadar

Lailatul Qodar (malam kemuliaan) merupakan salah satu keistimewaan yang Allah berikan kepada umat Islam melalui Rasulnya shalallahu’alaihi wa sallam Malam ini nilainya lebih baik dari seribu bulan biasa. Ketika kita beramal di malam itu berarti seperti beramal dalam seribu bulan.
Malam kemuliaan itu waktunya dirahasiakan Allah SWT. Oleh karena itu Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam menganjurkan untuk mencarinya. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda:
Carilah di sepuluh terakhir bulan Ramadhan, dan carilah pada hari kesembilan, ketujuh dan kelima. Saya berkata, wahai Abu Said engkau lebih tahu tentang bilangan. Abu said berkata : Betul. Apa yang dimaksud dengan hari kesembilan, ketujuh dan kelima. Ia berkata: Jika sudah lewat 21 hari, maka yang kurang 9 hari, jika sudah 23 yang kurang 7 dan jika sudah lewat 5 yang kurang 5 (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Al-baihaqi)

Demikianlah beberapa diantaranya amalan amalan yang biasa dilaksanakan pada bulan ramadhan, sebenarnya banyak sekali amalan yang dapat kita kerjakan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda, yang terpenting adalah dalam melaksanakan amalan tersebut harus di dasari dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT.

Semoga Bermanfaat dan Happy Blogging…..



73 komentar

Info yang sangat bermanfaat kang, trima kasih y?

ok kang, sama-sama trimakasih sudah berkunjung...

gak rugi berkunjung di blog kang muroi, hehehe. makasih kang. cuman penyakitnya itu malas mau melakukannya

Semoga kita bisa melaksanakan amalan-amalan di bulan Ramadhan dnegan baik ya..

semoga pada puasa kali ini banyak mendapatkan berkahnya darri puasa sebelumya :)

selain dari pada bermanfaat, sangat penting untuk dicoba dilaksanakan...makasih kang udah share sesuatu yang bermanfaat buat saya.
met puasa moga sehat dan ceria selalu...aaamiiiin

Benar mas, di bulan Ramadhan memang sangat di anjurkan untuk memperbanyak ibadah :)

ajib ...ajib..kang...terima kasih kang ilmunya

point2 diatas memang harus sekali diamalkan mas :)

Kalau belum melaksanakan point-point di atas puasa rasanya kurang afdol ya mas.

pengen sih..
ngelakuin semua nya..
tapi, aaa....... sudah lah

inginnya sih ngelakuin semua :d

bulan ramadhan adalah saat yang baik untuk berlomba lomba berbuat kebaikan

iya kang yang penting bisa dilaksanakan semaksimal mungkin
selamat menjalankan ibadah ramadhan...

ya itu kang yang harus diperangi, kan dibulan ini setan-setan pada dibelenggu kang...

amiin ya robbal alamiin, ya semoga ya sob..trims sudah berkunjung...

amin, semoga lebih baik ya mas....

iya mas, mumpung kita ketemu di bulan yang penuh barokah ini...

sama sama mas, semoga sedikit bermanfaat

semoga bisa menakhlukan godaan-godaan yang ada supaya bisa melakukan semuanya ya mas, aamiin

semoga kita semua bisa mengamalkan semua amalan itu ya sob, amin
oya, met berpuasa ya sob.. udah bolong belum? :D semoga gak ada yg bolong2 deh

semoga kita dilimpahkan berkah, hidayah dan rahmatnya
amin :)

tentunya akan sangat bermanfaat di dunia dan akhirat ya Mas, bersujut dan menghiba memohon ampunan NYA, hanya itu yang dapat kita lakukan

apabila amalan tersebut dilakukan pada bulan puasa maka pahalanya jadi berlipat ganda..

Inilah bulan dengan ladang pahala melimpah yang bisa kita dulang dengan berbagai amalan dan ketaatan sebagaimana yang dicontohkan Rasululloh SAW. Bisa jadi awalnya berat, namun jika kita sudah menetapkan niat yang baik menuju ridho Alloh, maka Insya Alloh semua yang tertulis di atas akan mendatangkan kenikmatan dalam menjalankannya

sayang kalo sampai melewati momen seperti ramadhan ini..kalo ndak diisi dg amalan yg akan jd tabungan amal kita kelak ya mas El :)

kalau yang alquran, alhamdulilah sudah. tapi baru sampai tahap di baca, perlu di ajarkan kayanya nie sama bung muroi. :)

semoga kita bisa mengamalkan semuanya ya mas... tapi yang terahir itu yang paling langka ya mas.. nggak semua orang bisa menjumpainya hehehe :)

Alhamdulillah saya masih sering baca al-quran dibulan ini gan. hehehe :d :)

Momen yang paling tepat untuk memperbanyak amalan yah, Mas. mudah-mudahan kualitas ibadah kita makin tinggi. berharap daapt yang terakhir, pengeeen. he.

iya sob, semoga bisa mengamalkan dan diberi kemudahan

semoga kita bisa mengamalkan amaln itu semuanya ya

kunjungan senin siang

mampir cari pahala juga ya

selamat berpuasa
salam kenal kang

dari beberapa hal yang ada, yang belum tau ,dan gak tau dapet atau gak lailatul kodar nya,,, karna kita juga gak tau ,selamat berpuasa kang

kalau aku lagi pengen memperbanyak sedekah dibulan ramadhan. semoga mampu dan dikasih rezeki banyak.

Sangat menjadi manfaat, dan yang memposting juga mendapat manfaatnya amin :)

Saya sepakat kang, subhanallah sangat mencerahkan...

Salam dari Pulau Dollar

Banyak2 istighfar, semuanya penting nih * saya bungkus bawa pulang kang hehe

selamat Siang Mas, sebelumnya saya mengucapkan juga selamat menjalankan Ibadah puasa Mas.. Maaf Mas baru berkunjung karena blog pribadi saya ada yang curi akun emailnya, saya follow dulu blognya Mas, follback juga ya Mas blog yang baru saya buat. Dari semua point yang Mas Bahas di atas Alhamdulillah ssuddah hampir semua saya lakukan, tinggal point i'tikaf yang belum pernah saya lakukan Mas...

Amalan yang mantap di 10 jari menjelang akhir Ramdhan nih, semoga kita bisa mendapatkan semuanya dengan segala kelancaran dan kemudaha ya Kang. Amiiiin........

Salam

tambah keren aja nih kang blognya,
saya silaturahmi dari blog ke blog aja kang, termasuk amalan mulia ga ya kang. habis ga bisa baca Qur'an. ajarin kang
hehheee...

mumpung lagi ramadhan, harus banyak beeramal ya kang... :D

dengan postingan ini saya jadi lebih tahu nih kang tentang amalan, waktu yang tepat berdoa dan tentang malam Lailatul Qodar (malam kemuliaan). Terimakasih Guru

insyaallah kita bisa melaksanakannya mas muroi

oke mas, makasih yah kunjungannya

ok makasih ya mas sudah mampir lagi, salam sukses selalu

Mumpung bulan ramadhan belum lewat, mari kita memperbanyak amalan.

Dalam Ramadhan saya kali ini dan sampai pada malam Ramadhan yang ke 13 saya belum sempat menyentuh Al Quran untuk tadarusan tau membaca surah surat Al Quran. Ini mengkhawatirkan saya. Terima kasih sudah mengingatkan diri ini. Insya Allahh saya segera buka kitab suci A Quran. Terima kasih sudah mengingatkan saya

iya mas, mumpung masih bualan ramadhan dan masih dipertemukan kembali dengan ramadhan

ya semampu yang bisa dulu aja sob, bisa bertahap, mudah-mudahan bisa semakin baik di tahun tahun yang akan datang

mudah mudahan bisa jika ada niat dan kemauan sob..apalagi bulan ini setan dibelenggu untuk memberikan maksimal dalam beribadah

betul mas, semoga tidak menyia-nyiakan bulan ramadhan tahun ini

amiin ya robbal alamin...semoga bisa ya mas

amiin ya mas..
alhamdulillah tidak bolong mas, mudah-mudahan bisa sempurna sampai akhir ramadhan ini dengan mengamalkan segala perbuatan baiknya...

amiin, makasih mas atas kunjungan silaturahim dan doanya...

iya mas, dengan memaksimalkan waktu ramadhan tahun ini mudah-mudahan mendapatkan ampunan dan maghfirahnya

betul mas, asal ada niat dan kemauan yang kuat untuk melaksanakannya maka mudah-mudahan semua apa yang diuraikan diatas bisa dengan ringan kita laksanakan

iya mas, mumpung ketemu dengan ramdhan tahun ini, sayang jika dilewatkan begitu saja

membaca al-qur'an tanpa tahu artinyapun sudah dianggap ibadah kok sob, apalagi dengan mengetahui isinya dan bisa mengamalkannya

iya mas, lailatul qodar itu kan rahasia Allah, kita tidak tahu apakah akan mendapatkannya atau tidak, tapi yang penting adalah kita mengoptimalkan amal ibadah kita dari awal sampai akhir ramadhan karena siapa tahu kita bisa mendapatkannya....

belum ada yang baru nie gan. sepertinya masih sibuk ber amal di ramadhan... :).
mumpung lagi mampir, ane sekalian koment lagi bang.. hehehe

alhamdulillah, semoga bisa menjaganya sampai akhir ramadhan ini bahkan seusai ramadhan pun menjadi kebiasaan ya gan..amiin

amiin, semoga demikian mas Richo, semoga dengan kita mengoptimalkan ibadah ramadhan ini kita bisa mendapatkannya...

selamat berpuasa juga mas Toto dan salam kenal

semoga akang bisa mendapatkan lailatul qodar tahun ini, amin. semoga juga saya..

AMI................N, semoga diberi kesehatan ya Mas selama bulan Ramadhan ini

biasa aja nih bang, cuma lagi belum mau posting aja :d
makasih sudah mampir lagi

BAGI SAUDARA (i) YANG SERING KALAH
DALAM BERMAIN TOGEL ANDA BISA DAPATKAN
SOLUSINYA DENGAN BERGABUNG DI AKII DEWA
MASTER TOGEL INDONESIA.

DARI PADA SAUDARA (i) PASANG ANGKA YANG
TIDAK JELAS, NIAT HATI INGIN MENANG
NAMUN MALAH TAMBAH HANCUR-HANCURAN
& TAMBAH MELARAT AKHIRNYA DILILIT
UTANG PIUTANG HARTA,KAS UANG RAIB
ENTAH KEMANA.

COBA PIKIRKAN KERUGIAN ANDA TIAP HARI?

JIKA BERMINAT GABUNG DENGAN MASTER TOGEL
SILAHKAN HUBUNGI=AKII DEWA

NOMOR TELPON: 085 293 577 799

BERSATU DENGAN SATU TUJUAN HANCURKAN BANDAR
SINGAPORE & HONGKONG.TOTO MALEISYA.KUDA LARY

kalau boleh saya menambahkan, perbanyak membaca sholawat, juga sangat baik dan mempunyai keutamaan dunia akhirat gan. mksh.