Hal Yang Sederhana Ini Ternyata Membuat Kita Bahagia

bahagia
Hal Yang Sederhana Ini Ternyata Membuat Kita Bahagia | Kesuksesan hidup seseorang kadang kala tidak terlepas dari hal-hal yang kecil dan dianggap remeh temeh oleh sebagian orang. Tidaklah akan berari hidup ini tanpa rangkaian peristiwa yang sekecil apapun dalam menjalaninya. Namun tidak sedikit orang yang mengabaikan hal-hal yang kecil itu dikarenakan lebih sibuk mencari kebahagiaan yang lebih besar, padahal disitulah kadang kala bersumber sebuah kebahagiaan hakiki yang bisa menyemangati diri kembali dalam mengarungi hidup ini.

Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa yang namanya kebahagiaan itu adalah terletak dibalik harta kekayaan, atau mungkin juga popularitas dan jabatan. Namun demikian ternyata banyak orang yang kaya, atau populer atau juga punya jabatan yang tinggi tapi tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Yah tidak sedikit orang yang merasakan demikian, jika seseorang menduduki jabatan, maka sudah dipastikan aka nada orang yang lebih tinggi jabatannya, dan kalaupun seseorang menduduki jabatan paling tinggi sudah dipastikan bahwa itu hanyalah sementara saja.

Sebenarnya sungguh sederhana hidup ini, tidak harus dengan yang muluk-muluk untuk merasakan kebahagiaan ini hinggap dalam diri kita. Ada beberapa contoh dalam kehidupan ini yang bisa menggambarkan betapa kebahagiaan itu sebenarnya bisa kita dapatkan dimana saja dan melalui hal-hal yang sederhana, seperti :

Menolong orang lanjut usia menyeberang jalan

Pada dasarnya memang manusia diciptakan untuk saling membantu dan tolong menolong satu sama lainnya. Menolong orang lain tidak harus dengan banyak harta yang kita berikan kepada mereka. Bisa saja dengan kita menyeberangkan orang yang mau menyeberang jalan. Terlihat remeh bukan, namun ini bisa menimbulkan kebahagiaan tersendiri melihat orang yang kita tolong selamat dalam menyeberang jalan.

Memandangi air hujan yang turun

Air hujan buat sebagian orang adalah musibah karena bisa menimbulkan bencana banjir, namun demikian sungguh sejuk dan nyaman dihati tatkala hujan yang turun menetes satu persatu di atas muka bumi ini. Pikiran bisa melayang mengenang masa-masa kecil dulu ketika bermain hujan-hujanan ataupun kenangan-kenangan masa lalu yang berkaitan dengan hujan. Sobat semua pasti mempunyai kenangan tersendiri ketika hujan.

Bertemu teman yang sudah lama berpisah

Tentunya ini sebuah kejutan bukan, manakala teman yang sudah lama berpisah dengan kita yang tanpa kabar dan berita namun tiba-tiba berjumpa kembali dengan tidak disangka dan diduga. Tentunya ini merupakan sebuah kegembiraan yang luar biasa. Apalagi teman kita itu adalah teman akrab yang tentu saja perjumpaan ini mengingatkan kembali akan masa-masa kebersamaan dulu, baik ketika di sekolah atau kenangan-kenangan lainnya.

Mencari kutu dirambut dan menemukannya

Sepertinya ini hal yang konyol bukan, jaman gini masih kutuan hehehe… tapi ternyata masih banyak juga loh yang masih kutuan walaupun sudah dengan bermacam obat untuk membasminya. Salah satu caranya adalah dengan dicarinya kutu tersebut satu persatu. Bukan hal yang mudah mencari kutu ini, makanya begitu ketemu kutu gembiranya luar biasa.

Menemukan barang yang sedang dicari

Lupa menaruh sesuatu sepertinya banyak orang yang mengalaminya. Teledor dan asal taruh biasanya menyebabkan kita sering lupa akan barang-barang ini. Misalnya adalah kunci motor, kunci mobil, pulpen atau yang lainnya. Padahal barang-barang tersebut sangatlah kita butuhkan pada waktu itu, setelah dicari kemana-mana dalam waktu yang lama, maka ketika begitu menemukannya ini juga menjadi sebuah kesenangan yang luar bisa tentunya.

Masih banyak tentunya hal-hal yang kecil dan sederhana membuat kita bahagia dan tentunya tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena keterbatasan tempat posting. Dan tentunya tiap orang akan punya presepsi yang berbeda-beda dalam memandang kebahagiaan kecil ini. Contoh diatas hanya sekedar ilustrasi belaka yang menggambarkan betapa kebahagiaan itu sebenarnya bisa dihasilkan dari hal-hal yang kecil dan sederhana, tidak harus dengan sesuatu yang mewah dan serba wah ternyata mendapatkannya.

Hal-hal kecil dan kelihatan sederhana sesunguhnya adalah sumber dari kebahagiaan. Lalu mengapa tidak kita coba luangkan waktu mensyukuri berbagai hal sederhana yang ternyata membuat hati menjadi bahagia dan senang jika dilakukan. Tak perlu menunggu lama untuk bahagia. Cukup mensyukuri berbagai hal kecil dan sederhana, sebab bahagia memang sederhana. Sungguh indah dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah Salallau alaihi wasallam : “Barang siapa yang disetiap pagi merasakan sehat di tubuhnya, aman kemanapun ia pergi, dan ia memiliki makanan yang mencukupinya, maka seakan ia telah berhasil menguasai seluruh isi dunia. (Ibnu Hibban dan At-Thabraby)

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..




Post a Comment

55 Comments

  1. Betul sekali mas, tapi yang jarang itu saya menolong nenek dan bertemu teman lama ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba saja nongkrong di lampu merah saja sob :d

      Delete
    2. nunggu di pintu panti jompo pasti banyak yang keluar masuk hehehe

      Delete
    3. ah jadi bapa ngawur tuh :d :d

      Delete
    4. berarti yang mencari kutu dan menemukannya sering yah? *eh :-d

      Delete
  2. saya suka dengan semua caranya tapi kalo yang " Mencari kutu dirambut dan menemukannya" hehe kayaknya saya kagak deh soalnya kurang mahir dalam hal tersebut :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan salah mas, itu ada unsur seninya lo :-)

      Delete
    2. seni mencari kutu hehe...emang ada kang :d

      Delete
    3. hahaha ada ada ajee nihh kang ucup :D

      Delete
    4. :)) kang ucup emang suka ada ada ajah deh ih

      Delete
  3. Bener bangett kang (y)

    blognya dah ku follow, follback kang.. Salam sukses..

    =======================
    http://kudhen.blogspot.com
    =======================

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sip kang sudah follow blog ini, blognya sudah saya follow juga

      nuhun kang :)

      Delete
  4. Bener bangett kang (y)

    blognya dah ku follow, follback kang.. Salam sukses..

    =======================
    http://kudhen.blogspot.com
    =======================

    ReplyDelete
  5. sekarang kutu dah jarang mas,,,
    hehe,,,,,
    bertemu teman lama itu kesempatan,, jodoh ya,,, g nyangka,,, seneng bgt rasanya

    ReplyDelete
  6. Pada ppint ke empat aku jadi teringan ama pesen ustadz aku dulu,

    "luwih penak petan dinimbang didis"

    dalam bahasa indonesia :

    " lebih mudah mencari kutu orang lain dari pada mencari kutu diri kita sendiri"

    itu dapat kita jadikan motivasi supaya kita tidak mencari-cari kesalahan/kejelekan orang lain, karena itu mungkin mudah, tapi carilah kesalahan diri kita sendiri, walaupun itu sangat sulit.

    ReplyDelete
  7. hehe, betul Mas, Njenengan jeli sekali mencari celah kebahagiaan, hehe, keren. saya setuju semuanya di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masa masa..iya gitu..ada banyak lagi yang berbda-beda menurut presepsi masing2 sebenarnya mas..

      Delete
    2. iya, bener, tapi yang kayak gitu kan jarang diungkapkan to

      Delete
  8. Kayaknya lebih sering melihat air hujan turun sambil berimajinasi hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengin hujan-hujanan seperti masa kecil dulu yah :d

      Delete
  9. Saya terenyuh sama contoh terakhir mas
    dan kejadian ini persis sama yg saya alamin :)
    Kenikmatannya emang susah di utarakan pake kata2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wealah tadinya ngetik udah panjang2 cz koneksi keputus2 jd bablas deh ..

      Tapi feelnya tetep dapet kok mas hehe

      Delete
    2. makasih mas sudah susah payah datang disini...

      Delete
  10. beremu teman lama walau hanya lewat fb rasanya bahagia sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ketemu teman lama sepertinya membuat kita bahagia..makasih mas sudah datang dimari...

      Delete
  11. masih banyak hal kecil yang mampu membuat kita bahagia setelah melakukanya,selain yang tertulis diatas tadi diantaranya seperti: mengantarkan orang yang sedang kebingngan mencari alamat.dan masih banyak hal kecil lainya,
    Nice post Kang Muroi.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, hal-hal kecil diatas yang saya tulis hanya sebagian kecil perbuatan yang membuat kita senang dan bahagia, masih banyak hal yang lainnya...

      Delete
  12. iya ya kang...kadang kita malah berfikir baru bisa bahagia jika kita sudah mencapai atau melakukan hal2 yang besar, padahal kebahagiaan memang kebanyakan datang dari hal2 kecil dan sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan hal ini kadang tidak terpikirkan oleh kita ya kang..kita bisanya hanya sibuk memikirkan kebahagiaan yang lebih besar..nuhun kang

      Delete
  13. hal kecil yang bisa bahagia lainnya adalah tersenyum :)

    ReplyDelete
  14. Ada banyak sekali hal hal yang bisa membuat kita bahagia apalagi kalo dilakukan dengan iklas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang apalagi disasari ikhlas, insaa Allah akan lebih plong apapun hasilnya

      Delete
  15. Saya masih bengong mas dengan poin yang ke-3 ... [-(
    itu memang menggembirakan ... sama seperti ketika saya nguthik-uthik hidung saya ... kalau ketemu, juga senang mas .... x-)

    ReplyDelete
  16. paling anti deh sama yang namanya kutu.. soalnya selain menimbulkan gatal-gatal di kepala (postingan gak kelar-kelar karena keseringan garuk) kalo ketauan sama orang lain ada kutuan kesannya jelek kayak yang males rawat diri :(

    ReplyDelete
  17. Memandangi air hujan turun,
    diam-diam melamun,
    Tapi inspirasi datang beruntun,
    kusambut dengan puisi santun,
    bahagia dihati terus berunggun..

    ReplyDelete
  18. mencari kutu bagi ibu2 di makassar adalah sesuatu yang mengasyikkan....bahkan bisa lima hingga 10 ibu2 berjejer di anak tangga...sibuk mencari kutu.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  19. Begitu sederhana ternyata... tapi kalau memilih yang diatas saya lebih memilih bertemu teman lama, menemukan barang yang hilang juga sih tapi lebih kepada lega... eh sama gak sih sama bahagia :-d

    ReplyDelete
  20. sangat berkesan ,,, mksh telah berbagi..

    ReplyDelete
  21. poin nomor dua dan poin terahir mas yang paling membuat saya bahagia, karena saya sering merasakannya hehehehe :D

    ReplyDelete
  22. kita kadang melupakan hal-hal ederhana yang bisa membuat kita bahagia

    ReplyDelete
  23. emang bahagia ya nyari kutu ???

    Ah besok aku mau nyari kutu ah,,,,

    ReplyDelete
  24. kunjungan perdana gan salam kenal, smoga bisa lebih dekat hehe

    ReplyDelete
  25. Mencari kutu dirambut dan menemukannya,,ini benar-benar sangat sering dirasakan saat kecil dan memang benar-benar sangat menyayangkan.

    ReplyDelete
  26. Bahagia itu sederhana, mencari kutu di blog ini terus menemukannya :-d

    ReplyDelete
  27. kadang yang sederhana itu kalau dilakukan akan mencukupi dan membahagiakan

    ReplyDelete