27 May 2014

Hal Yang Sederhana Ini Ternyata Membuat Kita Bahagia

·   57

bahagia
Hal Yang Sederhana Ini Ternyata Membuat Kita Bahagia | Kesuksesan hidup seseorang kadang kala tidak terlepas dari hal-hal yang kecil dan dianggap remeh temeh oleh sebagian orang. Tidaklah akan berari hidup ini tanpa rangkaian peristiwa yang sekecil apapun dalam menjalaninya. Namun tidak sedikit orang yang mengabaikan hal-hal yang kecil itu dikarenakan lebih sibuk mencari kebahagiaan yang lebih besar, padahal disitulah kadang kala bersumber sebuah kebahagiaan hakiki yang bisa menyemangati diri kembali dalam mengarungi hidup ini.

Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa yang namanya kebahagiaan itu adalah terletak dibalik harta kekayaan, atau mungkin juga popularitas dan jabatan. Namun demikian ternyata banyak orang yang kaya, atau populer atau juga punya jabatan yang tinggi tapi tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Yah tidak sedikit orang yang merasakan demikian, jika seseorang menduduki jabatan, maka sudah dipastikan aka nada orang yang lebih tinggi jabatannya, dan kalaupun seseorang menduduki jabatan paling tinggi sudah dipastikan bahwa itu hanyalah sementara saja.

Sebenarnya sungguh sederhana hidup ini, tidak harus dengan yang muluk-muluk untuk merasakan kebahagiaan ini hinggap dalam diri kita. Ada beberapa contoh dalam kehidupan ini yang bisa menggambarkan betapa kebahagiaan itu sebenarnya bisa kita dapatkan dimana saja dan melalui hal-hal yang sederhana, seperti :

Menolong orang lanjut usia menyeberang jalan

Pada dasarnya memang manusia diciptakan untuk saling membantu dan tolong menolong satu sama lainnya. Menolong orang lain tidak harus dengan banyak harta yang kita berikan kepada mereka. Bisa saja dengan kita menyeberangkan orang yang mau menyeberang jalan. Terlihat remeh bukan, namun ini bisa menimbulkan kebahagiaan tersendiri melihat orang yang kita tolong selamat dalam menyeberang jalan.

Memandangi air hujan yang turun

Air hujan buat sebagian orang adalah musibah karena bisa menimbulkan bencana banjir, namun demikian sungguh sejuk dan nyaman dihati tatkala hujan yang turun menetes satu persatu di atas muka bumi ini. Pikiran bisa melayang mengenang masa-masa kecil dulu ketika bermain hujan-hujanan ataupun kenangan-kenangan masa lalu yang berkaitan dengan hujan. Sobat semua pasti mempunyai kenangan tersendiri ketika hujan.

Bertemu teman yang sudah lama berpisah

Tentunya ini sebuah kejutan bukan, manakala teman yang sudah lama berpisah dengan kita yang tanpa kabar dan berita namun tiba-tiba berjumpa kembali dengan tidak disangka dan diduga. Tentunya ini merupakan sebuah kegembiraan yang luar biasa. Apalagi teman kita itu adalah teman akrab yang tentu saja perjumpaan ini mengingatkan kembali akan masa-masa kebersamaan dulu, baik ketika di sekolah atau kenangan-kenangan lainnya.

Mencari kutu dirambut dan menemukannya

Sepertinya ini hal yang konyol bukan, jaman gini masih kutuan hehehe… tapi ternyata masih banyak juga loh yang masih kutuan walaupun sudah dengan bermacam obat untuk membasminya. Salah satu caranya adalah dengan dicarinya kutu tersebut satu persatu. Bukan hal yang mudah mencari kutu ini, makanya begitu ketemu kutu gembiranya luar biasa.

Menemukan barang yang sedang dicari

Lupa menaruh sesuatu sepertinya banyak orang yang mengalaminya. Teledor dan asal taruh biasanya menyebabkan kita sering lupa akan barang-barang ini. Misalnya adalah kunci motor, kunci mobil, pulpen atau yang lainnya. Padahal barang-barang tersebut sangatlah kita butuhkan pada waktu itu, setelah dicari kemana-mana dalam waktu yang lama, maka ketika begitu menemukannya ini juga menjadi sebuah kesenangan yang luar bisa tentunya.

Masih banyak tentunya hal-hal yang kecil dan sederhana membuat kita bahagia dan tentunya tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena keterbatasan tempat posting. Dan tentunya tiap orang akan punya presepsi yang berbeda-beda dalam memandang kebahagiaan kecil ini. Contoh diatas hanya sekedar ilustrasi belaka yang menggambarkan betapa kebahagiaan itu sebenarnya bisa dihasilkan dari hal-hal yang kecil dan sederhana, tidak harus dengan sesuatu yang mewah dan serba wah ternyata mendapatkannya.

Hal-hal kecil dan kelihatan sederhana sesunguhnya adalah sumber dari kebahagiaan. Lalu mengapa tidak kita coba luangkan waktu mensyukuri berbagai hal sederhana yang ternyata membuat hati menjadi bahagia dan senang jika dilakukan. Tak perlu menunggu lama untuk bahagia. Cukup mensyukuri berbagai hal kecil dan sederhana, sebab bahagia memang sederhana. Sungguh indah dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah Salallau alaihi wasallam : “Barang siapa yang disetiap pagi merasakan sehat di tubuhnya, aman kemanapun ia pergi, dan ia memiliki makanan yang mencukupinya, maka seakan ia telah berhasil menguasai seluruh isi dunia. (Ibnu Hibban dan At-Thabraby)

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..




Subscribe to this Blog via Email :