16 Apr 2014

Beberapa Alasan Kenapa Orang Sering Terlambat Atau Telat

·   55

telat
Beberapa Alasan Kenapa Orang Sering Terlambat Atau Telat | Budaya telat sepertinya sudah mendarah daging dan bisa dikatakan sebagai penyakit kronis sebagian masyarakat kita, Indonesia. Jangan-jangan termasuk admin juga yah hehe…. Datang terlambat sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dan kadang memasang muka tanpa merasa dosa. Budaya telat kadang disebut juga dengan jam karet, bukan jamnya yang terbuat dari karet loh, tapi karena karet bersifat lentur jadi bisa mulur atau molor, nah jam karet adalah waktu yang bisa molor.

Seperti contohnya dalam setiap rapat-rapat di sekolah dimana admin berada, kadang kita memberikan undangan jam Sembilan, tapi guru-guru datang jam setengah sepuluh atau lebih. Setiap orang pasti berfikir yang lain juga molor, maka saya juga akan molor, akhirnya jadilah molor semua hehe…. Begitulah keadaannya yang hampir setiap rapat hal ini terus berulang dan berulang kembali.

Ini juga kadang menjadi hal yang umum dan lazim dijumpai setiap kita, di sekolah, kantor, party, gathering, dan lain-lain. Dalam dunia kerja juga demikian, namun kadang banyak dari yang suka terlambat karena bukan factor kesengajaan juga. banyak hal yang melatar belakangi atapun alasan kenapa bisa terlambat kerja. Nah berikut ini mungkin beberapa alasan mengapa para pegawai sering telat atau terlambat kerja atau anak sekolah sering terlambat masuk kelas :

Macet Di Jalan

Macet menjadi alasan klasik bagi para pegawai atau karyawan khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya. Kemcetan sepertinya sudah menjadi menu wajib menjadi sarapan kedua setelah sarapan di rumah. Jika sudah macet ya mau dibilang apa lagi, ini adalah keadaan yang tidak diinginkan oleh siapapun. Namun jika hal ini sudah sering terjadi sebaiknya yang sering telat bisa menyiasatinya dengan berangkat lebih awal dan selalu menghindari dimana ada titik-titik kemacetan di jalan. Dengan seperti itu maka keterlambatan bukan menjadi halangan untuk terlambat kerja.

Hujan

Alasan terlambat berikutnya adalah karena hujan. Hujan adalah peristiwa alam yang siapapun tidak bisa menolaknya. Nah biasanya pegawai atau karyawan yang terlambat menjadikan hujan sebagai alasan keterlambatan. Tentunya alasan ini buat mereka yang menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Karena buat yang naik kendaraan roda empat, hujan bukanlah menjadi alasan untuk terlamat kerja, kecuali mungkin mobilnya kebocoran, itu lain masalah hehe…

Tapi senenarnya hujan bukanlah menjadi alasan yang bisa di tolerir untuk terlambat kerja, karena kita bisa menggunakan jas hujan ketika turun hujan sehingga jika hujan turun kita masih bisa melanjutkan perjalanan menuju ke kantor tanpa harus terlambat.

Kesiangan atau Terlambat Bangun

Siapa yang tidak pernah bangun kesiangan, pasti semuanya pernah mengalaminya. Kesiangan juga menjadi alasan kenapa seseorang menjadi terlambat dalam bekerja. Yang seharusnya ia bangun pagi-pagi untuk persiapan, karena kesiangan maka segala sesuatunyamenjadi tidak sesuai rencana. Bangun kesiangan biasanya karena kita begadang atau tidur terlalu larut malam. Bisa jadi karena ada pekerjaan atau menonton sepak bola, apalagi jika sampai perpanjangan waktu, bisa sampai pagi begadangnya hehe…

Nah untuk menghindari bangun kesiangan ini mungkin kita harus mempriotitaskan dulu, pekerjaan atau sekedar hobi. Jika dirasa esok hari di kantor ada pekerjaan penting, maka yang lain harus kita kalahkan. Jangan lupa ketika akan beranjak tidur setel alarm terlebih dahulu atau meminta istri atau siapapun yang tinggal serumah untuk membangunkan.

Ternak Teri ( Nganter Anak Nganter Istri)

Nganterin anak, istri atau juga keluarga yang lainnya bisa juga menjadi alasan kenapa terlambat masuk kerja. Tentunya ini adalah buat mereka-mereka yang dirumahnya tidak ada pembantu atau orang yang khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Yang lebih susah lagi jika jadwal masuk sekolah anak atau jadwal kerja isitri sama dengan suaminya. Maka sang suami harus mengantar mereka dulu, baru bisa pergi ke kantor.

Ketinggalan Kereta, Angkot atau Bus

Ketingggalan kereta atau kendaraan lainnya juga menjadi alasan kenapa orang bisa telat masuk kerja. Yang menjadi pertanyaanya, salah siapa? Yang ini lebih parah, sudah ketinggalan angkutan telat juga masuk kantor, artinya molor dua kali dong hehe… Tentunya kita tidak bisa menyalahkan kereta atau bus bukan? Karena kendaraan angkutan dengan atau tanpa kitapun akan tetap berjalan dan akan meninggalkan siapa-siapa yang terlambat, karena kitalah yang memerlukannya.

Ketinggalan angkutan ini sepertinya alasannya hampir sama ketika kita terlambat kerja, yaitu karena bangun terlambat juga. Maka sebaiknya cara menyiasatinya juga sama yaitu dengan tidak tidur larut malam agat tidak terlambat bangun.

Kurang Fit atau Tidak Enak Badan

Alasan sakit atau tidak enak badan bisa menjadi alasan keterlambatan kerja. Sakit juga bukan kita yang menginginkan, karena siapapun bisa merasakannya. Dengan kita kurang fit maka ketika memawa kendaraan sendiri akan tidak secepat ketika kita sehat. Hal ini bisa menjadi hal yang dimaklumkan jika keadaannya memang benar-benar kurang sehat atau tidak fit.

Rumahnya Jauh Dari Tempat Kerja Atau Sekolah

Jarak juga menjadi alasan mengapa seseorang bisa menjadi terlambat kerja. Contohnya seorang karyawan bekerja atau sekolah di Jakarta, tapi tinggalnya di Bogor, Bekasi, atau Depok. Tentunya hal ini sangat jauh dan bisa memakan waktu beberapa jam untuk bisa sampai ditempat tujuan. Namun jika ini menjadi rutinitas sebaiknya kita juga menyiasatinya dengan berangkat lebih awal dari karyawan pada umumnya. Atau bisa juga kita mecari tempat kost yang dekat dengan tempat dimana kita berkerja atau sekolah.

Nah itulah beberapa alasan mengapa sesorang bisa terlambat kerja atau juga sekolah. Nah, mungkin buat sobat blogger semua, pernahkah ada alasan lainnya yang mungkin unik, lucu, atau yang nggak begitu lazim atau masuk di akal alias nyeleneh selain beberapa alasan yang disebutkan diatas, bila kita terlambat datang?



Subscribe to this Blog via Email :