Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Rezeki Moal Pahili Jeung Sandal Jepit

By On 25.3.14

Rezeki Moal Pahili Jeung Sandal Jepit
Rezeki Moal Pahili Jeung Sandal Jepit | Sesungguhnya Allah SWT menjamin hamba-hambaNya di alam semesta ini. Allah tidak sekali-kali akan luput memberi rezeki kepada para hambanya sampai binatang melata sekalipun dimuka bumi ini. Rezeki Allah amatlah banyak di muka bumi ini, tinggal bagaimana kita mencari dan mendapatkannya saja. Seperti dijelaskan dalam sebuah hadits : “Sesungguhnya rezeki itu mencari seorang hamba lebih kerap daripada apa yang dicari oleh ajalnya,” (Riwayat Thabrani melalui Abu Daud).

Dalam hadist ini jelas, rezeki pasti datang lebih banyak ketimbang maut yang datang hanya sekali. Ada hal menarik dari redaksi hadits diatas tadi “rezeki mencari seorang hamba”, jika kita telusuri ini kebalikan dari pemikiran awam, bahwa selama ini banyak yang menggunakan ungkapan: carilah rezeki yang bertebaran di muka bumi. Artinya, kita harus aktif menjemput rezeki, yang dijanjikan Allah bisa datang dari mana saja, yang tidak kita sangka.

Tentunya kita sering melihat banyak orang berjualan dengan barang yang sama, atau penarik angkot dengan mobil yang sama dan trayek yang sama pula. Namun tentunya masing-masing punya rezeki yang berbeda-beda, tergantung sejauh mana mereka bekerja keras untuk meraih rezeki yang sudah ada didepan mata. Jika sekiranya ia hanya duduk-duduk saja tanpa ada usaha tentunya akan jauh berbeda dengan mereka yang bekerja keras dan berusaha mencari rezeki yang bertebaran di muka bumi ini seperti yang diungkapkan dalam hadits diatas tadi.

Hadist itu juga menegaskan bahwa “rezeki juga mencari seorang hamba”, bukan hanya luar biasa dalam mencarinya, tapi bisa juga menjadi semakin sulit. Dalam hal ini kesulitannya rezeki tak pernah mengatakan akan turun di mana, rezeki juga tak bilang kapan dan akan datang. Memang ada rezeki yang sudah jelas mengatakan turun di mana dan kapan, yakni gaji bulanan kita, itupun jika kita bekerja tetap dan dibayar bulanan. Namun rezeki selain dari itu amatlah banyak jumlahnya. Dan kebanyakan adalah dari jalan perniagaan alias berdagang seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Harus kita yakini pula bahwa rezeki kita dalam satu rumah tak akan dikurangi oleh Allah SWT, walaupun yang bekerja hanya satu orang saja misalnya. Dan juga dalam setiap rezeki yang kita terima ada sebagian merupakan haknya istri, anak-anak, kerabat, anak yatim piatu, dan fakir miskin. Haknya orang lain itu bisa berupa nafkah buat anak istri, selebihnya bisa infak, sedekah, atau hadiah. Wajib hukumnya kita menjaga rezeki kita agar tak hilang atau jatuh kepada yang tidak berhak.

Seringkali kita tak cukup dengan gaji bulanan. Sehingga masih harus mencari rezeki selain gaji. Rezeki selain gaji bisa juga ada yang pasti, misalnya mereka yang bekerja part time, atau bekerja berdasar pesanan per pekerjaan atau lewat perniagaan. Seringkali lebih banyak rezeki yang tak pasti, seperti dari hasil usaha. Siapa yang bisa menjamin setiap bulan usaha kita memberikan rezeki yang sama dengan bulan lalu? Hanya Allah yang tahu itu semua, namun kita sebagai manusia tentunya harus berusaha tanpa harus menghitung berapa besar rezeki yang kita dapatkan dari usaha yang dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kamu merasa bahwa rezekimu terlambat datangnya, kerana sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga telah datang kepadanya rezeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya, maka tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram.” (Riwayat Ibnu Majah).

Hadist itu menegaskan bahwa Allah jelas akan memberikan rezeki kepada setiap orang tanpa menguranginya dan tentunya tidak akan saling tertukar karena Allah sudah menentukan rezeki dari masing-masing orang hingga  ajal datang. Seperti orang sunda bilang yang tentunya ini hanya sebuah guyonan belaka, "Rezeki mah moal pahili jeung sandal jepit"  yang artinya rezeki itu tidak akan tertukar dengan sandal jepit karena sudah punya porsinya masing-masing sesuai dengan kadar yang sudah ditentukan oleh yang Maha Kuasa, tapi asal kita mau berusaha dan berdoa untuk meraihnya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



65 komentar

memang rejeki sudah ada yang mengatur ya
tapi tetap harus diusahakan yag terbaik, karena kerja keras itu mulia :)

ketika sdg membahs soal rejeki, kita akan dibawa ke pembahsan bab tawakal,
Nah, kl sdh mbahas yg ini saya kerap dihadapkan pd persoalan ttg susahnya bertawakal bg seorg karyawan yg bergaji tetap (bulanan).

Gambarnya itu burung gagak ya sob?

Meskipun riski sudah ada yang ngatur dan sudah ada jatah kita. Namun kita tetap harus berusaha menjemputnya.

Oya saya mau nanya mas. Emang arti judul di atas apa ya.? Hehehe peace yah mas saya nggak ngerti.

setiap orang pasti menginginkan rezki yang melimpah ya mas, padahal rizki itu sendiri sebetulnya tidak terbatas hanya materi, kesehatani, mampu bersilaturahmi dan lain-lainnya juga rizki

artinya apa tuh Mas, kok ada sandal jepitnya :D

Mpah pahili Jeung itu apa ya mas,...

mudah2an kita semua selalu mencari rizki yang halal,,,, walau terkadang banyak rintangan,,,
namun rizki tidak akan memnghampiri orang yang berdiam diri,,, gitu ya mas? :)


ternyata saya tidak sendiri yang tidak thu arti judul nya :))

tawakal kang hanya kepada Allah kan mas, artinya menyerahkan segala apa yang kita usahakan hasilnya kepada-Nya...

tawakal terhadap penghasilan seharusnya bukan titik akhir usaha kita uuntuk mencari rezeki yang luas di muka bumi ini :)

ya betul itu mas, kan kita tidak tahu seberapa besar rezeki yang akan kita dapatkan dari usaha kita dari jalan selain pendapatan rutin kita...

kan ada artinya mas di paragraph terakhir, artinya bahwa REZEKI ITU TIDAK AKAN TERTUKAR DENGAN SANDAL JEPIT mas.. :)

ya betul mas, memang kebanyakan kita menganggap rezeki ya berupa materi secara kasat mata yang bisa kita lihat...

artinya tidak akan tertukar mas, bahasa Sunda itu :D

Waah pasti setiap orang pasti menginginkan rezki yang melimpah ya mas. termasuk saya :-d *ngarep

Asal mnjadi seorang hamba, rejeki pasti menghampiri ya mas, nah yg terasa seret mngkin blom spenuhnya mnjdi hamba

semoga kita termasuk orang orang yang dimudahkan dalam mencari rezeki

rejeki itu nggak akan kemana yang penting kita berusaha :)

Wileujeng wengi Mas Muroi,? margi judul artikelna ngangge Bahasa Sunda
Punten comments na sareng bahasa Sunda nya Mas? :-d
Milik dan Rizky memang rahasia Illahi yah Mas? kita Manusia hanya'
Beriqtiar agar berkah dan tunas Rizky tetap tumbuh dengan jalan Halal :)

Betul yah yang Mbak Elsawati katakan saya sependapat
Artikelnya sangat Memotivasi sekali buat saya Mas Muroi :)

Pencerahan nih Kang Muroi,memang benar sekali bahwa yang namanya rezeki itu sudah diberikan kepada kita,tinggal bagaimana kita menjemputnya rezeki itu .yang jelas kerja keran adala modal utamanya.serta dibarengi dengan keyakinan yang kuat bahwa kita bisa untuk meraihnya,,,,,

asalkan ulah ngambil sendal jepitna kang Muroi yah Kang Saud,Hawatos ach heuheu

asal kita mau berusaha pasti rejeki akan datang dengan sendirinya dan semua sudah diatur oleh yang diatas, makasih buat sharingnya mas :)

Kalo rejeki memang ngak bakalan kemana-mana walaupun hanya sendal jepit he...
Hatur nuhun artikel na kepren pisan (c)

judulnya pake bahasa sunda. hihi :D
bagus gan artikelnya :)

Rejeki juga gak melulu uang kan? Udara yg kita hirup juga tentunya

tetap bersyukur dan menerima apa yang telah di berikan Allah SWT, dan selalu bertawakal dan berusaha mudah mudaan akan di berikan kemudah dalam hal rezeki bagi kita semua

ibarat kata mencari rezeki hngga ke lubang semut ya mas Muroi hehehe

kade aha kang Heri sendal jepitna jangan sampai tertukar hahaha

rezeki itu tidak bisa terdugan dan bukan hanya satu macam mas

hmm,...pertama baca judul postingan ini, bingung artinya apaan? ternyata masalah rezeki, maksih bang udah berbagi inspirasi dipagi hari, ayooo...mumpung pagi kita berburu rezeki, hehe

Kalau sudah urusan rejeki mah, lebih baik serahkan saja sama Alloh, kita hanya berusaha dan berdoa ya Kang.

Salam

iya mas, memang harus sampe segitunya kita mencari rizki itu yah...

atuh sok wae kang, da murah iyeu sandal jepit mah :d

iya kang, sekecil apapun enath itu namanya ya tetep rizki namanya :)

yakinlah, ikhlaslah, tekunlah dan pasrahlah selalu kepada-NYA...niscaya rejeki yang diusahakan akan segera menghampiri kita.
pencerahan yang indah...haturnuhun kang

jadi bersyukur banget ini saya (p)

ya mas, semua orang pasti juga ngarepnya seperti itu loh...

hamba yang sebenarnya ya mas, tentunya harus beriman dan bertakwa dengan yang sebenarnya pula...

silakan mas, makasih sudah berkunjung dimari...

amiin ya robbal alamin, makasih mas Joe atas doanya...

"carilah rezeki yang bertebaran di muka bumi", emut kana pelajaran PAI waktos di sakola ieu, Intina mah kedah usaha :D

mantap gan :D
Cerita Dewasa Terbaru

Amin. Saya percaya kok. Mudah-mudahan kita semua dimudahkan dalam urusan rezeki ya Mas.

yang paling penting kita sebagai manusia adalah bekerja dan berusaha kalau soal rejeki sudah ada yang mengaturnya, sip mas sharingnya :)

Wah wah judul artikelnya pake Bahasa Sunda

Maut, Jodoh dan Rezeki memang misteri dan kuasa Allah SWT.

mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
jangan lupa kunjangannya mas.

Upami jodoh nu pahili jeung sandal jepit kumaha nya? :(

Kalo ngambila di mesjid namanya bukan rezeki ya kang dede tapi pahili :)
Sekecil apapun harus di syukuri karena hidup juga merupakan rezeki :)

tapi perlu diketahui juga bahwasannya kita dapet rejeki harus diimbangi dengan usaha.. kalau tidak usaha siapa yang mau gasih? heheh

Rejeki memang udah diatur :D

betul mas rejeki memang sudang ada yang mengatur tinggal kita berusaha saja :)

bedo'a dan berusaha nanti rezeki juga datang dengan sendirinya

Rejeki sudah diatur, tapi tetep berusaha.. yyoi

sunda geto loch....keren ya kang...;o)

mau berusaha pasti rejeki datang dengan sendirinya, betulkan mas :)

keren kayak saya, nggak kayak akang hadi

sampai lubang black hole pokoknya

posting mas El ini menginspirasi saya untuk bikin postingan soal rejeki juga. saya kutip beberapa nanti Insya allah ya Mas. keren dan menyadarkan, dan layak disebarluaskan.

termasuk kang asep yang orang bekasi tinggal di pontianak. udah diatur.

http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
http://www.famousbagsmall.com/
http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
http://www.vipbagsmall.com/
http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

Intinya kita tetap berusaha semampu kita

This comment has been removed by the author.