13 Jan 2014

Bekerja Sampai Usia Senja

·   31

Bekerja Sampai Usia Senja | Rutinitas pasar Batu Bantar di Cimanuk tiap hari senin pasti ramai karena kebetulan hari itu adalah hari pasaran. Bisanya banyak para pedangan yang tumpah ruah untuk menjajakan dagangannya. Pasar tradisional dimanapun pasti sama suasananya. Banyak pedagang yang menggelar dagangannya dengan alas yang sederhana. Yang penting dagangannya laku dan habis terjual.

Ada hal yang menarik ketika beberapa waktu lalu sempat mampir ke pasar Batu Bantar ini. Biasalah mengantar istri belanja. Jangan dibayangkan ketika memasauki pasar disambut oleh Sales Promotion Girl alias SPG yang cantik-cantik, tapi pemandangannya jauh berbeda, seperti dibawah ini :
nenek penjual sayur
Nenek penjual sayur di pasar Batu Bantar, Cimanuk
nenek penjual sayur
Ini juga nenek-nenek yang jualan
Pastinya jika kita masih punya rasa simpati pasti akan merasa terenyuh melihatnya. Di usianya yang tidak muda lagi, tapi nenek ini masih saja meyambung hidup dengan berjualan sayur dipasar. Entah berapa rupiah yang dihasilakan dari hasil berjualan ini. Yang jelas tidak banyak rupiah yang ia dapatkan.

Semangat bekerja sampai tua renta tentunya patut kita tiru. Apalagi usia kita masih muda, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan menunggu rezeki datang dengan sendirinya. Setiap muslim yang telah diberikan kesehatan oleh Allah Swt, alangkah baiknya kita gunakan nikmat itu dengan sebaik-baiknya, yaitu untuk beribadah kapada Allah Swt dan bekerja demi memenuhi kebutuhan kita sehari-harinya. Janganlah kita diberi kesehatan yang penuh oleh Allah Swt, akan tetapi kita bermalas-malasan dalam melakukan aktifitas kita sehari-harinya. Dan bahkan kadang ada sebagian manusia yang meminta-minta, padahal secara fisik mereka mampu melakukan pekerjaan yang bisa mendatangkan rizki baginya. Padahal rasululloh Saw bersabda: “Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Karena bekerja merupakan kewajiban, maka tak heran jika Umar bin Khatthab pernah menghalau orang yang berada di masjid agar keluar untuk mencari nafkah. Umar tak suka melihat orang yang pada siang hari tetap asyik duduk di masjid, sementara sang mentari sudah terpancar bersinar. Bekerja selama kita masih diberi kesehatan dan nikmat utuk menghirup udara segar ini.

Mohon maaf, tulisan ini bukan untuk menggurui, namun hanya mengingatkan diri sendiri agar selalau semangat untuk bekerja. Malu rasanya dengan nenek-nenek yang masih semangat mengais rezeki yang halal demi menyambung hidupnya...

Semoga bermanfaat dan happy blogging....



Subscribe to this Blog via Email :