Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Human Error

By On 11.12.13

human error
image dari google
Human Error | Mungkin sobat dan sobit blogger sudah sering mendengar kata-kata ini. Yah Human Error, apalagi kata-kata ini sering muncul dikala sering terjadi kecelakaan, baik di darat, laut ataupun udara. Seringkali terjadinya kecelakaan diakibatkan karena kelalaian manusia (human error),  sebagai contoh tabarkan antara Kereta Api Commuter Line dengan truk tanki BBM di Bintaro baru-baru ini .

Pemahaman human error yang sesungguhnya sangatlah penting agar tidak hanya operator atau driver sebagai titik yang paling dipersalahkan. Operator sebagai frontline personnel memang sisi yang paling mudah disalahkan dalam sebuah terjadinaya kecelakaan tersebut. Padahal banyak hal atau factor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan di jalan.

Okelah sebelum lebih jauh kita membahas tentang human error itu sendiri, sedikit dijelaskan apa itu human error menurut para ahli dan beberapa human error yang sering kita temui dalam keseharian atau dijalan yang saya kutip dari berbagai sumber.

Definisi Dari Human Error

Menurut McCormick dan Sanders, Human Error adalah suatu keputusan/ tindakan yang mengurangi atau berpotensi untuk mengurangi efektivitas, keamanan, atau performansi suatu sistem. Human Errordapat terjadi melalui banyak cara, diantaranya adalah kesalahan dalam melakukan fungsi-fungsi yang seharusnya, kesalahan pengambilan keputusan dalam menghadapi kesulitan, kesalahan dalam menyadari kondisi berbahaya, melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan, serta waktu dan respon yang buruk pada kontingensi. Penyebab Human Error ini dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu penyebab primer, penyebab manajerial, dan penyebab global. Penyebab primer datang dari individu pelaku Human Error itu sendiri. Contohnya adalah reaksi terhadap stres atau kelelahan. Sedangkan penyebab manajerial datang dari pelatihan dan pendidikan yang diterima oleh individu pelaku Human Error. Dan yang terakhir adalah penyebab global yang datangnya di luar kontrol manajemen maupu individu, seperti tekanan keuangan, tekanan waktu, tekanan sosial dan budaya organisasi.

Human Error Di Jalanan

Tanpa kita sadari atau memang disengaja, kadang kita sebagai pengendara baik roda dua ataupun roda empat juga sering melakukan human error yang kadang bisa mengakibatkan bahaya, baik diri sendiri ataupun orang lain. Sebagai contoh dari human error yang sering dilakukan orang dijalan dengan kendaraan adalah :

1. Menggcangkan Mobil Atau Motor Saat Mengisi Bensin
Pada mengisi BBM di SPBU, sering terlihat pengemudi mobil menguncangkan mobilnya. Anggapannya, dengan melakukan tindakan tersebut dapat mengisikan BBM ke tangki dengan kapasitas lebih banyak/penuh. Faktanya, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengisi dan mencari tempat yang lebih rendah

2. Tambah Kecepatan Saat Lampu Kuning
Ketika lampu lalulintas menyala kuning, sebelum menjadi merah, banyak pengemudi kendaraan bermotor malah mempercepat laju kendaraannya. Padahal, lampu kuning tersebut sebagai peringatan agar pengemudi melambatkan kendaraan. Karena dengan mempercepat laju kendaraan, justru akan sangat membahayakan pengguna jalan lain. Ketika lampu lalu lintas menyala merah, maka pengemudi dari arah kiri dan kanan mulai melajukan kendaraannya. Hal ini dapat menyebabkan tabrakan yang fatal

3. Mendahului Dari Bahu Jalan
Semua pengemudi pasti tahu bahwa fungsi bahu jalan digunakan saat kendaraan mogok, ganti ban, atau untuk akses mobil patroli jalan tol memberikan pertolongan dalam kondisi darurat. Pihak pengelola jalan tol sudah berkali-kali mengingatkan melalui spanduk dan papan elektronik. Bahkan salah satu klub otomotif telah mencanangkan gerakan “anti bahu jalan”, namun sangat disayangkan, pelanggaran tersebut tetap sering terjadi

4. Lajur Pelan Di sebelah Kanan
Walaupun disepanjang jalan tol sering terlaihat himbauan : “Lajur kanan hanya untuk mendahului”, namun hal tersebut sepertinya dianggap hanya sekedar penghias jalan. Faktanya semakin banyak pengendara yang yang melaju santai di sebelah kanan dan mempersilahkan kendaraan lain untuk mendahuli dari kiri.

5. Tidak Menyalakan Lampu Sign Saat Berpindah Jalur atau Mendahului
Banyak pengemudi tidak menyalakan sign saat berpindah jalur atau mendahului kendaraan lain. Hal tersebut disebabkan oleh sebuah fenomena dimana saat sebuah kendaraan meminta ijin untuk berpindah jalur atau mendahului dengan menyalakan lampu sign, kendaraan lain justru segera merapat dan tidak memberikannya kesempatan.

6. Menggunakan Handphone Saat Berkendara
Ini sudah tidak perlu dibahas lagi, karena hampir semuanya ketika mendapatkan sebuah pesan atau panggilan, secara reflek akan mengangakat atau bahkan melihat meskipun berjalan pelan disebelah kiri jalan. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan, sebisa mungkin ketika kita ingin melihat panggilan atau pesan hendaknya kita berhenti sejenak agar terhindar dari hal – hal yg tidak kita inginkan.

7 Tidak Menggunakan Helm 
Ini adalah human error khusus buat pengedara sepeda motor saja. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, ketika kita hendak berjalan dengan jangkauan sangat dekat banyak yang tidak menggunakan helm. Padahal, sebagaimana kita ketahui bahwa helm sangat berguna untuk melindungi kepala kita dari benturan saat terjatuh. Bahkan kadang kita berfikiran bahwa helm hanya sebuah aksesoris dikala ada polisi saja, setelah itu dicopot dan ditenteng tanpa menghiraukan keselamatan.

8. Membonceng Lebih Dari Dua Orang
Ini paling sering saya lihat, baik dijalan raya atau jalan dekat rumah sendiri. Kalo ditempat saya ini namanya GAYOR, membonceng lebih daripada satu orang.  Kita sudah tahu bahwa motor atau kendaraan roda dua hanya diperuntukan untuk 2 orang. Jika lebih dari itu berarti sudah melebihi kapasitas dari sepeda motor itu sendiri dan berbahaya jika kita berada dijalan ramai.

Akibat Dari Human Error Di Jalan

Sebenarnya akibat dari human error ini sudah jelas, yaitu timbulnya kecelakaan lalu lintas. Ketika kita tidak patuh kepada lampu lalu lintas, bisa terjadi tabrakan antar kendaraan atau bahkan menambrak penyeberang jalan. Ketika kita menggunakan hape waktu berkendara bisa jadi kita lengah dan menabrak kendaraan didepannya.

Mungkin beberapa hal diatas adalah sebagai contoh kecil dari human error yang dilakukan baik itu sengaja ataupun tidak. Angka kecelakaan masih tinggi di jalan raya, sehingga kehati-hatian sangatlah penting untuk meminimalisir dari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…



128 komentar

udah gk aneh lagi, kan di indonesia error semua, dari pejabat sampai rakyat wkwkwk :D

wkwkwk :d
yang komen sini pada error dong ;((

waduh,kedelapan point diatas memang penyebab terjadinya kecelakaan. terimakasih pak paparannya. mengingatkan kita untuk selalu tertib aturan

sedih banget ;-( ;-( ;-( ;-( .

ah siapa bilang yang komen eror adminya doang kali ya..
saya belum eror mas...tapi kalau adminnya ngajak eror siapa takut..
hehehe

jangan mengendarai motor orang lain seijin yang punya, itu nanti jalannya pasti ngebut takut di kejar polisi atau yang punya motor. iya kan ?
hehehe...
apalagi kalau di klakson marah-marah padahal jalannya pelan tapi di tengah. keren kan?

human error juga termasuk sudah tahu macet dan lampu merah. .tapi tetap klakson terus menerus. .yang membuat kebisingan semakin menjadi-jadi. ;-(

udah gak usah ribut...
sesama erorr dilarang teror :d

pengalaman pribadi mas agus mesti.... :d

susah kang masyarakat indonesia untuk jauh dari human erorr...
kebanyakan kalo udah dijalan,seolah jalan itu milik mbajnya sendiri....sok eksyen tanpa mempedulikan pengguna jln yg lainnya.

aikhhh....
jgn nangis dede....cup,cup cuplis lah :-)

Saya ikutan koment di sini tapi saya masih normal gak error :-s
Kalau pengendara yang lain gak tau tapi saya mah berusaha untuk
Selalu menaati peraturan yang sudah di tentukan oleh lalu lintas :-)

Sementara masih sore saya belum error tapi gak tau
kalau udah jam 12 malam ke sana nya mah error siapa takut
Hampir sama tapi tak serupa dengan Masuk Syurga siapa takut :-d

diIndonesia udh identik kang dengan 'Human Error'

yang terpenting jangan lantas human eror dijadikan kambing hitam pada setiap kejadian

yang bikin kepala saya bergeleng deras banget,kalau ngliat orang ngisi bensin ngguncangin kendaraannya, padahal mobil mewah, dan terlihat sisupirnya itu orang yang berpendidikan.....aneh dan katro....orang endonesah nya kentara banget....;o)

bahaya semua ya mas,,,,,
pantesan banyak korban jiwa,,,,

human error,
untung saya masih normal, wkwkwk :D

oo jelas , kan ini jalannya mbah saya..jadi suka-suka saya dong ..
healaaaaaah.....
biasanya, kalau ada serempetan dijalan, langsung adu jotos

nah kalau di lapangan, ada mobil goyang itu apaan kang ?

Di dalam mobil nya sedang party :d

Saya ikutan error supaya lebih ramai dan seru! (c)

Satu lagi Kang tambahannya . Pedagang kaki lima, soalnya dia sering memakan bahu jalan. lebih parah lagi kan he,,, bahu jalan ko dimakan :)

bahaya emang human error itu

wah bahasanya susah banget mas untuk defenisi human error nya.. hehehehe... mungki kesalahan teknis aja deh yang mudah xixixixixi

wah saya nyimak aja ya, bahasa tingakt tinggi kayaknya. hehe

tragedi bintaro II mungkin dikarenakan faktor human error juga ya

Harus berhati-hati selalu walau hal kecil dilakukan tapi kalau sudah dijalan tetap harus memperhatikan keselamatan diri dan juga orang lain.

Paling sering ya menambah kecepatan ketika lampu kuning. Hahaha.

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo meyambuk tahun baru Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-

telorrr..... telooor.... siapa yang mau? (c)

dikasih recehan berenti nangisnya hehehe

kalau human error gak ada untung dan enaknya.... :d

Asik nih ada yang mau kasih ... asiiik... asiiiik... Alhamdulillah

sebenarnya human error itu terjadi, karena ketidak tegasan aparat penegak hukum/polantas dalam mengawasi kelakuan para pengendara,, jadinya seenaknya saja mereka dalam mengemudi kendaraan...bila terjadi kecelakaan baru berteriak human error.... salam ;-)

di mas Muray ada yang jualan juga nih :-d

meskpun ini sudah digariskan oleh Sang Khaliq, namun melihat dari begitu banyakkya human error yang sering kita lakukan, alangkah baiknya bila kita berbenah diri, mengikuti semua peraturan yang ada, agar kita bisa meminimalisir akibat dari kecelakaan yang terjadi

Pengalaman pribadi juga ya mas :d

sayangnya human error sudah menjadi tradisi dan dilakukan turun temurun :-)

Kaya di kereta ajah nih ada yang jualan segala. lengkap bgt blognya Mas :)

yang penting imannya tidak error ya bang :D

mampir pagi mas el,,

selamat pagi dan met beraktivitas

yah gapapa asal ngasih fee aja nanti :d =p~

kalo semua pengendara seperti kang Saud Karrysta kayanya di jalan aman ya kang :)

iya sob, ada penyebab lain dari semua kejadian kecelakaan di jalan, bisa karena mesin dan faktor x diluar kemampuan manusia

itu lagi main bola mas, jadi goyang mobilnya

alhamdulillah tidak ketularan sob.. :)

kalo error komen sih ga papa kang, biar seru, asal jangan error yang lainnya :d

wah itu parah kang, makan bahu jalan wkwkwk.....

Saat berkendara , menggunakan handphone ini yang sering aku jumpai. kadang aku berpikir, terlalu sibuk amat seh ini orang. kenapa tidak menghiraukan keselamatan diri sendiri atau orang lain.

bahaya jika merasa dirinya tidak error sob hehe...

semoga lebih bisa tertib berlalu lintas , ini nasehat buat saya sendiri lo.

yang ada merugikan diri sendiri dan orang lain ya mang

ya itu antara penyebabnya.. ketidak tegasan membuat celah pelanggaran semakin lebar, apalagi kesadaran sangat kurang...wah sudah deh kalo gitu...

Saya dah punya telor mang, kemana-mana selalu dibawa lagi... :d
Gimana gak error coba, tuh kan ikut-ikutan error... :))

"2.Tambah Kecepatan Saat Lampu Kuning",,,,ini nih yang palaing parah,

naset buat saja juga kang Dj

yang mengaku tidak error berarti dia tidak sadar bahwa dirinya sedang error berat hehe

Waduh kang...kalau lampu kuning menyala kebiasaan buruk saya malahan mempercepat laju kendaraan...wah jadi malu.
harus belajar untuk bersabar dan juga mematuhi keselamatan berkendaraan di jalan raya ini mah.
Terima kasih atas berbagi pencerahannya ini

Kalo terlanjur error lama ya kembali normalnya

Human error kadang jadi "kambing hitam" untuk menyangkal karakter buruk kita.. hem, iyakah?? #Lagi error juga nih komen ku :)

Human eror... memang sering terjadi... jujur aja, dari beberapa jenis human eror di atas, saya sudah melakukannya semua, hehehehee

no 2 kadang saya lakukan mas haha mumpung belum lampu merah kebut :D tapi jangan ditiru ya, hha o ya lama g maen ksini tempat iklanya keren.. :)

mampir ya mas dpostinganq yg baru :)

Human error alasan paling sering didengar kalau sudah melakukannya adalah "khilaf" :-)

hahahaha asal bukan error human :p

human error berebahaya
nyawa taruhannya

Mampir lagi nih Mas met pagi met beraktifitas :)

Kalau di jalan jangan error Kang, tapi kalau lagi BW bloeh dikit jadi error human. :d

ooo pasti, saya cuma melihat saja.
dan lagi, hati hati bagi para pengguna jalan yang melihat celana dalam boncenger, bisa pusing kepala kita.

1,2,3 masih sering/kadang saya lakukan hehe :)
nah sisanya sdah ditinggalkan insya Allah

wahhh rame bngt yg komeng :D
mantap gan :)

salam kenal :)

kalo ane sih yang bandel nomer 2 ama 5 .. hehe

Nah lho bedanya apa coba...??? @-)

yah begitulah potret negeri ini
andai saja semuanya punya kesadaran -_-
dan juga budaya buruk yang selama ini ada dihapuskan, pastilah Indonesia jadi negera maju

kalau sudah eror, kita perbaiki perlahan mind set pribadi kita, siapa tahu kita juga terjebak pada hal demikian

kalau sudah error nanti di perbaiki mas :d

dan lancar jalannannya kang... (c)

Merusak konsentrasi yang jelas mah...

Harus segera di obati mas kalo berbahaya, biar ga nular...

Berarti harus baca 10 kali mas biar lebih paham maksudnya :d

Buat saya juga kang, semoga tidak melakukan hal-hal seperti diatas

Yah mungkin gitu ya mas, jika memang tidak bisa berhenti sebaiknya jangan diangkat...

Kalo nrima terlfon kayanya mendingan, yang parah itu sms sambil bawa motor :d

Ya sob, padahal itu kan bahaya..

Ini tingkat menengah ke bawah kok sob, jadi mudah dicerna :d

saya ikutan nasehatin juga ahh, meskipun kalo keman-mana saya lebih suka angkutan umum

satu lagi mas say tambahin, kalo lampu merah pengendara sering melebihi zebra croos, padahal itu kan untuk pejalan kaki

human error tuh sinonimnya kecerobohan ataupun kelalaian manusia tuh..
tp emang, kadang terlalu membuat remeh hal2 yang dianggapnya sepele justru malah berdampak negatif pada dirinya maupun orang2 disekitarnya..
haduhh.. nyerah deh aku.. tuh semut sdh digencet berkali2, ga mati juga.. sakti banget..

ya bener mang, dan ga usah ada polisi...

Lebih aman dan bisa ngurangi kemacetan kalo gitu sob

wah threaded commentnya keren nih wkwk

Baru tau nih mas saya human error weleh weleh :D malu deh

dengan begini kita bisa mengantisipasinya kan..
terimakasih mas, salam kenal & salam sukses kembali

Kebanyakan nongol ngeblog jadi error gan??? :v haha

Ya itu salah satu faktornya sob..ada juga penyebab lainnya

mampir lagi mas el

nice post (h)

Betul kang Bahkan terjadinya kecelakaan kereta api kapal laut kapal terbang dan lainya sering di sebabkan human error..

Ya mungkin itu salah satunya sob

Iya sob, kadang hal kecil akibatnya cukup fatal juga

Iya kang, dan bisa kita rubah keadaan ini mulai dari kita sekarang..

Berarti human error bukan ketidaksengajaan ya ... tapi lebih kepada pelanggaran-pelanggaran kecil yang dianggap remeh lalu malah berakibat fatal .. hm. Bagaimana dengan yang biasanya didalihkan di berita, mengenai human error ... sama gak?

mungkin pikirnya belum lampu merah ya kang....

iya mas, sama-sama, semoga bermnafaat khusunya buat saya pribadi

Yap..bener banget.. tentang mengguncangkan mobil.. ane heran juga,. haha padahal logikanya yang seperti yang abang bilang.

nah itu yang utama ya kang.., sip deh

sip, makasih sob sudah mampir lagi

met beraktifitas juga

hahaha ikutan error nih... saya.. @-)

termasuk mabuk di dalam kendaraan ya kang

iya ... kan kalo mabuk benar2 error ... ehehhee

berusaha untuk bisa mas, dikit-dikit aja jalannya

wah bahaya juga ya mas kalau kayak getu, jadinya angka kecelakaan lalu lintas bukan malah berkurang, tapi malah bertambah hmmmm :)

bermanfaat bgt informasinya :)