30 Dec 2013

Catatan Penghujung Tahun

·   40

dream book
image dari google
Catatan Penghujung Tahun | Postingan dipenghujung tahun ini tidak ada yang special untuk di tuliskan. Hanya sebuah renungan untuk diri admin sendiri dan mudah-mudahan sedikit bermafaat untuk mengingatkan sobat dan sobit semua. Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru, tentunya saat ini masing-masing dari kita sudah mempunyai resolusi untuk tahun yang akan datang. Dengan harapan segala apa yang dicitakan akan dapat terwujud sesuai dengan keinginan. Tahun depan adalah tahun harapan buat semua orang, tentunya tahun yang harus lebih baik daripada tahun yang kemarin. Karena barang siapa hari ini lebih baik maka ialah orang yang beruntung, tapi barang siapa yang hari ini sama saja atau bahkan lebih buruk maka dialah orang yang merugi.

Pastinya kita semua tidak mau untuk disebut sebagai orang yang merugi bukan?. Semua dari kita menginginkan kesuksesan, baik secara matetil ataupun moril. Untuk menyongsong datangnya tahun yang baru tentunya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang menjadi tujuan kita namun belum terlaksana ditahun ini tentunya menjadi catatan agar tidak terulang kembali. Sedikit catatan, untuk memulai langkah positif di tahun depan tentunya minimal kita harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut :

Persiapkan Dream Book

Mungkin istilah ini tidak asing lagi kita dengar. Dream book bisa diartikan adalah buku impian. Buku ini tentunya bukan berisi dongeng-dongeng yang membuai sebelum tidur, tapi dream book ini adalah berisi resolusi dan cita kita ditahun yang akan datang atau selama kita hidup. Segala apa yang menjadi keinginan kita, tuangkanlah dalam dream book ini sebagai navigasi kita untuk melangkah dan meraih cita yang kita inginkan.

Skala Prioritas

Dalam hidup tentunya kita mempunyai banyak keinginan. Tapi sebagai manusia yang banyak mempunyai keterbatasan tidak mungkin untuk meraih segala keinginan kita dengan waktu yang sangat terbatas. Oleh karenanya haruslah ada skala prioritas terhadap keinginan atau cita kita tersebut. Pilih mana yang menjadi tujuan pertama di tahun depan untuk diwujudkan. Dengan mengurutkan mana-mana yang lebih penting untuk didahulukan tentunya menjadi lebih mudah dan terarah untuk mencapainya.

Usaha dan Doa

Setelah kita menuliskan segala apa mimpi-mimpi kita, tentunya yang tidak boleh terlupakan adalah berusaha dan berdoa. Usaha disini artinya usaha yang maksimal dan optimal. Segala sesuatunya memerlukan waktu, tenaga dan fikiran untuk mewujudkannya. Tidak mungkin kita punya keinginan namun diam saja tanpa ada usaha untuk meraihnya. Usaha yang sungguh-sungguh disertai dengan doa Insaa Allah bisa membuahkan hasil yang kita inginkan. Berusaha tanpa doa adalah orang yang sombong, tapi berdoa tanpa usaha adalah orang nekat.

Semoga kita bisa meraih segala resolusi kita ditahun yang akan datang. Yang lebih penting lagi, pergantian tahun adalah untuk sarana muhasabah dan berkontempelasi sejenak terhadap apa yang sudah kita lakukan setahun belakangan, bukan saatnya kita hura-hura dan menebar maksiat. Mohon maaf jika ada kata-kata kurang berkenan dalam tulisan ini.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….





Subscribe to this Blog via Email :