Wedhus Gembel

Wedhus Gembel

wedhus gembel
Ini wedhus gembel dari kawah gunung [dari google]
Ungkapan Wedhus gembel terdiri dari dua kata, Wedus dan Gembel. Wedus dalam bahasa jawa artinya domba alias kambing. Dinamakan gembel kemungkinan karena bulu-bulunya menyerupai rambut gimbal sehingga disebutlah sebagai wedus gembel. Dan nama wedhus gembel akrab terdengar bagi warga di sekitar Gunung Merapi di Jogjakarta. Wedhus gembel yang dimaksud ini bukanlah kambing berbulu lebat, melainkan julukan untuk awan panas bergulung-gulung yang acap menyertai letusan Merapi. Karena mungkin bentuknya mirip seperti domba gimbal atau wedus gembel, maka dinamakanlah awan panas itu demikian.

Gembel sebenarnya punya bisa juga diartikan orang yang hidupnya terlunta-lunta, tidak punya tempat tinggal dan hidupnya ketergantungan kepada orang lain dengan jalan meminta-minta. Para gembel biasanya tinggal di emper-emper toko atau di bawah jembatan. Keberadaannya kadang sangat meresahkan masyarakat karena disamping tidak enak di pandang mata juga bisa mengganggu karena sering meminta-minta.

Kembali ke topik wedhus gembel ini, nah kalo yang ini mungkin bisa dikatakan wedus gembel betulan. Yang jelas bukan awan panas seperti di daerah Merapi atau wedhus yang punya bulu gimbal. Wedus ini benar-benar menggembel di pinggir jalan perkotaan. Bagaikan kambing yang tak bertuan, dibiarkan berkeliaran untuk mencari makan sendiri dengan mengais sisa makanan di tong sampah pinggir jalan. Yang unik dari wedhus ini tidaklah makan rumput seperti kambing atau wedhus pada umumnya. Karena mungkn sudah terbiasa, kambing-kambing ini makan apa saja yang mereka temukan.
wedhus gembel
Ini kambing lagi meng-gembel, makan apa saja yang ditemuinya
wedhus gembel
Kadang-kadang membahayakan pengguna jalan karena sering nyebrang jalan
Jadi jangan heran kalau kambing ini ternyata doyan sama gorengan, roti dan juga nasi sisa yang dibuang di tong sampah. Tentunya kambing-kambing ini cukup menggangu lingkungan, karena bersinggungan langsung dengan masyarakat. Apalagi berkeliaran di jalan besar yang banyak lalu lalang kendaraan. Yang kadang tanpa tengak-tengok lagi kambing-kambing ini menyebrang jalan seenaknya.

Mungkin ditempat sobat juga ada tingkah hewan yang aneh-aneh seperti ini. Intinya adalah bahwa segala sesuatu itu akan terbiasa walaupun kadang diluar nalar akal normal. Seperti kambing-kambing itu yang seharusnya makan rerumputan, eh malah makan nasi sama roti. Kitapun bisa berbuat demikian, jika kita terbiasa berbuat yang negatif maka kita akan menaggap lumrah perbuatan itu. Atau kadang ada orang yang berbuat kebiasaan diluar nalar manusia seperti makan batu dan besi, karena sudah terbiasa maka itu dianggap hal yang lumrah juga buat mereka.

Mungkin postingan ini ga ada manfaatnya, keep posting dan happy blogging.....


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

59 comments

Klo di kampung saya namanya "mbe badot"kang.hehe...

Balas

Tadi pagi saya melihatnya.

Balas

sama seperti di arab, wedus makan kertas..hehehe
lha kalau doyan roti nanti juragan wedus nya makan apa dong mas? makan rumput ya?

Balas

Sekarang ini banyak org mencari kambing, kang.. tapi yg warnanya hitam, :d

tp soal wedhus gembel, memang bisa membuat seseorang jd gembel betulan... sedikit saja dr kekuasaan Tuhan yang tak tertandingi...

Balas

#nebak ah...
sepertinya kang El..hampir nabrak kambing, terus dengan cueknya si kambing nyari makan ditempat sampah, dasar blogger sejati, tentu dipoto-poto deh tuh kelakuan kambing yang sempet bikin kaget...mikir sejenak dan jadilah postingan ini....;o)

Balas

tenang dan kalm kang....ubi cilembu masih banyak digudang, tinggal telpon saya kalau perlu mah.

Balas

sebenernya wedus itu berasal dari kata we dan dus, we tuh awewe dan dus itu kardus, jadi artinya awewe nu make kardus wkwkwk
error nih x-)

Balas

ternyata gtu ya penjelasannya, haha :-d

Balas

hhaha kambingnya keren Bangett Nih mas Muroy Makanannya bener Bener
Berbeda Dari makanan Kambing yang Lainnya haha Masa Kambing suka nasi Goreng + Gorengan sih :D

Balas

Tidak apa apa Kang Muroi kalau Jarang Blogwalking, btw Kang Muroi sudah baca email saya ?

Balas

Wedhus ! Kasihan yah ... kalau deket sih, tak kasih tahu magelang mas ... :)

Balas

sip setuju deh saya sama mas muro'i... apapun pekerjaan yang kita lakukan terutama pekerjaan negatif. jika kita melakukan dengan terus menerus maka kita akan terbiasa dan menganggap pekerjaan yang kita lakukan itu lumrah atau wajar....

jadi gimanapun kelakuan kita di usahakan jangan sampai membiasakan berbuat buruk ya mas..?? agar kita tidak terbiasa...

Balas

Jangan-jangan Kambingnya doyan Duit nih ... hahaha :D

Balas

yag penting gak minta supermi aja mas kambingnya :>)

Balas

wedus gembel ini gak enak di sate ya mas, malah menakutkan... wah kambingnya gak pakai celana, porno tuh :d (c)

Balas

lain domba garut kang? :d (c)

Balas

bagus mas kalau wedus begitu bisa buat daur ulang, kalau makan kertas besok keluarnya buku dan koran plus majalah, kalau makan pelastik besok keluarnya ember, bak ber :d (c)

Balas

nemu dimana tuh kang istilahnya :d (c)

Balas

bukan kambing yang mau ketabrak, tapi kendaraan kang El yang mau ditabrak kambing :d (c)

Balas

Jadi kalau WS doyannya sambel terasi gak mirip kambing kan??

Balas

tuh bnyak ayam pada makan silet, keluar telurnya cuma separo, seperti disertakan pada acara selamatan, lauk telurnya banyak yang sepaaro kan ?

Balas

untuk tidak foto bersama kambing, nanti bisa menimbulkan fitnah kan?

Balas

mampir lagi mau numpang ngopi sambil merhatiin kambingnya kang El (c)

Balas

wahhh...perasaan yang judulnya gembel-gembel gitu ujung-ujung nya memprihatinkan kang...heeee

Balas

mungkin ituh sudah dari sononya mas selamatan pakai telur separo, berarti sama ya tiap daerah :d

Balas

nanti dikira meremas - remas ya mas :d

Balas

tapi awas jangan diremas pantatnya kang :d

Balas

wah kalo saya nyebutnya embe kacang tuh hehe.. :-s

Balas

ala bisa karena biasa.., seharux dibawa kpd makna berbuat baik, tp klo ala bisa karena biasa, biasa melakukan maksiat maka tah ubah dirix seprti kambing diatas :>)

Balas

Nyimak lagi deh.

Balas

hahahaha . . . Di bangkalan juga banyak wedhus gembel gan

Balas

Hehehe bener2 nggembel wedusnya..

Balas

kebanyakan makan silet sih mang

Balas

nanti dikira mana kambingnya mana orangnya

Balas

Kalo wedusnya gak punya rambut..kmungkinan di kasih nama wedus gundul ya mas..hehe

Balas

kalau di tempat saya nggak ada wedus liar tapi bertuan, mungkin siempunya males ngarit.

Balas

orang ini bijak juga ya.

Balas

Kambing makan gorengan, roti, dll, wah berarti buku-buku SD harus diralat, kambing tidak hanya makan rumput .. he he

Balas

di makassar kambingnya malah makan koran dan plastik.... :-)

Balas

Diluar negeri malah ada kambing yang bisa naik pohon,,
Di indonesia juga gak mau kalah, ada film KAMBING JANTAN
Hebat ya kambing sekarang :)

Balas

itu mas nady ,teman saya mas

Balas

hohoho wedus gembel sama dengan istilah bangjo untuk lampu lalu lintas

Balas

wedusnya punya spa mas?
daerah saya g ada tu,,,,, hehehehe,,,,,
bosan makan rumput,,, jadi pengen thu makanan yg lainnya

Balas

Wah sama, di daerah saya kambing juga suka lho mas makan gorengan..
yang lebih parah lagi, kulitnya ga dimakan, jadi cuma sayurannya yg ada di gorenganny aja yg dimakan..

Balas

@ Agus Kompac n Mang Yono : kalo dsini namanya embe kacang

@pasnem : wah baru denger tuh istilahnya

Balas

mf sy datang lg pak *smile

Balas

nice post sobat
jangan lupa kunjungan baliknya . . .
http://nawayhac.blogspot.com/2013/10/membuat-slide-box-rekomendasi-di-blogger.html

Balas

Whuahahahaha... lucu juga ya kalo kambing doyan sama gorengan, wkwkwk

Balas

wedhus gembel tu kan wajar
kalau menjadi gembel itu ga wajar

hehehe

untung saya bertuan rumah :)

Balas

hihi :-) ada-ada aja mbak'e iki...wkwkwk :-d

Balas

Kalau ini wedhus gembel beneran ya Kang. He,, he,, he,,,

Salam

Balas

wedhusnya sepertinya mengikuti perkembangan jaman, ndak makan rumput, cari makanan fast food itu di gambar yang kedua

Balas

benar itu
namanya wedus gembel, disini jg sama sebutanny

Balas

kalau domba kang lembu pasti besar dan hitam

Balas

wedus gembel memang mengerikan, karena awan panas tersebut bisa merenggut nyawa seseorang. Tapi kalau wedus gembel hewan, bau nya nggak ketulungan hehehe :D

Balas

http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
http://www.famousbagsmall.com/
http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
http://www.vipbagsmall.com/
http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

Balas