Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Asyiknya Mentoring di Ibad Ar Rahman

By On 28.10.13

Mentoring di Ibad Ar Rahman
Sebagian kelompok mentoring dibawah rindangnya pohon
Asyiknya Mentoring di Ibad Ar Rahman | Kata mentoring mungkin tidak asing lagi di sebagian telinga sobat blogger. Ya minimal pernah mendengarnya walaupun mungkin belum familiar di telinga. Kegiatan ini beberapa tahun yang lampau sudah ada di sekolah-sekolah dan kampus-kampus di Indonesia. Sedikit saya jelaskan apa itu mentoring, barangkali ada sobat blogger yang belum mengetahui definisinya.

Mentoring ini biasanya membahas tentang keagamaan, sehingga pengertiannya adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok pengajian terdiri dari beberapa orang, dengan dibimbing oleh seorang Pembina atau disebut sebagai mentor dan pesertanya disebut sebagai mentee. Kegiatan ini bisa juga dijelaskan sebagai pembinaan agama melalui pendekatan kelompok sebaya karena biasanya para peserta mentoring tersebut masih dalam satu kelas atau satu angkatan.

Kegiatan ini dianggap menjadi salah satu metode pendekatan pembinaan agama dan moral yang efektif, karena cara dan bentuk pengajarannya yang berbeda dengan pendidikan agama secara formal di kelas-kelas sekolah. Di beberapa sekolah dan daerah, kegiatan ini terbukti dapat mencegah tawuran pelajar sekolah.

Kegiatan mentoring juga sudah beberapa waktu lalu diterapkan di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Pandeglang Banten. Mentoring merupakan kegiatan ekstra kurikuler rutin yang diselenggarakan tiap pekan untuk mendalami materi keagamaan. Memang mereka sebenarnya juga banyak mendapatkan pelajaran agama di kelas-kelas, karena yang namanya Islamic Boarding School sudah pasti porsi pelajaran agamnya lebih banyak atau seimbang dengan pelajaran yang umum.

Kegiatan ini lebih kearah pendekatan pengajaran akidah, akhlak dan juga yang lainnya secara personal dan menyentuh dari para peserta mentoring, karena diantara kegiatannya adalah problem solving dari setiap masalah-masalah yang dihadapi oleh tiap santri peserta mentoring, mulai dari masalah keluarga, belajar, masalah di asrama dan yang lainnya. Diharapkan dari kegiatan ini akan semakin mengakrabkan antara teman sebaya ataupun dengan para mentornya.

Dengan banyaknya tempat publik yang cukup luas, kelompok mentoring ini bisa memilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Bisa di masjid, di saung sawah atau di atas rumput hijau yang dinaungi oleh rindangnya pepohonan sehingga kegiatan mentoring ini bisa lebih enjoy dan asyik seperti judul pada postingan ini. Kegiatan mentoring di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan bimbingan atau mentor dari para asatidz mereka. Setiap mentoring terdiri dari 7 sampai 10 orang santri.

Tidak sampai disitu saja, kegiatan mentoring di Ibad Ar Rahman juga bisa bervariatif dengan tidak hanya mengadakan mentoring di dalam kampus saja, tapi bisa juga dengan kegiatan diluar seperti bacakan atau makan bersama, rihlah atau yang lainnya dengan tujuan semakin mempererat persaudaraan sesama mentee dan juga mentornya.

Berikut adalah contoh dari ini sebuah mentoring yang tentunya dipandu oleh MC dari salah satu peserta mentoring :
  • Tilawah Al-Qur’an (Bisa masing-masing atau salah satu dari peserta mentoring)
  • Kultum atau kuliah tujuh menit dari salah satu peserta
  • Materi dari pementor (Bisa ceramah atu diskusi dengan diselingi dengan game yang menarik)
  • Problem solving dan tanya jawab, dan yang terakhir adalah
  • Penutup atau doa yang dipimpin oleh salah satu peserta mentoring.
Demikian mengenai kegiatan mentoring keislaman di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan akan muncul santri-santri yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai Al-Qur’an dan sunnah tentunya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….




64 komentar

nyaman sekali, andai saya jadi mentee-nya, pastilah lupa dengan yang namanya tawuran dan berantem di kelas.hehehe

sungguh bersyukur ummat yang lahir di masa ini, ilmu yang bermanfaat tersebar di mana-mana, mau belajarpun tak kesulitan lagi, banyak kaum pandai yang dengan senang hati menghadirkan metode pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. tak terbayangkan, bagaimana sulitnya jaman Rosululloh dulu...

semangat!

tergantung manusianya mbak mau belajar atau tidak :d

saya nggak konsentrasi bacanya karena ada semut di monitor saya :-d

semoga mereka jadi generasi penerus yang dapat menyelamatkan indonesia...amien :)

pendekatan personal akan lebih "masuk" ilmunya dan ada ikatan emosional. Kalau sudah beigini, generasi emas akan terbentuk.

kok yah persepsiku tuh.. mentoring dari kata mentor.. pengajar.. mentoring berarti sedang mengajarkan.. xxixiii.. cuman persepsiku aja loh yah.. tp ternyata aku salah yah..
thanks infonya sob.. :)

wah pengalaman yang berharga ya kang, selain menjadi blogger tapi pernah ikut jadi mentor :D

lihat suasananya menyenangkan banget sobat...... kegiatan yg penuh dengan manfaat

Pendekatan secara personal itu, akan mengarahkan kita mengenal lebih dekat dari peserta didik ya Kang ? Senang melihat keadaa seperti ini kang. Rintu suasana pondok jadinya. He,, he,, he,,,,

Salam,

Klo Tempatnya Di Outdor kaya g2 Pasti Seru dan nyaman bangett Bangett Yah jadi Kepengen Iktan Mentoring Nih hihi :D

aamiin...
dengar mentoring,ingat masa2 sekolah. kalau halaqoh pas sudah kuliah.
semoga generasi makin kesini makin baik ya pak..

Generasi muda berbobot,mudah2an kelak mereka berguna untuk bangsa dan negara

semoga generasi masa depan bisa di jadikan tuntunan buat anak2 kita nanti Amin.

semoga dengan adanya mentoring di sekolah-sekolah dapat membentuk ahlak para generasi penerus bangsa kita menjadi lebih mulia ya mas

wah kalau saya dulu pernah ikut mentoring dikampus tapi cuma semester dua saja sobat. ;)

oh iya sebenarnya saya juga ingin mengajak kerjasama dengan teman-teman blogger untuk membuat blog atau website atau forum tapi idenya saya belum nemu yang pas, hehe supaya lebih dekata saja pertemanan kita. haha

manusia itu sendiri dan dengan siapa ia tinggal tentunya kang, jika didikan lingkungan baik, insaa Allah jadi baik juga

iya nih kang, baru punya satu semutnya, belom beranaak

amiin ya robbal alamin

ya mudah-mudahan demikian mas..maksih kunjungannya

ya hampir mirip, mentor sebenarnya bisa diartikan sebagai penasehat....

alhamdulillah saat ini juga masih kang

iya sob, cukup sejuk disini...pas buat mencari ilmu

iya bener kang, jadi lebih tahu pribadi anak-anak itu sendiri..wah pernah mondok juga ya sob....

kalau saya dulu mentoring itu inginnya lebih memilih di rumput hijau dibawah phon rindang, sayangnya sang mentor lebih senang melakukannya di dalam ruangan...jadi ingat beberapa tahun ke belakang kang :)

wah bagus nih mas.. kalau hanya beberapa siswa dan di bimbing satu mentor itu akan lebih bagus hasilnya di banding banyak siswan dan di mentori mabanya orang mas.. wah dulu waktu saya masih kecil nggak pernah ada seperti beginian mas.. mungkin karena saya tinggal di desa terpencil kali ya.. jadi rada katrok gitu cara pengajarannya.. hehehehe

ndai kegiatan mentoring ini dijadikan kegiatan wajib sejak Paud, sampai mahasiswa, sepertinya bakal bisa meminimalisasikan tawuran antar siswa ya kang...gimana coba mahasiswa cuman beda fakultas azh bisa tawuran tuh...

orang akan baik bila bergaul atau tinggal dilingkungan yang baik, dan sebaliknya orang akan di cap kurang baik bila tinggal bersama atau bergaul dengan orang jahat .... betul tidak? :d

Semoga mentoring ekstra kurikuler rutin yang diselenggarakan tiap pekan untuk mendalami materi keagamaan di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Pandeglang Banten menjadikan generasi yang jempol, karena ini patut di contoh oleh Schoo - Schoo yang ada di daerah lain. (h) (h)

sama sama mas muro'i..
jangan di full bek lho ya

Dengan mentoring di alam bebas santri tidak akan merasakan kejenuhan. Bahwa belajar agama itu sangat menyenangkan tidak ada rasa kekakuan. Aku biasanya lebih suka dengan sesi tanya jawab.

Generasi muda bukan hanya sebagai ujung tombak, melainkan pemegang tombak generasi penerus bangsa kelak.

Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membentuk generasi yang baik, jujur dan amanah.

tulbet...eh betul mang, ga jauh lah prediksinya

sip mas...kan sudah saya full back :))

itu mas yang di tipi-tipi, kan sering ada beritanya

qrain semut dalam layar hape saya mas,,,,, hehehehe,,,,,

mentoring di bawah pohon rindang tentu lebih nyaman yaa Kang daripada di dalam ruangan...semoga kegiatan seperti di atas bisa di contoh oleh blogger yang lainnya

terus terang kang saya baru tahau bahasa mentoring, tapi kalau bahasa didunia pendidikan ada juga mentor, mentor yang suka wara-wiri untuk monitoring sekolah.

Iya sob, enak, jadi ga boring belajarnya yah

Amiin, semoga dengan pembinaan yang intensif bisa tercapai maksud

tilawatil Al Qur'an pasti ada di setiap acara seperti itu

Amiin, semoga demikian ya kang

Kebetulan kemarin baru ikut pelatihan mengenai proses pembelajaran dan salah satunya adalah mentoring ini.
Menjadi mentor memang gampang-gampang susah, katanya pembimbing saya menjadi mentor itu harus lebih banyak mendengarkan para mentee nya...
Pengalaman yang bagus Kang menjadi mentor di ibad ar rahman ini

Seharusnya memang kegiTan seperti ini di perbanyak ya mas...selain dapat mencegah tawuran..hal ini pun jd sesuatu yg positif buat para siswa :)





Semoga dengan kegiatan2 yang bermanfaat seperti ini, bisa ditiru oleh sekolah2, majelis2 lainnya..

Happy Blogging kang El..

Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk generasi muda dimana memang sangat memerlukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk membentuk kepribadian yang beriman

Memang asyik sih mas :D
Saya juga sering mentoring satu minggu sekali..

salah memang tidak betul kok mas

hehehe..nanti kalau di full bek yang jadi strikernya siapa dong

amiin, oke mas, makasih yah...

ya mudah mudaahan demikian ya mas....makasih sudah mampir lagi

silakan saja sob, sekarang sudah banyak komunitas blogger, tinggal tentukan mau seperti apa, saya biasanya ngikut aja mas :)

pernah jadi mentee juga ya kang, memang asyik yah, apalgi di alam terbuka

sekarang mentoring tidak hanya di kota-kota saja mas, sudah ke kampung2 dan lembaga pendidikan di daerah juga sudah ada...

amiin...makasih ya mang, semoga memenag demikian

sesi tanya jawab bisa menambah semanagt kita ya mas dalam belajar..apalgi kita bisa bertanya dan menggali hal-hal yang belum kita tahu sebelumnya

amin, maksih kang, semoga terwujud

iya nih lagi beternak semut :)

silakan sob, paling enak sambil ngopi

iya mas, lebih sejuk dan nyaman rasanya...

siapa tau banyak yang hafal alquran. kalau aku suich disini gak ada kebudayaan kayak gitu mas.

Gini nih yang perlu dikembangin. Jika 1 dari sepuluh anak saja yang kita mentorin jadi orang bener, insyaallah berkahnya nyampe ke anak cucu kite. Bahkan berkahnya kepada orang-orang sekitar. kalo doi jadi pemimpin dimasa datang, berkahnya bisa nyampe ke seluruh dunia.

Inilah investasi akhirat, semoga yang lain juga termotivasi untuk megikuti,,,