28 Oct 2013

Asyiknya Mentoring di Ibad Ar Rahman

·   64

Mentoring di Ibad Ar Rahman
Sebagian kelompok mentoring dibawah rindangnya pohon
Asyiknya Mentoring di Ibad Ar Rahman | Kata mentoring mungkin tidak asing lagi di sebagian telinga sobat blogger. Ya minimal pernah mendengarnya walaupun mungkin belum familiar di telinga. Kegiatan ini beberapa tahun yang lampau sudah ada di sekolah-sekolah dan kampus-kampus di Indonesia. Sedikit saya jelaskan apa itu mentoring, barangkali ada sobat blogger yang belum mengetahui definisinya.

Mentoring ini biasanya membahas tentang keagamaan, sehingga pengertiannya adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan agama islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Tiap kelompok pengajian terdiri dari beberapa orang, dengan dibimbing oleh seorang Pembina atau disebut sebagai mentor dan pesertanya disebut sebagai mentee. Kegiatan ini bisa juga dijelaskan sebagai pembinaan agama melalui pendekatan kelompok sebaya karena biasanya para peserta mentoring tersebut masih dalam satu kelas atau satu angkatan.

Kegiatan ini dianggap menjadi salah satu metode pendekatan pembinaan agama dan moral yang efektif, karena cara dan bentuk pengajarannya yang berbeda dengan pendidikan agama secara formal di kelas-kelas sekolah. Di beberapa sekolah dan daerah, kegiatan ini terbukti dapat mencegah tawuran pelajar sekolah.

Kegiatan mentoring juga sudah beberapa waktu lalu diterapkan di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School, Pandeglang Banten. Mentoring merupakan kegiatan ekstra kurikuler rutin yang diselenggarakan tiap pekan untuk mendalami materi keagamaan. Memang mereka sebenarnya juga banyak mendapatkan pelajaran agama di kelas-kelas, karena yang namanya Islamic Boarding School sudah pasti porsi pelajaran agamnya lebih banyak atau seimbang dengan pelajaran yang umum.

Kegiatan ini lebih kearah pendekatan pengajaran akidah, akhlak dan juga yang lainnya secara personal dan menyentuh dari para peserta mentoring, karena diantara kegiatannya adalah problem solving dari setiap masalah-masalah yang dihadapi oleh tiap santri peserta mentoring, mulai dari masalah keluarga, belajar, masalah di asrama dan yang lainnya. Diharapkan dari kegiatan ini akan semakin mengakrabkan antara teman sebaya ataupun dengan para mentornya.

Dengan banyaknya tempat publik yang cukup luas, kelompok mentoring ini bisa memilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Bisa di masjid, di saung sawah atau di atas rumput hijau yang dinaungi oleh rindangnya pepohonan sehingga kegiatan mentoring ini bisa lebih enjoy dan asyik seperti judul pada postingan ini. Kegiatan mentoring di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan bimbingan atau mentor dari para asatidz mereka. Setiap mentoring terdiri dari 7 sampai 10 orang santri.

Tidak sampai disitu saja, kegiatan mentoring di Ibad Ar Rahman juga bisa bervariatif dengan tidak hanya mengadakan mentoring di dalam kampus saja, tapi bisa juga dengan kegiatan diluar seperti bacakan atau makan bersama, rihlah atau yang lainnya dengan tujuan semakin mempererat persaudaraan sesama mentee dan juga mentornya.

Berikut adalah contoh dari ini sebuah mentoring yang tentunya dipandu oleh MC dari salah satu peserta mentoring :
  • Tilawah Al-Qur’an (Bisa masing-masing atau salah satu dari peserta mentoring)
  • Kultum atau kuliah tujuh menit dari salah satu peserta
  • Materi dari pementor (Bisa ceramah atu diskusi dengan diselingi dengan game yang menarik)
  • Problem solving dan tanya jawab, dan yang terakhir adalah
  • Penutup atau doa yang dipimpin oleh salah satu peserta mentoring.
Demikian mengenai kegiatan mentoring keislaman di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan akan muncul santri-santri yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang luhur dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai Al-Qur’an dan sunnah tentunya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….




Subscribe to this Blog via Email :