Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Sayangilah Mereka Seperti Mereka Menyayangiku Diwaktu Kecil

By On 18.9.13

Illustrasi Kasih sayang Ibu
Muro'i El-Barezy | Mempunyai buah hati adalah sebuah anugerah Allah SWT yang tidak terhingga nilainya. Karunia yang patut di syukuri buat siapa saja yang sudah dianugerahinya oleh sang maha pencipta alam semesta. Masa balita adalah masa dimana orang tua sedang besarnya mencurahkan kasih sayang terhadap buah hatinya dengan rasa kasih sayang yang tulus.

Bicara mengenai rasa kasih sayang orang tua terhadap anaknya maka tidak lepas dari bagaimana Rosulullah mengajari kita untuk selalu berbuat baik kepada keduanya dengan selalu memanjatkan doa kepada keduanya, baik keduanya masih hidup ataupun ketika sudah tiada. Makanya tidak salah ketika Rosulullah mangajari kita doa kepada kedua orang tua kita yang bunyinya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.

Artinya : “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Subhanallah, doa ini begitu sesuai dengan fitrah manusia, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil. Ya tentunya kasih sayang Allah akan jelas berbeda dengan kasih sayang manusia terhadap anaknya. Namun ini hanya sebuah kiasan, karena demikianlah betapa orang tua sangtlah tulus menyayangi buah hatinya diwaktu kecil. Memeluk, mencium dan membelai mereka dengan penuh rasa kasih sayang. Dan semakin bertambah usia anak maka biasanya rasa kasih sayang orang tua lambat laun akan berubah tidak seperti waktu kecil dulu.

Begitulah harapan kita kepada Allah terhadap kedua orang tua kita, agar Allah mencurahkan rasa kasih sayangnya sebagaimana rasa kasih sayang orang tua yang tulus dan dalam kepada anak-anaknya diwaktu masih kecil dulu. Namun kasih sayang orang tua tidaklah akan sirana ditelan masa. Makanya ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah. Ilustrasi dua buah benda yang sungguh sangat jauh berbeda, jalan dan galah. Betapa kasih sayang orang tua kita terutama ibu tidaklah akan sebanding dengan jasa anaknya walaupun semua harta ia korbankan untuk ibunya.

Ada sebuah kisah dimana seorang sahabat Rosulullah dengan merasa bangganya ia berujar bahwa ia sudah bisa membalas jasa kepada kedua orang tuanya. Ia mengatakan bahwa ia sudah memberikan seluruh hartanya untuk kedua orang tuanya dan saya sudah bisa membalas jasa mereka. Apa kata Rosulullah, “Semua apa yang telah engkau berikan kepada ibumu hanya untuk membalas satu kebaikan saja yaitu ketika ibumu melahirkanmu”. Dan pada kenyataannya kedua orang tua kita terutama ibu sudah berbuat lebih dari itu, tidak hanya melahirkan, tapi mengandung, menyusui dan membesarkan kita.

Maha benar Allah dengan Firmannya dalam surat Al Ahkaf ayat 15 yang artinya :
“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandung dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila ia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo'a. "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhoi, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberikan kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

Lantunan doa untuk kedua orang tua diatas kadang kala kita lupakan dalam syahdunya sholat-sholat kita. Padahal ringan dan mudah diucapkan, namun tidak jarang kita justru sering alfa untuk mengucapkannya. Ya Allah sayangilah kedua orang tua kami sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…



43 komentar

jadi pengen meluk mama ;(( (h) :) .

tiap hari minimal 5 kali mulai dari saya umur 11 tahun mas, sudah di perkenalkan dengan doa ini.

;(( ibu... klo urusan ibu no comen dah... ;((

tak ada yang bisa menandingi kasih sayang ibu. Sayangi ibu kita selalu :(

aamiin ya Rabb.

jadi kangen dengan orang tua di kampung. dari lahir hingga usia 24 tahun tak pernah berjauhan dengan mereka, kini kami berada di suatu tempat yang boleh dibiang tak jauh, namun terpencil...semoga Alloh menyayangi,menjaga mereka aamiin

Bismillah.

Do'a itu selalu saya ucapkan setelah sholat wajib.

Alhamdulillah.

Doa orang tua terutama doa ibu adalah sangat ijabah, untuk itu jangan sampai kita menyebut nama ayah ibu kita dalam doa-doa kita karena Insya Allah anak-anak kita pun kelak akan berbuat yang sama

meluk mama apa pacar nih.. :o

maaf mas baru bisa berkunjung.

gimana kabarnya Mas?

aamiin...
ga bisa berkata apa2...benar2 terharu ;((

atau meluk pacar nya mama??

wakakkakakk :D

dan sekarang ibu saya masih terbaring karena stroke

hiks hikks ;(

kalo peluk pelukan gini kok rame sih..?
ikut dong...

Aku malah mikirin anak anak selalu tak tinggal jauh. Tar kalo mereka ngedoain begitu, aku ditinggalin juga sama Tuhan :D

kalau ngomongin tentang ibu, saya ndak bisa berkata apa - apa, .... ;((

seperti apapun seorang ibu, kita tetep harus menghormati dan menyayanginya..?

ya ngga papa mas, maklumlah..
alhamdulillah sehat mas..

saya lari aja.. masa yang meluk cowok semua... :p

semoga lekas sembuh., Aamiin..

“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.

saking besar jasanya tidak terukur ya mas

betul kang dan tidak ada kata terlambat buat kita berbuat baik kepada mereka

jaman serba modern ini silaturrahim masih bisa tetap terjaga walau tidak bertatap muka

alhamdulillah kalo begitu sob, semoga menjadi syafaat di akhirat kelak

iya bener mas, apa yang kita pebuat dengan orang tua kita itulah yang akan diperbuat juga oleh anak-anak kita

selama tidak menyuruh kemaksiatan kita wajib menghormatinya mas

hatur nuhun kang nasihat na, heeee

saya juga pengen meluk mama gan ;((