Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Mobil Murah VS Daging Mahal

By On 26.9.13

mobil murah
Mobil Murah VS Daging Mahal | Gonjang ganjing mobil murah terus bergulir hingga saat ini. Pro dan kontra mewarnai program pemerintah yang menurut beberapa kalangan kurang tepat sasaran dan terkesan terlalu dipaksakan. Yang menjadi pertanyaan tentunya mobil murah itu buat siapa? Toh buat rakyat kecil yang menengah ke bawah tetap saja tidak bisa menikmatinya. Semurah-murahnya mobil terntu harganya masihlah berkisar puluhan juta. Dan pastinya orang yang memegang uang sebesar ini adalah orang yang menengah keatas. Bagi mereka yang notabene rakyat kecil pastilah cuma gigit jari. Siapa sih yang tidak ingin membeli mobil dengan harga yang murah.

Kebijakan mobil murah ini menuai banyak protes dari beberapa kepala daerah di Indonesia, khususnya untuk Daerah Khusus Ibu Kota dan beberapa kota besar lainnya. Karena dampak negatifnya sudah sangatlah jelas. Pasti akan semakin memperparah kemacetan di jalan raya. Sebagai contoh adalah Jakarta, saat ini saja sudah luar biasa macetnya karena pertumbuhan penduduk dan jumlah kendaraan hampir seimbang. Apalagi dengana adanya mobil murah ini. Tidak bisa di bayangkan. Mungkin nanti ketika berkendara sama saja seperti jalan kaki karena semakin parah macetnya.

Menurut saya pribadi yang bukan seorang pengamat, saya melihat bahwa ini bukanlah program yang saat ini bersifat urgen. Masih banyak PR yang seharusnya pemerintah lebih focus menanganinya seperti program yang pro rakyat kecil alias wong licik eh..wong cilik maksudnya. Program mobil murah sama sekali tidak berpihak kepada orang kecil. Karena disaat mereka menjerit dengan harga-harga kebutuhan pokok yang semakin melangit pemerintah justru menggadang-gadang program yang jelas-jelas tidak pro rakyat.

Sekarang jika diadakan survey terhadap rakyat Indonesia lebih pilih mana mobil murah atau daging yang murah. Saya yakin 90% rakyat Indonesia akan memilih daging murah daripada mobil murah. Mobil adalah kebutuhan sekunder sedangkan daging dan kebutuhan pokok lainnya merupakan kebutuhan primer yang jelas-jelas saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak kalangan terutama rakyat kecil.

Jika melihat berita di tipi saat ini, betapa miris melihat melonjaknya harga daging, baik daging sapi maupun daging ayam yang ikut-ikutan naik juga. Apalagi mendekati suasana Idul Adha seperti sekarang ini, harga semakin meroket saja. Belum lagi harga kedelai yang belum juga stabil membuat para pelaku UKM terutama pengusaha tahu dan tempe berhenti berproduksi karena takut merugi. Kebijakan mobil murah sekali lagi jelas-jelas tidak pro terhadap para UKM apalagi rakyat miskin yang mungkin juga seperti saya ini. Karena buat apa mobil murah jika harga-harga kebutuhan menjadi mahal.

Akhirnya walaupun pemerintah tetap keukeuh dengan program mobil murahnya namun sebaiknya pemerintah juga lebih menegdepankan lagi program-program pemerintah yang pro terhadap perekonomian rakyat menengah kebawah daripada menguntungkan beberapa pihak saja. Daripada program mobil murah lebih baik pemerintah mendorong untuk peningkatan transportasi publik yang aman dan nyaman serta terjangkau harganya. Sehingga bisa mengurai kemacetan di kota-kota besar karena semakin sedikitnya mobil-mobil pribadi.

Sekarang kalo sobat blogger ditanya, pilih mana kebijakan mobil murah yang membuat kemacetan atau harga daging, kedelai dan kebutuhan lainnya lebih murah?

Semoga bermmanfaat dan happy blogging....



114 komentar

Pak El, bagaimanapun saya tetep setuju dengan pendapat Anda. Mau dibelok-belikkan ke mana pun, mobil murah tetap tidak pro rakyat. Walaupun katanya akan banyak menyerap tenaga kerja, ramah lingkungan dsb.

Lebih baik bikin program pemerataan bahan makanan. Kenapa di Jawa harga bahan makanan cenderung murah, sedang di luar Jawa mahalnya minta ampun. Kalau pemerintah peka dengan kondisi masyarakat pelosok seperti kami, bikin saja pabrik atau industri di daerah pelosok, sehingga perputaran barang, uang dan energi merata (listrik)....

emangnya mau makan mobil =p~ =p~ .

Dari awal saya tidak setuju... heran mereka tetap saja maksa...

ohok ohok...keselek...atos ya...nggak enak

Mereka maksa karena mereka tahu keuntungannya (bagi mereka). Jika program ini tetap dilaksanakan, sudah jelas mereka tidak pro rakyat cilik tapi malah pro rakyat licik hadeueuehh...
Sayah mah milih harga pangan murah ah... punya mobil kalo ga bisa makan percumahh...

saya tidak mau makan mobil...karena banyak oli nya, hueeekssss

definisi murah yang serba absurd (100 juta murah? ) terbukti kalau program yudhoyono, presiden memang pro dengan orang kaya.
lha wong uang 1000 rupiah menurut saya sudah banyak kok mas, buktinya saya selalu nggrundel saat mengeluarkan uang 1000 rupiah untuk parkir. Lha ini mengeluarkan uang 100 juta kok pada seneng dan bangga.

kalm kang...saya do'ain sebentar lagi harga daging jatuh, dan harga mobil juga ikutan jatoh(kalau udah ketemu ternyata ada korupsi disitu ketang....;o))
kalau udah gituh, kita blogger kelas blogger duafa ini bisa beli daging yang murah sekaligus beli mobil murah yang juga murah....mereunan eta ge kang....; (c)

makan daging tempe ma tahu
mahal juga ya
jadi mending beli daging sapi atau beli mobil

hadeh mending makan dulu

Artikelnya sangat bermanfaat gan,,,thanks for share :)

ya mendingan harga kebutuhan yang murah lah mas.. walaupn harga mobil murah, toh saya juga belum bakalan sanggup beli. hihihihi.. malah nambah macet aja masss... tambah macet tambah stress tambah cepet tuir ;((

orang kalo makannya haram biasanya produk lakunya merusak, dan mereka yang ada di pemerintahan sepertinya pemakan barang haram, jadi...

Judulnya unik banget...tapi kalau dipikir memang aneh kebijakan pemerintah kita, bukannya mikirin murahin harga kebutuhan pangan, malah mobil dimurahin.
Berarti pemerintah memang hobi makan mobil kali ya :)
Salam kenal mas .

kalo semakin banyak orang yang punya mobil. nantinya malah makin memicu kemacetan aja

sanajan mobil murah, anggerweh sayamah teu kabeuli. he..he...

mobil murah memang top.. terus rakyat jelata suruh beli mobil yang katanya murah, mau untuk dibawa kemana?.. jalan kerumah saja masih lewat pematang sawah dan becek... mendingan makanan murah saja =p~

assalaamua'alaikum bang...wah makin cakep aja blognya...

aku pilih dua2nya sob, kalo bisa sih, hehe..
kan asik tuh harga mobil ama harga daging sama2 murah

iya mang daripada bonyok mending setuju aja :d

kalo roti bentuknya mobil-mobilan mau itu mah...

memang saudara ini siapa, hehehe...becanda bang :d

ada yang diuntungkan juga kang, bos-bos yang punya bisinis jual beli mobil tentunya

iya mas, 50 juta juga menurut saya masih mahal, ga kebeli :d

amiin...semoga doanya terkabulkan kang...

jangan makan dulu, mending makan nasi saja...

sama-sama gan, trimakasih buat kunjungannya, blognya kasih kolom komentar blogger dong gan, biar bisa ikut komeng-komeng

makan ban mobil kali yah :d, salam kenal juga yah dan trimakasih kunjungannya

buat dikota-kota besar bisa jadi, di kampung saya masih sepi, tapi siapa yang mau beli mobilnya yah :d

tah leres pisan kang, sami we jeung kami mah kang :d

tapi lumayan mang buat pajangan dirumah :d

wa'alaikum salam, trimakasih mas..iya soalnya jarang berkunjung kesini jadi pangling yah :d

wah maruk nih, pilih satu aja sob :d

pastinya harga daging yang lebih murah lah. ^^

Negara/Kota yang maju bukan dilihat dari kondisi bahwa orang miskin dapat membeli/menggunakan mobil, melainkan ketika orang kayanya menggunakan transportasi publik. ^^

kalo saya setuju tp ga pake bonyok kang hahaha

mobil murah,murahnya itu berapa ya kang..tp semurah murahnya mobil ttp aja mahal dan itu ngga pro rakyat kecil namanya :)

stuju gan.. Klo saya mah mending makanan ajah yang di murahin.. Hehe..
Follow sukses gan.. Klo berkenan follow balik yah.. Trima kasih..

cuma bisa bli mobil"an aja mas,,,,,,

mudah"an harga barang primer cepat normal lagi,,,,,

daging mahal...kedelai mahal...bawang mahal...semua mahal..... 8-)
hebatnya, mobil di jual murah (f)

kalo ane nah kang maumurah,mau mahal yang penting bisa beli..heeeee

g cocok dah namanya mobil murah hhmmm

tenang aja kang,kan mobil murah ga murah2 amat,jadi memang masyarakat gol menengah keatas yg bisa beli. yg bikin macet kan kalo masyarakat gol menengah kebawah ikutan beli,hehehe.
keluarga saya ikutan beli mobil ini,karena mobil lamanya udh trlalu lama dan mogok2 terus akhirnya di jual,di ganti dgn mobil murah ini. mereka senang karena bisa "kebeli" nih mobil ini,kalo avanza mah ga kebeli,hehe..
oya,untuk masyarakat yg seperti keluarga saya,sangat bersyukur loh dengan adanya mobil ini,karena bisa bawa keluarganya jalan2,daripada naik motor,kepanasan..hehehe

gapapa sih bikin mobil murah biar golongan menengah tak perlu kehujanan kalo ada keperluan. yang penting diimbangi dengan pencabutan subsidi bbm, kenaikan tarif parkir, dan perbaikan transportasi massal yang nyaman namun murah

kalo transportasi massal nyaman, orang males kok pake mobil. aku saja kalo mau ke solo lebih sering parkir di stasiun dan kesana naik prameks atau sriwedari. satu jam sudah nyampe, ga perlu cape, nyaman, bersih, ber ac dan tarifnya terjangkau

mobil dimahalin tetap tak akan mengurai kemacetan orang sepeda motor penjualannya jor joran. makanya aku pikir, kunci mengatasi kemacetan adanya di transportasi massal itu...

Sepakat nih Bang. Harusnya transportasinya yg dibikin murah n KEREN. Anak muda modern g akan mau kalau cuma murah tp kayak naik odong odong.
Daging itu sebenarnya bisa diternak sendiri. Kitanya aja yg males. Maunya instan beli yg udah gede di negra lain. Hadeeehh

Bener-bener kelihatan banget kontradiksinya, dilihat dari judulnya saja, orang kaya makin jaya, wong licik... eh wong cilik :d hanya bisa termangu melihat macetnya ibu kota akibat mobil "murah"

biarin saja mas.. apa maunya orang orang golongan atas (pejabat).

wong cilik sudah capek dengan kebijakan kebijakan yang kurang efektif.. hehehe pusing saya mas,,,,

untung saya setuju jadi tidak di gebuki admin, hehehe

mau dong apalagi ada misis nya

hehehe...100 ribu aja sudah besar buat saya mas, hehehe
palagi 50 juta, wow wow

fenomena yang unik ya mas. kalau masyarakat di suruh milih kebutuhan makanan atau mobil yang murah, tentu mereka serentak akan memilih kebutuhan makanan yang murah. karena terkait dengan kebutuhan primer. Kalau mobil kan sudah termasuk kebutuhan barang mewah (tersier), jadi butuh mobil hanya orang-orang yang mampu saja. menarik juga opininya :)

kedelai saja nggak murah-murah bagaimana mengharap mobil murah ya mas, alasannya betul mobil yang bisa irit bbm, kalau semua sudah beli mobil akhirnya jalanan dipenuhi mobil-mobil yang katanya murah itu apa konsumsi bbm tidak bertambah, belum lagi kemacetan, ini kebijakan yang keliru pool kenapa kok tidak angkutan umum murah saja yang digalakkan ya

Wahw wah disuruh memilih ya. Hehiheiheiheie Enaknya sih dua duanya. Tapi itu nda milih donk kalau dua duanya ya. Ya salah pilih dua duanya kok

mending daging aja yg murah. alasan nya jelas, indonesia bisa bodoh kalau kekurangan daging terus terusan. hahah

maaf baru sempat kunjung. :D

itu juga mas ada misisnya Miz tia (c)

asik nih ada yang mau bagi bagi duit (c)

tapi bingung mas ndak bisa nyopirnya... nanti malah cari karyawan buat sopir.. hehehe

Apakah hari ini mobil sudah termasuk kebutuhan pokok ya ? Dan makanan sudah dijadikan kebutuhan tambahan ? Entahalah konsep apa yang diterapkan bila ini terjadi. Kita lihat penerapannya di lapangan nantinya ya kang.

Salam wisata

ya betul itu sob, negara2 yang udah maju juga bukannya memperbanyak mobil kan

iya kang tetep aja yang menikmatinya sih golongan menengah keatas

makasih mas sudah follow, salam sukses selalu

itulah hebatnya pemerintah kita kang, ngalieurkeun :d

pikiran yang briliant itu mas namanya :d

namanya sih cocok buat yang punya duit :d

Ane milih kebutuhan makanan yang murah sob, lagipula mobil murah juga masih bayar pajak beli bensin dll, =))

justru itu mba, berarti pemerentah sepertinya sedang tidak pro rakyat programnya, la wong apa2 lagi pada mahal, rakyat kecil kan yang merasakan termasuk saya..ini malah mobil yang dimurahin bukannya harga kebutuhan gimana caranya biar murah :d

okelah semoga program ini juga bermanfaat buat sebagian masyarakat kita ya mba

harusnya solusinya gitu ya mas, bikin transportasi murah aman dan nyaman sehingga orang juga milih pake angkutan publik, ini kan bisa mengurangi beban jalan dari kendaraan, khususnya di kota besar

isilahnya murah tapi ga murahan ya sob, trims kunjungannya

ya semoga prediksinya salah sob, kemacetan sekarang sudah parah, ga tahu nanti kalo ada mobil murah

iya mas mending ngeblog aja yah :d

drpd beli mobil mending ngurusin anak yatim piatu dan org2 terlantar atw uangx dipake sekolah lg, sekolah agama tp khusus hny tuk org2 dipemerintahan, ini tuk mencegah agar tdk korupsi, kasihan mereka (org2 dipemerintahan) kurang pendidikan agamax..! :>)

Mobil boleh murah, tapi sembako kok masih pada mahal ini suatu bukti bahwa pemerintah memang belum mampu menstabil kan bahan pokok yg ada..

Hahaha Iyaa Mbakkk Saya Setuju Ituu :D
Ikutan Nangiss Ahhh ;((

@Muhammad : Jadiii Mereka Bisanya Cuma Merusak dan Merusakk hihii b-(

Hadeuuu Samurah Murah Nage Mobill Tetep wae Moal Ka Ecen Ku Rakyat Kcil Mahh :/
Benerr Ta Hnte Kang Admin ?? :D

mantep sob.. jgn lupa kunjungan balik :)

Selamat malam bang Muro'i maaf baru bisa ngesot soalnya KOMPI baru aza sembuh ni bang..jadi betul kata abang Muro'i kita ga perlu MOBIL MURAH tapi SEMBAKO yang harus MURAH ya kan bang...hahhahyy

Ea lah....postingnya udah keduluan mas El ya ternyata...hehe
Jadi malu sy..... :)
...
Bener mas....kayaknya memang pemerintah lagi seneng buat sensasi sama bikin seneng rakyat mimpi.. Ya..

=p~ mobil gak bsa dimakan, klo daging bisa dimakan bisa bikin kenyang pula. yahc begitulah paling ya uang yg dibuat beli daging di salurkan ke mobil kan mangkanya daging mahal dan mobil murah. dan itu pasti gara-gara orang dari pemerintahan. gimana mau makmur. klo gitu. sebagian pejabat pemerintah masih rakus harta.

Udah pasti macet cet...
Ngilu mikirinnya

itu mungkin dampaknya ya mas, akibat mobil murah ini :)

iya sob, emang kita mau makan mobil hehe...

trimaksih sudah berkunjung lagi sob

iya kang kita tunggu aj alah, wait and see aja mungkin :d

ya semurah-murahnya mobil, masih mahal juga yah, belum lagi seperti yang sobat katakan itu...

trimakasih sudah absen lagi sob, selamat beraktifitas saja....

iya sob, sebenarnya masih banyak urusan yang menjadi PR pemerintah daripada menggadang-gadang program mobil murah, kalo mobil gratis saya juga mau sih :d

sepertinya mungkin bener seperti itu ya cik...makasih kunjungannya

nya leres atuh kang....panginteun :d

oke bang, trimakasih sudah ngesot dimari, semoga kompinya awet :d

ea mas, kebetulan aja kali, ini topik emang masih anget buat dibahas hehe...

Saya lebih baik tidak memilih mobil daripada harus hidup penuh dengan kemahalan harga bahan pokok [-(

Pemerintahku hebat ya ? 60 juataan dibilang murah. Sedangkan cari duit sehari sepuluh ribu saja berdarah darah keringatnya. Urus daging,tempe dan tahu saja dah kedodoran kok !

Mobil murah, menambah masalah.....

Iya nih untuk kaum2 seperti ane nih harga mobil segitu mah masih nyesek :>)

Lama2 mobil kaya permen sedang kebutuhan pokok sehari2 layaknya emas...apa kata dunia hehehe

feeling ane bilang musti seneng mobil murah palagi produk sendiri bikin bangga

Semurah2nya mobil msh mahal buatku mas

Wah, sampek 100komen belum ada update yg baru. ikut meramaikan aja. hahah

tapi yang jelas harga daging mahal bukan karena buat produksi mobil sob :d

di kota-kota besar mungkin tambah macet sob, tapi di kampung ga kayanya... :d

iya lah hebat mas, kasih jempol saja :)

mungkin bisa seperti itu buat kota-kota besar ya sob

kaya kacang goreng kali sob, tapi bagi yang punya duit....

Subsidi BBM di cabut, tapi ngluarin kebijakan mobil murah, yo podo ae ngapusi

setuju bun, di tempat kita harga sembako kayak harga daging mahalnya

hehehe..iya ya ada mis tia di sini

buat apa harga mobil murah kalau kebutuhan pokok meroket, sama saja mematikan rakyat miskin. bukankah kebutuhan pokok harus diutamakan dan transportasi diabaikan. ya mungkin inilah indonesia sampai kiamat pun tidak ada habisnya

saya sih lebih milih baik tempe murah aja, buat apa mobil murah kalo kita kelaparan =))

Setuju Bro,,,gara-gara harga daging mahal makan daging banyak hanya pas lebaran saja karena ikut arisan