Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kemasyhuran 15 Menit

By On 19.9.13

instant
Kemasyhuran 15 Menit | Dunia saat ini semakin maju, betapa tidak setiap individu bisa mengekspresikan apa saja dan bisa terkenal saat itu juga jika nasibnya lagi mujur. Hadirnya media sosial seperti twitter, facebook, youtube dan jug amungkin instagram memungkinkan seseorang bisa menjadi terkenal mendadak bak artis dan selebritis. Fenomena ini silih berganti terus bermunculan bak jamur dimusim penghujan. Tenar kemudian tenggelam di hapus oleh ketenaran yang lain.

Sebut saja dulu ada Briptu Norman yang karena lipsingnya menirukan joget India ia mendadak menjadi terkenal bak artis dan selebritis. Ada lagi muncul sosok Arya Wiguna, yang gara-gara berseteru dengan eyang Subur dan aksi garangnya kemudian jadilah terkenal di media youtube yang bisa ditonton jutaan orang yang mungkin diseluruh dunia. Ada lagi hal yang dialami oleh pria bernama Sualudin ini populer berkat aksi gokil dan lucu dalam video berjudul Udin Sedunia. Lagu Udin Sedunia yang diciptakan sendiri oleh dirinya ternyata mengubah jalan hidup pria yang menetap di Nusa Tenggara Barat ini. Langsung saja, namanya menghiasi koran, tabloid, dan wajahnya kerap muncul di televisi. Dari situ, Udin kebanjiran tawaran manggung. Ia tak hanya tampil menyanyi, tapi juga membintangi sinetron dan menjadi presenter.

Dan yang lagi heboh saat ini tentunya mas Vicky Prasetyo yang gara-gara wawancara “ngawurnya” mendadak terkenal dan menjadi perbincangan banyak orang. Dengan gaya bahasa yang sok intelek dan susah dimengerti buat masyarakat awam menjadikan sesuatu yang unik dan lucu. Ngawur tapi ternyata ini mengakibatkan menjadi trand marknya dan mempunyai gaya tersendiri. Gara-gara omongan ngawurnya itu banyak orang yang terkena “virus” Vicky atau yang lebih terkenal dengan istilah "Vickynisasi". Banyak orang dan menirukan gaya bicaranya, mulai presiden, pejabat sampai para artis kerap menirukannya. Banyak juga kemudian orang membuat berbagai parodi di video yang kemudian diunggah di media youtube.

Fenomena seperti ini adalah sebuah kewajaran ditengah semakin mudahnya kita mengakses media sosial sehingga siapa saja yang cenderung berbuat aneh dan unik di media sosial ini sudah bisa dipastikan akan mendadak seleb. Namun sepertinya ini hanya trand sesaat. Euphoria yang akan mudah tenggelam dengan hadirnya fenomena-fonemena yang lainnya. Buktinya beberapa orang yang saya sebutkan diatas tadi, setelah ada tayangan yang lebih heboh lagi entah saat ini bagaimana kabarnya seakan hilang ditelan bumi.

Menjadi terkenal adalah mungkin impian setiap orang, namun seperti apa prosesnya adalah sangat menentukan langgeng atau tidaknya kemasyhuran atau keterkenalan seseorang. Sesuatu yang instan biasanya juga akan cepat pudar dan hilang. Sedangkan dengan proses yang natural dan dengan ketekunan akan memungkinkan seseorang dikenang sepanjang masa. Ibarat pepatah yang sering kita dengar dalam keseharian  “Gajah Mati Meninggalkan Gading, Harimau Mati Meninggalkan Belang”. Yang artinya bahwa kebaikan seseorang akan selalu dikenang tergantung amalnya di dunia. Amal atau perbuatan apa yang akan dikenang tentunya adalah pebuatan yang secara kontinyu dan melalui proses yang panjang.

Orang bisa masyhur dalam waktu 15 menit bukan sesuatu yang mustahil saat ini. Namun tidak akan menjamin ia menjadi dikenang dalam waktu yang lama. Tapi instan itu tidak selamanya jelek, kadang memang diperlukan dalam situasi dan kondisi tertentu. Namun alangkah baikknya jika jadi harimau belang yang mati dengan meninggalkan belangnya dan gajah yang mati yang meninggalkan gadingnya. Jadilah manusia yang akan terus dikenang karena prestasi yang membanggakan dan bukan sesuatu yang instan. Mudah memang diucapkan namun sulit bila dilakukan. Tapi itu bukan hal yang mustahil jika ada kemauan. Semoga bermanfaat dan happy blogging….


51 komentar

Ya tul kang...sekarang serba instant...semuanya serba gampang...dalam sekejap orang seluruh dunia bisa mengetahuinya. Tapi yang aneh tuh sekarang korupsi, sampai saat ini belum diketahui di mana induk semangnya sampai susah untuk diberantasnya hehehehe...

kenanglah aku, walau komen sepintas lalu

wah hebohnya vicky sampai mengkudeta blog ini juga ya hingga statusisasi menjadi labil ekonomi... :>)

tapi mau nyeduh kopi kalau ga ada yg instan repot ni kang hehe.

Setuju kang, karena tentunya lebih sulit untuk mempertahankan daripada mendapatkan...orang yg bisa tenar karena aksi sesaat belum tentu bisa mempertahankan posisinya tersebut kalau memang dia tidak mempunyai skill yg memadai...dan skill yg memadai dan mumpuni tersebut tentunya cuma bisa didapat ya dari sebuah proses

bener pisan! zaman sekarang kalo yang mau instan gampang, buat video aneh di youtube pasti terkenal, tapi besoknya langsung sepi ckckck :D

beuh.. kayaknya pake template premium nih (h)

apapun itu, yang namanya proses naiknya cepet.. biasanya turunnya juga cepet mas.. karena naik sama turun lebih cepat turun hahahaha

kemauan, kerja keras, dan tekad.

Liat aja skrg Briptu Norman yg rela mengundurkan diri dari polisi demi menjadi artis, padahal skrg tampil di tv pun jarang banget. Ibarat burung pipit ditangan dilepas mengharap burung merpati yang tengah terbang di awan 8-)

Gajah mati meninggalkan gading... orang jelek mati meninggalkan jeding :d

Betul sekali kang, yang instan itu praktis tapi.. cepet laper... mie rebus kale hihihi

Hadir om, namaku kok di sebut sebut, aku tak pernah nelan orang. Bumi masih doyan nasi.

jika Alloh menghendaki tak ada yg mustahil

iya kang bener, korupsi sepertinya sudah menjadi penyakit kronis di negara kita...

oke deh, sering-sering mampir aja ning kene kyeh hehe

wah komennya kena virus juga tuh :d

biar lambat asal selamat mungkin ya kang , haturnuhun kang

tah leres kang, apa sih sekarang ya ngga bisa, mau terkenal juga gampang ya kang

muhun kang, kamari oge nganggo nu premium, pertamax soalnya mahal kang :d

ya mas kaya harta saja, kalo dapatnya gampang biasanya keluarnya juga gampang, ngga sayang2 ...

yup bener banget, 3 pilar penting ini sob

heeuh kasian juga ya sob, ibarat cari jarum di sungai kapaknya malah ilang :d

kalu bicara korupsi, ane juga bingung.

ngawur menuai masalah
enakan pilih yang membawa berkah aja deh, begitu ya kang

kalau sayamah nggak ikut kena virusnya kang, biarlah semua juga ada masanya.

kalo urusan instan,saya mah tetep sukanya mie goreng....hehe
urusan duniawi,biarlah berjalan semestinya saja kang....itu saya loh

yang terkenal cepat
akan mudah lenyap
yang terkenalnya lambat
akan awet dan mantap

jadi yang santai aja malah jadi hebat
dikenal awet bersahabat

kalau gitu saya tak nulis saja mas, bisa di kenang berpuluh puluh tahun tho

kalo dipikirin ya memang tambah bingung ya mas

trimakasih sudah hadir lagi bang, ya namanya soalnya membumi sih :)

kalo ke arah situ memang sangatlah benar adanya, jika Allah berkehendak siapa saja bisa diangkat derajatnya atau diturunkan

iya mas mending cari aman saja :d

alhamdulillah kalo gitu mah kang, berarti ga ikut-ikutan latah yah

ya mas kalo bicara soal instant pasti kepikiran sama mie goreng atawa mie rebus yah hehe...

monggo mas, banyak kok para penulis yang melegenda, sampai saat ini masih harum namanya

yang sekarang lagi trend adalah nggak penting berapa lama orang itu populer , meskipun hanya 15 menit yang penting dia pernah populer se indonesia....... salam :-)

bener mas, tenar sesaat ga papa yang penting kan tenar

jeding, heheh...biasanya abis makan sambel mang bibir jeding

kunjungan perdana mas btw tulisannnya sangat baik untuk dibaca mas :)

Yups! Akur, yang instan emang gak bakalan lama jadi idola, kecuali mie instan! Hehe

trimakasih kunjungannya sob, salam persahabatan...

mie instant, wah enak tuh siapa sih yang ga suka :d

jeding bukannya kamar mandi mang? hehe

pada seneng yang instan ya..?
ga inget kalo yang naiknya cepet turunnya juga cepet. ada sih satu dua yang debut awalnya instan tapi mampu bertahan kaya si sule misalnya

Yah.. namanya juga INSTANISASI... hanya sebentar koq terdengar... 15 menit...

Yng instan-instan memang lebih diminati daripada yang berjalan dengan alami, bikin ....mie instan juga memang sangat mudah dan tentu saja lezat.hehehe

kunjungan pertamag an salam kenal