14 Sep 2013

Hujan-Hujanan Dahulu, Baru Cari Payung

·   61

razia pelajar
Razia para pelajar yang menggunakan kendaraan
Melihat berita ditipi akhir-akhir ini sepertinya ada yang lucu dan membuat senyum-senyum sendiri. betapa tidak, setelah kejadian kecelakaan Dul, anak pemilik Repulik Cinta yaitu Ahmad Dani, tiba-tiba polisi jadi rajin mengadakan razia dan menangkapi para pengendara motor dan mobil yang berseragam sekolah. Alasan utamanya sih karena mereka masih dibawah umur katanya, sehingga mereka tidak diperbolehkan untuk membawa kendaraan. Terlebih lagi setelah diperiksa, mereka tidak membawa kelengkapan berkendara seperti SIM.

Jika kita melihat beberapa waktu lalu sebelum kejadian kecelakaan ini, para pelajar ke sekolah dengan mengendarai kendaraaan sendiri sepertinya sudah menjadi sebuah pemandangan yang lumrah dan umum dimanapun. Di tempat saya sendiri banyak siswa sekolah yang membawa kendaraan sendiri ketika berangkat sekolah dan para polisi juga membiarkannya dengan tidak berbuat apa-apa. Padahal peraturan berkendara kan sudah ada sejak jauh-jauh hari. Entah karena kurang sosialisasi atau apa sehingga peraturan ini masih saja banyak yang melanggar terutama anak-anak sekolah.

Yang menjadi aneh adalah, kenapa razia ini harus menunggu kejadian kecelakaan yang merenggut nyawa manusia. Kenapa tidak sejak dulu peraturan ini dengan tegas diterapkan sehingga tidak semakin bertambahnya korban. Kejadian ini bisa juga kita analogikan juga ketika terjadi pencurian disuatu tempat maka sudah bisa dipastikan poskamling akan menjadi ramai di hari-hari berikutnya oleh para peronda, dimana ketika sebelum-sebelumnya biasanya sepi-sepi saja.

Pepatah sedia payung sebelum hujan sepertinya sudah tidak berlaku. Kebanyakan kita akan menunggu hujan dahulu baru ribut mencari payung. Mencegah lebih baik daripada mengobati entah kemana slogan ini perginya.

Kejadian seperti ini sebaiknya menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga buat kita semua. Betapa sebuah tindakan preventif alias pencegahan itu akan lebih baik daripda menunggu sebuah kejadian yang jelas akan sangat merugikan. Bukankah dari setiap kejadian itu sudah pasti ada hikmah dibaliknya. Dan hikmah itu akan bisa didapat buat siapa-siapa yang mau berfikir tentang semua kejadian dan tentu saja mentadaburinya.

Jadi sebaiknya merazia pengendara kendaraan bermotor yang dibawah umur itu tidak harus menunggu putra Ahmad Dani kecelakaan yang merenggut banyak korban. Menjaga poskamling itu sebaiknya juga tidak harus menunggu ada rumah yang kecurian dan hal-hal yang lain yang sebenarnya bisa dicegah sejak dini untuk menghindari kerugian yang lebih besar lagi.

Semoga bermanfaat dan happy blogging.....



Subscribe to this Blog via Email :