21 Aug 2013

Rabia, Simbol Keteguhan dan Persatuan Rakyat Mesir

Rabia | Korban yang berjumlah ribuan yang jatuh di lapangan Rabi'ah Al-Adawiyah atau yang dikenal juga dengan lapangan Rab'ah telah menginspirasi Perdana Menteri Turki, Recep Tayip Erdogan. Beliau memprakarsai simbol jari 4 untuk mengenang medan di mana para peserta aksi demonstrasi damai yang diserang secara represif oleh junta militer.

Jari yang menunjukkan angka empat itu sebagai arti dari Rabi'ah yang dalam bahasa Arab berarti 4. Rabi'ah Al-Adawiyah sendiri adalah nama seorang tokoh sufi wanita yang cerita kecintaannya kepada Allah swt yang melegenda.

Di jejaring sosial twitter, facebook dan juga profil picture di BlackBerry Messenger, Whatsapp ataupun Yahoo! Messenger simbol ini sudah massif dipakai. Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa orang ramai menggunakan default picture (DP) facebook atau jejaring sosial lainnya menggunakan simbol 4 jari seperti di bawah ini dan hashtag #R4BIA? Apakah R4BIA itu ? Berikut sedikit penjelasan singkat mengenai makna dari simbol tersebut.

Rabia

1. Dalam bahasa Arab, Rabi’ah/arba’ah artinya Empat . Rab’ah (angka 4) dijadikan sebagai simbol keteguhan , kekuatan , perlawanan dan persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.

2. Simbol 4 jari sebagai simbol untuk mengenang markas demonstran Pro Mursi di Rabi’ah yang telah dihancurkan oleh tentara junta . Simbol 4 jari untuk menunjuk ikon Rabi’ah.

3. Di Mesir kebanyakan tempat atau daerah menggunakan istilah nomor dan mereka menggunakan simbol isyarat jari dalam keseharian. Sebagai contoh Hayyu Asyir (Daerah 10) , Hayyu Sabiek (Daerah 7) biasanya menggunakan simbol peace V, Hayyu Sadis (Daerah 6), Hayyu Thamin (Daerah biasanya menggunakan simbol atau isyarat V terbalik dan lain sebagaianya.

4. Seperti dijelaskan diatas, simbol 4 jari ini telah diluncurkan oleh Perdana Menteri Turki , Recep Tayip Erdogan mulai Sabtu (17/8/ 2013) setelah mengecam keras pembantaian yang dilakukan tentera junta Mesir yang terjadi pada hari Jumat dan Sabtu di Ramses Square dan Masjid Fatih yang dikepung tentara junta.

5. Tujuan avatar simbol #R4BIA dipakai oleh pendukung Morsi di media sosial seperti facebook dan twitter sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap apa yang terjadi di Mesir . Selain itu bisa juga untuk menggugah kesadaran masyarakat umum mengenai krisis kemanusiaan yang terjadi di Mesir sekarang ini.

Bagi yang cinta kedamaian, mana empat jarimu? #SaveEgypt