Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Pasca Libur, Semangat Kerja atau Sebaliknya?

By On 13.8.13

kembali kerja
Pasca Libur, Semangat Kerja atau Sebaliknya? | Assalamu ‘alaikum sobat blogger sedunia, Alhamdulillah setelah sekian hari tidak up date postingan, kali ini saya bisa corat-coret lagi di blog yang sederhana ini. Setelah beberapa hari libur dan sempat mudik alias pulang kampung buat silaturrahim dengan orang tua, kali ini sudah bekerja seperti biasa lagi. Kembali ke rutinitas seperti biasanya, menghadapi meja-meja kantor, computer dan file-file yang berserakan.

Yah memang, musim liburan adalah musim yang sangat ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Baik itu para karyawan, pekerja profesional, anak sekolah, mahasiswa atau mahasiswi dan lain sebagainya. Namun tak jarang setelah masa liburan yang panjang ini banyak dari kita yang justru malah lesu bekerja karena masih terbawa suasana liburan dirumah.

Mungkin ini sudah menjadi sebagian budaya dari kita, kurang disiplin dalam bekerja dan menghargai waktu. Buktinya setelah masa liburan berakhir masih banyak kantor-kantor yang seharusnya melayani kebutuhan public, masih ada yang lengang karena karyawannya masih liburan. Ada beberapa alasan kenapa banyak dari kita justru lesu setelah menjalani liburannya.

Setelah lama berlibur, tentu kembali bekerja dengan semangat bukan perkara yang mudah. Sindrom liburan masih terasa dan membuat sebagian kita malas bekerja. Lalu bagaimana cara kembali memunculkan semangat kerja setelah libur lama?. Berikut beberapa cara untuk membangkitkannya :

1. Menciptakan Suasana yang Berbeda di Tempat Kerja
Suasana kerja kadang membuat kita bosan jika setiap hari hanya itu-itu saja yang kita hadapai dan kita kerjakan. Tentunya ini membuat semangat kerja kita menjadi menurun. Nah dengan momentum pasca liburan ini, bangkitkan kembali suasana kerja dengan menciptakan suasana kerja yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya atau sebelum liburan. Rapikan berkas-berkas yang tidak diperlukan, susun ulang meja kerja atau menata ulangnya dengan posisi yang berbeda, tarulah hiasan atau yang lainnya.

2. Memiliki Impian Menjadi Orang Besar dan Sukses
Setiap orang pastinya punya impian untuk menjadi orang besar dan sukses bukan? Dan tentunya orang besar dan sukses tersebut tidak dihasilkan dari orang-orang yang punya mindset yang loyo dalam bekerja. Jadi bagi siapa yang punya impian besar pastinya punya semangat kerja yang tinggi. Dengan bermimpi serta bertindak untuk jadi orang besar dan sukses maka semangat kerja kita akan meningkat berlipat-lipat.

3. Tumbuhkan Kebersamaan dengan Rekan Kerja
Senyaman-nyamanya ruangan atau kantor dimana kita bekerja tentunya akan sangat terganggu jika timbul benih-benih perselisihan diantara rekan kerja. Kebersamaan sesama rekan kerja adalah hal yang sangat vital alias penting dalam meningkatkan kinerja kerja kita. Setelah libur Idul Fitri ini adalah moment yang tepat untuk membangun kembali hubungan yang mungkin sempat renggang. Dan ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun kebersamaan ini, misalnya dengan bermain olah raga bersama, futsal misalnya, babacakan atau makan bersama teman kantor, dan masih banyak lagi cara untuk membangun kebersamaan ini.

Nah itulah beberapa hal yang dapat membangkitkan semangat kerja kita setelah masa liburan berakhir. Semoga postingan ini sedikit bermanfaat buat saya pribadi dan pembaca semua, dan keep spirit……



68 komentar

Awalnya sih males banget. Tapi mungkin kelamaan liburnya jadi masih kebawa suasana liburan. hehehe
mantep tuh gan tips untuk membangkitkan semangat kerja. Naisss

Semangat mas ... :D Tapi nge-Blognya lagi gak mood nih ... :D

tentu setelah liburan, aktivitas kerja tambah semangat dong...seperti batre hp yang baru di charge...energinya banyak, semangatnya juga banyak....

Bener banget Mas, ditambah komitmen kita dalam menjalani pekerjaan itu, hehehe

mas muro'i apa kabarnya ???
masih inged sama aku ga ? :-d
mohon maaf lahir dan batin ya mas :)

wah tipsnya pas banged nih buat aku, ini hari pertama kerja tapi ga tau bawaannya kenapa males banged .
hahhahha b-(

kayanya hari pertama pada males bos.. badan pada ngretek semua..hehhee

Alhamdulillah mas, pasca liburan semangat ngeblog saya bertambah, kalau semangat kerja masih belum karena masih sepi :d

malah males-malesn ini hehehe

harusnya semangat kerja meningkat lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya, kan semuanya kembali fres termasuk isi dompetpun fres juga...
hayooo semangat....

Haha...sy malah jumat besok baru masuk mas
Mudah2 an bisa semangat buat kembali beraktifiras :)

Kalau saya baru kamis ini masuk kerja... hoho., walaupun sempat tepar sehabis keliling2 lebaran kemarin besok harus tetap semangat! Kebetulan ada tips oke dari Kang Muro ^^

Oya, sekalian berhubung baru sempat silaturahim... Taqobalallu minna wa minkum, minal 'aidin wal faidzin... Mohon maaf ya kalau ada salah2 kata

Semangat mas mudahan aktifitas kerja kembali joss apalagi sekarang ini masih semangat kerja agak kurang karena biasa liburan lebaran :D

Saya sepakat dengan apa yang disampaikan mas Yanuar Catur. Kenyataan memang demikian. Namun kalao di Pontianak tradisi lebaran berlangsung selama sebulan penuh. Jadi pasca lebaran yang tanggal merah dua hari itu, tradisi masyarakat Pontianak pada khususnya tetap bersilaturahmi lebaran hingga akhir bulan Syawal.

Minal aidin walfaidzin kang Muraoi...
kalu ane lebih suka gak libur, kang...kalu byk libur gak punya duit :d

Tipsnya buat ane Semangat bang :D

selamat hari lebaran ya mas, mohon maaf lahir batin,

semoga semangat bloggingnya ndak kendor setelah liburan ...heheheh

Harusnya semangat ya, kan udah istirahat tuh... jadi tenaganya pooolll

Semangat kerja harus diutamakan 8-)

Mampir juga diblogku yah mas :D

wah kalau saya sih tidak ada bedanya mas, karena tidak ada libur hari raya, bedanya cuma di kantor banyak jajan yang bisa menambah semgnat kerja, hehe

wah jadi pengen cepet2 sekolah nih mas :D males dirumah mulu :))

jangan lupa mampir balik ya mas :p

Pertama kemarin memang sempat males banget mas... namun setelah kembali pegang, jadi timbul kembali gairah kerja saya ... :)
Wah .. berubah lagi ternyata 'baju'nya ...

masih suasana lebaran khan,
sambil ucapin mohon maaf lahir batin sambil lirak lirik kanan kiri cari ketupat lebaran...salam :-)

liburnya masih terasa,,,,
jadi awal kja agak males,,,,
tp ttap semngat dunk,,,,

pasca libur gimana, wong aku malah barusaja mulai liburan..
hehe

hari ini semangat kerja mulai ada lagi, tapi sorenya pulkam lagi :d

ayuuk, harus tetap semangat!!

hahh!! jajan... jajan apaan tuh mas agus?

poin yang nomor dua kayanya yang paling berpengaruh.

@Yanuar Catur : Makasih kembali sob, semoga bermanfaat tipsnya..
@Asep Haryono : Wah lebaran sebulan ya kang, bisa terus makan kueh yang enak tuh :d
@Nulis Post : Oke sob, trims kunjungannya yah

oke mas, tetep semangat ngeblognya...

komitmen, wah ini point penting sob

ngretek, abis mudik ya mas, apa kebanyakan nyanati di rumah :d

berarti kebersamaan sangat berpengaruh ya mang terhadap semangat kerja kita

ayu akang, mang dan mas, kita tetep semangat

masih kebawa suasana libur ya sob :d

selamat beraktifitas kembali ya mas, semoga tetep semangat

iya sob, masih kebawa suasana liburan di rumah nih :d

wah berarti itu wiraswasta ya gan :d

owh iya gan mohon maaf lahir dan batin juga kalo ada salah-salah yah

oke deh sob, semoga bener-bener manfaat tipsnya

mohon maaf lahir batin juga pals...

iya pals kayanya ngeblog lagi ga semangat nih :d

tapi kebanyakan malah sebaliknya yah, awal-awal pada lemes masih suasana libur kayanya :d

tul betul betul sob, makasih kunjungannya

biasa mas, paling opak, semprong, kacang, mendoan de el el pokoke...

kelamaan libur bosen juga ya sob :d

semoga semangat terus mas..
engga mas, ini template lama kok, di modif doang jadi putih :)

ketupat abis mas, tinggal kacang :)

yang lain masuk malah libur, yang lain libur malah masuk :d

selamat pulkam aja ya mang, semoga selamat

Libur ngga libur harus semangat dong!

Tinggal beberapa hari lagi sekolah mas :D
Selamat malam dan selamat beristirahat mas..

Kalau saya pribadi makin malas kerjanya mas,,masih mau liburan sama keluarga tp gimana lagi mank harus kerja

Sudah seharusnya semangat kerja juga meningkat.
Kan sudah mendapat latihan di bulan Ramadhan ini...
Mohon maaf lahir batin Kang Muroi

semua penting kayanya ya sob, makasih kunjungannya

iya bener sob, makasih kunjungannya yah

libur tinggal beberapa hari lagi mungkin bisa dipergunakan dengan sesuatu yang bermanfaat sob

iya semangat kerja kembali apalagi 2 minggu lagi sudah menanti hari gaji :d

umumnya pasti malas mikirin kerjaan di hari terakhir liburan, tapi kalo kita stay positif dan tidak terburu-buru, semangat kerja bisa bangkit kembali. :)

iya jelas,. Dimana mana masih tersedia kue kue lebaran hiehiehe. Cuma untuk menu kuelebaran atau sajian yang enak enak biasanya sih hanya disediakan untuk hari Pertama dan kedua Lebaran saja. Sisa hari lainnya kue kue normatif. Halah bahasanya. Gaya banged sayah hhiehiehiehiehiheie

salam kenal gan...

celco-blog.blogspot.com

Biasanya, ogah - ogahn dulu.

Jadi malas-malasan di minggu pertama.