13 Aug 2013

Pasca Libur, Semangat Kerja atau Sebaliknya?

·   68

kembali kerja
Pasca Libur, Semangat Kerja atau Sebaliknya? | Assalamu ‘alaikum sobat blogger sedunia, Alhamdulillah setelah sekian hari tidak up date postingan, kali ini saya bisa corat-coret lagi di blog yang sederhana ini. Setelah beberapa hari libur dan sempat mudik alias pulang kampung buat silaturrahim dengan orang tua, kali ini sudah bekerja seperti biasa lagi. Kembali ke rutinitas seperti biasanya, menghadapi meja-meja kantor, computer dan file-file yang berserakan.

Yah memang, musim liburan adalah musim yang sangat ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Baik itu para karyawan, pekerja profesional, anak sekolah, mahasiswa atau mahasiswi dan lain sebagainya. Namun tak jarang setelah masa liburan yang panjang ini banyak dari kita yang justru malah lesu bekerja karena masih terbawa suasana liburan dirumah.

Mungkin ini sudah menjadi sebagian budaya dari kita, kurang disiplin dalam bekerja dan menghargai waktu. Buktinya setelah masa liburan berakhir masih banyak kantor-kantor yang seharusnya melayani kebutuhan public, masih ada yang lengang karena karyawannya masih liburan. Ada beberapa alasan kenapa banyak dari kita justru lesu setelah menjalani liburannya.

Setelah lama berlibur, tentu kembali bekerja dengan semangat bukan perkara yang mudah. Sindrom liburan masih terasa dan membuat sebagian kita malas bekerja. Lalu bagaimana cara kembali memunculkan semangat kerja setelah libur lama?. Berikut beberapa cara untuk membangkitkannya :

1. Menciptakan Suasana yang Berbeda di Tempat Kerja
Suasana kerja kadang membuat kita bosan jika setiap hari hanya itu-itu saja yang kita hadapai dan kita kerjakan. Tentunya ini membuat semangat kerja kita menjadi menurun. Nah dengan momentum pasca liburan ini, bangkitkan kembali suasana kerja dengan menciptakan suasana kerja yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya atau sebelum liburan. Rapikan berkas-berkas yang tidak diperlukan, susun ulang meja kerja atau menata ulangnya dengan posisi yang berbeda, tarulah hiasan atau yang lainnya.

2. Memiliki Impian Menjadi Orang Besar dan Sukses
Setiap orang pastinya punya impian untuk menjadi orang besar dan sukses bukan? Dan tentunya orang besar dan sukses tersebut tidak dihasilkan dari orang-orang yang punya mindset yang loyo dalam bekerja. Jadi bagi siapa yang punya impian besar pastinya punya semangat kerja yang tinggi. Dengan bermimpi serta bertindak untuk jadi orang besar dan sukses maka semangat kerja kita akan meningkat berlipat-lipat.

3. Tumbuhkan Kebersamaan dengan Rekan Kerja
Senyaman-nyamanya ruangan atau kantor dimana kita bekerja tentunya akan sangat terganggu jika timbul benih-benih perselisihan diantara rekan kerja. Kebersamaan sesama rekan kerja adalah hal yang sangat vital alias penting dalam meningkatkan kinerja kerja kita. Setelah libur Idul Fitri ini adalah moment yang tepat untuk membangun kembali hubungan yang mungkin sempat renggang. Dan ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun kebersamaan ini, misalnya dengan bermain olah raga bersama, futsal misalnya, babacakan atau makan bersama teman kantor, dan masih banyak lagi cara untuk membangun kebersamaan ini.

Nah itulah beberapa hal yang dapat membangkitkan semangat kerja kita setelah masa liburan berakhir. Semoga postingan ini sedikit bermanfaat buat saya pribadi dan pembaca semua, dan keep spirit……



Subscribe to this Blog via Email :