Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Mudik, Manfaat dan Kerugiannya

By On 2.8.13

mudik
Illustrasi Mudik Lebaran
Mudik, Manfaat dan Kerugiannya | Sobat Muroi El-Barezy, sudah tahu kan apa itu arti mudik? Seperti apa yang termaktub dalam kamus mba Wiki, Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja urban untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik berasal dari bahasa jawa "Mulih Dhisik" yang artinya pulang dulu. Senada dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik juga artinya pulang ke kampung halaman. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Disamping istilah diatas, mudik juga bisa diartikal berasal dari kata “Udik” yang artinya kampung. Kalo yang satu ini saya kurang senang dengan istilah ini. Walau dari kampung, siapa sih yang mau disebut orang kampung yang identik dengan norak hehe…

Mudik seperti sudah disebutkan diatas adalah sebuah tradisi tahunan menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri saja. Tentunya mudik inipun ada manfaat dan kerugiannya juga. Menurut analisis saya pribadi yang belum tentu kebenarnya ada beberapa manfaat dan juga kerugian dari mudik ini.

Manfaat Mudik :

Sarana Silaturrahim Kepada Orang Tua dan Sanak Saudara
Manfaat yang pertama adalah sudah jelas, silaturrahim, terutama kepada orang tua. Apalagi jika kedua orang tua kita masih hidup, bersilaturrahim kepada mereka adalah suatu kewajiban. Namun pertanyaannnya adalah apakah silaturrahim ini hanya dilakukan pas lebaran saja? Tentunya tidak, silaturrahim bisa dilakukan kapan saja, namun karena mungkin lebaran adalah moment yang cocok untuk silaturrahim, maka betapa ribuan para pemudik rela untuk antri dan berdesakan mendapakan tiket angkutan. Alasannya adalah jelas, mereka ingin bersilaturrahim kepada orang tua dan sanak saudara lainnya. Seperti apa yang disabdakan Rosulullah bahwa barang siapa ingin dipanjangkan umurnya maka sambunglah silaturrahim.

Refreshing dari Rutinitas Kerja
Manfaat yang kedua dari mudik ini adalah tentunya berhenti sejenak dari rutinitas kerja, menghilangkan kepenatan dengan cara mudik pulang kerumah mempunyai nuansa tersendiri daripada pergi ke tempat-tempat rekreasi. Tak dipungkiri suasana kerja apalagi dibawah tekanan target tertentu adalah sangat membuat seseorang menjadi stress sehingga dengan mudik ini diharapkan menjadi penyemangat kerja setelah kembali nanti.

Kerugian Mudik :

Rugi Biaya
Ini jelas, rugi biaya. Betapa tidak, dihari-hari biasa mislanya ongkos kendaraan seratus ribu bisa menjadi dua kali lipat menjadi dua ratus sampai dua ratus lima puluh ribu rupiah. Kenaikan Tuslag yang kadang tidak terkendali jelas sangat merugikan para pemudik. Namun karena terpaksa mereka dengan berat hati tetap harus merogoh kantong lebih dalam lagi hanya untuk mudik ini. Ongkos mahal tidak jadi masalah asal bisa pulang kampung saat lebaran. Sekalipun ketika kembali lagi terpaksa harus hutang sana-sini itu lain masalah hehe…

Kehilangan Momentum Akhir Ramadhan
Kerugian yang kedua menurut sudut pandang saya pribadi adalah kita akan kehilangan momentum di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Betapa tidak, sepuluh hari terakhir adalah moment yang paling krusial di saat Ramadhan. Bahkan Rosulllullah sendiri ketika akhir Ramadhan, beliau mengencangkan ikat pinggangnya yang artinya semakin banyak beribadah dengan melaksanakan I’tikaf (berdiam di masjid) dengan meninggalkan segala urusan dunia. Kitapun dianjurkan demikian, semakin mengoptimalkan ibadah disaat sepuluh hari terkahir ini. Namun karena kegiatan mudik ini tentunya ibadah kita akan terganggu. I’tikaf di tinggalkan, tarawih juga mungkin masih dijalan yang mungkin bisa makan berhari-hari karena kemacetan dijalan.

Itulah beberapa manfaat dan kerugian saat mudik lebaran dilhat dari sudut pandang saya pribadi. Mungkin ada presepsi yang berbeda dari sobat blogger sedunia, monggo berbeda pendapat asal tidak memutuskan tali silaturrahim saja hehe…. Tahun inipun saya harus mudik lebaran karena tahun kemarin tidak sempat saya lakukan, semoga tidak mengurangi niat kita untuk selalu optimal dalam ibadah di sepuluh hari terkahir di bulan Ramadhan ini. Selamat mudik juga kepada semua sobat blogger sedunia, semoga selamat sampai tujuan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging

89 komentar

(h) (h) (h) mudik itu ramai rasanya, ada kangen,senang,takut, dll.
hehe, kang muroi mudik gak ne?

:>)

wah enak yah yang mudik, kalo saya sejak tahun kemarin dah gak mudik-mudik lagi sob. ^_^

Mudik adalah tradisi yang boku tunggu2 kang, soalnya sebagai perantauan saya hanya bisa pulang setahun sekali, tapi benar juga ăĎª ♧☀ keuntungan dan kerugiannya..:) btw maaf Kang baru bisa berkunjung, maklum kejar setoran dan kejar tayang..:)

Sama mas nasibnya :d
Wah kaya sinetron aja mas, kejar tayang :-d

Iya kang ramenya ga ketulungan, hiruk pikuk ga karuan, tapi asyik sepertinya..

Insya Allah pulang kang tahun ini, kemarin kan ga pulang, takut dikirain bang Toyib kang :d

Wah jadi bang Toyib dong ga pulang2 :d

Ga papa mas yang penting masih menjaga silaturrahim, jaman modern gini sepertinya bisa lebih mudah tanpa harus ketemu, tapi kurang afdal yah rasanya kalo ga pulang

Tapi yg bikin serem, jumlah kecelakaan karena mudik ini cukup tinggi ya kang. Sampai2 setiap kabupaten/kota (yg daerahnya dilintasi jalur mudik, termasuk sumedang) di setiap musim mudik seperti sekarang ini menyediakan sejumlah liang lahat yg diperuntukkan bagi pemudik yg kecelakaan hingga tewas di daerahnya. Mungkin itu kerugian yang sebenar2nya ya kang...harus hati2 dijalan

Hm,,, tahun ini mudik ke Madiun gk yah?? kayaknya nggak dulu deh, kena piket pas hari H sih. Hadeuhhh.

Hayo yang mau mudik, jangan lupa hati-hati dijalan yah..

untung saya mudiknya cuma beberapa jam saja, jadi gak meninggalkan puasa dan ibadah lainnya.

saya g mudik ,,,,,

buat para pemudik hati" dan waspada d perjalanan

wah kalo mudik pas hari raya ke 2 berarti nggak kehilangan momentum 10 hari terakhir puasa donk :D hheheh

kalo aku boro boro refreshing
tiap mudik malah setres liat jalanan, om...
*pegel bitis mancal kopling...

pergeseran budaya dan kebiasaan 10 hari diakhir ramadhan sudah signifikan banget ya kang....dengan mudik lebih banyak puasanya terganggu karena tergoda pengen minum es jus buah saat perjalanan.

saya juga nggak mudik, semoga selamat sampai tujuan yah buat para pemudik semua, selamat bertemu keluarga dan teman-teman :)

Memang segala sesuatunya ada unsur positif dan negatifnya...
Fenomena lebaran dengan mudik sepertinya hanya di Indonesia yah kang

tahun ini gak mudik aku kang, ;((

hahaha :D

bang toyib kan harus 3 kali lebaran gan,.

Wah info yg bagus mas, lama gak ksini Minal Aidin Wal Faizin aja yah, Sukses selalu!

So kesimpulannya adalah pinter-pinter liat keadaan sendiri deh, hehehe... Biar nggak merugikan diri sendiri

seneng dan bahagia ketemu keluarga
demi di hari raya
pasti ga ada ruginya

selamat hari lebaran

saya mudiknya habis lebaran, hehe
tukar link yuk kang :)

tahun ini gk mudik jadi rindu kampung ;((

tetap semangat deh tapi :d

Gema Takbir Menyapa Semesta,
Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

Kerugian yang terakhir... padahal itu intinya ya Sob...

Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H
Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin

saya mudiknya hari kedua kang....akang udah diudik ya?selamat bertemu dengan sanak keluarga...salam sehat dan
saya kesini mau ngucapin :
dari hati yang paling dalam Mohon dibukakan pintu ma’af yang sebesar-besarnya atas komentar2ku yang sering sekenanya serta sikap yang tak terjaga, semoga lebaran ini jadi berkah bagi kita semua, dan besok menjadi fitri kaya bayi...gituh deh

Selamat hari raya idul fitri.
Mohon maaf lahir dan batin. ^_^

Mampir lagi sob sembari mengucap selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin ya

Selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1434 H
minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin :)

alhamdulilah mudik lancar dan selamat sampai tujuan :)

Taqaballahu minna wal minkum. Selamat Hari Raya idul fitri 1434H, Minal Aidzin wal
Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

ini kunjungan perdana saya,
semoga bisa menjalin silaturahmi..
selamat idul fitri :-)

Sangat bermanfaat mas artikel nya... salam kenal yah dan Selamat Hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin

maap lahir batin ya Pak klo ada salah2 kata *smile

“Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
(Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

kehilangan mimentum ahir lebaran itu yang pasti mas... kadang juga ada yang kehilangan momentum sholat ied.. karena masih dalam perjalanan.. hehehe

Mampir lagi sobat.... Semoga Hari Raya Idul Fitri sekarang mendapat banyak berkah, aamiin

minal aizdin walfa'izdin
mohon maaf lahir dan batin
selamat hari lebaran

rame banget sob heheheh. trmksi dah berbagi mohon ma'af lahir batin sobat

ttaqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum....

happy ied mubarak pak el....mohon maaf lahir batin ya...

Menurut saya, mudik jangan dianggap sebagai kerugian "biaya". Mudik merupakan pengalaman yang sangat mengesankan. Ingat, tidak semua orang bisa mudik loh

met mlm kang mohon ma'af lahir batin y kang. kalu slama ini aq banyak kesalahan dalam berkomentar

pengen juga sih ngerasain mudik tapi sayang ga punya kampung :D

lebarannya cuma keliling kampung silaturahmi sambil bermaafan,poll bgt capenya.. :)

Selamat hari raya Idul Fitri 1434H.
Mohon maaf lahir dan batin kang...

selamat hari raya idul fitri...
mohon maaf lahir dan batin

BILIH AYA LANGKUNG SAUR BAHE CAREK, KACIWIT KULIT KABAWA DAGING, TUNGGUL DIRURUT CATANG DIRUMPAK, NYUNGKELIT ATI TEUGENAH MANAH MUNDUT PANGAMPURA, WILUJENG BOBORAN SHIAM 1434H HAPUNTEN SAMUDAYA KALEPATAN .. MANG YONO DAN KELUARGA

TAQOBBALLAHU MINNA WA MINKUM. TAQOBBAL YA QARIM KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Selamat Hari Raya Idul Fitri yah mas bro
Mohon Maaf Lahir Dan Batin :)

Mampir lagi sobaaatt.... Sembari ngopi dan membawa kopi buat sobat, wkwkwk

btw mas mudiknya ke mana?
oh ya mu ngucapin Selamat Hari raya Idul Fitri 1434 H untuk semua yang merayaknannya. mohon maaf lahir batin... Happy Ied Mubarak by Didah admin http://www.tempatwisatadijawabarat.com

Namun apapun itu kalau sudah menjadi budaya terkadang kecintaanlah yang tampil pertama kemuka :)
Dari semenjak Clifford Geertz menuliskan tentang Riyaya (alih hari raya) mungkin kita bisa membagi anasir-anasir bagaimana mudik bisa menjadi satu budaya yang ada di Indonesia.

Salam Zaki.

Iya kang, naudzubilah min dzalik
Semoga kita selamat sampai tujuan hingga pulang kembali. Amiin

Wah pas lebaran malah kerja ya sob :)
Semoga sukses aja ya sob

Oke sob, makasih kunjungannya yah

Iya sob, paling kehilangan momentum idul fitri sama keluarga :)

Kan stesnya ilang pas nyampe rumah mas :)

Iya kang, tapi sepertinya idul fitri kurang afdal tanpa mudik yah :)

Ngga papa sob, yang penting selalu menjaga silaturrahim..

Iya bener sob, ya mungkin juga budaya ini hanya di Indonesia

Ga papa sob, yang penting keep silaturrahim aja yah

Mohon maaf lahir batin juga ya sob...

Yup bener sob, trims kunjungannya yah

Ga papa sob, yang penting mudik kan :d
Okelah sob, saya belum bisa buka kompi nih

Mohon maaf juga ya mas..

Taqobbalallahu minna wa minkum

Sama-sama bang, saya juga mohon maaf jika selama ini kurang sopan dan ada ungkapan yang kurang berkenan

Iya kang, saya masih dikampung nih :d
Sya juga mohon maaf ya kang bilih aya ucapan atau komentar yang kurang sopan selama ini

Mohon maaf lahir batin juga ya sob..

Sama-sama sob, mohon maaf lahir batin juga yah

Kalo masalah rugi tidaknya mudik yang penting memang silaturahminya..
Saya tidak pernah mudik gan. tapi bagi yang mudik semoga selamat sampai tujuan.



mudik gak mudik yang penting silaturrahmi harus tejaga selalau sob....heee..mumpung masih suasana syawal mohon maaf lahir batin ya gan..

Kalau aku tetap di kampung halaman, jadi nggak ada istilah mudik. Hehe..

Mampir ya http://lintasgaul.blogspot.com

Mas admin nya masih di tp mudik nih kayaknya :)

Minal aidin wal fa idzien bang Mu ro'i...mohon maaf lahir bathien ya bang..hahahyy

Adminnya udah selesai belum nih mudiknya. hehehehe.
Mohon maap lair batin ya om

Belum ada postingan terbaru nih Mas El? Hehehe... Sukses selalu yaaa...

bagaimana mudiknya mas muro'i semoga lancar silaturohimnya,
mohon maaf lahir dan batin ya mas..
saya banyak clometan sih..

blogwalking nyari yg baru (h)

Itulah yang memang terjadi Kagn kalau mudik bagaimanapun itu sudah memang terjadi kalau mau mudik.

mumpung masih suasana lebaran.. saya mohon maaf lahir dan batin ya mas.. kalau selama ini ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati mas muro'i...

Sama-sama mas, saya juga mohon maaf lahir batin kalo ada salah-salah yah

Taqobbal ya karim. Amiin

Mohon maaf lahir batin juga ya kang

Taqobbal ya karim. Amiin...

Sama-sama ya akh, saya juga mohon maaf kalo ada salah-salah komentar

Iya mas, apalagi sekarang banyak macet di jalan, bisa lebaran di kendaraan jadinya :d

Untung saya ga pernah ikutan mudik mas... mohon maaf lahir dan bathin

benar sekali. Jangan kaya saya,. HP terjatuh (mungkin kena copet) saat kami tiba di terminal pondok ungu. Hiksssssssssssss

saya juga ga pernah ikut mudik mas :D

Minal Aidzin ya :)

http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
http://www.famousbagsmall.com/
http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
http://www.vipbagsmall.com/
http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA