Mudik, Manfaat dan Kerugiannya

mudik
Illustrasi Mudik Lebaran
Mudik, Manfaat dan Kerugiannya | Sobat Muroi El-Barezy, sudah tahu kan apa itu arti mudik? Seperti apa yang termaktub dalam kamus mba Wiki, Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja urban untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik berasal dari bahasa jawa "Mulih Dhisik" yang artinya pulang dulu. Senada dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik juga artinya pulang ke kampung halaman. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Disamping istilah diatas, mudik juga bisa diartikal berasal dari kata “Udik” yang artinya kampung. Kalo yang satu ini saya kurang senang dengan istilah ini. Walau dari kampung, siapa sih yang mau disebut orang kampung yang identik dengan norak hehe…

Mudik seperti sudah disebutkan diatas adalah sebuah tradisi tahunan menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri saja. Tentunya mudik inipun ada manfaat dan kerugiannya juga. Menurut analisis saya pribadi yang belum tentu kebenarnya ada beberapa manfaat dan juga kerugian dari mudik ini.

Manfaat Mudik :

Sarana Silaturrahim Kepada Orang Tua dan Sanak Saudara
Manfaat yang pertama adalah sudah jelas, silaturrahim, terutama kepada orang tua. Apalagi jika kedua orang tua kita masih hidup, bersilaturrahim kepada mereka adalah suatu kewajiban. Namun pertanyaannnya adalah apakah silaturrahim ini hanya dilakukan pas lebaran saja? Tentunya tidak, silaturrahim bisa dilakukan kapan saja, namun karena mungkin lebaran adalah moment yang cocok untuk silaturrahim, maka betapa ribuan para pemudik rela untuk antri dan berdesakan mendapakan tiket angkutan. Alasannya adalah jelas, mereka ingin bersilaturrahim kepada orang tua dan sanak saudara lainnya. Seperti apa yang disabdakan Rosulullah bahwa barang siapa ingin dipanjangkan umurnya maka sambunglah silaturrahim.

Refreshing dari Rutinitas Kerja
Manfaat yang kedua dari mudik ini adalah tentunya berhenti sejenak dari rutinitas kerja, menghilangkan kepenatan dengan cara mudik pulang kerumah mempunyai nuansa tersendiri daripada pergi ke tempat-tempat rekreasi. Tak dipungkiri suasana kerja apalagi dibawah tekanan target tertentu adalah sangat membuat seseorang menjadi stress sehingga dengan mudik ini diharapkan menjadi penyemangat kerja setelah kembali nanti.

Kerugian Mudik :

Rugi Biaya
Ini jelas, rugi biaya. Betapa tidak, dihari-hari biasa mislanya ongkos kendaraan seratus ribu bisa menjadi dua kali lipat menjadi dua ratus sampai dua ratus lima puluh ribu rupiah. Kenaikan Tuslag yang kadang tidak terkendali jelas sangat merugikan para pemudik. Namun karena terpaksa mereka dengan berat hati tetap harus merogoh kantong lebih dalam lagi hanya untuk mudik ini. Ongkos mahal tidak jadi masalah asal bisa pulang kampung saat lebaran. Sekalipun ketika kembali lagi terpaksa harus hutang sana-sini itu lain masalah hehe…

Kehilangan Momentum Akhir Ramadhan
Kerugian yang kedua menurut sudut pandang saya pribadi adalah kita akan kehilangan momentum di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Betapa tidak, sepuluh hari terakhir adalah moment yang paling krusial di saat Ramadhan. Bahkan Rosulllullah sendiri ketika akhir Ramadhan, beliau mengencangkan ikat pinggangnya yang artinya semakin banyak beribadah dengan melaksanakan I’tikaf (berdiam di masjid) dengan meninggalkan segala urusan dunia. Kitapun dianjurkan demikian, semakin mengoptimalkan ibadah disaat sepuluh hari terkahir ini. Namun karena kegiatan mudik ini tentunya ibadah kita akan terganggu. I’tikaf di tinggalkan, tarawih juga mungkin masih dijalan yang mungkin bisa makan berhari-hari karena kemacetan dijalan.

Itulah beberapa manfaat dan kerugian saat mudik lebaran dilhat dari sudut pandang saya pribadi. Mungkin ada presepsi yang berbeda dari sobat blogger sedunia, monggo berbeda pendapat asal tidak memutuskan tali silaturrahim saja hehe…. Tahun inipun saya harus mudik lebaran karena tahun kemarin tidak sempat saya lakukan, semoga tidak mengurangi niat kita untuk selalu optimal dalam ibadah di sepuluh hari terkahir di bulan Ramadhan ini. Selamat mudik juga kepada semua sobat blogger sedunia, semoga selamat sampai tujuan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging

Share this

Catatan Kang Muroi, adalah blog yang menyajikan berbagai macam info menarik, Kolom Tutorial, Blogger Template, Motivasi, Otomotif, Rubrik Islam, Tips dan Trik dan berbagai macam hal menarik lainnya

Related Posts

Previous
Next Post »