9 Jul 2013

Penentuan Awal Ramadhan Ikut Pemerintah atau Ormas Islam?

·   104

penentuan awal ramadhan
Sudah menjadi kebiasaan tiap tahunnya, pasti ada selisih pendapat tentang penentuan awal Ramadhan dan ‘Idul Fitri. Sepertinya pemerintah kita tidak ada standar kalender hijriah yang baku yang bisa menyelesaikan masalah ini. Pada tahun inipun terjadi hal yang sama, pemerintah sudah menentukan kapan awal ramdhan, namun ada salah satu ormas yang dengan segala keyakinan dan argumennya tidak mau mengikuti kepeutusan pemerintah ini. Yang menjadi pertanyaan, apakah penentuan awal Ramadhan itu ikut pemerintah ataukah ormas Islam?

Saya sendiri tidak bisa menjelaskan dikarenakan ilmu yang tidak memadai dalah hal ini. Namun ada sedikit referensi yang mungkin bisa dijadikan renungan buat sobat yang bingung dengan keadaan yang hampir tiap tahun terus terjadi selisih pendapat seperti ini.

Namun sebagai inti dari dialog dalam video ini adalah bahwa sebaiknya kita dalam menentukan awal Ramdhan atau Idul fitri sebaiknya selalu mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh para Waliyyul Amr (penguasa kaum muslimin). Mengapa demikian? karena Idul fitri demikian pula puasa Ramadhan dan ‘Idul Adha adalah ibadah yang bersifat kolektif bersama seluruh kaum muslimin dan ibadah ini bersifat syiar sehingga perlua adanya kebersamaan dan satu presepsi, otak boleh berbeda tapi dalam pelaksanaan harus bersama. Nabi shallallahualaihi wasallam bersabda :
الصَّوْمُ يَوْمَ تَصُومُونَ وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَاْلأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ
“Puasa itu pada hari (ketika) kalian semua berpuasa, Idul fitri pada hari ketika kalian semua beridulfitri dan Idul Adha ketika kalian semua ber Iduladha” 

Untuk lebih jelasnya bisa kita saksikan pada video berikut ini yaitu tentang penentuan awal Ramdahan itu ikut pemerintah atau ormas Islam?

Pada video ini, Ustadz Zainal Abidin, Lc. (Staf Ahli Syariah Majalah Pengusaha Muslim) menjawab sebuah pertanyaan klasik di negeri kita, yaitu tentang penentuan awal Ramadhan, apakah mengikuti keputusan pemerintah, ormas Islam, ataukah mengikuti negeri Arab Saudi? Semoga penjelasan singkat dari Ustadz Zainal dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kaum muslimin seputar penentuan awal Ramadhan. Saya harap bisa disaksikan sampai tuntas agar tidak timbul presepsi yang salah, dan silakan bisa sobat simpulkan masing-masing ini dari penjelasan tersebut.  Selamat menyaksikan.

Semoga video ini sedikit bermanfaat, namun semuanya kembali kepada keyakinan masing-masing. Semoga perbedaan ini tidak menjadi sebuah perpecahan. Selamat menunaikan ibdah shaum Ramadhan dan happy blogging...

Referensi : http://yufid.tv/penentuan-awal-ramadhan-ikut-pemerintah-atau-ormas-islam/

Subscribe to this Blog via Email :