15 Jul 2013

Ngabuburit

·   156

ngabuburit
Ngabuburit | Assalamu ‘alaikum sobat blogger sedunia, semoga baik-baik saja dan sehat selalu. Langsung saja deh tanpa panjang dan kali lebar, pada postingan kali ini saya sedikit membahas sebuah kata yang mungkin sudah familiar di telinga sobat semua. Kata itu adalah “NGABUBURIT”. Kata ngabuburit ini sekarang sudah menjadi istilah semua orang untuk menunggu waktu saatnya berbuka puasa. Dan sepertinya ini sudah menjadi bahasa nasional. Namun apa arti yang sebenarnya dan dari mana sih asal kata ngabuburit itu?

Yup, kalo sobat blogger urang sunda pastilah tahu kata ini. Karena ternyata kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, artinya kurang lebih menunggu saat berbuka puasa. Padahal kata dasarnya sendiri sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan puasa. Burit berarti sore. Ngabuburit berarti menunggu sore, dan tadinya sih tidak harus bulan puasa saja. Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi: menunggu saatnya buka puasa

Makanya tidak aneh ketika atau saat-saat menjelang magrib di jalanan pun selalu ramai di penuhi orang-orang yang hendak ngabuburit,  terbukti di daerah saya sendiri pada waktu sore pasti sudah banyak orang yang lewat dengan maksud hendak ngabuburit terutama kalangan anak-anak muda.

Adapun aktifitas untuk mengisi waktu ngabuburit ini bermacam-macam; Ada yang cuma tidur-tiduran, nonton tipi, maen game, olah raga, jalan-jalan, atau ada yang mengisinya dengan mengaji atau mendengarkan kajian keislaman bersama-sama di masjid, dan lain-lainnya lagi, pokoknya yang menjadi inti tujuan dari pada ngabuburit ini yaitu menunggu waktu buka puasa dengan melakukan berbagai aktifitas.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai istilah ngabuburit yang tak asing lagi kita dengar terutama bagi muslimin dan muslimat pada bulan suci Ramadhan ramadhan ini. Tapi yang jelas sebaiknya kita menggunakan waktu menjelang maghrib ini untuk hal-hal yang positif dan mengandung pahala, karena apapun kegiatan kita selama itu niatnya ibadah akan dilipatgandakan pahalanya selama bulan puasa ini.

Ngabuburit yang salah dan bukan pada tempatnya adalah justru kita banyak berbuat maksiat, seperti cuci mata dengan melihat yang bukan mahromnya, atau mengganggu orang dengan bermain-main petasan di jalan dan perbuatan negative lainnya. Nah begitu sob, ngomong-ngomong sobat kalo ngabuburit melakukan aktifitas apa nih? Semoga yang bermafaat yah.

Akhirnya semoga amal kebaikan kita di bulan yang penuh berkah ini diterima Allah SWT. Amiin.

Semoga bermanfaat dan happy blogging……


Subscribe to this Blog via Email :