Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Ngabuburit

By On 15.7.13

ngabuburit
Ngabuburit | Assalamu ‘alaikum sobat blogger sedunia, semoga baik-baik saja dan sehat selalu. Langsung saja deh tanpa panjang dan kali lebar, pada postingan kali ini saya sedikit membahas sebuah kata yang mungkin sudah familiar di telinga sobat semua. Kata itu adalah “NGABUBURIT”. Kata ngabuburit ini sekarang sudah menjadi istilah semua orang untuk menunggu waktu saatnya berbuka puasa. Dan sepertinya ini sudah menjadi bahasa nasional. Namun apa arti yang sebenarnya dan dari mana sih asal kata ngabuburit itu?

Yup, kalo sobat blogger urang sunda pastilah tahu kata ini. Karena ternyata kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, artinya kurang lebih menunggu saat berbuka puasa. Padahal kata dasarnya sendiri sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan puasa. Burit berarti sore. Ngabuburit berarti menunggu sore, dan tadinya sih tidak harus bulan puasa saja. Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi: menunggu saatnya buka puasa

Makanya tidak aneh ketika atau saat-saat menjelang magrib di jalanan pun selalu ramai di penuhi orang-orang yang hendak ngabuburit,  terbukti di daerah saya sendiri pada waktu sore pasti sudah banyak orang yang lewat dengan maksud hendak ngabuburit terutama kalangan anak-anak muda.

Adapun aktifitas untuk mengisi waktu ngabuburit ini bermacam-macam; Ada yang cuma tidur-tiduran, nonton tipi, maen game, olah raga, jalan-jalan, atau ada yang mengisinya dengan mengaji atau mendengarkan kajian keislaman bersama-sama di masjid, dan lain-lainnya lagi, pokoknya yang menjadi inti tujuan dari pada ngabuburit ini yaitu menunggu waktu buka puasa dengan melakukan berbagai aktifitas.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai istilah ngabuburit yang tak asing lagi kita dengar terutama bagi muslimin dan muslimat pada bulan suci Ramadhan ramadhan ini. Tapi yang jelas sebaiknya kita menggunakan waktu menjelang maghrib ini untuk hal-hal yang positif dan mengandung pahala, karena apapun kegiatan kita selama itu niatnya ibadah akan dilipatgandakan pahalanya selama bulan puasa ini.

Ngabuburit yang salah dan bukan pada tempatnya adalah justru kita banyak berbuat maksiat, seperti cuci mata dengan melihat yang bukan mahromnya, atau mengganggu orang dengan bermain-main petasan di jalan dan perbuatan negative lainnya. Nah begitu sob, ngomong-ngomong sobat kalo ngabuburit melakukan aktifitas apa nih? Semoga yang bermafaat yah.

Akhirnya semoga amal kebaikan kita di bulan yang penuh berkah ini diterima Allah SWT. Amiin.

Semoga bermanfaat dan happy blogging……


156 komentar

iya nih mas istilah ngabuburit kata teman sih dari bahasa sunda, dan memang di kuatkan lagi oleh tulisan mas muro'i .
berarti ngabuburit dirumah juga bisa ya mas dan aman dari kejahatan cuci mata yang berujung pada maksiat

wah bener banget tuh mas, maksih ya :)
jangan lupa kunjungi balik ya :D

wkwkwk ngabuburit ngeblog aja deh mas dari pada niat nya ngabuburit malah cuci mata malah bikin batal puasanya :D hhhehehe

wah ane baru tahu kalau burit artinya sore,,makasih om untuk ulasannya

gambarnya temen saya Arman gigi, kirain ngabuburit bareng GIGI.. ternyata lagi menghayal GIGI ngabuburit ke pandeglang ya... :))

kalau dijawa namannya ngapetengubret ubret kali ya kang

betewe tamplatenya ganti lagi ya kang el?

Oh..kang ci teh temena gigi arman?? eh arman gigi maksudnya..hehe

Kayaknya nggak ada lagi kata menunggu berbuka puasa yaitu ngabuburit ya pak el ?

ngebuburit, ngabubur beurit (tikus) wkwkkwk

salam mas Moro'i

Agus Setya : iya mas ngabuburit dirumah dengan hal yang positif lebih baik daripada cuci mata :d

Cilembu thea : aduh ga ada tuh kang istilah begitu ngapetengbret hehe.. :d

iya sob, makasih juga sudah mampir dimari

bener sob, mending ngeblog sambil menjalin silaturrahim itu lebih positif kayanya yah :)

iya sob, itu dari bahasa sunda, makasih juga sudah datang dimari

loh emang iya ngabuburit bareng GIGI kan, kalo ga ada GIGI bagaimana caranya mau makan menu buka puasanya.. :-)

Ane ngabuburit jalan2 di blognya bang Muroi :D

setuju juga saya ...*sambil manggut-manggut

Kalau aktivitas saya mah, cuma lihat TV lokal, nunggu acara favorit, adzan maghrib ... he he

wah jujur saya malah baru tau arti dari ngabuburit ini mas.. hehehhe ternyata dari bahasa sunda to.... "menunggu sore" ...

saya ngabuburit hanya baca2 doang... gak ada yg laen...

mas agus bicaranya bener2 udah kayak ust solmed... jamaah oh jamaah...

kalo cuci mata sambil makan dan minum ya batal kang

kalo bahasa sasak sore itu eleq-eleq

selamat berpuasa ya sob.. :D
visit me back ya..

kalau ngabuburitnya nungguin magrib sambil makan kuaci biar ga bete batal ga ya :-d

yang jamaah ..jamaah itu ust Maulana hehe...

iyalah hehe..jelas batal sob :d

wah di telinga saya kedengarannya unik sob...

masih banyak sob, malah di tipi juga banyak acara ngabuburit tuh

makasih sob sudah ngabuburit dimari...

makasih mas, ini udah mau sahur lagi hehe...

itu acara pavorit orang yang lagi puasa mas, adzan maghrib :d

kalau kulitnya yang dimakan mungkin gak batal .. wkwkwkwk

ngabuburit sih sering cuma dibuat tidur-tiduran.hehehe

ngabuburit... bisa juga ngantri beli bubur atau kolak hehe .. asal :d

waaah mantabb tuh mas... ngabuburit bareng GIGI

wah mas mas hehe....selamat ngabuburit aja kalo gitu

selamat puasa juga sob..oke siap gan

awas sob, nanti malah ketiduran sampe isya lagi hehe...

itu mah ilustrasi doang mang, kan ada tulisan ngabuburitnya hehe...

yaah kayak ustad malahan, saya kan orang biasa yang belum paham ilmu agama mas, hehe
kalau ngabuberit apa dong ?

iya nih tak kira gigi sedang konser

lho acara kita kita kok sama ya

kalau saya sekarang sih tidak pernah ngabuburit mas, masak nunggu kereta termasuk ngabuburit? hehe

abis subuh ama sebelum magrib ditempat ku juga banyak yg pada jalan2 ato istilahnya ngabuburit itu.

ngabuburit tak masalah asal bisa menjaga mata, tapi sulit untuk dilaksanakan

kalo saya ngabuburit nya blogging sambil istighfar, hehe ^_^

Ooo jadi paman ini penunggu palang kereta? Pantes postingannya tentang kereta terus... hihi (Puasa loh nggak boleh marah)

(^,^)v

Paling enak itu ngabuburit sambil jalan2 cari tempat makan, buka puasa sekalian diluar jadinya... sama keluarga tapi, lebih berasa :)

iya mas kalau makan kultinya kagak batal soalnya kagak berasa manis pahit atau apa

lama-lama juga kaya ustadz mas hehe...

tapi emang GIGI lagi konser mas, di Pandeglang juga nanti ada

itu memang acara pavorit semua orang yang lagi puasa mas hehe...

tapi kalo sengaja dimakan ya batal juga sob puasanya walaupun ga berasa apa-apa..

bukan, jadi masinisnya kok..apa yang markirin kereta yah :d

kalo sebelum magrib istilahnya ngabuburit, tapi kalo abis subuh apa ya sob, ga ada istilahnya kayanya yah

iya sob yang namanya jalan-jalan di tempat keramaian memang susah untuk menghindari hal yang demikian, kalo pengin aman sih ya ngabuburit di rumah saja kayanya...

wah ngabuburit yang positif itu sob :)

hmm jadi pengin tuh kaya gitu, enak banget kayanya...

kalo saya ngabuburitnya, blogwalking kang, sperti saat ini

oooh kirain di Pandeglang ada GIGI :d

saya g ngabuburit, dirumah aja nongkrong didpan PC main game. G kerasa, tahu2 sudah maghrib

ngabuburitnya udah lewat jadi blogwalking aja skrng

Beneran ada kok mang GIGI di pandeglang, acara ngabuburit juga

Trimakasih sob sudah ngabuburit disini

Wah ga ngerasain puasa dong hehe...

ngabuburitku, yah nyediain makanan untuk berbuka nantinya bro.. biasa.. emak2 sejati khan aktifitasnya emang seperti itu.. hehehe

Template blognya berubah lagi ya mas?... makin cakep saja

memang sudh dari dulu grup Gigi selalu ngabuburit bareng jarum, dulu juga di tempat saya ada.sering malah.

aduh mas jauh, saya kan tukang parkir mas, mas muroi lho pantes jadi ustads karena ilmunya tinggi

tukang parkir kereta dong

emang ustadz kang mur itu :)

saya malah bingung ngabuburit'nya mau ngapain.. :-?

saya mau ngabuburit tapi gak ada yang diajakin.. hehehe..

kunjungan rutin om,,salam blogwalking

absen dulu gan :) izin mampir :)) selamat malam :-d
jangan lupa mampir juga ya diblog saya :D

oke sob, makasih sudah ngabubrit lagi disini hehe...

ngeblog aja mas, sambil silaturrahim :)

waduh kang, sanes ustadz abdi mah :)

wah mas agus ini merendah nih, semua profesi asal halal itu kan baik dimata Allah mas

oalah, baru tau aq kalok itu berasal dari bahasa sunda...
:D
tp istilah itu sampek ke sluruh indonesia...

ya ngajak yang ketemu di jalan aja sob hehe... :D

trimakasih sob atas kunjungannya..salam juga

Setifikat ustadnya belum ada ya..

magrib yg selalu ditunggu2x

kalau saya hunting makanan buat buka puasa

kalau saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi temen2 muslim

baru tahu ane kalau trnyata asli bahasa sunda

nah ini baru ustadz beneran

kalo di jawa itu ngabubumprit #ngarang.

ganti template ini? saya ketinggalan apdetnya :D *salah fokus*

cuci mata aja batal.. sangat di sayangkan, udah nahan lapar tapi hasilnya 0 .


aaamiin semoga amal kebaikan kita di bulan yang penuh berkah ini diterima Allah SWT.

percaya sob, sobat yang rajin dateng kesini, makasih yah

amin yah kang semoga ngeblog kita jadi lebih bermanfaat :p

iya sob dari sunda, tapi sekarang sepertinya sudah jadi bahasa yang umum...

wah itu ngabuburit yang enak mba, abis jalan-jalan langsung buka puasa...

trimakasih sob, selamat berpuasa juga...

alhamdulillah..yuk ngabuburit yang positif aja...

Ngabuburit!jala-jalan ,langsung mampir ke blog nya kang EL

"ngapetengubret"Baru dengar !xixixi

Enak juga mas sambil ngabuburit main musik dulu bersama band gigi :)

Ayo ngabuburit dulu sambil nunggu buka puasa :D

iya tuh, istilah darimana yah hehe.. :d

belum di sertivikasi mba hehe.. :D

amin ya robbal alamin, makasih sob

ngabuburit yang bermanfaat dan berpahala itu namanya

iya mang, ya biar ga bosen ngeblog lah..ngutak atik template jadinya

iya kang GIGI memang rajin ngabuburit yah :-D

beneran bukan ustadz mas hehe...

wah, ikutan ngabuburit di sini ah,.

wah, kalo ane cuma kerja aja gan..

wkwkwkwk :D

lama nggak datang kesini, begitu datang langsung ngabuburit nih.. :)

ngabuburit sambil ngeblog juga tetep harus hati-hati, banyak konten-konten ga jelas yg dijadiin jebmen

mampir lagi sambil ngabuburit sobat :-)

nengok...sambil mo nanya, sehatkah?...semoga!!
tumben rada lama ng'postingnya.

iya nih lagi ga ada kerjaan, mendingan ganti tempalte hehe...

makasih kang sudah ngabuburit disini..

enak sob, tapi kadang banyak yang ribut juga tuh, padahal lagi puasa, tapi pada puasa ga yah :d

Ayo sobb, tapi ngabuburit yang positif yah :)

mampir dulu ah :)
ditunggu ya gan kunjungan baliknya :))

aku kalo ngabuburit suka di rumah aja nonton TV kalo engga ya blogwalking aja

ane ngabuburit dirumah sambil masak, nggak terasa

masih banyak yang mesti di rapikan nih kayaknya gan :D

ngabuburit di sini lagi deh gan :D :D

yg penting jangan ngabuburit sambil minum es aja deh. :v


maaf ni baru bisa aktif blogwalking.

wah kyaknya lagi sibuk banget nih sobat :D

betul, jadi bisa pilih2x makanan yang mau dimakan sesuai dengan kesukaannya

ngabuburit yang berpahala itu sob, semoga sukses kerjanya yah...

iya nih baru nongol lagi mas, kemana aja tuh hehe...

Ngabuburit saya pas lagi di jalan...mau pulang kerumah bis
Gawe mas El...hehe :)

ngabuburit sambil blogwalking lebih seru :d

ngabuburit yang positif ya cuma kemasjid, baca qur'an, yang lain-lain nggak menjamin kang

ngeblok termasuk ngabuburit juga ya mas

Bener banget tuh mas..
http://center60.blogspot.com/ Visit back ya...

iya namanya juga ngabuburit :-)

Wah.. ternyata makna awalnya g ada hubungannya dengan buka puasa ya.... tp itulah kekhasan suatu daerah yang berkembang menjadi trend nasional.... tidak apa-apa kalo maknanya sudah berubah... tetap manis koq...

Iya bener, salah-salah banyak maksiat lagi yah hehe..

gan ko jarang update ya? saya koment nya jadi di postingan ini terus nih :-d hahaha

Hahaha.. bener mas, sekarang ngabuburit cuma bagian dari ngikuti trend.
Mending kayak saya ajah, ngabuburitnya tiap hari cuma sama komputer.