Betonisasi Jalan Raya

Betonisasi Jalan Raya

jalan beton
Betonisasi Jalan Raya | Akhir-akhir ini masyarakat Pandeglang sepertinya malas untuk bepergian. Pasalnya perbaikan jalan yang tak kunjung selesai membuat macet dan antrian kendaraan bisa berjam-jam lamanya. Route yang biasanya hanya menempuh waktu setengah jam saja, tapi sekarang bisa memakan waktu dua sampai tiga jam perjalanan.

System buka tutup jalan adalah solusi untuk para pengguna jalan yang melintas. Namun kemacetan tak bisa lagi dihindarkan. Belum lagi banyak supir angkutan yang tidak sabar menerobos  antrian, yang terjadi adalah bertemunya kendaraan dari dua arah dan ini akan memperparah kemacetan. Apalagi waktu libur, kemacetan akan semakin panjang bisa mencapai kiloan meter.

Yang tidak habis pikir pengerjaan jalan ini terkesan lamban dan bahkan sepertinya jalan yang baru separuh itu kelihatan mangkrak tidak tahu kapan ada kelanjutannya. Saya sendiri kurang tahu apa alasannya, apa mungkin masalah anggaran atau yang lainnya.

Tapi dengan adanya betonisasi yang terkesan lambat ini ada beberapa pihak yang merasa diuntungkan juga loh, beberapa diantaranya adalah menjamurnya pedagang asongan disekitar pengerjaan jalan dan ada juga para penjaga jalan untuk buka tutup. Mereka biasaya meminta sumbangan juga kepada para pengguna jalan. Lumayanlah bisa menciptakan lowongan pekerjaan ditengah penderitaan para pengguna jalan yang kesel dengan kemacetan hehe….

Proyek betonisasi ini meliputi jalur Pandeglang-Labuan. Jadi jika sobat saat ini ingin berlibur ke Carita mungkin bisa melalui jalur alternative Mengger-Mandala Wangi, disamping jalan yang mulus juga sedikit kendaraan yang melintas.

Kebijakan betonisasi jalan memang ada untung dan ruginya. Saya sendiri kurang tahu mengapa pemerintah membuat jalan beton sebagai pilihannya daripada jalan aspal. Menurut saya jalan aspal lebih nyaman jika dilewati kendaraan karena permukaannnya yang halus.
Namun menurut beberapa pengamatan ada kelebihan dan kekeurangan dari jalan beton tersebut. Berikut beberapa kelebihan dari jalan beton :
  • Karena tebalnya beton ini sehingga bisa menahan beban kendaraan yang berat.
  • Nah mungkin ini alasan kenapa jalan-jalan di Pandeglang di beton, karena seringnya berlubang karena terkena air hujan, tapi dengan adanya betonisai bisa tahan terhadap genangan air dan banjir.
  • Karena awet maka biaya perawatannya pun lebih murah dibanding jalan aspal yang hampir tiap bulan ada saja yang sudah berlubang setelah diperbaiki.
  • Kelebihan jalan beton berikutnya adalah bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Tidak seperti aspal, untuk pengadaan material jalan beton ini lebih mudah didapat.
Namun dari beberapa kelebihan jalan beton diatas, ternyata ada banyak juga kekurangannya. Diantara kekurangan jalan beton adalah sebagai berikut :
  • Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaanya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan. Inilah yang membuat lama pengerjaannya, padahal sudah jadi tapi harus menunggu beberapa minggu baru bisa digunakan.
  • Biasanya ini sangat tergantung dengan beban yang melintas di ajalan beton tersebut. Penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal.
  • Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat. Tapi tidak dengan jalan beton di Pandeglang ini, menurut saya sih sangat kasar sehingga ketika saya berkendara sangat tidak nyaman karena permukaan jalan yang tidak halus.
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya apalagi jika hujan akan terasa licin.
Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jalan beton yang saat ini sedang berlangusng pengerjaannya di daerah Pandeglang dan entah kapan selesainya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

80 comments

Wiih ane dapet pertamax nih, heheu i


Soal betonisasi ane baru denger bang *ngerasa katrok banget gue*, setelah dibaca ternyata betonisasi itu jalan dari beton, kenapa ane gak kepikiran ya? Ckck. Bener omongan bang muro diatas, pengerjaan jalan emang lambat banget, di tempat ane pelebaran jalan udah 1 bulan lebih gak kelar2

Balas

selamat buat pertamax-nya sob, kebetulan sudah naik harganya jadi lumayan mahal hehe...

wah berarti ga dimana-ga dimana ya sob, pembangunan terkesan lambat

Balas

oh inimah kaya di tempat saya,..memang bikin ngeri, takutnya ada motor ngebut terpeleset, oh ya kenapa blog up-date saya nggak ada muncul judul ini yah.

Balas

oh pantesan rumah-nya baru lagi yah, rss-nya nggak ada.

Balas

Ternyata ada kelebihannya juga yah mas ... :) Aspal juga keras mas .. :D

Balas

semoga pengerjaan jalannya cepat selesai om, biar masyarakat pandeglang bisa jalan tanpa adanya mace

Balas

oh ya om tukaran link yuk, saya udah pasang linknya

Balas

bener banget tuh mass... sipppp

Balas

Semoga cepat selesai pengerjaannya dan tidak macet lagi

Balas

kelebihannya bikin macet kalau belum selesai pengerjaannya

Balas

Iya nih kang, tapi coba link saya dimasukkan ulang lagi kang, semoga bisa ter-update kang

Balas

Wah itu sih kelebihan yang negatif namanya mas hehe...

Balas

Amiin, iya nih sob jadi ga nyaman kemana-mana juga, macet

Balas

Oke sob, tapi link sobat nanti saya pasangnya, belum bisa buka kompi nih...

Balas

Oke sob, trims atas kunjungannya...

Balas

Amiin, ya makasih mas atas kunjugan dan doanya...

Balas

masing2 ada kelebihan dan kelemahannya ya mas..
Semoga pengerjaannya cepet selesai dan membawa perubahan lebih baik ya mas :)

Balas

kalau dari pandeglang ke saketi kena ndak mas, soalnya mamang mau ke tempat saudara di daerah Malingping daerah pantai Bagedur....

Balas

masing2 ada kelebihan dan kelemahannya ya mas..
Semoga pengerjaannya cepet selesai dan membawa perubahan lebih baik ya mas :)

Balas

dan selesai sebelum mudik lebaran ya mas

Balas

yang jualan emping tangkil banyak ya mas

Balas

siip juga dari mamang

Balas

link mamang belum

Balas

kalau mau berlibur ke Banten bisa bisa nginep dulu nih di rumahnya mas Muroi... hehehe

Balas

yang positif buka penginapan saja mas

Balas

Kalo dari kota pandeglang ke arah malingping kira-kira ada lima titik kemacetan mang, jadi lumayan lah

Balas

Boleh mang, nanti kalo mau tukar link, silakan pasang link saya mang

Balas

Oke mang sama-sama siip lah, makasih dan semoga sukses mang

Balas

dananya kurang mas, apa uang pelicinnya kurang, paman mamang pemborong jalan juga, daerah Banten, jangan - jangan dia ada di betonisasi ini heheheeh

Balas

Iya mang banyak, emping keceprek, jagung bakar juga ada mang hehe..

Balas

Iya mang, ini juga lagi ngejar target kayanya

Balas

Kalo mau ke Malingping jangan lupa mampir ke temmpat saya mang hehe...

Balas

menurut saya sih biar lambat yang penting awet mas jalannya :D hehehe :p

Balas

silakan mang, tapi saya ga punya rumah, masih numpang sama yayasan mang hehe...kalo penginapan ada man jangan kuatir

Balas

wah penginapan apa nih mang...

Balas

wah mungkin juga mang, di Pandeglang ya mang?

Balas

Wahh semoga jalannya cepat selesai ..biar warga bisa lancarr akses jlnnya.

Balas

sudah mace byk debu lagi...

Balas

kalo betonisasi, saya tahunya yang untuk jalan2 gang gang itu mas, soalnya didaerah rumah saya masih pedesaan, biar gak becek gitu kalo ujan.
tapi untuk didaerah jalan raya yang sering banjir biasanya pake jalan beton seperti ini. dari paparan diatas saya jadi tau manfaat jalan beton ini :D

Balas

masih mending mas ada perbaikan, dari pada di tempat saya, jalan uda kaya sungai kering.

Balas

mudah2an kerjaannya kelar dan memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan itu

Balas

iya sob bener, tapi yang bener lagi biar cepet asal selamat yah hehe...

Balas

amin, makasih sob sudah berkunjung dimari

Balas

macet dan debu yaitu dampak dari proyek ini mba...

Balas

kalo disini buat jalan raya sob, padahal bukan jalan tol, cuma jalan protokol biasa....

Balas

iya sob, wah belum tersentuh pembangunan dong hehe...semoga ada perhatian pemerintah sob

Balas

amin, semoga lancar jaya yah...

Balas

Semoga saja realisasi jalan yang belum dibeton segera dibeton semua.Kalau sudah dibeton bakalan kuat itu aspalnya Mas :)

Balas

iya sob, semoga saja demikian...makasih kunjungannya

Balas

wah kayaknya peru di usulkan ke bapak ni bos sama bos tmpt aq aj jlnnya rusak pol

Balas

betonisasi jalan sepertinya sudah dilaksanakan diseluruh indonesia, yang pasti ini bisa menekan anggaran perbaikan jalan bila dibandingkan jalan yang menggunakan aspal :-)

Balas

bagi yang terjebak macet di jalan

Balas

ndak apa mas, numpang di emperan juga ehhehe...

Balas

nanti ya mas kalau link internal blog mamang dah melebihin link external mungkin bulan depan hehe

Balas

mantap deh jagung bakar...

Balas

oke dah... terimakasih infonya mas... nanti mau cari kutang... kulit tangkil buat oleh2 hehe

Balas

cocok tuh ditanemin pisang hehe

Balas

amiin... lancar jaya sentosa makmur

Balas

wah kalau antri cuma untuk sementara tidak masalah sob. abis itukan jalannya mulus... dari pada nggak di benrin jalannya bisa berbahasa untu para pengguna jalan. hehehehe

Balas

Ya engga lah mang hehe..di hotel

Balas

Oke mang, kalo link saya banyakan external kayanya mang, makanya ga maju-maju hehe...

Balas

Sekalian bikin balong mang hehe...

Balas

Kalo masker sepertinya harus siap sedia mang, apalagi yang pake motor

Balas

Monggo mas biar jalannya mulus

Balas

Wah jalan dari beton....kayk gimana ya?

Balas

Anggaran bisa ditekan mas, tapi ngga enak buat pengguna jalan, kurang mulus, bikin cepat aus ban kendaraan..

Balas

Iya mas, tapi enakan jalan aspal sih, lebih mulus

Balas

Ya kaya gitu bang, kalo di tol sih bagus, tapi ini jalan protokol, kayanya asal bikinnya..

Balas

Sebenarnya kalau komposisi aspalt itu sesuai dengan ukurannya, jalan aspalt tidak mudah rusak. Untuk betonisasi jalan ini semoga saja komposisinya juga sesuai sehingga jalanan tidak mudah rusak.

Balas

Kalo koposisi sepertinya sesuai prosedur mas, cuma finishingnya tidak seperti beton dijalan tol, masih kasar jadi kurang enak buat pengendara...

Balas

Wah macetnya juga ga sampe nginep mang..

Balas

wah sama banget dengan di Sumedang sekarang kang...
perjalanan yg dulunya cuma 20 menit, sekarang bisa sampai 2 jam, disini perbaikan jalaan cuma 1 meter saja macetnya bisa sampai berkilo-kilo karena volume kendaraan terus meningkat. Semoga cepat beres kang perbaikan jalannya

Balas

gimana cepet kelar
lebih banyak yang atur jalan sambil nyododorin kaleng ketimbang yang kerja. biar cepet diganti beton nangka saja gimana..?

Balas

TOKO BELANJA ONLINE BEBAS RESIKO DAN TERPERCAYA DI LUNA SHOP.BURUAN BELANJA DAN DAPATKAN PROMO BANTING HARGA UNTUK SEMUA PRODUK KAMI Dijual.BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5740-7634 atau klik website resmi kami di www.lunashop77.blogspot.com

Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando Black Rp.900.000,-

Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-

Ready Stoc...k! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-

Ready Stock! Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-

Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000

Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 Titanium Si.

Rp.1.500.000,-...
Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 Pink Rp.1.700.000.

Ready Stock!

Samsung Galaxy Y S5360 GSM Pure White Rp.500.000,-

Nokia Lumia 800 MORE PICTURES.

Ready Stock! Nokia Lumia 800 Matt Black Rp.1.700.000,-

Ready Stock! Nokia Lumia-710-white Rp. 900.000,-

Ready Stock! Nokia C2-06 Touch & Type Dual GSMRp.450.000,-

Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES.

Ready Stock! Nokia Lumia 710 Black Rp. 900.000,- Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) Black Rp.1.200.000,-

Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.1.200.000,-

Ready Stock!

Apple iPod Touch 4 Gen 8GB Rp.700.000.

Ready Stock!

APPLE iPod Nano 8GB Pink Rp.500.000,-

Ready Stock! Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue Rp 1.700.000.

Acer Aspire One AOD270 10.1 Netbook.

Ready Stock! Acer Aspire One AOD270 10.1 Rp. 1.000.000,-

Acer TravelMate TM8481-2462G32 14 Notebook.

Ready Stock! Acer TravelMate TM8481-2462G32 Rp. 1.400.000

Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook (with Keyboard Docking).

Ready Stock! Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook Rp. 1.100.000,-

Ready Stock!

Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000.

Ready Stock!

Nikon D90 Kit 18-105mm Vr Rp 1.300.000.

Ready Stock!

Nikon Coolpix L 120 Red Rp. 900.000

Ready Stock!

Nikon Coo lpix P 500 Black Rp.1.000.000

Balas

http://www.burbagssale2013.com/ Burberry Outlet
http://www.airmaxshoesfactory.com/ Air Max Shoes
http://www.coachblackfriday2014.com/ Coach Black Friday
http://www.coach-storeoutletonline.com/ Coach Black Friday
http://www.coachcoachoutlet.com/ Coach Cyber Monday
http://www.coachxfactory.com/ Coach Factory
http://www.coach-factoryoutletonline.net/ Coach Outlet Factory
http://www.coach-outletonlineusa.com/ Coach Outlet USA
http://www.coach-pursesfactory.com/ Coach Purses Factory
http://www.coachpurseusa.com/ Coach Purses USA
http://www.coach-storeoutlet.com/ Coach Store Outlet
http://www.coach-pursesonline.com/ Coach Purses On Sale
http://www.monsterbeatsbydres.com/ Monster Beats Outlet
http://www.louis-vuittonblackfriday.com/ Louis Vuitton Outlet
http://www.lv-guccishoesfactory.com/ Louis Vuitton Factory
http://www.marcjacobsonsale.com/ Marc Jacobs On Sale
http://www.mcmworldwides.com/ MCM Outlet
http://www.mcmoutlet-jp.com/ MCM 店铺
http://www.oakleysunglassesfactory.com/ cheap oakley sunglasses
http://www.michaelkorsmas.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkors.so/ Michael Kors Outlet
http://www.michaelkorsfactory-store.com/ Michael Kors Factory
http://www.michaelkorsoutletr.com/ Michael Kors Outlet
http://www.michael-korsfactoryonline.com/ Michael Kors Factory Online
http://www.newcoachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Outlet
http://www.north-faceoutletonlines.net/ North Face Outlet Online
http://www.polo-outletstore.com/ Polo Outlet Store
http://www.ralph-laurenhome.com/ Ralph Lauren UK
http://www.saclongchamppairs.com/ Sac Longchamp Pairs
http://www.tcoachoutletonline.com/ Coach Outlet Online
http://www.the-coachfactoryoutlet.com/ Coach Factory Oultet
http://www.barbour-jacketsoutlet.com/ Barbour Jackets Outlet Online
http://www.canada-gooser.com/ Canada Goose Outlet
http://www.guccishoesuk-2014.com/ Gucci Outlet Online
http://www.michaelkorsstates.com/ Michael Kors Outlet
http://www.moncler-clearance.com/ Moncler Clearance
http://www.famousbagsmall.com/
http://www.moncler-jacketsoutletonline.com/ Moncler Jackets Outlet Online
http://www.northsclearance.com/ North Clearace Outlet
http://www.polo-ralphlaurenonline.com/ Polo Ralph Lauren Outlet Online
http://www.woolrich-clearance.com/ Woolrich Clearance
http://www.cvshopfactory.com/ shop.coachfactory.com
http://www.mksfactoryoutlet.com/ Michael Kors Factory Outlet
http://www.zxcoachoutlet.com/ Coach Outlet Online USA
http://www.thebeatsbydre.net/ Beats by Dre
http://www.vipbagsmall.com/
http://www.newoutletonlinemall.com/ Coach Purses Outlet Online
http://www.clickmichaelkors.com/ Michael Kors USA

Balas

kunjungan pertamag an salam kenal

Balas