27 Jun 2013

Betonisasi Jalan Raya

·   79

jalan beton
Betonisasi Jalan Raya | Akhir-akhir ini masyarakat Pandeglang sepertinya malas untuk bepergian. Pasalnya perbaikan jalan yang tak kunjung selesai membuat macet dan antrian kendaraan bisa berjam-jam lamanya. Route yang biasanya hanya menempuh waktu setengah jam saja, tapi sekarang bisa memakan waktu dua sampai tiga jam perjalanan.

System buka tutup jalan adalah solusi untuk para pengguna jalan yang melintas. Namun kemacetan tak bisa lagi dihindarkan. Belum lagi banyak supir angkutan yang tidak sabar menerobos  antrian, yang terjadi adalah bertemunya kendaraan dari dua arah dan ini akan memperparah kemacetan. Apalagi waktu libur, kemacetan akan semakin panjang bisa mencapai kiloan meter.

Yang tidak habis pikir pengerjaan jalan ini terkesan lamban dan bahkan sepertinya jalan yang baru separuh itu kelihatan mangkrak tidak tahu kapan ada kelanjutannya. Saya sendiri kurang tahu apa alasannya, apa mungkin masalah anggaran atau yang lainnya.

Tapi dengan adanya betonisasi yang terkesan lambat ini ada beberapa pihak yang merasa diuntungkan juga loh, beberapa diantaranya adalah menjamurnya pedagang asongan disekitar pengerjaan jalan dan ada juga para penjaga jalan untuk buka tutup. Mereka biasaya meminta sumbangan juga kepada para pengguna jalan. Lumayanlah bisa menciptakan lowongan pekerjaan ditengah penderitaan para pengguna jalan yang kesel dengan kemacetan hehe….

Proyek betonisasi ini meliputi jalur Pandeglang-Labuan. Jadi jika sobat saat ini ingin berlibur ke Carita mungkin bisa melalui jalur alternative Mengger-Mandala Wangi, disamping jalan yang mulus juga sedikit kendaraan yang melintas.

Kebijakan betonisasi jalan memang ada untung dan ruginya. Saya sendiri kurang tahu mengapa pemerintah membuat jalan beton sebagai pilihannya daripada jalan aspal. Menurut saya jalan aspal lebih nyaman jika dilewati kendaraan karena permukaannnya yang halus.
Namun menurut beberapa pengamatan ada kelebihan dan kekeurangan dari jalan beton tersebut. Berikut beberapa kelebihan dari jalan beton :
  • Karena tebalnya beton ini sehingga bisa menahan beban kendaraan yang berat.
  • Nah mungkin ini alasan kenapa jalan-jalan di Pandeglang di beton, karena seringnya berlubang karena terkena air hujan, tapi dengan adanya betonisai bisa tahan terhadap genangan air dan banjir.
  • Karena awet maka biaya perawatannya pun lebih murah dibanding jalan aspal yang hampir tiap bulan ada saja yang sudah berlubang setelah diperbaiki.
  • Kelebihan jalan beton berikutnya adalah bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu.
  • Tidak seperti aspal, untuk pengadaan material jalan beton ini lebih mudah didapat.
Namun dari beberapa kelebihan jalan beton diatas, ternyata ada banyak juga kekurangannya. Diantara kekurangan jalan beton adalah sebagai berikut :
  • Kualitas jalan beton sangat tergantung pada proses pelaksanaanya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan. Inilah yang membuat lama pengerjaannya, padahal sudah jadi tapi harus menunggu beberapa minggu baru bisa digunakan.
  • Biasanya ini sangat tergantung dengan beban yang melintas di ajalan beton tersebut. Penggunaan pada jalan raya dengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal.
  • Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat. Tapi tidak dengan jalan beton di Pandeglang ini, menurut saya sih sangat kasar sehingga ketika saya berkendara sangat tidak nyaman karena permukaan jalan yang tidak halus.
  • Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang sehingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara diatasnya apalagi jika hujan akan terasa licin.
Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari jalan beton yang saat ini sedang berlangusng pengerjaannya di daerah Pandeglang dan entah kapan selesainya.

Semoga bermanfaat dan happy blogging….



Subscribe to this Blog via Email :