Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Sayur "Kutang"

By On 10.5.13

Kulit Tangkil
Sayur "Kutang" | membaca judulnya saja mungkin mengira saya posting yang miring-miring alias menjurus kearah situ. Nanti dulu jangan berfikiran negative duluan. Karena kutang disini bukan pakaian dalam wanita loh.

Kutang itu kepanjangannya adalah “Kulit Tangkil”. Tangkil adalah melinjo jika di bahasa Indoesiakan. Ada juga yang menyebutnya dengan kulit sake atau cangkang sake. Bahkan teman saya ada yang menyebutnya dengan sayur “Baret Merah” karena kulit melinjo ini memang berwarna merah hehe…

Yang saya tahu ketika masih tinggal di jawa, melinjo itu hanya di buat emping dan kulitnya dibuang. Namun lain halnya dengan di daerah dimana saya tinggal sekarang, Pandeglang, ternyata kulit melinjo atau kulit tangkil ini bisa dimanfaatkan untuk di buat teman makan nasi. Bisa dibuat sayur, oseng-oseng, di balado atau yang lainnya. Sehingga saya masih berasumsi bahwa kutang alias kulit tangkil ini masakan khas Banten khususnya daerah Pandeglang.

Kalo soal rasa, pertama kali saya makan juga rasanya aneh, agak pahit dan masih bau melinjonya. Tapi saat ini saya bisa menikmatinya walaupun memang tidak begitu suka dengan sayur “Kutang” ini. Buat lidah yang biasa merasakannya mungkin bisa menikmati jenis masakan atau kuliner kulit tangkil ini.

Kandungan Gizi Kulit Melinjo
Terus bagaimana kandungan gizi yang terkandung didalam kulit melinjo atau tangkil ini. Ternyata menurut penelitian, kulit melinjo ini mengandung energi sebesar 111 kilokalori, protein 4,5 gram, karbohidrat 20,7 gram, lemak 1,1 gram, kalsium 117 miligram, fosfor 179 miligram, dan zat besi 2,6 miligram.  Selain itu di dalam kulit melinjo juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 7 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram kulit melinjo alias tangkil, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Wah ternyata cukup bermanfaat juga yang namanya kulit melinjo ini. Namun biasanya tidak semua daerah biasa mengkonsumsi makanan jenis ini. Bahkan seringnya kulit melinjo dibuang begitu saja tidak dimanfaatkan. Bagaimana dengan di daerah sobat, ada ngga jenis sayuran yang terbuat dari kulit melinjo ini? Kalo tidak ada silakan datang kesini merasakan sayur "Kutang" ini hehe....

Lidah orang mungkin beda-beda, saya sendiri sepertinya kurang cocok dengan makanan yang sedikit aneh ini. Tapi baiklah mungkin ini sedikit bermanfaat buat sobat yang belum pernah merasakannya, mungkin penasaran hehe....

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



77 komentar

nama sayurnyaaaaa :))

biasanya melinjo cuman saya jadiin sayur asem aja.. ternyata bisa dijadiin sayur kutang juga.. top markotop!

pak pak ?
tangkil itu melinjoo mas ? rasanya pasti enaakk tuh mas :D

wkwkwk saya kira apaan ternyata sayuran :D hehehe diliat liat aja udah mantap apalagi dimakan tuh kang

aku ga suka kulitnya
kalo nemu melinjo di sayur asem, melinjonya doang yang diembat

bisa juga diganti dengan nama padanannya; Sayur BH. singkatan dari sayur Bulit Hangkil.

ini kesukaan sepupu saya yang tinggal di pasar minggu - jakarta.
katanya enak abis. kalo saya sih mau aja, apalagi kalo pedes banget. tapi lebih asik kalo ada di sayur asem sih Mas. apalagi yang bikin istri saya, wahhh...

masak sendiri di hutan??

kalo sangkil lain lagi loh

Bhahaha, makanan pokok kalo di warteg nih! Pasti kalo gak orek ya kutang... :-D

wkwkwkwkwk... tadi baca judulnya saya kira sobat sudah gila, pake nyayur kutang hehehe

eh ternyata sayur kulit melinjo toh.. hehehe, saya juga suka nih sob sayur melinjo.melinjonya saya juga suka, di rebus di bakar atau di buat emping hehehe

pas tuh sayur kutang kesukaan mamang... kalau main ke daerah Malingping - lebak pulangnya suka bawa buat oleh - oleh heheheh

pas lihat judulnya saya ragu nih baca postingannya, untung saja di jelaskan di alenia pertama. hahah
kreatif mas :d

aku juga baru pertama sekali ada makanan dengan nama sedikit menyimpang tuh heheheheh. dan sepertinya masakan ini belum ada dijual di medan ya..

hadeuh...kutang identik nya BH milik nenek nenek jaman jepang...;o)
bagus dikolaborasi dengan sop Janda milik saya nih.

kaget bener sob, baca judulnya....

kang aq ko baru tau kan ada sayur Kutang ko gak sekalian BH kang wkwkkw

Hehehehe Kulit Tangkil ya kang...tapi kenapa ga disingkatnya Sayur Kutil kang ???
kan enak tuh ngbayanginnya...ga jauh beda sama sayur sop @-) (hhuehe punten jorok)

waah saya jadi penasaran mau mencicipi sayur Kulit Tangkil nya Kang Muroi,,,saya paling susah makan kalau tanpa sayur Kang...

kutang itu kulitnya melinjo
disayur sangatlah nikmat rasa
baru datang mataku tadi mlongo
setelah baca eh iya ya

hehehe

Wah mantap tuh sayang takut sering2 makan mlinjo nanti kena asam urat hehehe... tapi bisa dicoba dulu tuh...kirimin dong ..!

weleh kang Zach klo ngomong masalah padan kata langsung cepat banget... terlihat kosa katanya banyak banget... tentang masalh gituan hihihih

klo bikin sendiri... bakalan jadi sayur kutang benran tuh... wkwkwkw

Sayur kulit melijo pas di jawa malah sering makan sob. Jarang dibuang. :D

aman nggak ya bagi penderita asam urat

Wow.. sayur Kutang... kirain kutang beneran, ternyata cuman singkatan, hhahahaha... salam kenal..

wkwk.. sayur bra.. :D

mampir pengen minta sayur kutangnya ah

Waduh Kang El, kirain Kutangnya yang bikin sayur kkecebur kedalam sayur:) hehheh.. Ada2 saja.

bhehe..kok gitu singkatannya, maksa banget deh...

iya sob ini istilah saya aja :d

ga usah dimask mas, langsung embat aja mentahan hehe...

wah saya kira cuma di Pandeglang aja sayur tangkil ini mas, ternyata di Jakarta ada juga yah :d

weh mas Budi menjurus aja hehe...

wah pantesan kaya tangkil sob, keseringan makannya yah hehe...

iya sob, untung baca separo yah jadi ga salah paham :d
ternyata sobat suka juga yah...

wah kalo ke malingping mampir kesini mang....

wah untung baca semua yah hehe..baca ga yah :d

ini cuma istilah saya saja mas, Sayur Kutang hehe...

bhaha..nenek-nenek jaman Jepang, emang ngalamin kang....

makanya jangan baca judulnya aja sob hehe....

sebenarnya ga ada mas, kutang itu kulit tangkil alias melinjo...

kalo syur kutil nanti yang baca kabur duluan kang...

silakan sob, cari di daerah sobat ada ga yah hehe...

Dulu saya suka sekali sayur kulit melinjo ini dibuatin oleh ibu. Sejak kuliah dan menikah tidak lagi merasakan masakan seperti ini Kang..
Jadi kangen masakan ibu nih....

Pandai kawan dalam memberikan ide judul artkel semacam ini..sayur kutang..

Wah keren puisinya, makasih yah :d

Wah .. tak pikir benar-benar nyayur kutang mas ... :)

Kalo melinjonya memang bahaya buat penderita asam urat mas, tapi kalo kulitnya ga tahu yah

Wah di jawa ada ya sob,saya malah ga tahu :d

memang enak tuh rasanya krenyes krenyes apalagi kalau dimasak pedas tambah mantap deh..

Rupanya ini adalah sayur kulit melinjo ya

weleh-weleh, jadi laper saya mas. Makanan khas Jawa ya mas?

emang mantap mas kalo ditempat saya biasanya digoreng sama ikan teri..makyussss :D

jiah kutang?
]-_-
kirain tadi -_-

kirain apaan sob, ini kulit tangkil :d

untuk ini saya belum tahu mas, kalo melinjonya memang kurang baik buat penderita asam urat

iya sob :d oke salam kenal kembali yah

hidih bukan itu maksudnya :d

mangga kang,mumpung masih ada semangkok lagi hehe..

iya mas, ini cuma singkatan aja sih....

wah jadi bernostalgia nih sob, buatin sama istri saja sob :d

iya sob, biar penasaran aja sih, isinya ga ada yang aneh hehe...

bukan mas, kutang itu artinya kulit tangkil alias melinjo hehe...

iya sob, melinjo di tempat saya itu tangkil namanya :d

ya sob di Jawa banyak kulit melinjo, mau

wah mantep tuh mas, sama ikan teri...

wokeh makasih sob udah mampir lagi

kalau sayur kutang ini saya baru tau lho mas,
Biasanya bagian dari melinjo itu daunnya yg dibikin sayur asem,kalau buahnya tidak pernah tau,
Empingnya jg enak lho

namanya masih asing di telinga saya

sepertinya saya memang pernah dengar soalnya sama-sama sunda kang... :d
tapi belum pernah nyoba

Kalo bijinya bisa bikin asam urat, nggak tau kalau kulitnya ... mudah2an enggak. Salam sukses dan thks infonya

Yg menarik perhatian saya adalah "kutang"-nya om..
Hahaha :d

Betul. Lebih alami. Tanpa Bahan Pengawet.

waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahahahahahahahahaa

Kalau Sayur BH berarti Sayur Bayem Hasyeekkkkkkkkkkk