10 May 2013

Sayur "Kutang"

·   77

Kulit Tangkil
Sayur "Kutang" | membaca judulnya saja mungkin mengira saya posting yang miring-miring alias menjurus kearah situ. Nanti dulu jangan berfikiran negative duluan. Karena kutang disini bukan pakaian dalam wanita loh.

Kutang itu kepanjangannya adalah “Kulit Tangkil”. Tangkil adalah melinjo jika di bahasa Indoesiakan. Ada juga yang menyebutnya dengan kulit sake atau cangkang sake. Bahkan teman saya ada yang menyebutnya dengan sayur “Baret Merah” karena kulit melinjo ini memang berwarna merah hehe…

Yang saya tahu ketika masih tinggal di jawa, melinjo itu hanya di buat emping dan kulitnya dibuang. Namun lain halnya dengan di daerah dimana saya tinggal sekarang, Pandeglang, ternyata kulit melinjo atau kulit tangkil ini bisa dimanfaatkan untuk di buat teman makan nasi. Bisa dibuat sayur, oseng-oseng, di balado atau yang lainnya. Sehingga saya masih berasumsi bahwa kutang alias kulit tangkil ini masakan khas Banten khususnya daerah Pandeglang.

Kalo soal rasa, pertama kali saya makan juga rasanya aneh, agak pahit dan masih bau melinjonya. Tapi saat ini saya bisa menikmatinya walaupun memang tidak begitu suka dengan sayur “Kutang” ini. Buat lidah yang biasa merasakannya mungkin bisa menikmati jenis masakan atau kuliner kulit tangkil ini.

Kandungan Gizi Kulit Melinjo
Terus bagaimana kandungan gizi yang terkandung didalam kulit melinjo atau tangkil ini. Ternyata menurut penelitian, kulit melinjo ini mengandung energi sebesar 111 kilokalori, protein 4,5 gram, karbohidrat 20,7 gram, lemak 1,1 gram, kalsium 117 miligram, fosfor 179 miligram, dan zat besi 2,6 miligram.  Selain itu di dalam kulit melinjo juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 7 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram kulit melinjo alias tangkil, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Wah ternyata cukup bermanfaat juga yang namanya kulit melinjo ini. Namun biasanya tidak semua daerah biasa mengkonsumsi makanan jenis ini. Bahkan seringnya kulit melinjo dibuang begitu saja tidak dimanfaatkan. Bagaimana dengan di daerah sobat, ada ngga jenis sayuran yang terbuat dari kulit melinjo ini? Kalo tidak ada silakan datang kesini merasakan sayur "Kutang" ini hehe....

Lidah orang mungkin beda-beda, saya sendiri sepertinya kurang cocok dengan makanan yang sedikit aneh ini. Tapi baiklah mungkin ini sedikit bermanfaat buat sobat yang belum pernah merasakannya, mungkin penasaran hehe....

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



Subscribe to this Blog via Email :