1 May 2013

ProficioDay

ProficioDay
ProficioDay | ProficioDay, apa artinya yah? Saya sendiri mencari arti dari kata ini tidak ketemu. Tapi yang jelas kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu Proficio dan Day. Proficio dapat diartikan sebagai profesi atau pekerjaan dan Day artinya hari, jadi maksudnya adalah hari pengenalan profesi.

Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknik dan desainer.

Bicara mengenai profesi, biasanya ini akan ditekuni setelah seseorang menyelesaikan pendidikan berdasarkan minat atau jurusan yang ditempuhnya dalam dunia kerja. Dan sebaikknya pendidikan profesi ini sudah dikenalkan sejak dini di sekolah-sekolah setingkat SLTP atau yang sederajat. Disamping bisa mengenal berbagai macam profesi dalam dunia kerja, juga bisa menggali potensi dan kecenderungan siswa sejak dini.

Itulah yang dialami oleh para santri di Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Ahad, 28 April 2013, bertempat di kampus Ibad Ar Raman yang asri para santri dalam satu hari dibekali dengan pengetahuan dasar berbagai macam profesi seperti guru, dokter, arsitek, komikus, chef, enterpreuneur dan jurnalis. Pematerinya adalah para relawan yang peduli dengan dunia pendidikan lulusan perguruan tinggi ternama seperti ITB dan yang lainnya. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 10 sampai 12 siswa. Secara bergiliran mereka mendapatkan materi-materi tentang profesi yang disebutkan diatas.

Walaupun hanya satu hari, acara ini sungguh sangat berkesan bagi para santri. Sebentar memang, tapi setidaknya mereka sedikit tahu akan profesi yang ada dalam dunia kerja. Melaui acara ini pula mereka mencoba menggali kecenderungan masing-masing sehingga akan tergambar akan memilih profesi apa kelak ketika mereka sudah dewasa.

Terimakasih kepada kak Anggayudha dan kawan-kawan yang sudah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu kepada para santri Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten. Semoga akan terus berkelanjutan dikemudian hari.

Dan inilah sedikit rekaman kegiatan selama Proficioday tersebut :

ProficioDay Guru
Coba sekarang kuti suara kakak ya..aaaa...iiiiii....uuuuu....eeeee...ooooo, coba tahan nafas dan simpan di perut yah, keluarkan sekerasnya, awas nafasnya jangan ditahan terlalu lama, nanti malah keluar dari belakang hihi...nah gitu dong kalo mau jadi Guru, harus lantang suaranya.

ProficioDay Chef
Hmmm..lama amat yah bikin kuehnya, udah lapar nih hehe..ini peserta ProficioDay yang pengin jadi Chef alias bisa masak dan bikin kueh, ya minimal buat kueh nanti kalo lebaran.

Peserta ProficioDay
Sebagian siswa Ibad Ar Rahman Islamic Boarding School Pandeglang Banten berpose bersama beberapa guru dan kakak-kakak pemateri setelah acara ProficioDay usai. Oke..semuanya bilang ciiiisss..

Kakak Pemateri ProficioDay
Inilah kakak-kakak pemateri yang masih muda dan ganteng-ganteng, berpoto bersama setelah acara ProficioDay (Kak Angga, kedua dari kanan) thanks for all.