Knalpot Racing

Knalpot Racing
Knalpot Racing | Tulisan ini bukan untuk men-judge para pengguna knalpot racing, tapi hanya sekedar pengingat diri saya sendiri, semoga tidak nek-neko buat kendaraan sendiri. Knalpot racing buat sebagian pengguna kendaraan bermotor,baik roda dua ataupun empat adalah mempunyai nilai sensasi tersendiri. Baik itu dari performa atau penampilan secara fisik kendaraan bermotor ataupun mungkin mesin itu sendiri.

Nah kadang-kadang saking bangganya dengan menggunakan knalpot racing ini, kadang-kadang dengan disengaja meraung-raungkan kendarannya seakan dunia hanya milik sendiri saja. Orang lain dianggap tidak punya kuping alias budeg.

Kebetulan saya tinggal dekat dengan jalan yang cukup ramai dilalui kendaraan bermotor. Walaupun di jalan kampung, tapi jalan ini cukup ramai dilalui kendaraan bermotor. Hampir tiap detik dan menit ada saja motor yang lewat. Tapi yang bikin sewot bin jengkel, suara bising dari knalpot racing itu yang meraung memekakan telinga. Anak saya yang masih balita jarang tidur nyeyak di siang hari karena suara bising tadi.

Mau marah, marah sama siapa. Toh itu hak mereka untuk memakai kendaraan sendiri dan melewati jalan raya. Tapi ya seyogyanya sadar diri bahwa itu semua sangat menggangu ketertiban dan kenyamanan orang lain. Dan memakai knalpot racing sebenarnya bukan masalah kalo dipakai di jalan raya alias jalan besar, masalahnya ini kan di jalan kampung yang notabene adem ayem. Ya kalo ada knalpot bising seperti itu, dari ujung jalan ke ujung lain pasti kedengaran toh.

Sebenarnya ada sih peraturan kepolisian mengenai atribut motor yang mengganggu ini. Tapi ya itu tadi, belum jelas tolak ukurnya. Apa karena dilihat dari kebisingannya saja atau yang lainnya. Masalah knalpotpun tidak secar detail mengenai tidak diperbolehkannya.
Coba simak bunyi Undang-undang no.22 tahun 2009 pasal 58 :

" Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas"

Dan berikut penjelasan yang terdapat dibawah pasal 58 tersebut:

"Yang dimaksud dengan “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas” adalah pemasangan peralatan, perlengkapan, atau benda lain pada Kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan lalu lintas, antara lain pemasangan bumper tanduk dan lampu menyilaukan."

Tuh kan, mana ada bunyi knalpot racing akan di razia oleh kepolisian disitu, tidak ada. Tapi terlepas dari adanya peraturan ataupun tidak ada, yang jelas bagi pengguna knalpot racing yang bising hendaknya memperhatikan lingkungan sekitar dimana ia biasa menggunakan kendaraannya. Seperti saya yang tinggal di kampung otomatis akan merasa sangat terganggu dengan kebisingan suara dan knalpot ini.

Dirazia ataupun tidak, tapi hati nurani yang bicara. Semoga bermanfaat dan happy blogging….

100 Responses to "Knalpot Racing"

  1. Replies
    1. aku akuin mas dlu pernah seperti itu , memakai knalot racing dan mengganggu orang lain, seperti ada rasa bangga sih tapi lama kelamaan ane sadar mas itu gak baik :)

      Delete
    2. pertamax masih murah disini sob, belum naik :d alhamdulillah sudah sadar mah sob

      Delete
  2. betul mas anak bau kencur jaman skrang tuh kebanyakan yg banyak makai knalpot rombeng kyak gitu, emangnya kalo makai knalpot yg bising kyak gitu dianggap karen apa ... suka bingung sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bukan ABG saja yang sering pake gini, justru orang sudah berumurpun banyak juga sob

      Delete
    2. haah? keterlaluan sekali nih orang ya mas

      Delete
    3. ya mungkin motor anaknya mas di pake :d

      Delete
  3. Saya mah masih pakai yang standar pabrik motornya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar lebih aman sob, sama saya juga pake yang dari pabriknya

      Delete
  4. Pernah tetanggaku dulu putranya sangat suka modifikasi terutama pake knalpot racing yang bunyinya kayak musik rock metal... jujur aku sangat terganggu dan aku pernah menegurnya sekali, jawabnya apa coba... om ketinggalan jaman sih... begini anak gaul sekarang om.. Yah maklumlah anak muda yang masih mencari jati diri dan perhatian lebih...tetapi seminggu kemudian aku nggak pernah lagimendengan suara knalpot itu lagi.. pas aku berpapasan kutanyakan mengapa nggak pake knalpot racing lagi ? jawabnya sungguh di luar dugaanku, aku habis dipukul brimob om gara2 knalpot ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sadar setelah di tampol brimob :d mantep tuh

      Delete
    2. nggak sekedar mantep sob... langsung sadar diri tuh hehehe

      Delete
    3. memang kayanya harus di gituin ya sob hehe....

      Delete
  5. pernah ada, gan!
    seorang abg ketangkep polisi karena knalpot motornya berisik banget.
    si Abg itu disuruh deketin kupingnya ke knalpot motornya, dan si polosu ngegeber-geber gas motor itu sambil bilang...."berisik gak tuh motor lu?"
    sejak itu kapok tuh abg pake knalpot racing lagi :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren banget tuh polisi, kayanya kuliah di jurusan psikolog yah

      Delete
  6. :-t :-t kelakuan anak abg jaman sekarang..

    ReplyDelete
  7. biasa tuw, anak2 gaul yg suka masang knalpot. Padahal, knalpot yg standar dri pabrik lebih baik, dripada ganti knalpot dengan suara yg gk karuan itu. kadang2, aku juga ksel nemu mtor kyak gitu....
    -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob ini bagi orang yang sadar aja kayanya pemikiran seperti ini :d

      Delete
  8. betul kang ,kadang knalpot yang bikin bising/recing ini sangat menganggu sekali,apalagi kalu mereka yang memakainya lewat gang,naudzubillahhimindzalik,bikin pusing.polisi juga melarangnya bahkan bisa-bisa ditilang kalau tertangkap.alhamdulillah saya sudah dua punya motor namun saya enak memakai yang standar pabrik saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngga disini ngga disana ya kang, sama saja, pada gaya gitu :d

      Delete
  9. alhamdulillah sedikit nyenggol dengan pengetahuanku tentang motor nih mas,
    pada dasarnya knalpot racing itu memang di buat untuk kebut2an di lomba atau perlintasan, karena bodi knalpot dan suaranya sangat berpengaruh pada kecepatan motor. Kalau diaplikasikan pada motor harian saya rasa sangat tidak etis, saya sendiri yang seneng juga dengan speed tidak pernah sama sekalai memakai kenalpot model gini, bahkan temen2 gl atau cb malah memakai knalpot original bawaan motor.
    menurut saya dan teman2 cb dan gl kenalpot model gini namanya kanlpot ndeso mas, hehe. maaf lho kalau ada yang tersinggung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mamang ndak pernah pakai kenalpot ginian mas, la wong mamang ndak punya motor hehehehe

      Delete
    2. @Mas Agus : iya mas ini kan pantasnya buat balapan, tapi sekarang buat gaya-gaya an di jalan kampung

      Delete
    3. @Mang Yono : motor ga ada mang, tapi mobil punya tiga kan :d

      Delete
    4. setuju sekali saya dengan mas agus s...

      Delete
    5. hahaha :D bener mas agus bilang, biasanya malahan motor yang speednya kenceng itu kalem di jalan dan tidak pembualan karena dia sudah tau kemampuan motornya, jadi buat apa ugal-ugalan di jalan, tapi kalau ada yang nantang balapan, oke tuh :D

      Delete
    6. mang yono punya kereta api 5 buah, mesing selender atau penggilas 3 buah, traktor 1 buah, dan mesin pemotong rumput untuk pergi kerja 2 buah satu buat cadangan, hihihi.
      ya semua memang tergantung pada tingkat kesadaran masing2 lah

      Delete
    7. hah hebat banget mang yono yah...

      Delete
  10. setuju pals, aku juga sangat membenci motor yang pake knalpot beginian, ndak ditempatnya menurutku.kalo mau pake knalpot beginian di arena balapan motor, itulah tempat yang pantas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, kayaya mereka pengin kaya pembalap tapi ga kesampaian hehe...

      Delete
  11. sama banget persis, kang..saya kadang ngedumel sendiri, seandainya saya masih sebaya mereka, tak berhentiin dan tanpa banyak ngomong tak golok sisan pengendara itu...anehnya polisi cuman nangkepin kendaraan dengan nanya2 dan mencari pengendara yang lupa bawa stnk dan sim...emang polisi indonesia taik lah..kesel saya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya tidak sekejam itu lah kang ,saya juga manusia masak di golok sih, ih kang cilembu sadis deh kayak genderuwo mau manak..
      kalau saya saya saingi dengan memakai kenalpot tong sampah trus anak tersebut saya ikat dipohon saya bisa ngegas motor sepuasnya biar dia bisa denger suara knalpot tong sampah saya

      Delete
    2. klw ada anak pakai knalpot kyk gitu pasti saya siram air. biar tau rasa.....

      Delete
    3. maaf..sekarang saya sudah adeemm, setelah diguyur m'ba indah P

      Delete
    4. diguyur seperti kepala desa pas ruwatan heheheh... diguyur langsung dilempar kesungai ehehhe

      Delete
    5. iya kang, di doain saja biar sadar, kalo ga sadar-sadar ya baru... :-b

      Delete
    6. baru, baru digimanain mas muro'i dibunuh kasihan anak orang mas hehehe...

      Delete
    7. maksudnya baru dikasih pelajaran, dinasihati kan bisa mas hehe...

      Delete
    8. kocak semua nya jadi asik dan seruuuuu

      Delete
    9. bikin grup lawak aja mas, saingan OVJ :d

      Delete
  12. padahal kendaraan yang bunyinya cuma mendesah lebih nyaman , tp kenapa ya anak muda bangga kalau bikin bising ditelinga, kalo dikampungku udah didatangin kerumahnyatdan di penthong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendesah wow, gimana tuh bunyinya :d

      Delete
    2. hah?memang ada kenalpot mendesah, jangan2 itu motor diparkir orangnya pacaran di balik pohon

      Delete
    3. bhahaha...bisa aja nih mas agus, ya lagi pipis kali yang punya

      Delete
  13. sama kang saya juga suka kesel sama yg gitu teh
    tapi suka kasihan juga sama yg pake knalpot kaya gitu...banyak nerima sumpah serapah orang, yg bisa2 jadi doa tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget kang, setiap orang kayanya nyumpahin tuh...kasian juga

      Delete
  14. aku ngga suka knalpot ginian kang ;(( bikin telinga puyeng @-)dan mata bising :o

    ReplyDelete
  15. biasanya yg suka begituan itu abg alay yg sok keren ala boyband, ndeso (idem komen mas agus), padahal bensin ajah masih ngemis sama ortu :-t

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bukan cuma ABG aja mba, ternyata orang sudah berumur juga ada yang make ginian di kampung

      Delete
  16. Sangat bermanfaat sekali postnya gan, terimakasih dan salam perkenalan dari saya :)

    ReplyDelete
  17. Anak2 paling suka dengan kenalpot kayak ini.... Yang tua sabar aja sambil mengelus dada.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak Guru, yang tua jangan sampai ikut-ikutan anak muda :)

      Delete
  18. Sebenarnya Mas knalpot kendaraan yang bising itu sudah dikategorikan pencemaran,yakni pencemaran suara.Karena memang suara yang bising mengganggu kesehatan yakni telinga.Maka dari itu sekarang ini semakin banyak saja knalpot yang bising :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener juga sob, pencemaran tidak hanya udara dan air saja, suara juga bisa

      Delete
  19. bagusnya knalpot racing itu.
    Apa knalpot ini bisa mendongkrak speed speda motor ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya sama mas Agus setya sob, postinganku bukan bahas spesifikasi knalpot sih

      Delete
  20. Setuju banget mas, anak muda kadang ngawur ndak lihat situasi. meski di kampung tetep aja gas nya di gedein, apa lg ada yg sakit gigi bisa esmosi tuh :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya tuh, jangankan dengerin yang gituan, denger orang batuk aja marah :d

      Delete
    2. kalau bisa ya dipasang jaring lah tiap ada motor seperti ini jaring aja sekalian lempar sama sampah

      Delete
    3. hehe...pake jaring spiderman harusnya, minjem dulu boleh ga yah

      Delete
  21. kalau kenalpot kaya ginian bikin jengkel, apalai pas momong anak bayiku yang baru tidur.

    ReplyDelete
  22. setuju mas ..himbauanya alusssss..banget ..padahal kalau mereka dapat mendengar keluh kesah bumi ini aku yaqin mereka akan sadar...heeee..ngelantur pak...

    ReplyDelete
  23. kurang tahu mslh knalpot...suport aja

    ReplyDelete
  24. sekarang sudah mulai di larang pakai kenalpot seperti itu.
    tapi kalau di kampung mah masih ada yang pakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas di kampung kan imbas dari kota, jadi sadarnya belakangan :d

      Delete
  25. dulu ada polisi yang baik ya, ada motor yang pake kenalpot aneh aneh gitu. eh sama si polisi bukannya di tilang, tapi di suruh jongkok di sebelah kenalpotnya, trus di 'blayer' sama sipolisi motornya. Kontan si empunya merasa penging telinganya, polisinya bilang. gimana orang lain tu yang merasakan hal yang sama dengan telingamu..

    dan akhirnya dia disuruh balik, untuk mengambil kenalpot bawaanya, keren tu polisi. ga cuma bisa minta uang. heheheh

    ReplyDelete
  26. standart aja deh dari pada kena tilang hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaenarnya masalahnya bukan kena tilangatau ngga sob, tapi lebih menghargai hak orang lain mendapatkan kenyamanan...

      Delete
  27. sama sperti kampung saya mas,
    jalan dikampung saya malah ada yang buat Drag (balapan liar) mas, parahkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, ga disini ga disana, sekarang kampung juga udah dijadiin ajangg balapan atau ngetrek, di tempat saya juga ada sob

      Delete
  28. dulu waktu saya masih suka juga begitu mas, apalagi kalau ada orang jalan kaki, biasanya saya betot gas disampingnya langsung kabur, dulu lho mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sekarang sudah sadar ya mas :d

      Delete
    2. mas agus ini pembalap lho, pembalap karung

      Delete
    3. juara tingkat RT ya mas dulu :d

      Delete
  29. tapi suka kaget, kalau suaranya bising banget :( hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kok gitu...suka yang bising-bising yah...

      Delete
  30. Pernah kena tilang 50ribu.... ;(( ganti ori lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang kag Ismet pernah juga yah di tilang polisi gara-gara pake knalpot racing :d sekarang kayanya udah ga make lagi ya kang...

      Delete
  31. wah kayaknya ganas tuh motor :D

    ReplyDelete
  32. Pake yang ori aja. :D
    dimarahin kalo aneh2. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimarahin siapa sob, ortu apa polisi hehe...

      Delete
  33. bagi saya pecinta motor karena saya sendiri tergabung dalam club motor, kalau di bilang untuk mendongkrak performa mesin itu memang jelas sob, dan tidak selamanya knalpot racing yang suaranya pecah amburadul bisa mendongkrak performa, ada alah menurunkan performa, tapi kalau knlapot yang harganya selangit di atas kisaran 1jutaan pasti suaranya tidak akan pecah melainkan suaranya bulat atau nge-bass.

    dan memang tidak ada UU dalam menggunakan knalpot racing, tapi seharusnya ada kesadaran dalam diri kita utuk menggeber gas di tempat tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah salut sama punggawa klub motor nya mas,
      salam kenal paseduluran sak lawaase

      Delete
    2. saya juga salut, jadilah club motor yang sopan santun...

      Delete
  34. bener mas sayapun jengkel dengan kenalpot seperti ini, bikin polusi suara

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kayany aga pada suka ya mas, bikin bising

      Delete
  35. Knalpot Racing, kalau tempatku Julukannya knalpot telo (Ubi kayu), ada yang nyebutnya Knalpot ngebrong, karena suarannya yang keras.
    Motor saya juga pakai knalpot racing kok Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mas hobi juga pake knalpot ini yah, maaf mas bukan maksud nyinggung :d

      Delete
  36. sama Kang Muroi,,,di tempat saya juga sering dengan Knalpot Racing yang menyebabkan Polusi suara,,,tapi mau di apa juga, kita hanya bisa bersabar...

    ReplyDelete
  37. motor brisik, bandhem watu wae, lik...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel