Judule Nyeleneh

melamun
Nyeleneh | Pembahasan kali ini mungkin lumayan agak berat. Tapi ngga apa-apa, buat yang merasa boring mending langsung cabut saja, tapi komentar dulu hehe…. Sobat Muro’i El-Barezy, ada sebuah pepatah arab yang cukup terkenal dan sepertinya cukup menarik untuk dibahas. Mungkin ada sobat blogger yang sudah pernah mendengarnya. Bunyi pepatah itu kurang lebih adalah ” Bul ‘alaa zamzam Fatu’raf”.  Yang artinya “ Kencingilah sumur Zamzam, maka kamu akan terkenal”. Istilah ini untuk menunjukan seseorang yang mencari ketenaran dengan melakukan sesuatu yang aneh-aneh, atau dalam istilah lain juga disebut sebagai “Khoariqul Adat” yang artinya diluar dari kebiasaan.

Siapa yang tak kenal sumur zamzam di Arab Saudi, sumur yang airnya setiap tahun menjadi oleh-oleh khas orang Islam yang menunaikan ibadah haji. Sumur yang dipercaya mempunyai khasiat dan kandungan yang luar biasa. Dan semua orang yang pernah melaksanakan haji percaya dengan sumur Zamzam ini.

Kenapa di istilahkan mengencingi sumur Zamzam? Karena bisa dipastikan jika seseorang berani mengencingi sumur zamzam, maka dia pasti akan menjadi trending topik dunia, karena aksi gilanya tersebut. Aksi yang aneh dan akan membuat dia diberitakan oleh berbagai media di dunia, dan dia akan berurusan dengan pihak berwenang di Arab Saudi dan tentunya umat islam seluruh duniapun akan berdemo dan memprotes perbuatannya. Jadi kemungkinan tidak hanya terkenal di Arab sana, tapi seantero jagat raya akan melihat aksi gilanya. Masalahnya siapa yang mau berbuat gila seperti itu?

Okelah ini hanya sebuah istilah atau pepatah saja, namun fenomena ini sepertinya saat ini ada dan mungkin banyak disekitar kita. Banyak orang yang suka melakukan hal-hal yang aneh dengan tujuan menarik perhatian publik. Dia juga cenderung melawan logika dan kebiasaan  umum masyarakat. Sesuatu yang tidak biasa, yang tidak wajar, dan tidak pantas di ucapkan, dipakai dan dilakukan, dia akan ucapkan, pakai dan lakukan. Karena targetnya memancing perhatian publik. Dia hanya berfikir, yang penting dia terkenal, titik.

Dalam era modern, ada banyak orang yang melakukan hal-hal yang aneh, yang tidak biasa baik itu aneh- aneh dalam hal yang negative atupun yang postif. Masih segar dalam ingat apa yang diperbuat oleh Briptu Norman walaupun mungkin tanpa sengaja, tapi akhirnya seantero Indonesia mengenal sosoknya.

Contoh lain mungkin yang masih hangat kasus Eyang Subur, siapa yang saat ini tidak kenal dengan sosok yang satu ini, hampir semua media baik cetak maupun elektronik membuat berita sosok yang menghebohkan ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah menginvestigasi dan setidaknya menemukan tiga kesalahan Eyang Subur yaitu : Memiliki istri lebih dari empat, menikahi saudara kandung istri dan yang terakhir adalah praktek perdukunan dan peramalan.

Dan ini astagfirullah. Orang tua, pendidik, lembaga pendidikan dan semua Muslim khususnya di Kabupaten Toli Toli patut prihatin dengan kelakuan sekelompok pelajarnya. Apa yang mereka perbuat baru-baru ini sungguh keterlaluan. Tanpa menutup aurat dengan baik, mereka memperagakan shalat. Parahnya, di tengah-tengah shalat didengarkan iringan musik barat. Lalu mereka pun berjoget di tengah shalat mengikuti iringan musik tersebut.

Selain beredar di Youtube, video pelajar berkaos "SMA Negeri 2 Toli Toli" melecehkan shalat itu juga beredar di facebook dan menuai beragam komentar negatif. Lepas dari niat bercanda atau main-main, melecehkan shalat tidak dapat dibenarkan.

Dua contoh yang terakhir ini sudah melakukan praktek “mengencingi sumur Zamzam” dalam pengertian seperti pepatah yang aslinya. Entah itu motifnya sengaja atau tidak yang jelas mungkin ada niatan mereka untuk mendadak terkenal dengan cara yang tidak di benarkan.

Atau bisa juga dapat dicontohkan seorang pejabat publik yang merakyat, yang tidak kaku dengan urusan protokoler, yang mengendarai sendiri kendaraannya, yang tidak mau mengambil gajinya sebagai Gubernur, yang tidurnya beralas tikar atau karpet semata, yang hidupnya sangat sederhana, sebagaimana yang dilakukan sosok Ust. Ahmad Heryawan, Dahlan Iskan dan masih banyak yang lainnya, yang pastinya akan dianggap aneh alias nyeleneh. Dan mereka sudah melakukan praktek “mengencingi sumur zamzam” dalam pengertian positif.

Sobat Muro’i El-Barezy, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga banyak jalan agar kita di kenal publik yang tentunya dengan hal yang positif. Semoga kita mampu “mengencingi sumur zamzam” dalam pengertian yang positif pula, yang memberi inspirasi bagi terciptanya perubahan nilai dan kebiasaan bangsa kita yang saat ini perlu sosok tauladan dan dijadikan panutan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



85 Responses to "Judule Nyeleneh"

  1. Replies
    1. mas saya pending dulu commentnya, mau kekampus nih..ntar tak balik lagi..sipp ??
      hha

      Delete
    2. lah ini juga udah comment kok :-d , oke sob, ditunggu lagi yah

      Delete
    3. baru tau komen pending bisa banget kan tuh.. b-(

      Delete
  2. Assalamualaikum wr.wb. nyleneh artinya bahasa jawa kan itu? nyleneh untuk cari sensasi mungkin maksudnye hehehe....selamat siang bro xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob nyeleneh itu artinya yang aneh-aneh, pokonya yang beda-beda gitu... :)

      Delete
  3. di zaman skrng mah mas , apa saja bisa di lakukan untuk mencari ketenaran , example yaa itu tuh , kawin lagi mungkin :D , bener toh ? =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sobat ini kok stressing-nya ko ke situ :-d

      Delete
    2. hihihi , sesuai dengan jdul mas , nyeleneh =))

      Delete
    3. ya sob, yang nyeleneh pasti biasanya ingat terus yah :)

      Delete
  4. memburu ketenaran dengan pelecehan ini ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sepertnya begitu, yang penting tenar deh...

      Delete
  5. sayapun kadang berbuat demikian dalam artikel2ku, kalau saya cuman mau jailin SEO doang sih kang...hehehe
    sma2 toli2 itulah yang sesuai dengan istilah mengencingi air zamzam, tapi soal pemimpin yg sederhana(saya bukan pendukung aher, menurut saya ngga termasuk mengencingi air zamzam, bukankah harusnya demikian pemimpin itu, seperti yang pernah dicontohkan Rosul dan para sahabatnya jaman itu...tapi karena ngga ada yang berupaya mencontoh kepemimpinnan rosul, hingga terlihat menjadi aneh bagi orang yang mau mengikutinya.
    keren banget kan komentar saya pagi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo artikel selama itu wajar ngga papa kang, malah menarik jadinya, asal jangan yang parno aja :d

      untuk contoh Ust. Aher ini contoh yang positif kang, saya sendiri bingung mau cari contoh pejabat publik siapa, lah wong kang Hadi jadi menteri pendidikan saja ngga becus, mana mungkin jadi contoh :-d

      Delete
  6. Yang nulis ga nyeleneh kan ya?
    :))
    hoho peace ah . .

    #kabuuuuuuuuuuuuurrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ngga sih, kalo yang komeng ngga tahu :d

      Delete
  7. meskipun niatnya positif ,,namuan aku enggan memakai istilah mengencingi sumur zam-zam, karena biar bagaimanapun istilah ini tetap berkonotasi negatif, walau yang dilakukan dalam kenyataan sebenarnya positif ...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. istilah itu artinya mencari sensasi mas, tapi ya ngga cocok juga sih walaupun dalam hal yang positif, makasih mas ...

      Delete
    2. sama2 terimakasih ya ...salam :-)

      Delete
    3. oke mas, salam sehat dan sukses selalu

      Delete
  8. semoga mereka di ampuni Allah mas boss b-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semoga sob, asalkan mau bertobat, menyesal dan tidak mengulanginya lagi...

      Delete
  9. kalo dalam arti positif sih ngga apa apa.. tapi jangan yg negatifan juga.. ntuh yg dari sma toli toli itu bikin hancur aja. sy udah nonton, jijik eh lihat dia begituan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, semoga tidak ada generasi-generasi seperti itu lagi, cuma cari sensasi...

      Delete
  10. jadi ingat sudjiwotedjo di televisi.. nyeleneh gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, yang nyeleneh gitu pasti inget terus :d

      Delete
  11. Semua demi tenar dan uang. Sudah tidak kuat dengan hidup miskin, makanya mencari jalan pintas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidup miskin salah satu penyebabnya sob, ada mungkin sebab-sebab lain, bisa kurang ilmu, kurang akidah dan sebagainya...

      Delete
  12. Selain tenar yang di inginkan juga karena hasad dan kedengkian... :-b

    ReplyDelete
  13. Kunjungan siang ke Blog Mas Muroi, Hmm lagi berburu yang nyeleneh2 disuguhi postingan yang judulnya nyleneh, asik, dan sekarang ikutan agak nyleneh jadinya hehehehee.... keep " Nyleneh"!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyelenehnya kenapa sob :-d makasih kunjungannya yah

      Delete
  14. Kalau Pak Dahlan Iskan adalah sosok yang terkenal karena perilakunya yang menurut saya wajar dan merakyat,yah itu dia sosok yang saya kagumi :)

    ReplyDelete
  15. Semakin banyak perilaku yang menyimpang dalam agama dan bila dibiarkan akan sangat berbahaya bagi akidah kita.
    Yang benar akan terlihat benar dan yang salah pun akan terlihat kesalahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemahaman akidah dan moral sepertinya sangat perlu lagi ya sob, trims kunjungannya...

      Delete
  16. Gak apa-apa sih ngelene,yang penting ada manfaat dan tidak merugikan orang lain pastinya Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, yang ngga boleh kan nyeleneh dalam hal yang negatif

      Delete
  17. waduh ketinggalan berita,ni bagus kang nyeleneh nya emang mau nyeleneh kmanah hehehe

    ReplyDelete
  18. Terkenal dengan cara yang salah dan mengandung dosa tentunya akan tidak membawakan keberkahan

    ReplyDelete
  19. iya tuh yang toli2 sungguh miris :(

    kalo saya orangnya yang woles aja, gak ngetop gpp deh, yang penting beramal terus aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga ikhlas dan di catat sebagai amal kebaikan

      Delete
  20. Replies
    1. kalo bisa ga usah sob, bikin makin terkenal aja mereka :d

      Delete
  21. berkunjung kembali sob. Wah ternyata ranking blognya sudah pada melesat tajam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya sob, iya tuh merangkak sih didkit-dikit :d

      Delete
    2. Pake template berbayar ya sob? kayaknya ngaruh juga nie templatenya :>)

      Delete
    3. iya nih sob,yah lumayan lah, ngaruh gimana maksudnya sob :)

      Delete
    4. iya kalo template bagus dari segi seo, alexa ranknya juga mudah ampe tingkat ratusan ribu..

      Delete
    5. owh gitu sob, saya pertama tertarik dengan template ini karena sudah dilengkapi dengan tampilan buat mobile sob, yang ini ngedit-ngeditnya bikin pusing, disamping juga katanya seo frendly juga sih hehe...

      Delete
  22. kalo mengencingi zam-zam terkenalnya dengan yg jelek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini cuma istilah saja sob, sepertinya ngga ada orang yang berbuat seperti itu..

      Delete
  23. nice ppost gan, tapi saya bukan termasuk orang yangnyeleneh, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan tidak sob, tapi nyeleneh yang positif ngga apa-apa :d

      Delete
  24. hehehe, terkenal nggak hanya di dunia sob, mungkin juga akan terkenal di ahirat..

    di dunia terkenalnya lama banget pastinya, namun saya yakin orang yang berani ngencingin air zamzam. g lama tuch dia nikmatin dunia hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ngga ada sob yang berbuat demikian, ini hanya pepatah arab yang artinya orang yang hanya cari sensai dengan berbuat yang aneh-aneh saja...

      Delete
  25. ahh kareueung Kang, pami kasohor tapi kedah barengep mah.
    wilujeng wengi Kang, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. muhun leres kang, hirup mah normal-normal saja ya kang :)

      Delete
  26. kalau yang sudah tua itu memang sudah kelewatan ya mas hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, ngga ngaca yah..yah sudahlah namanya juga eyang :d

      Delete
  27. ingin mencari sebuah perhatian ke orang lain biar jadi kaya gimana gitu itu ya sob

    ReplyDelete
  28. parah sob yang melecehkan sholat itu..ckckc memang sesat..
    memang banyak orang2 ingin mendongkrak ketenaran lewat hal2 yg melawan logika / negatif, tapi apa lah guna ketenaran dibumi ini. mending hidup sederhana saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener sob, kita tidak ada harganya depan manusia dibanding depan yang maha Kuasa...

      Delete
  29. kalau pribasa arab, emang anah ya gan. tapi ada benarnya juga, sekarang ini ya kaya gitu. mereka banyak melakukan kegiatan yang nyeleneh, kenapa ga kencingin aja tu zam zam.. biar terkenal sekalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo ngencingin zam-zam beneran sih jangan gan..bisa-bisa orang sedunia marah, ini cuma peribahasa

      Delete
  30. wah memenag kurang ajar mungkin atheis kali yah,sudah tahu sholat itu jalan menuju syurga dengan jalan melaksanakan tertib dan melakukan rukun-rukun sholatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu mungkin karena pendidikan akidah dan akhlaknya kurang kang...

      Delete
  31. joget di tengah pelajaran sholat yg auratnya blang bentong... hiks.. entah mau gmn sebenernya orang2 :(

    ReplyDelete
  32. sy jg mau jd org trkenal tp tekenalnya cz kebaikannya bukan terkenal cz kejahatannya.. *smile

    ReplyDelete
  33. Nyeleneh juga bisa mendatangkan traffic mas ... :) Ga percaya ? Coba deh ...

    Maaf baru bisa dateng lagi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mas.. masalah link blog saya, mungkin pas mas Muro'i memasukkan link blog saya, ada pesan error yang muncul. Tapi, mas tetap klik OK. Saya pernah mengalaminya waktu memasukkan link blognya mas Hariyanto.
      Kalau mas berkenan, bisa masukkann lagi link blog saya. tambahkan ini di belakang alamatnya : ..../feeds/posts/default/ jadi menjadi http://www.masasha.net/feeds/posts/default/

      Insya Allah akan naik kalau ada update dari blog saya ...
      :)

      Delete
    2. makasih mas, insya Allah nanti saya coba :)

      Delete
  34. kunungan pertama nih... gan mohon kerjasamanya.. salam blogger...
    follow sukses...polback yo/......:)

    emang Zaman sekarang ini.. bisa ngelakuin apa aja.... nih.. buat bisa Exis... parah.. #GUBRAK... :>)

    ReplyDelete
  35. udah keterlaluan tuh mas, sholat di buat mainan. jika mmg seperti itu kan bisa pakai metode lain, asal jangan sholat. saya baru kali ini mendengar beritanya. mksh sharenya mas

    ReplyDelete
  36. bener 2 nyeleneh ya.,

    Sesat bnget tuh., ;-(

    ReplyDelete
  37. mau lihat vidionya dulu sob (SMA Negeri 2 Toli Toli)Ntar kembali lagi buat Coment..

    ReplyDelete
  38. nyeleneh itu bahasa jawa lah kalo sunda nya mah caliweura =))

    ReplyDelete
  39. Wah benar benar keterlaluan kelima anak ini ..melecehkan agama sendiri* ke dunia luas (berdasar info dari kepala sekolah SMA Negeri 2 Toli Toli bahwa kelima anak ini beragama islam,mereka melakukan hal itu dengan alasan iseng)

    ReplyDelete
  40. saya gemes banget sama anak2 SMA 2 Toli-toli.
    kampret banget. saya setraap penginnya.

    ReplyDelete
  41. Hah! Kemana aja gue? Ternyata banyak berita aneh yg gue lewatin! Kalo menurut gue sih, kang! Pepatahnya aja berkonotasi negatif, so org2 yg berpaham pepatah ini pun kbanyakan negatif.

    Coba peribahasanya agak positif, misal, buatlah iphone 10 maka kau akan terkenal! Nah, gitu kan malah keren! Bhahaha

    ReplyDelete
  42. saalah satu fenomena nyeleneh did dunia blogging adalah ngejar keywords, hehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel