Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Judule Nyeleneh

By On 17.4.13

melamun
Nyeleneh | Pembahasan kali ini mungkin lumayan agak berat. Tapi ngga apa-apa, buat yang merasa boring mending langsung cabut saja, tapi komentar dulu hehe…. Sobat Muro’i El-Barezy, ada sebuah pepatah arab yang cukup terkenal dan sepertinya cukup menarik untuk dibahas. Mungkin ada sobat blogger yang sudah pernah mendengarnya. Bunyi pepatah itu kurang lebih adalah ” Bul ‘alaa zamzam Fatu’raf”.  Yang artinya “ Kencingilah sumur Zamzam, maka kamu akan terkenal”. Istilah ini untuk menunjukan seseorang yang mencari ketenaran dengan melakukan sesuatu yang aneh-aneh, atau dalam istilah lain juga disebut sebagai “Khoariqul Adat” yang artinya diluar dari kebiasaan.

Siapa yang tak kenal sumur zamzam di Arab Saudi, sumur yang airnya setiap tahun menjadi oleh-oleh khas orang Islam yang menunaikan ibadah haji. Sumur yang dipercaya mempunyai khasiat dan kandungan yang luar biasa. Dan semua orang yang pernah melaksanakan haji percaya dengan sumur Zamzam ini.

Kenapa di istilahkan mengencingi sumur Zamzam? Karena bisa dipastikan jika seseorang berani mengencingi sumur zamzam, maka dia pasti akan menjadi trending topik dunia, karena aksi gilanya tersebut. Aksi yang aneh dan akan membuat dia diberitakan oleh berbagai media di dunia, dan dia akan berurusan dengan pihak berwenang di Arab Saudi dan tentunya umat islam seluruh duniapun akan berdemo dan memprotes perbuatannya. Jadi kemungkinan tidak hanya terkenal di Arab sana, tapi seantero jagat raya akan melihat aksi gilanya. Masalahnya siapa yang mau berbuat gila seperti itu?

Okelah ini hanya sebuah istilah atau pepatah saja, namun fenomena ini sepertinya saat ini ada dan mungkin banyak disekitar kita. Banyak orang yang suka melakukan hal-hal yang aneh dengan tujuan menarik perhatian publik. Dia juga cenderung melawan logika dan kebiasaan  umum masyarakat. Sesuatu yang tidak biasa, yang tidak wajar, dan tidak pantas di ucapkan, dipakai dan dilakukan, dia akan ucapkan, pakai dan lakukan. Karena targetnya memancing perhatian publik. Dia hanya berfikir, yang penting dia terkenal, titik.

Dalam era modern, ada banyak orang yang melakukan hal-hal yang aneh, yang tidak biasa baik itu aneh- aneh dalam hal yang negative atupun yang postif. Masih segar dalam ingat apa yang diperbuat oleh Briptu Norman walaupun mungkin tanpa sengaja, tapi akhirnya seantero Indonesia mengenal sosoknya.

Contoh lain mungkin yang masih hangat kasus Eyang Subur, siapa yang saat ini tidak kenal dengan sosok yang satu ini, hampir semua media baik cetak maupun elektronik membuat berita sosok yang menghebohkan ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah menginvestigasi dan setidaknya menemukan tiga kesalahan Eyang Subur yaitu : Memiliki istri lebih dari empat, menikahi saudara kandung istri dan yang terakhir adalah praktek perdukunan dan peramalan.

Dan ini astagfirullah. Orang tua, pendidik, lembaga pendidikan dan semua Muslim khususnya di Kabupaten Toli Toli patut prihatin dengan kelakuan sekelompok pelajarnya. Apa yang mereka perbuat baru-baru ini sungguh keterlaluan. Tanpa menutup aurat dengan baik, mereka memperagakan shalat. Parahnya, di tengah-tengah shalat didengarkan iringan musik barat. Lalu mereka pun berjoget di tengah shalat mengikuti iringan musik tersebut.

Selain beredar di Youtube, video pelajar berkaos "SMA Negeri 2 Toli Toli" melecehkan shalat itu juga beredar di facebook dan menuai beragam komentar negatif. Lepas dari niat bercanda atau main-main, melecehkan shalat tidak dapat dibenarkan.

Dua contoh yang terakhir ini sudah melakukan praktek “mengencingi sumur Zamzam” dalam pengertian seperti pepatah yang aslinya. Entah itu motifnya sengaja atau tidak yang jelas mungkin ada niatan mereka untuk mendadak terkenal dengan cara yang tidak di benarkan.

Atau bisa juga dapat dicontohkan seorang pejabat publik yang merakyat, yang tidak kaku dengan urusan protokoler, yang mengendarai sendiri kendaraannya, yang tidak mau mengambil gajinya sebagai Gubernur, yang tidurnya beralas tikar atau karpet semata, yang hidupnya sangat sederhana, sebagaimana yang dilakukan sosok Ust. Ahmad Heryawan, Dahlan Iskan dan masih banyak yang lainnya, yang pastinya akan dianggap aneh alias nyeleneh. Dan mereka sudah melakukan praktek “mengencingi sumur zamzam” dalam pengertian positif.

Sobat Muro’i El-Barezy, banyak jalan menuju Roma. Begitu juga banyak jalan agar kita di kenal publik yang tentunya dengan hal yang positif. Semoga kita mampu “mengencingi sumur zamzam” dalam pengertian yang positif pula, yang memberi inspirasi bagi terciptanya perubahan nilai dan kebiasaan bangsa kita yang saat ini perlu sosok tauladan dan dijadikan panutan.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…..



85 komentar

mas saya pending dulu commentnya, mau kekampus nih..ntar tak balik lagi..sipp ??
hha

lah ini juga udah comment kok :-d , oke sob, ditunggu lagi yah

Assalamualaikum wr.wb. nyleneh artinya bahasa jawa kan itu? nyleneh untuk cari sensasi mungkin maksudnye hehehe....selamat siang bro xD

di zaman skrng mah mas , apa saja bisa di lakukan untuk mencari ketenaran , example yaa itu tuh , kawin lagi mungkin :D , bener toh ? =))

memburu ketenaran dengan pelecehan ini ya kang

sayapun kadang berbuat demikian dalam artikel2ku, kalau saya cuman mau jailin SEO doang sih kang...hehehe
sma2 toli2 itulah yang sesuai dengan istilah mengencingi air zamzam, tapi soal pemimpin yg sederhana(saya bukan pendukung aher, menurut saya ngga termasuk mengencingi air zamzam, bukankah harusnya demikian pemimpin itu, seperti yang pernah dicontohkan Rosul dan para sahabatnya jaman itu...tapi karena ngga ada yang berupaya mencontoh kepemimpinnan rosul, hingga terlihat menjadi aneh bagi orang yang mau mengikutinya.
keren banget kan komentar saya pagi ini

Yang nulis ga nyeleneh kan ya?
:))
hoho peace ah . .

#kabuuuuuuuuuuuuurrr

iya sob nyeleneh itu artinya yang aneh-aneh, pokonya yang beda-beda gitu... :)

wah sobat ini kok stressing-nya ko ke situ :-d

iya mas, sepertnya begitu, yang penting tenar deh...

kalo artikel selama itu wajar ngga papa kang, malah menarik jadinya, asal jangan yang parno aja :d

untuk contoh Ust. Aher ini contoh yang positif kang, saya sendiri bingung mau cari contoh pejabat publik siapa, lah wong kang Hadi jadi menteri pendidikan saja ngga becus, mana mungkin jadi contoh :-d

kayanya ngga sih, kalo yang komeng ngga tahu :d

meskipun niatnya positif ,,namuan aku enggan memakai istilah mengencingi sumur zam-zam, karena biar bagaimanapun istilah ini tetap berkonotasi negatif, walau yang dilakukan dalam kenyataan sebenarnya positif ...salam :-)

semoga mereka di ampuni Allah mas boss b-(

baru tau komen pending bisa banget kan tuh.. b-(

kalo dalam arti positif sih ngga apa apa.. tapi jangan yg negatifan juga.. ntuh yg dari sma toli toli itu bikin hancur aja. sy udah nonton, jijik eh lihat dia begituan.

jadi ingat sudjiwotedjo di televisi.. nyeleneh gitu :D

Semua demi tenar dan uang. Sudah tidak kuat dengan hidup miskin, makanya mencari jalan pintas.

tuh kan, yang nyeleneh gitu pasti inget terus :d

istilah itu artinya mencari sensasi mas, tapi ya ngga cocok juga sih walaupun dalam hal yang positif, makasih mas ...

ya semoga sob, asalkan mau bertobat, menyesal dan tidak mengulanginya lagi...

iya sob, semoga tidak ada generasi-generasi seperti itu lagi, cuma cari sensasi...

hidup miskin salah satu penyebabnya sob, ada mungkin sebab-sebab lain, bisa kurang ilmu, kurang akidah dan sebagainya...

Selain tenar yang di inginkan juga karena hasad dan kedengkian... :-b

Kunjungan siang ke Blog Mas Muroi, Hmm lagi berburu yang nyeleneh2 disuguhi postingan yang judulnya nyleneh, asik, dan sekarang ikutan agak nyleneh jadinya hehehehee.... keep " Nyleneh"!!

nyelenehnya kenapa sob :-d makasih kunjungannya yah

Kalau Pak Dahlan Iskan adalah sosok yang terkenal karena perilakunya yang menurut saya wajar dan merakyat,yah itu dia sosok yang saya kagumi :)

Semakin banyak perilaku yang menyimpang dalam agama dan bila dibiarkan akan sangat berbahaya bagi akidah kita.
Yang benar akan terlihat benar dan yang salah pun akan terlihat kesalahannya

Gak apa-apa sih ngelene,yang penting ada manfaat dan tidak merugikan orang lain pastinya Kang.

waduh ketinggalan berita,ni bagus kang nyeleneh nya emang mau nyeleneh kmanah hehehe

Terkenal dengan cara yang salah dan mengandung dosa tentunya akan tidak membawakan keberkahan

iya tuh yang toli2 sungguh miris :(

kalo saya orangnya yang woles aja, gak ngetop gpp deh, yang penting beramal terus aamiin

Mau lihat video nya donk gan

berkunjung kembali sob. Wah ternyata ranking blognya sudah pada melesat tajam :D

kalo mengencingi zam-zam terkenalnya dengan yg jelek hehe

nice ppost gan, tapi saya bukan termasuk orang yangnyeleneh, hehehe

pemahaman akidah dan moral sepertinya sangat perlu lagi ya sob, trims kunjungannya...

iya kang, yang ngga boleh kan nyeleneh dalam hal yang negatif

ya terserah mas aja mau gimana :d

iya bener sob, yang ada pasti dihujat...

hehehe, terkenal nggak hanya di dunia sob, mungkin juga akan terkenal di ahirat..

di dunia terkenalnya lama banget pastinya, namun saya yakin orang yang berani ngencingin air zamzam. g lama tuch dia nikmatin dunia hehehehe

hihihi , sesuai dengan jdul mas , nyeleneh =))

ahh kareueung Kang, pami kasohor tapi kedah barengep mah.
wilujeng wengi Kang, salam

sama2 terimakasih ya ...salam :-)

kalau yang sudah tua itu memang sudah kelewatan ya mas hehe...

ingin mencari sebuah perhatian ke orang lain biar jadi kaya gimana gitu itu ya sob

parah sob yang melecehkan sholat itu..ckckc memang sesat..
memang banyak orang2 ingin mendongkrak ketenaran lewat hal2 yg melawan logika / negatif, tapi apa lah guna ketenaran dibumi ini. mending hidup sederhana saja..

kalau pribasa arab, emang anah ya gan. tapi ada benarnya juga, sekarang ini ya kaya gitu. mereka banyak melakukan kegiatan yang nyeleneh, kenapa ga kencingin aja tu zam zam.. biar terkenal sekalian.

ya sob, yang nyeleneh pasti biasanya ingat terus yah :)

oke mas, salam sehat dan sukses selalu

amiin, semoga ikhlas dan di catat sebagai amal kebaikan

wah memenag kurang ajar mungkin atheis kali yah,sudah tahu sholat itu jalan menuju syurga dengan jalan melaksanakan tertib dan melakukan rukun-rukun sholatnya.

kalo bisa ga usah sob, bikin makin terkenal aja mereka :d

terimakasih kunjungannya sob, iya tuh merangkak sih didkit-dikit :d

ini cuma istilah saja sob, sepertinya ngga ada orang yang berbuat seperti itu..

mudah-mudahan tidak sob, tapi nyeleneh yang positif ngga apa-apa :d

wah ngga ada sob yang berbuat demikian, ini hanya pepatah arab yang artinya orang yang hanya cari sensai dengan berbuat yang aneh-aneh saja...

muhun leres kang, hirup mah normal-normal saja ya kang :)

Pake template berbayar ya sob? kayaknya ngaruh juga nie templatenya :>)

joget di tengah pelajaran sholat yg auratnya blang bentong... hiks.. entah mau gmn sebenernya orang2 :(

iya nih sob,yah lumayan lah, ngaruh gimana maksudnya sob :)

sy jg mau jd org trkenal tp tekenalnya cz kebaikannya bukan terkenal cz kejahatannya.. *smile

iya kalo template bagus dari segi seo, alexa ranknya juga mudah ampe tingkat ratusan ribu..

owh gitu sob, saya pertama tertarik dengan template ini karena sudah dilengkapi dengan tampilan buat mobile sob, yang ini ngedit-ngeditnya bikin pusing, disamping juga katanya seo frendly juga sih hehe...

Nyeleneh juga bisa mendatangkan traffic mas ... :) Ga percaya ? Coba deh ...

Maaf baru bisa dateng lagi ...

kunungan pertama nih... gan mohon kerjasamanya.. salam blogger...
follow sukses...polback yo/......:)

emang Zaman sekarang ini.. bisa ngelakuin apa aja.... nih.. buat bisa Exis... parah.. #GUBRAK... :>)

iya sob, ngga ngaca yah..yah sudahlah namanya juga eyang :d

Oya mas.. masalah link blog saya, mungkin pas mas Muro'i memasukkan link blog saya, ada pesan error yang muncul. Tapi, mas tetap klik OK. Saya pernah mengalaminya waktu memasukkan link blognya mas Hariyanto.
Kalau mas berkenan, bisa masukkann lagi link blog saya. tambahkan ini di belakang alamatnya : ..../feeds/posts/default/ jadi menjadi http://www.masasha.net/feeds/posts/default/

Insya Allah akan naik kalau ada update dari blog saya ...
:)

Ya bener sob, kita tidak ada harganya depan manusia dibanding depan yang maha Kuasa...

udah keterlaluan tuh mas, sholat di buat mainan. jika mmg seperti itu kan bisa pakai metode lain, asal jangan sholat. saya baru kali ini mendengar beritanya. mksh sharenya mas

bener 2 nyeleneh ya.,

Sesat bnget tuh., ;-(

wah kalo ngencingin zam-zam beneran sih jangan gan..bisa-bisa orang sedunia marah, ini cuma peribahasa

ya itu mungkin karena pendidikan akidah dan akhlaknya kurang kang...

makasih mas, insya Allah nanti saya coba :)

mau lihat vidionya dulu sob (SMA Negeri 2 Toli Toli)Ntar kembali lagi buat Coment..

nyeleneh itu bahasa jawa lah kalo sunda nya mah caliweura =))

Wah benar benar keterlaluan kelima anak ini ..melecehkan agama sendiri* ke dunia luas (berdasar info dari kepala sekolah SMA Negeri 2 Toli Toli bahwa kelima anak ini beragama islam,mereka melakukan hal itu dengan alasan iseng)

saya gemes banget sama anak2 SMA 2 Toli-toli.
kampret banget. saya setraap penginnya.

iya, saya juga mau ke TKP dulu

Hah! Kemana aja gue? Ternyata banyak berita aneh yg gue lewatin! Kalo menurut gue sih, kang! Pepatahnya aja berkonotasi negatif, so org2 yg berpaham pepatah ini pun kbanyakan negatif.

Coba peribahasanya agak positif, misal, buatlah iphone 10 maka kau akan terkenal! Nah, gitu kan malah keren! Bhahaha

saalah satu fenomena nyeleneh did dunia blogging adalah ngejar keywords, hehe