30 Apr 2013

Google SiteLink, Datang dan Pergi

·   100

google sitelinkGoogle SiteLink, Datang dan Pergi | Google SiteLink, mungkin kata ini sudah tidak asing lagi buat para master web dan blog. Google SiteLink atau taut situs adalah link khusus yang diberikan oleh mbah google setelah link utama pada Search Engine Result Page atau SERP yang berfungsi juga sebagai navigasi. Katanya sih hanya blog atawa web yang dianggap baik oleh Google saja yang bisa mendapatkan google sitelink. Struktur dari google sitelink bisa dilihat dengan cara memasukkan url homepage atau nama blog pada pencarian Google. Ditunjukkan dengan hasil pencarian yang berada pada posisi pertama kemudian terdapat link-link khusus yang letaknya agak menjorok ke dalam bisa 2 link, 4 link ataupun bisa juga 6 link.

Tadi sudah saya sampaikan bahwa tidak semua web atau blog yang bisa diberi SiteLink ini oleh google. Ada beberapa kriteria tertentu untuk mendapatkannya. Untuk cara mendapatkan siteLink, sobat bisa googling buat mencari tutorialnya karena pada postingan ini saya tidak akan membahasnya. Postingan ini mungkin kurang bermanfaat buat sobat, karena ini hanya woro-woro alias cuman ngasih tahu saja bahwa ternyata SiteLink blog Muro’i El-Barezy yang telah lama kabur entah kemana, sekarang sudah balik lagi.

Seperti lagunya bang haji Rhoma yaitu Menunggu, sayapun menunggu cukup lama si sitelink ini balik lagi. Setelah sekian lama mengembara karena alasan yang tidak jelas mengangapa sampai ngambek dan minggat hehe…Inipun tidak menjamin bakal terus bertahan, karena dari kasus yang ada ternyata SiteLink itu bisa datang dan pergi sesukanya. Ini adalah yang ketiga kalinya setelah menghilang beberapa bulan yang lalu.

Kenapa Saya Kangen Sama SiteLink?
SiteLink buat seorang blogger pasti sebuah kebanggan. Alasannya adalah karena biasanya algoritma-algoritma Google selalu memilih situs-situs yang dianggap bermanfaat, memiliki kredibilitas yang baik dan informasi terpercaya saja yang bisa mendapatkan sitelink. Itulah yang membuat saya kangen sama SiteLink yang sudah lama menghilang. Takut dikira saya hoax, coba simak pernyataan dari Google berikut ini :

We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (GoogleWebmaster Supports).
Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian jika kami pikir mereka (tautan situs) akan berguna bagi para pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami pikir bahwa tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan query pengguna, maka kami tidak akan menampilkannya.
Nah berikut ini penampakan siteLink dari blog Muroi El-Barezy (tanpa koma atas)

google sitelink

Okelah demikian tadi mengenai si SiteLink yang sudah balik lagi, semoga blog sobat semua juga udah dapat yah, silakan cek blog masing-masing.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…



Subscribe to this Blog via Email :