Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Google SiteLink, Datang dan Pergi

By On 30.4.13

google sitelinkGoogle SiteLink, Datang dan Pergi | Google SiteLink, mungkin kata ini sudah tidak asing lagi buat para master web dan blog. Google SiteLink atau taut situs adalah link khusus yang diberikan oleh mbah google setelah link utama pada Search Engine Result Page atau SERP yang berfungsi juga sebagai navigasi. Katanya sih hanya blog atawa web yang dianggap baik oleh Google saja yang bisa mendapatkan google sitelink. Struktur dari google sitelink bisa dilihat dengan cara memasukkan url homepage atau nama blog pada pencarian Google. Ditunjukkan dengan hasil pencarian yang berada pada posisi pertama kemudian terdapat link-link khusus yang letaknya agak menjorok ke dalam bisa 2 link, 4 link ataupun bisa juga 6 link.

Tadi sudah saya sampaikan bahwa tidak semua web atau blog yang bisa diberi SiteLink ini oleh google. Ada beberapa kriteria tertentu untuk mendapatkannya. Untuk cara mendapatkan siteLink, sobat bisa googling buat mencari tutorialnya karena pada postingan ini saya tidak akan membahasnya. Postingan ini mungkin kurang bermanfaat buat sobat, karena ini hanya woro-woro alias cuman ngasih tahu saja bahwa ternyata SiteLink blog Muro’i El-Barezy yang telah lama kabur entah kemana, sekarang sudah balik lagi.

Seperti lagunya bang haji Rhoma yaitu Menunggu, sayapun menunggu cukup lama si sitelink ini balik lagi. Setelah sekian lama mengembara karena alasan yang tidak jelas mengangapa sampai ngambek dan minggat hehe…Inipun tidak menjamin bakal terus bertahan, karena dari kasus yang ada ternyata SiteLink itu bisa datang dan pergi sesukanya. Ini adalah yang ketiga kalinya setelah menghilang beberapa bulan yang lalu.

Kenapa Saya Kangen Sama SiteLink?
SiteLink buat seorang blogger pasti sebuah kebanggan. Alasannya adalah karena biasanya algoritma-algoritma Google selalu memilih situs-situs yang dianggap bermanfaat, memiliki kredibilitas yang baik dan informasi terpercaya saja yang bisa mendapatkan sitelink. Itulah yang membuat saya kangen sama SiteLink yang sudah lama menghilang. Takut dikira saya hoax, coba simak pernyataan dari Google berikut ini :

We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (GoogleWebmaster Supports).
Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian jika kami pikir mereka (tautan situs) akan berguna bagi para pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kami pikir bahwa tautan situs untuk situs Anda tidak relevan dengan query pengguna, maka kami tidak akan menampilkannya.
Nah berikut ini penampakan siteLink dari blog Muroi El-Barezy (tanpa koma atas)

google sitelink

Okelah demikian tadi mengenai si SiteLink yang sudah balik lagi, semoga blog sobat semua juga udah dapat yah, silakan cek blog masing-masing.

Semoga bermanfaat dan happy blogging…



100 komentar

alhamdulillah yang dirindukan datang kembali,selamat mas

wah sudah balik ya site linknya ya kang,sekarang giliran saya kabur site linknya,he..he..mantap deh.

Ya alhamdulillah mas, semoga sitelink betah disini, minimal bisa tahan lama lah :d

Waduh kang, baru juga kemarin dapetnya, di marahin melulu kali yah, jadi kabur deh :-d

Sayah mah blogger baru kang, blom dapet site link.. ;-(

iyah, saya juga belum dimampiri sama Mr. Sitelink.... masih perlu berusaha supaya dilirik

blog saya belum pernah dapet :D

Selamat, selamit, selamut, selamot atas sitelink nya kang, seumur umur saya berusaha dapetin sitelink, sampe sekarang belom digubris sama si m
bah euy...kayanya artikel desa banyak ngaco nya dari pada manfaatnya, gituh kali mah y?...hehehe

bener kang datang pergi tanpadi undang bikin orang bingung hehehhe

selamat kang atas kembalinya sang sitelink,mudah mudahan sitelink saya ga minggat kaya punya akang :D

asiikk tuh mas boss , hehehe ..
blog dapet sitelink keereeenn :))

sitelink memang suka timbul tenggelam, datang tak diundang pulang tak diantar......yang penting tetap tersenyum dan keep happy blogging always :-)

sabar aja sob, nanti juga kebagian hehe...

yang penting tetep ngeblog ya teh, masalah sitelink itu mah bonus :d

sabar sob, nanti juga mampir si sitelink-nya, perlu waktu, kalo bagus blognya saya rasa ga perlu waktu lama

bukannya dulu udah dapet kang, tapi ilang lagi yah..ngga juga sig kang, banyak artikel yang manfaat kok, belum waktunya kali :)

apalgy aku,, baru 45 hari bergentayangan di alam blog..
jadi pastynya belum dapet yang kaya gtuh mas,,
mungkin lain waktu bisa ngerasain hal yang sama :-)

datang dan pergi sesuka hati oh kejamnya sitelink itu ya kang

wahh saiia belum pernah bisa kang mencapai level ini :( hiks..

caranya dapat site link gimana mas? padahal saya udah submit ke google webmaster ;(

wah jadi kaya jaelangkung dong :-d

ya sob sebenarnya sejak wal ngeblog dulu pernah dapet juga, tapi entah sudah 2 kali hilang jejaknya, sekarang balik lagi, semoga awet hehe...

kaya jaelangkung yah :d wah bener lah yang penting happy untuk berbagi ya sob, trims silaturrahimnya

iya iya pastynya dunk,, maksih maksih mas yosep :))

usia blog kadang tidak terlalu berpengaruh, baru beberapa bulan kalo memang memenuhi syarat, bisa juga dapet sitelink juga kok

owh aku pikir pengaruh lho mas ..
btw emng caranya gimana mas ?

coba bisa seraching dengan keyword cara mendapatkan sitelink aja, banyak kok, tinggal pilih yang gimana caranya :)

ya itu kan hak prerogatif google :d kita sih tinggal manut aja, mau protes gimana hehe...

semua yang web atawa blog semua berkesemptan bisa kok sob, tinggal usaha saja hihi...

submit ke google webmaster belum cukup mba, masih ada optimasi yang lain, banyak kok tutorialnya, silakan bisa searching aja :)

Barusan tak cek hilang sudah punyaku....
Sesuai judulnya kadang hilang ehh nanti datang lagi

haha, sebelumnya dulu juga site link dari blog ini pernah hilang dan kembali lagi kan sob, kalau tidak salah seperti itu hahaha

oya alhamdulillah Blog Anak Gila Online masih di bei site link padahal sudah setahun lamanhya tidak di update,

semoga google tetap mempercayakan blog ini di pencariannya

wah hilang juga ya sob, nanti juga balik lagi tuh :)

iya sob ini yang ketiga kali datang hehe..tapi dengan struktur baru, cuma 2 link, tapi lumayanlah, iya blog sobat keren tuh, sitelink-nya masih setia :d

Harus banyak belajar dan meningkatkan visitor dulu saya untuk bisa mendapatkan sitelink semacam ini

mamang belum paham masalah Neng SiteLink.... caranya bagai mana kang, dipelet gitu biar datang heheeh

sekali juga saya pernah dapat mas....
cuma ya gitu....nggak pernah perhatiin...tau ilang sendiri tanpa permisi...hehehhe

selamat ya mas....moga2 ga ngelayap lagi tuh...hadiah dari mbah akung wkwkwkwk :D

cikicieeewww alhamdulillaah dapat site link lagi \^.^/ (h)

Iya bener Kang El, datang dan pergi site linknya, btw selamat ya Kang dapat site linknya. Salam

Alhamdulillah sitelink saya sudah ada mas,,dulu cuma ada 2, terus hilang beberapa bulan karna jarang update. sekarang muncul lagi 6 ..wah senang.
tapi kadang aneh mas, kadang hilang timbul gitu, misalnya dibrowser si A bisa muncul, nah dibrowser si B ga bisa, dibrowser si C bisa lagi, ..dilaptop saya juga kadang muncul kadang tidak..bisa check kan ga mas?? cona ketik Fian Syauqi digoogle, muncul gak? jadi bingung [-(

Betul sob dan perlu sabar juga

Yah mamang ini coba kenalan dulu mang sama neng siti link dulu :d

Iya mas ngelayap mlulu tuh, kayanya harus dibaikin terus hehe..

Ya alhamdulillah mba, makasih doanya :)

Oke trimakasih sob, salam juga

Wah sama kasusnya sob, okelah nanti tak saya cek kalo buka pake pc, ni lg pake hape...

memang penuh misteri algoritma google ya sob,,haha
sip sip

kok keren sih om
cara bikinnya gimana tuh..?
google kok rese ya pilih pilih gitu

Semoga sitelinknya bisa bertahan Mas,dan terus menampilkan artikel yang bermanfaat biar sitelinknya tambah bagus :)

keren tu Mas. juara banget.
kalo saya nggak mudheng dan nggak urusan. yang penting ngetik tok wae. hehe

owwhh..... berarto kalai yg muncul cuma 2 baris, bisa dibilang site link juga ya? horreee... berarti aku termasuk dapet sitelink dunk.. hihi

kemaren nanya sama Fian nggak di bales -__-

follow done... folback yah kalo berkenan (o)

Perlu di coba nih.trimakasih kang El

dulu pernah dapet mas, sekarang sudah pergi entah kemana bayangannyapun tak terlihat, dengan begitu sudah tau lah saya tidak perlu menjelaskan lagi kenapa hikhik...

kemarin dah kenalan dan dan ada SiteLink pas mamang cek di Blog Mang Yono dan ada 4 SiteLinknya pada penelusuran Mbah Google tapi tadi mamang cek udah ndak ada lagi, cinta SiteLink cuma satu malam heheeh

AlhamdulilLah neng SiteLink di Blog mamang sudah balik lagi mas, bawa temennya lagi hehehe baru juga mamang omongin heehehe

Saya sitelink masih utuh cuma pr0 . Hahaha

ya itulah mang, suka pergi-pergi hehe...

iya susah di prediksi sob, sip juga lah

nanti juga dateng lagi sob, saya bingung nih sama profil agus setya sama agus bg hehe...

oya sob, udah tak cek blog sobat di PC punyaku, sitelink-nya ga ada tuh, lagi pergi kemana ga tahu hehe...

alhamdulillah saya juga pernah dapat sob.. :)

kalo caranya saya juga ga begitu faham mas, cuma submit di google wbmaster, optimasi sedikit, terus posting yang manfaat, yang penting jangan lebay ngedit-ngedit template mas..itu aja

ah biasa aja mas, bener sih mas, yang peting nulis titik :d

2 link juga termasuk sitelink mba, ini bisa bertambah tergantung kualitas blognya..kaya punya saya cuma 2 link-nya

mkasih udah follow yah, langsung tak follow blognya mba...

sama sama kang, silakan dicoba...eh dicoba apanya yah :-d

alhamdulillah kalo gitu mah mang, semoga setia neng sitelink-nya :d

wah mantep sob, PR bisa naik asal sabar hehe...

pernah dapet ya mas, berarti sekarang udah pergi dong sitelink-nya

hahahaha kayak punyaku.. dulu penah dapet. sekarang hilang begitu saja wkwkwkwkw

waduh ngambek juga rupanya hehe..sitelink memang sensitif mba...

Wahh kalau dapat sitelink trs hilang gmna tuh bosz?

hilang itu karena beberapa kemungkinan sob, bisa karena kita over opstimasi template, banyak menghapus link2 yang sudah dipasang dan sebagainya. untuk mengembalikannya biasanya jangan sering ngoprek template, republish artikel yang sudah di edit sedikit-sedikit, tiap hari satu cukup, sering-sering mengetikkan keyword atau nama blog sobat di Search Engine Google sesering mungkin...masih banyak langkah yang lainnya sob, silakan cari tutorialnya cara mengembalikan sitelink yang hilang....

met siang kang kesini mau nganterin ES kelapa muda kang biar seger heheh

tuh, search kan grup musik malaysia

kok bisa hilang dgn sendirinya yah? berarti ndak paten sitelink google

eh iya berdoa, itu wajib mas hehe...

itu Amy search mas, penyanyi Isabellah :d

wah yang dianterin juga belum nyruput mas :d

ya memang tidak paten mba, bisa hilang dan kadang muncul lagi, sebab hilangnya biasanya kita terlalu lebay ngoprek template, sehingga merusak struktur yang lama, makanya perlu hati-hati ketika sudah dapat sitelink

semoga betah mas asal ada jajannya ya mas

saya dong sudah 3 tahun tp belum cek sitelink

sama2 terimakasih ya sobat :-)

Anaa juga kadang sulit dapetnya, karena key word tertarget kompetisinya cukup ketat. Baru bisa nangkring dihalaman awal dan paling atas jika terus update. Penuh perjuangan.

Tapi sekarang motto anaa Happy Blogging aja karena awalnya juga hanya nyalurkan hobi.

saya belum dapet juga :( ;((

saya juga pernah kehilangan dia gan, tapi sekarang sudah balik lagi, selamat ya gan atas kembalinya sitelink anda semoga betah jangan kabur lagi

saya malah belum pernah dapat sitelink mas...

oh begitu ya sob .. saya pikir seperti breadcrumb yang bisa kita buat sendiri .. makasih ya infonya

Jadi pingin juga punya ssitelink seperti website blog ternama. Tapi dr tutorial blog yg saya baca sepertinya blog saya harus diperbaiki dulu strukturnya, masalahnya saya ngak tahu apa yg harus diperbaiki dan seandainya saya tahu apa yg harus diperbaiki saya tidak tahu cara memperbaikinya.

Bang, mau tanya apakah site link ini sama dengan link yang muncul di widget Alexa? Jika ya, bagaimana cara mengembalikan site link yang hilang itu? Terima kasih atas jawabannya.

SITLELINK GOOGLE itu yang muncul di hasil mesin pencarian google sob seperti gambar diatas...ini biasanya sensitif case, mudah hilang jika kita salah, baik optimasi yang berlebihan atau yang lainnya..

cara mengembalikannya saya kurang tahu persis caranya, tapi yang saya lakukan biasanya, me-repost artikel yang sering muncul di sitelink, kemudian sering membuka sear engine dengan kata kunci blog kita, terus update aja artikelnya dan jangan lupa berdoa :)