Alun-Alun Taman Berkah Pandeglang

Alun-Alun Taman Berkah Pandeglang | Assalamu ‘alaikum Sobat Muro’i El-Barezy, semoga hari ini kabarnya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Beberapa hari tidak posting karena disibukkan dengan pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah, pada kesempatan ini di tengah sempitnya waktu, saya hanya sedikti berbagi info yang mungkin buat sebagian sobat blogger tidaklah terlalu penting.

Baiklah tidak panjang kali lebar, kali ini saya ingin bercerita sebuat tempat yang biasanya menjadi sebuah icon kota-kota di Indonesia, yaitu sebuah alun-alun, dan tepatnya alun-alun yang akan saya ceritakan adalah Alun-alun Berkah Pandeglang.

Bagi yang belum tahu dimana itu Pandeglang, sedikit saya ceritakan mengenai Pandeglang. Pandeglang adalah sebuah kota yang terletak tidak jauh dari Ibukota Propinsi Banten Serang, sekitar 21 km dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit, Kota Pandeglang menjadi kota yang sangat strategis bagi wilayah Banten bagian Selatan. Pandeglang merupakan kota akses yang ditempuh bila berkunjung ke Rangkasbitung, Labuan, dan wilayah-wilayah Banten Selatan lainnya.

Sesuai dengan tradisi ibukota suatu pemerintahan di Pulau Jawa tentunya memiliki Alun-Alun sebagai pusat kegiatan dan aktivitas masyarakat, maka Pandeglangpun demikian memiliki sebuah alun-alun yang menurut saya megah. Dulunya, alun-alun adalah sebuah pusat pemerintahan se
bagai sarana untuk mengumpulkan masyarakat, dimana sekitar alun-alun biasanya terdapat beberapa aktivitas masyarakat, seperti Pasar Tradisional, Sarana Ibadah, dan tentunya Perkantoran Pemerintahan. Tradisi ini dipelihara hingga kini dibeberapa kota di Pulau Jawa, hanya untuk pasar Tradisional biasanya juga sudah bergeser kepada Pasar-Pasar Modern. Begitu juga dengan alun-alun Pandeglang ini, disekirarnya terdapat Masjid, Kantor Pemerintahan, pasar dan yang lainnya.

Alun-Alun Pandeglang sendiri diberi nama dengan Taman Berkah Pandeglang, hal ini sesuai dengan moto Kabupaten: Pandeglang BERKAH (Bersih, Elok, Ramah, Kuat, Aman, Hidup). Alun-alun Berkah Pandeglang saat ini menjadi sarana kegiatan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah. Suasana alun-alun secara terus menerus dipercantik dan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, seperti sarana olahraga, pancaniti, dan lahan parkir yang tertata dengan rapi. Tak heran bila Alun-Alun Pandeglang menjadi ramai di pagi dan sore hari, terutama pada saat hari libur. Ramainya kegiatan masyarakat yang berolah raga mandiri atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana bersama keluarga. Kadang-kadang tempat ini juga menjadi tempat perayaan ulang tahun Kabupaten Pandeglang dengan diadakannya pameran pembangunan.

Kota Pandeglang merupakan kota di kaki Gunung Karang yang dikenal dengan udara sejuk dan dinginnya, berbeda dengan kota-kota lain di Propinsi Banten yang pada umumnya berada di pesisir pantai. Hal ini menciptakan kota Pandeglang yang sejuk dan sangat asri, berada di alun-alun dengan latar belakang Gunung Karang yang menjulang merupakan pengalaman tersendiri ketika kita berada di alun-alun kota Pandeglang ini.

Ibarat pepatah mengatakan, ada gula ada semut. Seperti itulah masyarakat memanfaatkan peluang dengan keramaian pada Alun-Alun Pandeglang ini untuk mencari nafkah. Maka tak heran, para pedagang pun ramai, terutama pedagang makanan dan minuman. Hal ini menciptakan suasana kuliner yang berbeda dan tentunya menjadi ciri khas tertentu bagi sebuah daerah.

Namun demikian, pemerintah kota sebaiknya memperhatikan kerapihan alun-alun itu sendiri. Karena dengan semakin menjamurnya para pedagang akan menimbulkan masalah tersendiri jika tidak dikelola dengan baik.

Demikian sekelumit tentang Alun-alun Berkah Pandeglang. Semoga bermanfaat dan happy blogging…..


89 Responses to "Alun-Alun Taman Berkah Pandeglang"

  1. senengnya kalo pemerintah kota mengizinkan alun2 jd usaha rakyat.. di tempatku pedagang alun2 digusur, selain kasian dgn penjualnya yg kehilangan tempat strategis mencari nafkah, alun2 di kotaku kini sepi, terlihat seperti kuburan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Pandeglang saat ini masih ramai dengan pedagang, mengganggu keindahan juga sih, yah asal dikelola dengan baik mungkin bisa memberi banyak manfaat

      Delete
  2. wah alun alun pandeglang bagus mas , bersih pula tuh kayak ga nemuin sampah dstu. selalu d jaga kebersihan oleh warga pandeglang nya mas , biar alun alu nya terawat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya lumayan bersih sob, dibanding beberapa alun-alun di Banten, cukup nyaman

      Delete
    2. kalau malem banyak orang pacaran gak mas disitu :)) kayak alun2 di kota ane sih gitu :D

      Delete
    3. yah namanya tempat umum, mungkin ada juga sob :d

      Delete
    4. hehehehe , gangguin ajah tuh mas :D

      Delete
  3. tempatnya yg bersih dan nyaman jadi betah para pengunjung, apalagi banyak penjal yg menjajakan jualannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi hari libur mba, terutama pagi minggu, rame deh

      Delete
  4. dijadiin tempat usaha sih boleh
    tapi kalo bisa seperti alun alun batu malang itu baru keren
    alun alunnya bebas sampah dan asap rokok
    mau ngebul harus minggir ke smoking area di pojokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat banget mas, belum pernah kesana sih, maklumlah. :d

      Delete
  5. baru tahu saya tentang alun2 ini, padahal kalo di JKT saya biasa wara-wiri banten dan serang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serang itu ibu kota propinsi banten mas, kalo pandeglang sih belum kelewat, keselatan serang, kira-kira 40 menit ssampe mas...kapan-kapan bisa mampir

      Delete
  6. kalo alun alun jogja biasanya rame pas ada sekatenan.. penjualnya banyak.. sengaja disewakan untk para penjual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti setahun sekali ya sob, belum pernah kesana sih..

      Delete
  7. Belum pernah ke Pandeglang Kang...
    membaca artikel di atas sedikit banyak jadi tahu akan pandeglang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sob, maklum jauh sih, trimakasih kunjungannya dimari

      Delete
  8. Semoga alun-alunnya akan bisa memberikan banyak manfaat untuk para warga masyarakatnya seperti namanya alun-alun berkah pandeglang

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, sesuai dengan namanya ya sob, makasih sudah berkunjung yah

      Delete
  9. Jarang denger nama Pandeglan sih, tapi makasih infonya

    ReplyDelete
  10. hmm, kpn ya jln2 kesitu?
    di daerahku jg byk alun2 sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alun-alun kan ciri khas tata kota di indonesia sob, jadi dimana-mana ya ada, makasih yah

      Delete
  11. alun-alun dengan latar belakang pemandangan gunung jarang yang seperti ini ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, yang ini sejuk, betah deh pokoknya....

      Delete
  12. ituhkan deket d kmpng aq kan trmksh kng infonya. Jalan2 sore
    akang smbil nglemparin
    kopi ke admin pumpung
    mash hangat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampung yang mana mas, lamongan sama pandeglang jauh banget :d

      Delete
  13. Punten nuju rada riweuh kang, absen doang kang, ngga apaapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga atuh kang, teraskeun riweuhna :d

      Delete
    2. saya pernah berhenti sejenak di alun alun ini 10 tahunan yang lalu, pas pulang berguru di Cihideung kang...terakhir lewat tahun 2011.

      Delete
    3. kalo sekarang sudah banyak yang berubah kang...

      Delete
  14. Sore mas admin,
    Singgah ke alun-alun sambil lihat pemandangan yang asri.

    ReplyDelete
  15. dulu babeh ane juga di alun2 pandeglang.... tapi karang udah pensiun heheheeheh.... gak cuma PNS ja yang bisa pensiun... Kang muro'i, boleh share gak cara ngasih blok abu2 di judul sidebar. Trus cara buat dua widget kaya punya akang kyk gimana ya??? boleh diturunin ilmunya ndak??? heheeh nuhunn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh kok gitu :d masalah edit template, bisa aja sob, tapi saat ini saya lagi ga mood sharing tutorial, nanti kapan-kapan ya sob :)

      Delete
  16. mending daripada jakarta gak punya alun2 kakakakaka

    ReplyDelete
  17. wa'alaikumsalaam warohmatullah,indah sekali pemandangan alun2nya ada gunungnya,jarang saya temui kota yang alun2nya kelihatan gunungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, disini memang sejuk udaranya, pemandangan juga cukup indah, makasih mas sudah mampir dimari lagi...

      Delete
    2. buat rekreasi keluarga cocok nih mas,beber tikar bawa masakan dari rumah,nyari tempat yang rindang,betapa indahnya dunia,hehe

      Delete
    3. wah bener tuh mas, endah banget kayanya dunia :d

      Delete
    4. masa sih mas agus ehhehehe

      Delete
  18. karna di sumatra nggak ada alun alun, jadi saya masih cukup kepingin merasakan keramaian sore hari di alun alun sob.. duuhhh pasti asyik banget dech..

    ReplyDelete
  19. indah ya mas.., dipayungi gunung besar dan awan putih... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, udara juga lumayan sejuk, smile juga ah...

      Delete
  20. Alun2 digunakan untuk taman hiburan, pusat kegiatan atau event yang positif, akan menjadikan alun2 sebagai sarana rekreasi tengah kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, rekreasi alternatif tanpa mengeluarkan biaya mahal

      Delete
  21. selamat pagi Kang Muroi,,,saya hanya sering mendengar kata Pandeglang di TV Kang Muroi,,,kalau Ada rejeki kapan kapan Insya Allah saya akan berkunjung kesana juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin, semoga ada rezeki sob, biar bisa mampir ke Pandeglang :d

      Delete
  22. Saya malah baru tau tempat tsb dari artikel ini. Thanks kawan. . . . .

    ReplyDelete
  23. wah kalo alun2 di sidoarjo ancur sob :D cz dipenuhin oleh pedagang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena tidak dikelola dengan baik ya sob, itulah akibatnya, pemerintah daerah harusnya lebih tegas lagi

      Delete
  24. Numpang baca aja bang soalx nggk prnh ke Pandeglang

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan sob, dan trimakasih atas kunjungannya...

      Delete
  25. sejuk banget ya keliatannya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang sejuk sob, tapi kalo lagi panas ya lumayan juga

      Delete
  26. wah bagus tuh pemandangannya buat foto" mas :d

    ReplyDelete
  27. iya,,, ditempatku juga pada digusurin... sekarang cuma jadi lapangan doank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang bermanfaat berarti yah, perlu di kelola olaeh daerah tuh biar manfaat buat masyarakat

      Delete
  28. Luas alun-alunnya Mas dan terlihat sejuk ya disana kalau dilihat dari gambarnya sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya lumayan sob, sarana publik yang bisa dijadikan hiburan disini...

      Delete
  29. wih bersih banget alun - alunnya... jadi pengen main...
    bulan kemarin mamang main ke daerah Pantai Bagedur, jauh ndak ya mas dari Bagedur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu kelewat mang, kalo bagedur itu di Kab. Lebak, tetangga pandeglang sih, sebelum ke Bagedur biasanya lewat alun-alun Pandeglang dulu mang

      Delete
  30. Saya belum pernah ke pandeglang, tapi jika teman ada. Alun-alun memang sarana hiburan murah-meriah dengan adanya pedagang. Pastinya memang harus diatur biar tak tampak semrawut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, lama-lama kalo ga diatur ya menggangu juga buat ketertiban

      Delete
  31. Wa'alaikumsalam,Saya belum tau alun2 pandeglang/belum pernah kesana kang.alun2 ciamis lebih adem hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong kang, saya juga belum pernah ke Ciamis :d

      Delete
  32. Kalau ajak keluarga ke alun-alun mungkin jadi inspirasi mengisi waktu luang bersama keluarga.

    ReplyDelete
  33. sy baru nyampe Carita kang.. belum pernah mampir ke alun2 Pandeglang.. kayaknya bagus n bersih.. penuturan ceritanya juga sangat runtut membuat penasaran nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke Carita lewat jalur Serang pasti melewati alun-alun ini sob, kecuali kalo dari Anyer atawa Cilegon ya ga lewat..kapan-kapan silakan mampir sob

      Delete
  34. walau hanya bisa membaca dan menyimak dari artiekl,namun kayaknya rame juga yah di alun-alaun pandeglan,hampir samad dengan alu-alun ditempatku yang tiap hari penuh dengan pedagang dan pengunjungnya.

    ReplyDelete
  35. kota identik ya kalau dengan yang namanya alun-alun atau taman kota lah, tapi jarang sih yang memiliki pemandangan landscape gunung, udaranya sejuk lagi kalau di kaki gunung.
    asik tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sob, di Pandeglang menurut saya termasuk alun-alun yang enak buat rekreasi...

      Delete
  36. alun-alunnya indah, aku belum pernah kesana hehe

    ReplyDelete
  37. Semoga Pandeglang tambah berkah, sesuai mottonya...

    ReplyDelete
  38. Ternyata indah sekali ALun2 nya mas.. Kalau Magelang dikelilingi para pedagang dan kantor2 mas... :)

    ReplyDelete
  39. dari fotonya alun-alunnya keliatan asri dan bersih mas.

    ReplyDelete
  40. Terima asih atas infromasi yang sdah disampaikan sangat menarik sekali gan !
    ditunggu ja kunjungan bailknya

    ReplyDelete
  41. Sukses untuk web nya, semuanya bermanfaat

    ReplyDelete
  42. ngenambah asyik suasana dan pemandangannya ya mas.... pas belakngnya ada gunung nya....
    makin adem makin jadi ciri khasnya juga...
    kapan2 mesti mampir nih kaya nya..hehehe

    ReplyDelete
  43. subhanallah , ayah nya ganteng , ibu nya cantik , anak nya luaar biasaaa . lengkappp sudaahh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. astagfirullah :( , maap mas salah ketik komentaaarr hrus nya d blog sebelaah :( maap ya mas , kalau anu d hapus ajah :(

      Delete
  44. alun-alun dimana mana memang identik dengan berbagai macam pedagang

    ReplyDelete
  45. wow bersih banget tuh tempatnya. :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel