24 Apr 2013

Alun-Alun Taman Berkah Pandeglang

Alun-Alun Taman Berkah Pandeglang | Assalamu ‘alaikum Sobat Muro’i El-Barezy, semoga hari ini kabarnya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Beberapa hari tidak posting karena disibukkan dengan pelaksanaan Ujian Nasional di sekolah, pada kesempatan ini di tengah sempitnya waktu, saya hanya sedikti berbagi info yang mungkin buat sebagian sobat blogger tidaklah terlalu penting.

Baiklah tidak panjang kali lebar, kali ini saya ingin bercerita sebuat tempat yang biasanya menjadi sebuah icon kota-kota di Indonesia, yaitu sebuah alun-alun, dan tepatnya alun-alun yang akan saya ceritakan adalah Alun-alun Berkah Pandeglang.

Bagi yang belum tahu dimana itu Pandeglang, sedikit saya ceritakan mengenai Pandeglang. Pandeglang adalah sebuah kota yang terletak tidak jauh dari Ibukota Propinsi Banten Serang, sekitar 21 km dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit, Kota Pandeglang menjadi kota yang sangat strategis bagi wilayah Banten bagian Selatan. Pandeglang merupakan kota akses yang ditempuh bila berkunjung ke Rangkasbitung, Labuan, dan wilayah-wilayah Banten Selatan lainnya.

Sesuai dengan tradisi ibukota suatu pemerintahan di Pulau Jawa tentunya memiliki Alun-Alun sebagai pusat kegiatan dan aktivitas masyarakat, maka Pandeglangpun demikian memiliki sebuah alun-alun yang menurut saya megah. Dulunya, alun-alun adalah sebuah pusat pemerintahan se
bagai sarana untuk mengumpulkan masyarakat, dimana sekitar alun-alun biasanya terdapat beberapa aktivitas masyarakat, seperti Pasar Tradisional, Sarana Ibadah, dan tentunya Perkantoran Pemerintahan. Tradisi ini dipelihara hingga kini dibeberapa kota di Pulau Jawa, hanya untuk pasar Tradisional biasanya juga sudah bergeser kepada Pasar-Pasar Modern. Begitu juga dengan alun-alun Pandeglang ini, disekirarnya terdapat Masjid, Kantor Pemerintahan, pasar dan yang lainnya.

Alun-Alun Pandeglang sendiri diberi nama dengan Taman Berkah Pandeglang, hal ini sesuai dengan moto Kabupaten: Pandeglang BERKAH (Bersih, Elok, Ramah, Kuat, Aman, Hidup). Alun-alun Berkah Pandeglang saat ini menjadi sarana kegiatan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah. Suasana alun-alun secara terus menerus dipercantik dan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang, seperti sarana olahraga, pancaniti, dan lahan parkir yang tertata dengan rapi. Tak heran bila Alun-Alun Pandeglang menjadi ramai di pagi dan sore hari, terutama pada saat hari libur. Ramainya kegiatan masyarakat yang berolah raga mandiri atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana bersama keluarga. Kadang-kadang tempat ini juga menjadi tempat perayaan ulang tahun Kabupaten Pandeglang dengan diadakannya pameran pembangunan.

Kota Pandeglang merupakan kota di kaki Gunung Karang yang dikenal dengan udara sejuk dan dinginnya, berbeda dengan kota-kota lain di Propinsi Banten yang pada umumnya berada di pesisir pantai. Hal ini menciptakan kota Pandeglang yang sejuk dan sangat asri, berada di alun-alun dengan latar belakang Gunung Karang yang menjulang merupakan pengalaman tersendiri ketika kita berada di alun-alun kota Pandeglang ini.

Ibarat pepatah mengatakan, ada gula ada semut. Seperti itulah masyarakat memanfaatkan peluang dengan keramaian pada Alun-Alun Pandeglang ini untuk mencari nafkah. Maka tak heran, para pedagang pun ramai, terutama pedagang makanan dan minuman. Hal ini menciptakan suasana kuliner yang berbeda dan tentunya menjadi ciri khas tertentu bagi sebuah daerah.

Namun demikian, pemerintah kota sebaiknya memperhatikan kerapihan alun-alun itu sendiri. Karena dengan semakin menjamurnya para pedagang akan menimbulkan masalah tersendiri jika tidak dikelola dengan baik.

Demikian sekelumit tentang Alun-alun Berkah Pandeglang. Semoga bermanfaat dan happy blogging…..