Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Menggunting Dalam Lipatan

By On 18.3.13

menggunting dalam lipatanMenggunting Dalam Lipatan | Ini mungkin sebuah perbahasa atau istilah yang mungkin sudah sering kita dengar. Namun apa sih arti yang sebenarnya dari arti menggunting dalam lipatan ini. Dalam dunia kerja atau dalam hidup bergaul dengan sesama mungkin istilah ini akan sesuai dengan kenyataan yang sering kita hadapai. Jika sobat memiliki sahabat  atau teman sejawat tetapi sahabat sobat tersebut seakan bermuka dua dibelakang sobat atau mengkhianati sobat, atau menikam dari belakang saat sobat tidak ada, maka itulah arti dari perkataan menggunting dalam lipatan.

Istilah Asal  Bapak Senang alias ABS barang kali sepadan dengan istilah menggunting dalam lipatan ini. Karena biasanya teman yang menjegal atau mencari kelemahan kita bertujuan mencari muka dihadapan bos atau atasannya. Degala macam cara biasanya akan diperbuat asalkan bosnya senang dan memberikan reward kepadanya dengan mengorbankan teman sejawat atau sahabatnya, ibarat pagar makan tanaman.

Beberapa kali saya pindah kerja dan instansi, hampir semuanya ada orang yang bersifat culas seperti ini. Bermuka manis dihadapan, namun bermuka sinis dibelakang. Sifat orang munafik yang punya hati busuk oleh rasa iri dan dengki. Naudzubillah. Jika mengambil filosofi blankon jawa mungkin bisa juga untuk menggambarkan sifat orang culas seperti ini. Tahu kan blangkon jawa? Ya itu yang didepan rata tapi dibelakang ada tonjolannya. Didepan bermuka manis seperti tidak ada-apa-apa tapi dibelakang siap memukul kita hehe….

Jadi inti dari menggunting dalam lipatan ini adalah seorang sahabat yang tega merongrong sahabatnya sendiri tanpa sepengetahuan kita, atau istilahnya kita dikhianati kawan sendiri. Pernahkah sobat mengalaminya? Mempunyai sahabat yang menggunting dalam lipatan? Pasti menyakitkan yah rasanya. Semoga kita terhindar dari sifat-sifat orang culas dan munafik seperti ini. Dan jika sobat menemukannya dalam dunia kerja, carilah cara aman untuk menyelesaikannya dengan tidak menimbulkan masalah baru dan waktulah yang akan membuktikannya, mana emas dan mana yang tembaga.

Semoga bisa menjadi renungan dan bermanfaat, dan happy blogging…

47 komentar

sepertinya hal ini banyak terjadi dalam lingkungan kerja..dimana tuntutan ekonomi membuat orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan fulus, termasuk main gunting-guntingan...namun maaf, bagi saya senantisa berprinsip...bila memang itu rejeki untuk kita..maka rejeki itu takkan lari kemana, namun bila bukan rejeki,,walau menangis darahpun tak bakalan kita mendapatkannya,
jadi bekerjalah dengan ikhlas dan selalu bersandar pada ALLAH memohon lindungannya...maka semua akan berjalan sesuai kehendak-NYA...insyaALLAH....salam :-)

serendah rendahnya cara cari perhatian adalah dengan menjatuhkan orang lain

bener mas, setuju sya ge lah..ga usah ambil pusing, rezeki sudah ada yang ngatur ya sob...dan waktu yang akan membuktikan juga

yup betul cara picik dan culas bin pengecut itu...:-t

jaman sekarang udah banyak org seperti ini, bahkan di dalam hubungan kekeluargaan pun ada. benar2 akhir jaman ya mas?

wah kalo menjatuhkan teman sendiri itu cara yg tidak sportif sama aja dengan pengecut :)

benar kang di mana-mana tipe yang seperti ini ada, apalagi jika sampai memfitnah yang pantas jika dosanya terkategorikan lebih kejam dari pembunuhan, nice share

sifat yang sangat dibenci ALLAH SWT, dan disetiap tempat pasti ada orang yang seperti itu, kalau sempat kejadian terhadap kita, anggap aja ujian kesabaran untuk kita, dan kepada orang munafik itu, mendingan kita traktir makan siang azh sekalian kang, lalu dimakanannya kasih racun tikus...beres... :-t

selamat pagi menuju siang, semoga sehat dan ceria selalu

wah kasian juga x kang .tar mati donk!

sama saya jg setuju sama mas Haryanto.ngiringan wae lah...he he

iya kang, rasanya sakit ... apalagi jika teman trsebut adalah teman dekat dan paling dipecaya

nice share mas, buat renungan dan pelajaran untuk kita smua.
skalian mmpir, lama g maen ksini, hehe

koment back y dpostq :)

sikap yang tidak baik dan sungguh dilarang agama ya neng uswah ku [-(

met sore mang trmksih wis gelem bagi2 ilmu hehehe

Yang sabar dan tetap berdoa sob,ntar mereka sadar sendiri gimana kalau mereka mengalami hal kita alamai.Hidup ini hanya sementara jadi ada baiknya tanam yang baik maka hasilny baik.

Silakan, nyimak sambil dibaca yah...

Ya bukan hal yang aneh mba, kita sering menemukan orang seperti ini

Berarti lempar batu sembunyi tangan

Makasih mas, sifat dengki ini memang akan terus ada sampai kapanpun

Wah itu sih lebih kejam kang :d

Ibarat pagar makan tanaman yah

Iya sob, semoga manfaat yah...

Alhamdulillah sob,selama saya kerja di manapun saya tidak pernah mengalami hal tersebut,mungkin menggunting dalam lipatan bisa diartikan juga dengan musuh dalam selimut ya?barangkali.

ini memang salah satu istilah yang sangat susah di pahami oleh anak anak sob hehehe

dulu saya juga sempat bingung kalau di tanya istila menggunting dalam lipatan..

Ternyata teman bukannya teman,kadang inilah yang kita tidak ketahui sudah kita anggap sebagai teman sejati tetapi masih juga menghianati kita dari belakang.Mudahan Mas teman yang menghianti Mas bisa sadar akan apa yang dilakukannya.

Iya sih saya sendiri ga ambil pusing dengan sikap mereka, profesional bekerja dan waktu yang mungkin akan membuktikan sob, siapa yang memang kerja hanya cari muka

Berarti kurang dinamika sobb, kurang seru :d

Makasih sob sudah berkunjung, salam sukses selalu...

Amin..makasih sob sudah berkunjung lagi disini

dunia memang makin gila, jangan sampai kita terperdaya..

Perbuatan spt ini menjurus pada fitnah sob. . .
Kadang teman dekat pun difitnah

Biasanya kalau ada niatan yang kurang baik hal ini akan dijalankan.
Semoga kita terhindar dari hal seperti ini aamiin

ya bisa jadi seperti itu sob, makasih kunjungannya

Dunia kerja memang syarat dengan kepentingan baik kepentingan individu ataupun kepentingan kelompoknya. Apa yang disampaikan di sini memang benar benar terjadi dalam dunia kerja. Saya yang bekerja di salah satu perusahaan swasta sudah belasan taun juga merasakan apa yang ditulis di sini.

Mau jadi Idealis? Saya rasa bisa juga, kadang juga harus dikorbankan. Mengorbankan idealis memang sakit hati, tapi jika berpikir karena kita perlu hidup, kadang idealis harus kita gadaikan. Namun terlepas dari itu semua, jadilah orang yang bijaksana dan bisa "membaca" situasi. Jangan jadi orang "baik" di kantor karena akan dipermainkan dan dijadikan sapi perahan. Banyak orang pintar sekarang ini tinggal pintar pintarnya kita saja

=p~ seru juga x kang klo kolom komeng di blog saya pake emoticon.minta script nya dunk

Wah bahaya..
Ular kepala dua tuh..

itu bisa disamakan dgn "musuh dlm selimut" gak sob?

wah, sakit tuh sob, ane malah keinget ucapan bijak di Spongebob, "Jika aku harus mati sekarang karena kesalahan seorang teman, aku akan ikhlas." (Spongebob Squarpants)

maaf nih sob, baru sempet mampir

hheehe,,, jadi tau arti menggunting dalam lipatan sob, wah itu curhatan pribadi di tempat kerja tho :D