Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Membangun Disiplin Sejak Dini

By On 7.3.13

disiplin
Membangun Disiplin Sejak Dini | Keindahan pohon bonsai tidak terbentuk dengan sendirinya. Namun keindahan tersebut adalah hasil dari kerja keras selama berbulan dan bahkan kadang bertahun-tahun. Bonsai yang tumbuh dengan indah adalah hasil bentukan sewaktu pohon itu masih kecil. Dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan keinginan sang pembuatnya. Dengan tekun dan telaten selama berbulan bahkan bertahun-tahun dengan mengawati, memberi pupuk, menyirami dan memberikan cahaya yang cukup untuk pertumbuhan bonsai.

Kegiatan tersebut dilakukan sang pembuat bonsai tanpa lelah dan mengeluh. Yang akhirnya setelah beberapa waktu kemudian jadilah sebuah bonsai yang indah dengan nilai jual yang tinggi. Di pajang di tempat yang special pula dan dijaganya agar bonsai yang indah itu tidak layu dan mati.

Sobat Muro’i El-Barezy, itulah gambaran sederhana betapa sesuatu yang indah saat ini adalah hasil dari sebuah jerih payah yang tanpa mengenal lelah. Keberhasilan dan kesuksesan yang dirasakan seseorang saat ini adalah hasil DISIPLIN masa lalu yang bisa jadi hasil dari didikan orang tua, guru dan dorongan dari diri sendiri dalam menerapkan disiplin tersebut.

Sayangnya, banyak orang menganggap bahwa DISIPLIN adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Rasa malas dan "Ah yang penting hidup senang seperti air mengalir," bisa menjadi hambatan kedisiplinan yang tumbuh dalam sikap kita sehari-hari. Padahal, semua aspek kehidupan memerlukan sikap disiplin yang tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membiasakan kita untuk bersikap displin.

Pertama, Menganggap bahwa segala sesuatu penting. Semakin penting sesuatu, maka sikap disiplin akan muncul dengan sendirinya. Sayangnya, ada orang yang malas melakukan sikap disiplin pada hal-hal tertentu yang dianggap remeh dan kecil, sehingga menganggapnya sebagai angin lalu yang tidak butuh perhatian apalagi sikap disiplin untuk menanggapinya. Sebagai contoh adalah jika sobat tahu betapa pentingnya manfaat gosok gigi, maka akan melakukannya tiap hari dengan rutin karena tahu apa akibat jika tidak kgosok gigi.

Kedua, biasakan untuk tidak menunda segala pekerjaan. Sebisa mungkin kerjakan semua pekerjaan dengan segera, sebab semakin lama kita menunda sebuah pekerjaan maka akan semakin sulit juga untuk memulainya kembali. Inilah yang menjadi kebiasaan buruk kita, terbiasa menggampangkan sebuah pekerjaan dan menundanya hingga akhirnya hasil yang didapatkan juga kurang optimal.Contoh kecil dalam kehidupan adalah ketika kita menumpuk pakaian kotor. Padahal jika setiap hari kita mencucinya maka akan terasa ringan pekerjaan itu. Bantal yang ringanpun jika terus dipegang selama berjam-jam akan terasa berat juga kan?

Ketiga, memiliki tekad dan komitmen yang kuat. Sebuah pepatah Arab mengatakan “Man jadda wajada” yang artinya barang siapa yang bersungguh –sungguh maka ia akan mendapatkannya. Begitu juga dengan disiplin, tanpa adanya tekad dan komitmen yang kuat, maka semua jadwal yang telah di susun dan semua target yang telah di tentukan hanya akan menjadi wacana saja. Karena itu, kuatkan tekad dan komitmen untuk mulai belajar disiplin. Bila kita masih kesulitan, mulailah dari hal-hal yang paling mudah. Hingga akhirnya tekad dan komitmen akan semakin hari semakin meningkat.

Keempat, membiasakan diri. Bila kita selama ini terlena dengan hidup yang cenderung santai dan 'lihat nanti deh', maka perlu penyesuaian yang akan kita alami jika sudah memasukkan unsur disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang sudah terbiasa hidup dalam zona nyaman akan terasa berat keluar darinya dan mungkin akan dianggap sesuatu yang janggal. Bisa jadi orang-orang di sekitar kita berseru, "Wah, tumben jadi disiplin, biasanya nggak," jadikan hal tersebut pemacu bahwa kita telah separuh jalan dalam pencapaian penerapan disiplin.

Nah sobat Muro’i El-Barezy,tentunya menerapkan disiplin itu tidak semudah ketika membaca artikel ini. Tetapi sekali lagi, kita sendiri yang menjadi penentu kehidupan, kontrol sangat diperlukan dalam hal ini. Semoga saya dan sobat sekalian bisa sedikit demi sedikit mulai membangun kebiasaan ini. Semoga bermanfaat dan happy blogging...


54 komentar

yang terakhir itu yang terkadang terabaikan..yakni membiasakan diri untuk disiplin :-)

wah kadang2 saya kurang memperhatikan itui semua kang,makanya jadi kurang teratur,mantap kang tipsnya.

iya sama juga merasa sepertinya kurang disiplin :)

iya kang disiplin mudah diucap tapi sulit dilakukan, mudah karena sudah menjadi kebiasaan dan sulitnya karena masih sayang pada kemalasan

Betull banget bang Muro'i..SEJAK DINI harus kita terapkan disiplin baik itu masalah SHOLAT karena lewat SHOLAT kita bisa belajar arti hidup dan kehidupan dan lewat SHOLAT jugalah kita tahu betapa besar rahmat yang telah ALLAH SWT berikan pada kita selama ini..ini artikel yang josss dan saya paling suka....{Ga berani hahahhaayy aku bang..}

kalau baca artikel tentang membangun disiplin sejak dini, ngga ada istilah nyantay kaya dipantai ya kang, padahal saya seringkali bersikap seperti itu.iya ah...mulai sekarang saya mau disiplin, terutama disiplin ng'blog.... b-(

kalo ngomongin disiplin emang indonesia banget deh :p

kalau saya seringnya menunda pekerjaan, seperti tugas2 kampus. waktu 1 hari sebelum dateline baru dibuat...
memang disiplin harus ditanamkan sejak dini..

betul tuh, kedisiplinan memang harus dibangun sejak dini
tapi aku udh besar masih belum bisa di siplin [-(

thanks artikelnya mas Muroi

_________________
Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

disiplin harus penuh perjuangan

_________________
Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

iya mas,, disiplin itu juga harus kita biasakan dari sekarang, memang sulit tentunya. Tapi lama kelamaan kita akan terbiasa. Karena "kita bisa karena biasa" :)

Tipsa yang mantap mas.. semoga saya bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.. terutama sebagai teladan bagi anak saya ..

bisa itu kan ala biasa ya mas, jadi kalo sudah biasa kayany aga ada yang berat :)

oke makasih kang, semoga manfaat..

yuk kita bnagun disiplin bareng-bareng, saya juga :d

jalani saja dan tetap bersyukur ^_^ .

bener mas, tapi apa salahnya kalo di coba yah, makasih sudah berkunjung 8-)

bener bang, sholat juga bisa menjadi tolak ukur disiplin atau tidak perbuatan selainnya..makasih bang hahayy

ayo kang...semog amakin rajin ngeblognya :d

termasuk saya berati yah, kurang disiplin ...

yah itu sudah watak umum sob, saya juga kadang seperti itu, tapi mari kita benahi sama-sama...

masih ada waktu untuk merubah perilaku sob, trims yah

bener banget sob, makasih kunjungannya yah

amin, semoga bisa mas..makasih kunjungannya

okelah sip, makasih kunjungannya nih

Ada hadiah kecil untuk mas Muro'i ... silahkan diambil kalau berkenan mas..
Sugeng Ngeblog..

Disiplin memang sebaiknya dari usia Dini. Banyak orang yang enggan melaksanakan hal sepele seperti membuang sampah pada tempatnya, atau mencucui sendiri piring dan gelas bekas makannya. Kalau bukan dari kecil , mungkin agak sulit juga disiplin sudah usia dewasa sekarang ini. Dari usia DINI memang sebaiknya di ajarkan disiplin. Saya setuju

disiplin akan membangun masa depan

Tekad yg kuat, itu yg paling susah utk dilakukan mnurut sy, huhuhu

peran orangtua disini penting buat disiplin anak sejak dini

silit memang membiasakan diri untuk disiplin,,tp jika sudah terbiasa hidup akan terasa lebih bermakna,sukses selalu buat admin :)

Benar sekali bahwa disiplin itu merupakan kunci keberhasilan hidup kita.Saat ini hidup disiplin sangat susah dibuktikan waktu yang kuran ontime atau tidak tepat jika kita hendak melakukan pekerjaan tertentu dan kadang kita menundanya.

Memang semenjak saya SMP disipilin sudah dan harus diterapkan pada diri pribadi karena disiplin mencermain sosok diri yang cocok menjadi sebuah pemimpin.

Wah matur kesuwun mas, haadiahnya tak jemput nih

Kalau saya harus meningkatkan poin yang ketiga ini, man jadda wa jadaa. Pokoknya harus menguatkan mujahadah agar terus istiqomah, Ganbatte...!!!!

terimakasih banyak tips nya ,sangat bermanfaat.bagi saya pribadi poin no 2 yang paling sulit

Kalo tidak dibiasakan, disiplin itu sulit. :v

Displin memang perlu diterapkan sejak dini

wah kalo saya sering nunda2 pekerjaan :/

Yang kedua terkadang saya seringkali menunda-nunda pekerjaan, jadi kalau pas waktunya mepet baru dech kelabakan...
Terima kasih telah mengingatkan sobat

wah... udah rame bgt nih.. :D hihihi mampir deh.. :D

oh'y mas aq lpa mau ngmbalikan gelas kopi kmari yng lom kmi kmblikan. Met rahat mas

Tapi kalo terlalu disiplin, kayak sok sibuk. :)

Silahkan mas pasang saja iklan teks 100 klik di IndoVerta, nanti saya approve...

oke makasih mas, tak coba dulu yah

point menganggap semua itu penting adalah pengejawantahan bahwa semua hal adalah miracle.. saiia suka itu kang.. orang selalu menunggu terjadinya keajaiban.. dia lupa bahwa semua adalah 'keajaiban'.. gmn bisa memandang semua sebagai keajaiban jika 'semua' bukan lah hal penting.. i like this ;)

kalo bukan ya kapan lagi ? heheh

wahhhh...ane setuju banget kang emang itu semua harus di mulai sedini mungkin...

Benar sekali gan, semua didikan harus dimulai dari sejak dini, jangan seperti besi yang sudah tua maka akan sulit untuk dibengkok kan lagi.

Semua yang ada di dunia ini berawal dari kecil, demikian juga disiplin yang boleh dikatakan sebagai kehidupan maya tapi terasa di setiap nafas diri.