Kumpulan Mahfudzat; Part 2

mahfudzatKumpulan Mahfudzat; Part 2 | Assalamu 'alaikum...Alhamdulillah ketemu hari Jumat malam sabtu lagi ya sobat, bagi saya hari ini adalah hari special karena seharian tadi bisa bersantai kaya di pantai ceuk kang Desa Cilembu mah. Maklumlah hari Jumat itu biasanya saya libur dari aktifitas kerja untuk sementara waktu. Dan ditengah koneksi internet yang lagi sekarat, membuat kepala jadi mules, perut jadi pusing saya mencoba untuk up date mengisi blog ini mengisi yang mungkin sedikit bermanfaat buat sobat Muro'i El-Barezy.

Seperti pernah saya posting sebelumnya yaitu tentang Kumpulan Mahfudzat Part 1, berarti kalo udah pake part-part-an biasanya ada part selanjutnya kan. Jadi kali ini Muro'i El-Barezy menyuguhkan kembali Kumpulam Mahfudzat Part yang kedua. Tidak banyak sih, semoga bisa menjadi pepeling buat kita semua dengan mengambil hikmah dari kata-kata bijak ini. Mahfudzat ini cukup pendek-pendek sehingga bisa dinikamti dan dicerna maknanya.

Berikut kumpulan beberapa mahfudzat untuk part kedua ini :

1. أَصْلِحْ نَفْسَكَ يَصْلُحْ لَكَ النَّاسُ
Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang-orang lain akan baik padamu.
2.  فَكِّرْ قَبْلَ أَنْ تَعْزِمَ
Berpikirlah dahulu sebelum kamu berkemauan (merencanakan)
3. مَنْ عَرَفَ بُعْدَ السَّفَرِ اِسْتَعَدَّ
Barang siapa tahu jauhnya perjalanan, bersiap-siaplah ia.
4.  مَنْ حَفَرَ حُفْرَةً وَقَعَ فِيْهَا
Barang siapa menggali lobang, akan terperosoklah ia di dalamnya.
5.  عَدُوٌّ عَاقِلٌ خَيْرٌ مِنْ صَدِيْقٍ جَاهِلٍ
Musuh yang pandai, lebih baik daripada
6. مَنْ كَثُرَ إِحْسَانُهُ كَثُرَ إِخْوَانُهُ
 Barang siapa banyak perbuatan baiknya, banyak pulalah temannya.
7. اِجْهَدْ وَلاَ تَكْسَلْ وَلاَ تَكُ غَافِلاً فَنَدَامَةُ العُقْبىَ لِمَنْ يَتَكاَسَلُ
Bersungguh-sungguhlah dan jangan bermala-malas dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas-malas.
8. لاَ تُؤَخِّرْ عَمَلَكَ إِلىَ الغَدِ مَا تَقْدِرُ أَنْ تَعْمَلَهُ اليَوْمَ
Janganlah mengakhirkan pekerjaanmu hingga esok hari, yang kamu dapat mengejakannya hari ini.
9. اُتْرُكِ الشَّرَّ يَتْرُكْكَ
Tinggalkanlah kejahatan, niscaya ia (kejahatan itu) akan meninggalkanmu.
10. خَيْرُ النَّاسِ أَحْسَنُهُمْ خُلُقاً وَأَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
Sebaik-baik manusia itu, adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia.
11. فيِ التَّأَنِّي السَّلاَمَةُ وَفيِ العَجَلَةِ النَّدَامَةُ
Di dalam hati-hati itu adanya keselamatan, dan di dalam tergesa-gesa itu adanya penyesalan.
12. ثَمْرَةُ التَّفْرِيْطِ النَّدَامَةُ وَثَمْرَةُ الحَزْمِ السَّلاَمَةُ
Buah sembrono/lengah itu penyesalan, dan buah cermat itu keselamatan.
13. الرِّفْقُ بِالضَّعِيْفِ مِنْ خُلُقِ الشَّرِيْفِ
Berlemah lembut kepada orang yang lemah itu, adalah suatu perangai orang yang mulia (terhormat).
14. فَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا
Pahala/imbalan suatu kejahatan itu adalah kejahatan yang sama dengannya.
15. تَرْكُ الجَوَابِ عَلىَ الجَاهِلِ جَوَابٌ
Tidak menjawab terhadap orang yang bodoh itu adalah jawabannya.
16.  مَنْ عَذُبَ لِسَانُهُ كَثُرَ إِخْوَانُهُ
Barang siapa manir tutur katanya (perkataannya) banyaklah temannya.
17. إِذَا تَمَّ العَقْلُ قَلَّ الكَلاَمُ
Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.
18. مَنْ طَلَبَ أَخًا بِلاَ عَيْبٍ بَقِيَ بَلاَ أَخ
Barang siapa mencari teman yang tidak bercela, maka ia akan tetap tidak mempunyai teman.
19. قُلِ الحَقَّ وَلَوْ كَانَ مُرًّا
Katakanlah yang benar itu, walaupun pahit.
20. خَيْرُ مَالِكَ مَا نَفَعَكَ
Sebaik-baik hartamu adalah yang bermanfaat bagimu.
21. خَيْرُ الأُمُوْرِ أَوْسَاطُهَا
Sebaik-baik perkara itu adalah pertengahanya (yang sedang saja).
22. لِكُلِّ مَقَامٍ مَقَالٌ وَلِكُلِّ مَقَالٍ مَقَامٌ
Tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat.
23. إِذاَ لمَ ْ تَسْتَحْيِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ
Apabila engkau tidak malu, maka berbuatlah sekehendakmu (apa yang engkau kehendaki).
24. لَيْسَ العَيْبُ لِمَنْ كَانَ فَقِيْرًا بَلِ العَيْبُ لِمَنْ كَانَ بَخِيْلاً
Bukanlah cela itu bagi orang yang miskin, tapi cela itu terletak pada orang yang kikir.
25. لَيْسَ اليَتِيْمُ الَّذِي قَدْ مَاتَ وَالِدُهُ بَلِ اليَتِيْمُ يَتِيْمُ العِلْمِ وَالأَدَبِ
Bukanlah anak yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, tapi (sebenarnya) yatim itu adalah yatim ilmu dan budi pekerti.
26. لِكُلِّ عَمَلٍ ثَوَابٌ وَلِكُلِّ كَلاَمٍ جَوَابٌ
Setiap pekerjaan itu ada upahnya, dan setiap perkataan itu ada jawabannya.
27. وَعَامِلِ النَّاسَ بِمَا تُحِبُّ مِنْهُ دَائِماً
Dan pergaulilah manusia itu dengan apa-apa yang engkau sukai daripada mereka semuanya.
28. هَلَكَ امْرُؤٌ لَمْ يَعْرِفْ قَدْرَهُ
Hancurlah seseorang yang tidak tahu dirinya sendiri.
29. رَأْسُ الذُّنُوْبِ الكَذِبُ
Pokok dosa itu, adalah kebohongan
30. مَنْ ظَلَمَ ظُلِمَ
Barang siapa menganiaya niscaya akan dianiaya.
31. لَيْسَ الجَمَالُ بِأَثْوَابٍ تُزَيِّنُنُا إِنَّ الجَمَالَ جمَاَلُ العِلْمِ وَالأَدَبِ
Bukanlah kecantikan itu dengan pakaian yang menghias kita, sesungguhnya kecantikan itu ialah kecantikan dengan ilmu dan kesopanan.
32. لاَ تَكُنْ رَطْباً فَتُعْصَرَ وَلاَ يَابِسًا فَتُكَسَّرَ
Janganlah engkau bersikap lemah, sehingga kamu akan diperas, dan janganlah kamu bersikap keras, sehingga kamu akan dipatahkan.

43 Responses to "Kumpulan Mahfudzat; Part 2"

  1. Lagi dan lagi sobat saya sangat salut selalu meluangkan artikel untuk sebuah nasihat atau pun renungan dalam kehidupan kita.Trims sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama sobat, semoga manfaat dan trimakasih kunjungannya

      Delete
  2. dikasih harokat dong bang.. ntar salah baca salah arti

    من من من من الله
    :)

    ReplyDelete
  3. No terakhir [32], terus kita harus gimana ? Sedang2 saja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, dalam kaidah ushul fiqh juga ada istilah "khoerul umuri ausatuha" yang artinya sabaik-baik masalah adalah pertengahan. maksudnya dalam hal ini sih kita jangan kaku sob, fleksibel dalam hidup. Bersikap lemah kita akan di tindas, dan kakau juga kita akan dijauhi...

      Delete
  4. semoga menjadi amal ibadah, sangat bermanfaat kang.

    ReplyDelete
  5. insya Allah bener ini untuk bekal kita,dalam kehidupan kita yang motabene jaman sekarang banysak sekali godaan.

    ReplyDelete
  6. pembekalan yang asyik pagi ini.
    sayang saya liatnya abis liqa' hari ini.
    coba saya udah liat, bakalan saya share tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya buat liqo minggu depan kan bisa mas :d makasih sudah silaturrahim disini, semoga sehat selalu

      Delete
  7. kemaren part 1 gak bisa di buka kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga bisa kenapa yah sob, bisa kok. makasih yah sudah mampir kesini lagi

      Delete
  8. ini yang ditunggu2.Akhirnya mahfudzat-part2 rilis juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cape dong kang, nunggu-nunggu lama :d
      makasih kang

      Delete
  9. no 1-32.mengandung makna yang dalam,sulit untuk di selami namun bukanlahh tidak mungkin jika bersungguh2 melaksanakan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata-kata memang mudah di tulis dan di ucapkan sob, namun berat untuk dilaksankan, tapi ini mudah-mudahan bisa menjadi penyemangat buat kita untuk berbuat lebih baik lagi, trims sob

      Delete
  10. Posting yang sangat bermanfaat (h) (h) (h)

    ReplyDelete
  11. Posting yang begini nih yang mendatangkan pahala (h)
    kangen kesini lagi mas! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahala bisa datang dari mana saja sob, segala sesuatu yang bermanfaat dan dipergunaan dalam hal yang positif bisa juga berpahala :)

      Delete
  12. siang mang bagus bang tak enteni mang part 3 nya

    ReplyDelete
  13. ternyata point no 8 sangat menyentak saiia kang.. saiia setuju.. harus kenal diri sndiri dulu.. baru knal segalanya :) makasii kang iia

    ReplyDelete
  14. mksud saiia .. nomer 28 :( hiks.. maaf kang.. jadi kek nyampah gini dee :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kita harus banyak introspeksi diri ya sob, sebelum kita menilai, nilailah diri kita sendiri terlebih dahulu

      Delete
  15. mksh atas nasehat yg sangat bermanfaat ini gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, semoga manfaat dunia dan akherat yah

      Delete
  16. terima kasih mas,,,
    terima kasih karna sudah mau ngajak kita kita untuk kesyurga,..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kok gitu sob, saya hanya sharing sesuatu yang semoga bisa menjadi pengingat, minimal buat saya pribadi sob

      Delete
  17. semoga menjadi amal ibadah ya sob

    ReplyDelete
  18. diem diem artikelnya dicopas untuk koleksi dan beberapa sudah diprintout untuk di tempel disudut sudut kamar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulah diem-diem kang, silakan wae lah, terang terangan ge ngga apa-apa kang :d

      semoga bisa bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu

      Delete
  19. lengkap banget ni akhi... , syukran ya.. *smile

    ReplyDelete
  20. Sangat tertarik dengan no.17, meski yang terkenal no.19.
    Ijin copy ku bawa pulang ya Mas.....

    ReplyDelete
  21. makasih ya ini sangat bermanfaat, semoga jadi amalan yang baik

    ReplyDelete
  22. ijin baca ya mas,buat nambah-nambah ilmuku.

    ReplyDelete
  23. Wah kta" bijak sob bgus nih buat d'hayati dan di mengerti ... maaf bru bsa berkunjung kmbli k'blog ini :)

    ReplyDelete
  24. Izin simpan gan... :-) sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. baca bait2nya menentramkan hati,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel