30 Mar 2013

Kantor Pos Yang Mulai Terlupakan

·   57

kantor pos
Kantor Pos Yang Mulai Terlupakan | Masih ingat dengan lagunya Vina Panduwianta, Surat Cinta, yang popular kira-kira tahun 80-an kalo tidak salah. Kalo salah ya tolong betulkan hehehe…. Saya sendiri lupa-lupa ingat lagunya, soalnya udah jadul banget itu lagu.
Dan bukan masalah lagu yang akan saya bahas pada postingan kali ini.

Sobat tahu kan, siapa yang membawa suratnya?  Yah betul, itulah pak Pos. Lembaga kantor pos pada waktu itu merupakan sebuah pengelola jasa pengiriman surat-menyurat milik pemerintah yang sedang jaya-jayanya. Karena pada waktu itu masih sangat sedikit pengguna surat elektronik alias email dan pengguna internet juga belum booming seperti sekarang ini. Sehingga penggunaan jasa layanan pos masih sangat diminati sebagai sarana satu-satunya untuk berkirim surat.

Tapi lain dulu lain pula sekarang. Fungsi dari kantor pos saat inipun semakin tersisihkan seiring perkembangan zaman dan teknologi. Hampir semua peran kantor pos saat ini tergantikan oleh layanan internet yang saat ini dengan mudah bisa diakses. Dimanapun kita saat  ini, kita bisa berkirim surat lewat surat elektronik atau email, bisa berfacebook ria dan jejaring social lainnya. Internet saat ini sepertinya bukan menjadi barang aneh lagi. Dan ini bukanlah pengaruh negative dari teknologi itu sendiri, namun lebih ke arah perbaikan hidup dalam masyarakat yang tidak dinamis namun akan terus berkembang.

Dan secara sadar pula bahwa kemajuan zaman dengan maraknya internet saat ini bisa menggantikan fungsi dan peran kantor pos saat ini. Namun demikian,peran dan fungsi kantorpos saat ini masihlah tetap optimal dengan adanya inovasi-inovasi dan adaptasi yang dilakukan oleh kantor pos itu sendiri dengan menjadikan pos bukan saja untuk tempat mengirim surat, tapi saat ini kantor pos bisa juga untuk tempat membayar tagihan listrik ataupun telepon, membayar air, membayar cicilan kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Fungsi Kantor Pos yang Tergantikan
Sobat Muro’i El-Barezy, jika dahulu mengirim berita harus melalui kantor pos, namun kini dengan mudahnya bisa kita lakukan hanya mungkin dengan duduk saja dirumah.  Dengan menggunakan layanan internet, ataupun dengan telepon, baik rumah ataupun selular dengan penawaran provider yang semakin memudahkan penggunanya menjadikan pengiriman berita bisa dengan mudah dan cepat.

Fungsi lain yang tergantikan adalah jika dahulu kita mengirim uang hanya dengan wesel melaui kantor pos, saat ini mengirim uangpun bisa dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan di bank-bank dengan berbagai program yang menarik lainnya. Apalagi munculnya Anjungan Tunai mandiri atau ATM, semakin mempermudah pengiriman uang. Sehingga kantor pos tidak menjadi satu-satunya tempat untuk pengiriman uang.

Itulah mungkin beberapa peran kantor pos yang diambil alih fungsinya oleh pelayanan jasa lainnya. Meskipun banyak juga tugas yang harus dilakukan oleh kantor pos, namun sedikit demi sedikit fungsinya saat ini semakin terlupakan.

Jasa Kantor Pos Masih Tetap Ada
Ditengah kemajuan teknologi yang tidak terbendung saat ini, ternyata masih banyak yang menggunakan layanan pos untuk melakukan berbagai kepentingan. Termasuk saya sendiri saat ini masih setia menggunakan layanan pos ini. Saya tiap bulan bisa membayar cicilan kendaraan disini, mengirim uang juga saya kadang masih menggunakan jasa layanan pos. Disamping saya sendiri masih banyak juga mereka yang memakai jasa pos ini. Pengiriman surat resmi, mengirim paket atau barang saat inipun masih banyak yang menggunakan jasa layanan pos ini.

Dan adalah pemandangan tiap awal bulan, kantor pos pasti akan ramai dengan para pensiunan yang mencairkan uang di kantor pos ini. Bagi para pensiunan, kantor pos tidak akan tergantikan oleh lembaga pelayanan jasa manapun.  Karena saat ini hanya kantor pos yang ditunjuk untuk menangani proses dana pensiunan.

Itulah beberapa bukti bahwa kantor pos sampai saat ini juga masih tetap berjasa dan belum bisa tergantikan untuk beberapa peran dan fungsinya. Melalui fungsi tersebut dapat diketahui adanya jasa kantor pos ini bagi sebagian besar masyarakat di Negara kita ini.

Mari Kita ke Kantor Pos!
Bagi saya pribadi yang tinggal di daerah masihlah sangat memerlukan jasa pelayanan kantor pos ini. Pelayanan jasa ini satu-satunya yang  di tiap kecamatan ada di seluruh Indonesia. Sehingga bisa lebih optimal melayani masyarkat di daerah yang mungkin belum terjangkau oleh kemajuan teknologi.
bayar di pos
Namun kesadaran untuk terus menggunakan layanan pos ini semakin berkurang peminatnya. Padahal menggunakan jasa layanan kantor pos ini kita ikut juga dalam membangun bangsa loh.
Dikatakan kita turut andil dalam membangun bangsa karena fungsinya dapat di optimalkan untuk mendekatkan masyarakat dengan kondisi sekitar melalui sarana ini. Pemanfaatan segala jenis jasa yang ada di kantor pos ini menunjukkan bahwa masyarakat kita masih mempunyai rasa kepedulian untuk mengoptimalkan keperluan hidupnya.

Nah itulah beberapa catatan kecil mengenai kantor pos yang saat ini sudah tergantikan fungsinya karena kemajuan zaman dan teknologi. Dan seyogyanya jasa kantor pos tidak boleh kita lupakan di tengah persaingan antar lembaga penyedia jasa lainnya. Yuk kita ke kantor pos.

Semoga bermanfaat dan happy blogging.....


Subscribe to this Blog via Email :