Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Masuk Angin

By On 8.2.13

masuk anginMasuk Angin | Assalamu 'alaikum sobat blogger semua, semoga pagi, siang atau malam ini masih pada sehat wal afiat tidak ada yang sakit. Cukuplah mungkin saya saja yang dua hari ini ambruk karena masuk angin, mun ceuk urang sunda mah paranas tiris alias muriang.

Karena kepala masih muter-muter dan jari-jari juga masih gemeteran ngetik dan juga belum ada ide, jadi kali ini saya hanya sharing dari yang sudah jadi yang saya comot dari kamus besar wikipedia, apalagi kalo bukan tentang masuk angin, sesui dengan yang saya alami saat ini. Mungkin ada sobat yang sudah pernah membahas penyakit ini, tapi ya hitung-hitung sebagai arsif pribadi, disamping bisa bermanfaat buat saya sendriri, semoga juga bisa bermanfaat buat sobat sehingga bisa lebih berhati-hati. Oke deh langsung saja ke pokok masalah tentang penyakit yang hanya dikenal di Indonesia ini.

Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit ini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.

Penyebab Masuk Angin
Biasanya penyebab utamanya adalah udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, dan lainnya. Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah. Masyarakat langsung menyebut masuk angin setiap kali merasa badan tidak enak. Badan tidak enak yang dikarenakan masuk angin, umumnya terjadi di masa pergantian cuaca dari musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya (pancaroba). Di masa peralihan itu angin seringkali bertiup kencang. Angin sering disalahkan karena masuk ke tubuh tanpa permisi dan menyebabkan badan terasa tak enak. Angin sering dituduh masuk ke tubuh tanpa permisi ketika tubuh terekspos angin yang bertiup kencang.

Saat di musim bukan pancaroba pun "angin tak diundang" ini sering menghinggapi orang-orang tertentu. Penyakit ini acapkali singgah di tubuh orang yang sering begadang, kurang tidur atau kurang istirahat. Gara-gara angin, penderitanya jadi merasa tak enak badan ketika bangun di pagi hari.
Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.

Gejala Masuk Angin 
Gejala masuk angin antara lain :
Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil)
Selalu merasa kedinginan (terutama di ujung jari kaki dan tangan)
Cegukan
Perut kembung
Mudah lelah
Sering mengantuk
Pilek
Demam
Diare
Mual dan muntah
Berkeringat dingin
Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa
Nafsu makan berkurang

Cara Pengobatan
Masuk angin ini termasuk penyakit penting tetapi kurang penting. Penting sebab meskipun di luar negeri tidak dikenal, di Indonesia banyak sekali penderitanya. Bisa dianggap kurang penting sebab ini termasuk penyakit yang hilang sendiri setelah penderitanya minum teh manis hangat atau air jahe hangat dan kerokan. Bisa juga dengan meminum teh peppermint, karena peppermint berfungsi sebagai dekongestan, ekspektoran dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan melegakan batuk.

Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan diurut, digosok dengan minyak gosok (dikerok), atau minum air hangat. Selama menderita masuk angin, penderita tidak boleh berada di ruangan dingin (terutama ruangan AC) dan tidak boleh terlalu lelah. Karena ini, banyak orang pernah meninggal akibat heatstroke, yang merupakan kondisi medis yang nyata. Secara medis, dokter akan memberi parasetamol, vitamin, dan obat penenang. Dan tentu saja pasien dianjurkan untuk beristirahat.

Meskipun tidak mengenal istilah masuk angin, orang dari belahan dunia Barat mengatasi gejala pegal linu, kembung, batuk pilek, pusing, mual, dan lain-lainnya dengan memakan sup panas, minum obat flu yang dijual bebas, dan beristirahat di tempat tidur yang hangat. Tindakan mereka ini sama dengan yang dianjurkan para dokter. Dianjurkan untuk memilih sup ayam, karena sup ini berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin.

Berbeda dengan masyarakat Barat, masyarakat Indonesia khususnya dari Pulau Jawa mengatasi masalah masuk angin dengan minum teh hangat atau air jahe hangat. Untuk menghangatkan badan, tubuh dibaluri minyak telon atau minyak kayu putih. Meski demikian, tindakan yang paling populer untuk mengusir angin adalah kerokan.
[sumber :wikipedia]



86 komentar

Benar sobat saya sendiri baru kemarin masuk angin,alhasil yang saya lakukan adalah minum air hangat banyak-banyak sama makan permen masuk angin.

Dan akhirnya anginnya keluar semua sobat :)

wah kalo saya masuk angin sih, minta di kerokin ama emak ... hehehe

kunjungan sore sob ^_^

selamat sore sobat semoga cpt vit kembali sobat. kalu aq masuk angin,s cukup minum tolak angin barat D: heheh.

Ane bookmark yah sob ... biar gampang klo q nanti masuk angin ...

Minum jamu cair seperti yang banyak dijual di warung juga sangat membantu. Sepertinya dengan panas yang tepat, si angin bisa diusir dari badan. Walaupun penyakit ringan tapi bis amembuat my body is not delicious Kang...

hehehe...bener mas...saya kadang juga ngatasi masauk angin dengan kerokan...manjur...hehe

Saya juga heran banyak orang kalo masuk angin setelah dikeroki sembuh... Wah ajaib banget ya itu duit kricik, dalam hati saya....

Baru kali ini saya baca tips lainnya untuk makan sup ayam panas saat masuk angin.... Makasih banget infonya mas, sangat bermanfaat terutama seperti saya yang sudah mulai ringkih di tempat dingin.

waalaikumsalam,
demikian juga saya....kalau masuk angin, segera kerokan dan insya ALLAH....bablas angine :)

wah betnul itu sob,eh betul...apalagi saya sering banget masuk angin karna jarak dari rumah ketempat kerja paling dekat 30 km.
pokoknya kalu sudah di kerok itu masuk angin perlahan-lahan hilang.dan gejalanyapun hampir sama dengan point-point di ats.terima kasih ya infonya.

Kadang2 dunia medis itu lucu juga ya. Kita saja orang awam bisa menamai penyakit dengan gejala diatas sebagai masuk angin..Lah mereka kok gak bisa ya..

sama kalau begitu mas dengan saya, kemarin pagi saya jugaa mengalami masuk angin, baru tadi sore sudah mendingan... seperti biasa dikerik dengan kayu putih... alhmdullah...

berarti wes ewes ewes bablas angine ya sob hihi...

wah masih anak emak yah hehe...
makasih kunjungannya sob

ini juga sudah mulai vit sob, saya baru denger tuh ada tolak angin barat hihi...

silakan sob, semoga ga kena masuk angin

not delicious, kaya kueh aja yah hihihi....

kerokan sepertinya sudah menjadi hal yang lumarah ya kang, tapi apa ga kesinggung sama iklan tolak angin hihi...

sama sama pak Guru, semoga tidak kena masuk angin walau bertambah usianya:}

saya juga sering di kerok mas,ga tahu kenapa, udah kebiasaan kali yah

wah jarak 30 km,lumayan tuh kang, kudu bisa jaga kondisi badan kalo gitu mah

semenjak di jakarta udah jarang banget masuk angin.. hehe

bener tuh, saya kadang abis kerokan terus ke dokter, eehh malah diketawain, padahal ada sakitnya

paling masuk air ya sob, banjir sih hehe...

ya soalnya kita sama-sama orang Indonesia mas, jadi kena masuk angin hihi..

kalau pergi-pergi pake jaket bang hahaha

Ijin nyimak dulu mas bro, bagus nih infonya. Mantap !! Salam kenal dan salam sukses ya

sudah sembuh kan sekarang Mas? syafakallaah, semoga Allah meringankan penderitaan akibat sakit. buat mas muro'i, juga kita semua yang sedang dalam keadaan kurang sehat. soal kerokan, saya penganut fanatik Mas. apalagi yang ngerokin istri kita yang jelita kan... yuhuiii

wah kok banyak bgt yg sakit skarang ini..moga cepat sembuh bang

This comment has been removed by the author.

apalagi kalo ngerokinnya pake cangkul pak zach ,tambah seru tu...hee..heee ...yang lagi masuk nagin moga lekas sembuuh...

Dulu waktu pertamakali masuk ruangan ber AC, langsung masuk angin . Tp skrg udah biasa. . .

Silakan sob..salam kenal lagi mas

Ya Alhamdulillah mas..
Wah asyik tuh kalo yang ngerkok istri hehe..

Lagi musim kayanya. Hehe...kaya buah saja yah. Amiin bang

Wih, kata bang Rhoma ..sungguh ter..la..lu..
Amiin, makasih doanya

Kerokan buat istri jadi nomer satu. Kalau suruh minum obat malahan susah. Padahal kerjaannya biasa kasih obat ke pasien...

maaf, aku ada info nih sob, mungkin sobat muroi'elbarezi dan kawan2 tertarik ikut.

Ada bisnis online yang mudah di jalankan.
Klik=>
www.keajaibanwebsite.com/idjas

Jangan lupa di liat. Mungkin berguna yg skrang lgi ingin DAPAT UANG DARI INTERNET.

Setelah ke buka, HARAP DI BACA SEMUA dari ujung website paling atas sampai websitenya paling bawah.
PAHAMI

wah padahal sobat ini perawat yah, tapi kerokan cocok kayanya hihi..

wah apaan tuh sob, coba tak intip dulu deh :}

hahhahha.,
doyan ngintip ya gan :D

Masuk angin.. Orang pintar minum tolak angin. :D

saya minta ijin ya Mas, komennya Mas Muro'i di blog saya, saya tarik ke atas di postingan saya.

wah promosi nih, awas nanti tak tagih ya hehe...

silakan mas Zach, dengan bangga dan senang hati:}

ane bayangin dulu kalo orang bule lagi keroan :D

saya sudah tengok, tapi link ga bisa ditemukan

Kunjungan Sob.. ..
Saya tinggal di daerah yang sangat dingin didataran tinggi, saya sering sekali kena masuk angin kalau malam hari gak pake jaket, pokoknya brrrrrrr, saking dinginnya penjual es batu sampai gak laku di daerah saya, haha

saya sampe manggut-manggut bacanya loh..

ada tips yang paling jitu yang selalu saya lakukan kalau masuk angin menjelang...saya makan ubi cilembu sebanyak banyaknya...beneran ada hasiatnya banget kang.
tips ini yang belum disosialisasikan padahal tips jitu.

#tring...

bang, agak kurang percaya kalo banyak ketawa jadi slh 1 penyebab masuk angin -_______-a

wah semoga cepet sembuh ya sob.. dan bisa lancar ngeblognya.

terimakasih nih sudah berbagi tentang cara mengobati masuk anginnya..?

manggut-manggut tanda apa nih kang...

hehe...penjualnya juga kedinginan sob

bener kang, ubi biasanya membuat kita malah sering keluar angin hihi..

kalo saya percaya...coba saja naik motor sambil tertawa terus, pasti masuk angin hehe...

insya Allah sudah sembuh sob, sama sama sob, semoga manfaat:}

Selamat pagi sobat. Met beraktifitas.

infonya bagus nih... makasih ya atas infonya

bener mas Mur...saya pun klw blm di kerik walau udah minum obat...tuh angin blm mau pergi...juga

hihi.... :)

bener mas Mur...saya pun klw blm di kerik walau udah minum obat...tuh angin blm mau pergi...juga

hihi.... :)

semoga sekarang udh sembuh, makanya jangan sering ngeronda sob haha :D

tanda pengen di kerokin gambar tiga jari.

dikerik....kaya panci karatan azh..ih

mas saya telat nih....masuk angin hehe.
sudah sembuhkan masuk anginnya?

saya sendiri sering masuk angin mas,tapi ga suka kerokan.

masuk angin harus dibalas dengan keluar angin alias buang angin...hhehehe

berkunjung sob.. :D
berkunjung balik ya :D

sama-sama sob,makasih sudah berkunjung

alhamdulillah sudah sob, iya nih banyak begadang hehe...

alhamdulillah sudah mas, kalo ga biasa jangan dikerok mas, nanti ketagihan:}

bener, asal jangan sembarangan hehe..

Penyakit'a memang tdk enak sob, tpi kta wajib bersyukur ...

kunjungan lagi nih sobat.. sekalian suport saja dech, mumpung lagi asyik jalan jalan nih hehehehehe

mlm mas heheheh salah ketik mas heheheh.

iya, serasa pengobatan di surga, heheh

abis muludan dimesjid jamie perut rasanya kembung, inget kesini
sambil ngerayu istri minta dikerok nih kang

ternyata kurang kentut bisa masuk angin ya..waduh teman saya kelebihan kentut mas,,mungkin klu dihitung2 dalm sehari tu bisa 30-40 kali kentut mas..beruntung sekali dia ya jarang masuk angin,,keluar angin namanya tu mas..hehehehe..