18 Feb 2013

Kelengkapan Minimal Sebuah Blog

·   63

kelengkapan blog
Kelengkapan Minimal Sebuah Blog | Assalamu ‘alaikum sobat blogger semua, semoga kabarnya baik-baik saja. Pada postingan kali ini tidak banyak yang saya sharingkan dan mungkin sudah banyak betebaran pembahasannya. Namun apa salahnya saya mengulas kembali sekedar untuk mengingatkan diri pribadi dan sobat yang mugkin ada yang memerlukannya.

Sobat Muro’i El-Barezy, pada penbahasan kali ini saya hanya ingin sharing mengenai hal-hal apa saja yang minimal ada pada sebuah blog. Saya katakan minimal karena tiap blogger punya selera masing-masing dan mungkin bisa lebih dalam memodifikasi blognya. Baiklah apa saja yang kira-kira ada dalam sebuah blog itu :

Navigasi Breadcrumb
Yang pertama adalah kita harus memasang fungsi breadcrumb pada blog. Apa itu breadcrumb? Breadcrumbs biasanya muncul secara horizontal di bagian atas sebuah halaman web, biasanya ada di bawah bar judul atau header. Breadcrumbs menyediakan link penghubung kembali ke halaman sebelumnya setiap user menavigasi antar link untuk menuju ke halaman yang aktif atau halaman induk dari halaman yang aktif. Breadcrumbs memberikan jejak bagi pengguna untuk mengikuti kembali ke titik awal atau entri. Sebuah tanda yang lebih besar dari (>) sering berfungsi sebagai pemisah hirarki, meskipun dapat menggunakan simbol lainnya (seperti »atau>), serta beragam grafik [Wikipedia]

Fungsi dari breadcrumb pada blog adalah untuk mengetahui sedang dihalaman mana sekarang pengunjung berada. Dengan breadcrumb, maka urusan navigasi link bisa lebih mudah. Selain itu, breadcrumb juga sangat baik untuk SEO blog karena memperkaya kata kunci dalam postingan.

Tombol Share
Botton share sosial media adalah sebagai pelengkap blog . sudah menjadi keharusan bagi kita untuk memasang widget yang satu ini . Tentu banyak fungsinya button count atau tombol share tersebut bila dipasang di blog sobat. Selain sebagai sarana bagi pengunjung atau pembaca artikel post untuk membaginya konten yang dirasa bagus atau disukai ke jejaring sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+, Digg, StumbleUpon dan masih banyak situs jerjaring sosial lainnya.
Kegunaan lain tombol/button share adalah untuk menghitung banyak  jumlah post yang dishare dan disukai oleh pengunjung blog melalui akun jejaring sosial mereka. Semakin banyak orang yang memilih atau klik Like button Facebook misalnya maka tentu merupakan point tersendiri bagi si pemilik blog dan rating sebuah blog.

Artikel Terkait
Artikel terkait / related post dibutuhkan dalam suatu blog, dengan menggunakan related post memudahkan para pengunjung untuk melihat posting atau artikel lain yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca, dalam hal ini artikel yang berkaitan sesuai dengan label atau kategori. Sehingga memungkinkan pengunjung juga akan mengklik postingan-postingan kita yang lainnya.

Threaded Comment
Yang pasti semua sudah pada tahu kan apa itu threaded comment? Secara sederhana Threaded Comments bisa kita artikan sebagai bentuk komentar interaktif yang fungsi utamanya adalah untuk memudahkan kita membalas komentar yang masuk ke blog dengan fitur Reply-nya, yang jika sobat gunakan, komentar balasan sobat tidak akan masuk menjadi komentar paling akhir di dalam postingan itu, melainkan akan muncul tepat dibawah komentar yang ingin sobat balas.Tidak di pungkiri, upgrade suatu fitur pasti membawa kelebihan kalau tidak ya kenapa harus upgrade. Nah pastinya blogger sendiri dalam upgrade comment ke threaded comments ada alasannya. Saya sendiri lebih suka menggunakan model ini.

Untuk pengaktifannya saya sarankan menggunkan yang bawaan dari blogger saja, walaupun hanya punya satu undakan saja, tapi ini lebih aman karena jika kita ganti template, maka tampilan threaded comment tidak akan berubah.

Demikianlah hal-hal yang minimal ada dalam blog kita. Namun itu semua dikembalikan kepada sobat blogger masing-masing. Sobat bisa menambahkannya sesuai selera dengan catatan bahwa penambahannya tidak extreme sehingga tidak mempengaruhi dari loading blog. Dan akan lebih tidak merepotkan lagi jika sobat mencari template blog yang memang sudah tersedia fitur-fitur tersebut. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan happy blogging….



Subscribe to this Blog via Email :