Yang Terbaru

Subscribe Here!

Dapatkan Update Informasi Terbaru dari KANG MUROI Melalui Email

Blog Stats

Kedai SOERGA; Soerabi Gaul

By On 4.2.13

kedai soerga
Kedai SOERGA; Soerabi Gaul | Sobat Muro’i El-Barezy, urusan modifikasi ternyata bukan monopoli kendaraan bermotor, baik roda dua ataupun empat. Dalam dunia kuliner alias makananpun ternyata modifikasi ini sudah  menjadi hal yang lumrah. Dengan begitu, tak aneh bila keanekaragaman kuliner terus bertambah dan tak ada habisnya. Termasuk untuk jajanan tradisional yang sudah sudah banyak dikenal bernama surabi.

Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa denganpancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan danPurwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.[Wikipedia]

Surabi yang punya ciri khas dibakar pada mangkuk tanah liat di atas hawu atau tungku ini, sekarang bisa sobat jumpai dengan berbagai macam rasa atau topping. Secara umum, surabi tersebut terkategorikan pada jenis surabi asin dan surabi manis.
Sayapun baru merasakan surabi modifikasi beberapa hari ini. Berawal dari grup halaqoh yang kebetulan mencoba hidangan surabi, eh ..malah ketagihan jajan surabi aneka rasa ini. Biasanya setelah bepergian mampir di kedai surabi dahulu buat oleh-oleh.

Di daerah saya, sepertinya masih jarang kedai surabi seperti ini, bahkan mungkin baru menemukan satu saja. Dengan warnanya yang cukup mencolok, kedai ini bisa terlihat jelas, apalagi letaknya di pinggir jalan protocol, Jakarta-Labuan.

Kedai SOERGA alias Soerabi Gaul. wah istilah yang unik yah, Soerabi Gaul. Mengapa Gaul ? Karena  mungkin Surabi yang dibuat sangat memperhatikan selera konsumen dari anak-anak hingga dewasa, sehingga layak dikatakan Gaul  dan sepertinya selama ini menu yang diluncurkan bisa diterima oleh semua kalangan. Buktinya setiap kali saya mampir biasanya ramai pengunjung, terutama para muda-mudi yang kongkow-kongkow. Apalagi kedai surabi ini bisa mengakses internet karena sudah dipasang wifi.

kedai soerga
Pelayan yang sibuk melayani pelanggan Soerabi gaul
Banyak menu yang disediakan kedai ini, seperti Surabi  Coklat, Surabi  Coklat  Pelangi, Surabi  Coklat  Susu, Surabi  Coklat  Spesial, Surabi  Strawberry, Surabi  Strawberry Coklat,  Surabi  Pisang, Surabi  Pisang  Coklat, Surabi Pisang Coklat Susu dan masih banyak lagi menu yang tersedia. Mungkin ada sampai 40 menu. Dengan harga kisaran Rp. 4,000 – 8,000 saja, kita bisa menikmati surabi yang lezat ini. Selain surabi, kedai ini juga menyediakan aneka rasa minuman sebagai pelengkap hidangan surabi.

Nah, gimana sobat, mungkin di tempat sobat juga ada surabi gaul seperti ini. Buat yang belum pernah makan surabi , kayanya bisa nyobain surabi gaul. Pasti mak nyuss rasanya.

Semoga manfaat dan happy blogging….



27 komentar

dikampung saya,serabi dulu 1biji harga 500rupiah....sekarang ga tau berapa harganya.
warung serabinya keren ya mas,bisa jadi contoh kreatif buat anak2 muda yg mau usaha nih.

di jakarta udah hampir jarang di temuin lagi mas...panganan yg satu ini...ada munglin susah untuk cari... :)

wah bener2 kedai gaul tuh..makan serabi anget mau nyeruput kopi panas..sembari ngenet gratis pula...makyuzzznya mesti dobel ya mas...hehe

enak juga klo serabi nya langsung makan di tempatnya, ada wifi nya jadi makin betah tuh hehe :D

seribu Kang. di Cilacap, mbok?

wah surabimah kesukaan saya atuh,kalau pagi-pagi g sempat sarapan saya selalllu beli surabi+gorengan nikmat kang,apalagi kalou surabi soega ya,wuih mantap kayaknya.

kalo di bogor dan jakarta kebanyakan srabi pake kuah, kalo di kampung saya di cilacap, gulanya udah masuk di dalamnya Mas. enak banget. draw lah sama klepon.

Bang Muro'i...terus terang saya paling sukaaaaaaaaa banget sama makanan khas SERABI ini,apalagi kuahnya pake santan dan gula merah..astagaaaaaaaaaaaa enak banget bang...hahahahyyyy

500, jaman kuda gigit besi kali yah hehe..

wah istilah gaul juga nih mas:}

mantep deh, tapi ngantri jadi cepet-cepet sob hihi..

Waduh, jadi pengen serabi deh nih! gara gara liat postingan sobat! kayak ngidam begini. hehehe

Wah, baca artikel ini jadi kangen serabi. Di madura nggak ada sih. Dulu pas di Jawa beli tiap hari. :v

Beuh nikmat banget deh sob, sekarang masih ga kang?

Kayanya tiap daerah ada surabi ya mas, masing-masing punya ciri khasnya, wah klepon..enak juga tuh

Wah di Kalimantan ada juga ya bang, apa namanya bang?

keren namanya soerga...
mungkin maksudnya kalo menggauli soerabi disitu berasa di surga ya..?

*sampluk katel..

Wah baca artikel ini sambil klomat-klamet....... serrrrr
saya jarang ketemu serabi mas.... seringnya ketemu martabak

Ngiler saya jadinya. Saya sendiri nggak tau surabi itu yg kayak gimana . . .

mungkin disitu jarang ada ya sob

waaaah thanks buat infonya yaaa :D