Balok Menes

balok menes
Kue Balok Menes
Balok Menes | Sobat Muro'i El-Barezy, lagi belum ada ide alias bingung, mending saya posting tentang balok saja deh.
Pernah mendengar kata balok kan? kalo pernah, pasti asumsinya adalah sepotong kayu panjang segi empat dan keras bukan?.

Itu pasti, karena memang balok pada umumnya adalah demikian. Tapi tidak halnya di daerah Menes Pandeglang, balok disini malah bisa dimakan karena bentuknya kecil dan empuk, karena balok adalah sejenis kuliner alias jajanan khas Menes Pandeglang.

Nah apakah sobat pernah mendengar kue balok? kalau belum pernah...saya akan berbagi ceritanya. Kue balok adalah makanan khas  dari daerah Menes, sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Kue balok adalah sejenis makanan terbuat dari singkong, berbentuk persegi empat layaknya kotak, dan berwarna putih.  Lembek bila disentuh dan kenyal bila sudah berada di mulut. Itulah kue balok.
Yang unik dan menjadi ciri khas makanan ini  adalah penambahan dua bumbu yaitu bawang goreng yang dicampur sejenis minyak,  diolesi tepat diatas potongan balok ini. tak lupa tambahan serundeng diatasnya. Mau tau rasanya?..Yang jelas kalo makan satu pasti pengin nambah rasanya.

Kalo di daerah sobat mungkin tidak ada namanya kue balok, tapi barangkali ada yang mirip-mirip seperti ini mungkin ada dan entah apa namanya. So, kalo ada sobat yang kebetulan mampir ke Pandeglang, jangan lupa mempir ke Menes juga, biar ngrasain dipukul balok hehe...

Semoga manfaat dan happy blogging..



42 Responses to "Balok Menes"

  1. wah tak kirain balok beneran, ngga taunya makanan terbuat dari singkong, makanan n'deso yang bisa jadi membawa berkah kota nih kang.

    pandeglangnya dipalih mana kang? saya cukup lama di cihideung.
    salam sehat selalu ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang disini hebat-hebat orangnya, balok saja dimakan hihi..
      Saya lama di Menes kang, tapi sekarang di Cimanuk, Cihideung kan di Cimanuk juga kang, ameng atuh kadieu kang.

      Delete
  2. kalo di kampung saya mirip sama gemblong kali ya... tapi kalo gemblong dari ketan. kalo yang dari singkong lupa saya namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih geblong itu biasanya dari ketan, yang dari singkong saya juga ga tahu namanya hihi..

      Delete
  3. kalo di daerah banyumas, balok tuh singkong goreng...

    ReplyDelete
  4. Wah jujur saya baru denger nich ada kue namanya balok,
    Tapi kalo dilihat dari fotonya mirip gemblong kalau gak jiwel.. ..

    ReplyDelete
  5. selamat Pagi sobat Muroi...hmmm Kue baloknya ternyata berasala dari Banten yaa sob,,,penasaran nich pingin tahu rasanya bagaimana. Kalau songkong di daerah saya di sulawesi selatan biasanya dibuat Kripik singkong sob...

    ReplyDelete
  6. Belum pernah makan sob. *pengen

    ReplyDelete
  7. ke,, ke.. di lembur abdi aya teu nya katuangan samodel ieu, kedah dipaluruh heula.. pokona mah bahan tinu sampe ya Kang.
    wilujeng enjing kang

    ReplyDelete
  8. kunjungan pgi mas wah jadi lapar,ni mas apa lagi di tambah kopi susu tambah mantap heheh. met aktivitas mas

    ReplyDelete
  9. waduh bang, suka singkongnya tapi gak suka bawang gorengnya,, mungkin srundeng sama bawang gorengnya bisa diganti dengan gula jawa yg dicairkan ya? tapi bukan kue menes lagi namanya,, tapi kue celemet :D

    ReplyDelete
  10. Wah .. balok yang ini empuk ya mas .. kalau di tempat saya, makanan dengan nama balok, keras banget ... karena dibuat dari ketela yang diiris kotak2 kecil2 ... namun kalo pinter buatnya, bisa renyah dan empuk mas ... Tenan ?

    ReplyDelete
  11. wah...memang tiap daerah..ada aja sajian kudapannya ya mas.. :)
    termasuk kue balok menes ini..
    keliatannya mantep...tuh,apalagi di tambah kopi panas makannya lagi ujan..mesti nambah beneran..hihi :)

    ReplyDelete
  12. Namanya tetap balok di tempat saya sobat..karena letaknya mungkin berbatasan dengan jawa barat tempat saya dilahirkan

    ReplyDelete
  13. itu kayak getok lindri gak gan?

    ReplyDelete
  14. Kalau saya lihat gambar kuenya sih enak,tapi ditempat saya ada jenisnya dan bermacam-macam dan warna bentuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo itu getuk lindri sob, saya juga pernah makannya sob

      Delete
  15. wah sepertinya enak tuh, tapi didaerah saya namaya beda bukan balok menes

    ReplyDelete
  16. Wih..
    Jadi penasaran nih sama rasanya..
    Kirim gan..

    ReplyDelete
  17. iya ini mah kya getuk, balok tapi empuk hehe :D

    ReplyDelete
  18. jauh dong,, mesti ke Pandeglang dulu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel